cover
Contact Name
Rajab Vebrian
Contact Email
rajab.vebrian@unmuhbabel.ac.id
Phone
+6282186502872
Journal Mail Official
edutainment@unmuhbabel.ac.id
Editorial Address
Kompleks Perguruan Muhammadiyah, Jalan K.H. Ahmad Dahlan KM 4 RT 03 No. 51 Desa Mangkol, Kecamatan Pangkalanbaru, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
Location
Kab. bangka tengah,
Kepulauan bangka belitung
INDONESIA
Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan
ISSN : 2303372X     EISSN : 26565854     DOI : -
Core Subject : Education,
Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan menerima artikel ilmiah hasil penelitian tentang ilmu pendidikan dan kependidikan Berbahasa Indonesia atau Inggris. Kontributor meliputi dosen, guru, dan praktisi pendidikan.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 10 No 2 (2022): Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan" : 5 Documents clear
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP ANAK-ANAK MASYARAKAT DESA DOLOK MASIHUL Inom Nasution; Muhammad Fikri Nahrowi; Husni Mubaraq
Edutainment Vol 10 No 2 (2022): Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan
Publisher : UNMUHBABEL Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.368 KB) | DOI: 10.35438/e.v10i2.637

Abstract

Implementasi konsep dasar pembentukan karakter terhadap anak dapat dilakukan melalui program pengembangan diri. Program pengembangan diri merupakan pengembangan berbagai jenis program tambahan (selain proses belajar normal)yang diselenggarakan oleh sekolah atau madrasah untuk membantu siswa mencapai kepribadian. Program yang mendorong minat dan bakat siswa dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler tentunya dirancang untuk memaksimalkanpotensi siswa yang berbeda-beda antara satu siswa dengan siswa lainnya. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk membentuk serta menyempurnakan diri per-individu dari anak secara terus menerus dengan melatih kemampuan anak menuju ke arah hidup yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa wawancara dan pengamatan langsung guna melihat implementasi pendidikan karakter anak. Hasil dari penelitian: 1) Diketahui bahwa anak-anak Desa Dolok Masihul memiliki program pengembangan diri yang beragam. Keberagaman pengembangan diri ini diciptakan sebagai wadah peserta didik untuk menemukan minat dan bakat yang berperan sebagai bekal mereka di masa depan. 2) Nilai-nilai pendidikan karakter diaplikasikan dalam kegiatan shalatberjamaah dan berdoa, kejujuran melalui koperasi kejujuran, kedisiplinan melalui upacara dan tutup gerbang setiap pukul07.00, tanggung jawab melalui kegiatan piket. 3) Pada saat diadakannya program ritual-ritual di sekolah, seperti shalatDuha, guru dan seluruh staf peserta mengawal program tersebut dengan mendampingi siswa dalam pelaksanaan program.
ANALISIS SIKAP PEDULI MAHASISWA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGANGKAT PERMASALAHAN LOKAL DI BANGKA BELITUNG Yuanita
Edutainment Vol 10 No 2 (2022): Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan
Publisher : UNMUHBABEL Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (794.844 KB) | DOI: 10.35438/e.v10i2.653

Abstract

Bangka Belitung memiliki sumber daya alam yang sangat banyak, seperti timah, kelapa sawit, karet, dan lain sebagainya. Pengelolaan dan pemanfaatan lingkungan yang tidak bijak dan tidak memperhatikan aturan akan berdampak padakerusakan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap peduli lingkungan mahasiswa melalui pembelajaran berbasis masalah mengangkat permasalahan local, seperti pertambangan timah, pengolahan limbah karet, kelapa sawit, dan beberapa pencemaran yang ditemukan di sekitar kehidupan sehari-hari. Dengan pelibatan langsung untuk memecahkan masalah, diharapkan akan menumbuhkan sikap peduli lingkungan. Penelitian ini merupakan deskriftif kualitatif menggunakan triangulasi teknik. Teknik pengumpulan data berupa angket sikap, analisis dokumen, dan wawancara. Sampel penelitian sebanyak 42 mahasiswa yang mengambil Mata kuliah Pendidikan Lingkungan Hidup. Berdasarkan hasil analisis didapatkan 87% mahasiswa menunjukkan sikap sangat peduli, 13% sikap peduli setelah menyelesaikan masalah di daerah masing-masing dengan memberikan respon yang positif untuk menjaga dan menyayangi lingkungan sekitar.
PERSEPSI SISWA SMP TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER DAN DISPOSISI BERPIKIR KREATIF MATEMATIS Fitriani; Ana Muliana Musli; Amran Yahya
Edutainment Vol 10 No 2 (2022): Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan
Publisher : UNMUHBABEL Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (233.017 KB) | DOI: 10.35438/e.v10i2.656

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pembelajaran matematika ditinjau dari perbedaan gender dan disposisi berpikir kreatif matematis. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif deskriptif. Pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari guru matematika dan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kalukku. Observasi, kuesioner, dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Pendekatan Miles dan Huberman digunakan dalam analisis data penelitian ini untuk reduksi data, visualisasi data, dan pengambilan kesimpulan. Enam siswa dipilih sebagai subjek dalam penelitian ini, tiga laki-laki dan tiga perempuan yang merupakan perwakilan masing-masing tiga kategori kecenderungan berpikir kreatif matematika (tinggi, sedang, dan rendah). Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek siswa laki-laki dengan disposisi berpikir kreatif matematis tinggi menghasilkan persepsi positif, sedangkan subjek siswa perempuan dengan disposisi berpikir kreatif matematis tinggi menghasilkan persepsi positif. Disposisi berpikir kreatif sedang juga menghasilkan persepsi positif, sedangkan disposisi berpikir kreatif matematis rendah menghasilkan persepsi negatif. Disposisi berpikir kreatif matematis yang rendah menghasilkan persepsi yang kurang baik, sedangkan disposisi berpikir kreatif matematis menengah menghasilkan persepsi yang positif. Siswa laki-laki maupun siswa perempuan yang menanamkan disposisi berpikir kreatif matematis dalam dirinya akan menghasilkan persepsi baik terhadap pembelajaran matematika.
PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENGUASAAN IT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI PENDAMPINGAN TUTOR SEBAYA Defi Nofalia
Edutainment Vol 10 No 2 (2022): Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan
Publisher : UNMUHBABEL Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (195.252 KB) | DOI: 10.35438/e.v10i2.660

Abstract

Rendahnya mutu proses pembelajaran pada SMPN 5 Muntok disebabkan oleh kecenderungan, yakni sebagian guru belum menggunakan IT dalam proses pembelajaran dan belum memiliki motivasi untuk membuat perencanaan pembelajaran dengan mengembangkan skenario pembelajaran yang kreatif. Permasalahan tersebut diatasi dengan peran manajerial kepala sekolah melalui supervisi akademik memberikan pembimbingan secara individu dalam menyusun melalui rencana pelaksanaan pembelajaran dalam pendampingan tutor sebaya mulai dari perencanaan, pelaksanaan proses belajar mengajar, sampai evaluasi. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kinerja guru dalam pengelolaan pembelajaran pada SMPN 5 Muntok Kabupaten Bangka Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan (action research) dengan dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan, pengisian angket, pengisian instrumenkegiatan, dan tes penggunaan materi penelitian sebelum serta sesudah tindakan pengajaran dilakukan. Hasil penelitian untuk meningkatkan kemampuan guru dalam penguasaan IT sebagai proses pembelajaran tutor sebaya, penggunaan ITdalam peningkatan kinerja guru dalam pembuatan media pendidikan untuk pembelajaran secara keseluruhan menjadi 55% setelah tindakan siklus I, kemudian meningkat lagi menjadi 75% setelah tindakan siklus II. Terjadi peningkatan sebesar 20% menunjukkan bahwa kepala sekolah berhasil sebagai manajer dalam penelitian ini di SMPN 5 Muntok Tahun Pelajaran 2021/2022 dalam pengelolaan pembelajaran.
PENGEMBANGAN E-COMIC DENGAN APLIKASI COMIC LIFE 3 MATERI BERBAIK SANGKA Rizki Pebrina; Raudatul Fitri
Edutainment Vol 10 No 2 (2022): Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan
Publisher : UNMUHBABEL Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (240.759 KB) | DOI: 10.35438/e.v10i2.663

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran dalam bentuk E-Comic dengan menggunakan aplikasi comic life 3 materi berbaik sangka di SDN 04 Batuhampar yang valid dengan model pengembangan 4-D, yakni Define, Design, Develop, dan Disseminate. Tahapan pertama yang dilakukan yaitu analisis kebutuhan dengan cara melakukan observasi terhadap kegiatan pembelajaran PAI, melakukan analisis terhadap media yang digunakan oleh guru, analisis karakteristik siswa, analisis silabus serta SK dan KD yang ada pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VI SDN 04 Batuhampar dengan objek penelitiannya yaitu siswa Kelas VI SDN 04 Batuhampar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan lembar validasi yang diisi oleh 4 orang validator ahli. Kedua tahapan Design, dengan langkah awal pembuatan E-Komik, yakni membuat script/naskah alur cerita dalam komik dan memilih kerangka panel komik. Berdasarkan aspek kualitas isi dan tujuan diperoleh hasil 85%, aspek kualitas Design diperoleh hasil 88%, dan aspek kualitas teknis diperoleh hasil sebesar 90%. Ketiga tahapan Development atau pengembangan, tahapan inilah media pembelajaran dibuat dan dikembangkan sesuai dengan naskah yang sudah dirancang yang hingga menjadi produk awal. Secara total, berdasarkan hasil validasi dari empat validator diperoleh angka sebesar 87,6% dengan kriteria sangat valid, sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran.

Page 1 of 1 | Total Record : 5