cover
Contact Name
Nurhadianty Rahayu
Contact Email
l4lppmstkip@gmail.com
Phone
+6283147339266
Journal Mail Official
l4lppmstkip@gmail.com
Editorial Address
Jl. Soekarno-Hatta Pasirjati Rangkasbitung 42317
Location
Kab. lebak,
Banten
INDONESIA
Geomath
Published by STKIP La Tansa Mashiro
ISSN : -     EISSN : 27222551     DOI : -
Core Subject : Education,
GEOMATH is journal that is published twice a year, every May and December. Geomath journal publishes research issues on mathematics education. Author can be lecturer, teacher, researcher, and even student. Our publication could be research on teaching method, experiment of teaching aid or media, even effectiveness of lesson plan and ways to incorporate such concerns into instructional programs, as well as reviews of books and classroom technology products, the latest research results in mathematics learning and evaluation. We accept any manuscript derived from research of mathematics education. We will not process manuscript from research approach of school management. All articles sent to this journal must have never been published or sent to other journals.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2020)" : 5 Documents clear
PERBANDINGAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DENGAN METODE STRUCTURE EXERCISE METHOD (SEM) BERBANTUAN MIND MAP DAN METODE PROBLEM SOLVING DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA DI MTs. KABUPATEN TANGERANG Dwi Yulianto
GEOMATH Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : STKIP La Tansa Mashiro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (210.142 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian treatment by level 22 dengan menerapkan dua perlakuan yaitu metode Structure Exercise Methode (SEM) berbantuan Mind Map dan metode problem solving terhadap kemampuan penalaran matematis ditinjau dari kemampuan awal siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 128 siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang ada di Kabupaten Tangerang. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII Daar El Qolam 1 dan Daar El Qolam 4 yang diambil secara acak terpilih 2 kelas siswa yang belajar dengan metode Structure Exercise Methode (SEM) berbantuan Mind Map sebagai kelas eksperimen I dan 2 kelas siswa yang belajar dengan metode problem solving kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi soal tes kemampuan penalaran matematis. Analisis data menggunakan uji perbedaan dua rata-rata dan uji ANOVA dua jalur menggunakan General Linear Model Univariate Analysis. Berdasarkan hasil penelitian, simpulan penelitian ini adalah (1) kemampuan penalaran matematis, kelompok siswa yang belajar menggunakan metode problem solving lebih tinggi dari kelompok siswa yang belajar menggunakan metode SEM berbantuan Mind Map, (2) Terdapat interaksi antara metode problem solving dan metode SEM berbantuan Mind Map terhadap kemampuan penalaran, (3) Kemampuan penalaran matematis siswa berkemampuan awal tinggi, kelompok siswa yang belajar menggunakan metode problem solving lebih rendah dari kelompok siswa yang belajar dengan metode SEM berbantuan Mind Map, dan (4) Kemampuan penalaran matematis siswa berkemampuan awal rendah, kelompok siswa yang belajar menggunakan metode problem solving lebih rendah dari kelompok siswa yang belajar menggunakan metode SEM berbantuan Mind Map. Temuan selama penelitian menunjukkan bahwa terdapat konstribusi dari setiap pembelajaran, diantaranya: (1) pembelajaran menggunakan metode Structure Exercise Methode (SEM) berbantuan Mind Map dan metode problem solving memberikan kesempatan kepada siswa berpikir secara mandiri, (2) selama proses pembelajaran secara berkelompok mendorong siswa mempunyai daya nalar yang tinggi dan kreatif dalam menyelesaikan soal-soal yang diberikan, (3) kegiatan ini mampu memberikan kepuasan tersendiri dan rasa percaya diri dalam diri siswa. Lebih lanjut siswa dilatih untuk mampu secara mandiri maupun berkelompok mempertanggungjawabkan hasil kerjanya.
PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING DAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS Syahrul Anwar
GEOMATH Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : STKIP La Tansa Mashiro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (324.575 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning dan self-regulated learning terhadap pemahaman matematis siswa, ditinjau dari siswa kategori self-regulated learning (tinggi, sedang, rendah). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Darul Fikri Pandeglang, sampel dipilih dua kelas secara acak, yaitu kelas X RPL sebagai kelas eksperimen, dan kelas X TSM sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melaui tes dan non tes. Tes berupa 5 soal pemahaman matematis, sedangkan non tes berupa soal angket self-regulated learning. Pretest diberikan sebagai tes awal sebelum perlakuan problem based learning, sedangkan posttes dilakukan setelah diberikan perlakuan problem based learning.  Hasil yang diperoleh setelah proses pembelajaran dengan problem based learning dan self regulated learning terlihat adanya pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman matematis siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model problem based learning dan self-regulated learning berpengaruh terhadap pemahaman matematis siswa.
PENGARUH MATHEMATICS SELF EFFICACY TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs. DAAR EL QOLAM Egi Adha Juniawan
GEOMATH Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : STKIP La Tansa Mashiro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.967 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Mathematics self efficacy terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTs. Daar El-Qolam 4. Populasi penelitian adalah seluruh siswa MTs. Daar El-Qolam 4 kelas VIII yang berjumlah 180 siswa dengan sampel penelitian 90 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan self efficacy terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII MTs. Daar El-Qolam 4, dengan diperoleh fhitung = 385,685 ftabel= 4.20 dengan p = 0,00 0,05 dan thitung = 19.639 ttabel =  1.701 dengan p = 0,00 0,05. Artinya semakin tinggi self efficacy maka semakin tinggi prestasi belajar matematika siswa. Demikian juga sebaliknya semakin rendah self efficacy maka semakin rendah prestasi belajar matematika siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa terdapat pengaruh self efficacy terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII MTs. Daar El-Qolam 4 akan memberikan wawasan dan pandangan bagi guru, orang tua, dan sekolah dalam mewujudkan peningkatan keyakinan diri dan semangat siswa dalam belajar yang lebih baik.Kata kunci: Mathematics self efficacy, Prestasi belajar matematika.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP PLUS MATHLA’UL ANWAR CIBUAH Muahor Muahor
GEOMATH Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : STKIP La Tansa Mashiro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.021 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang sering terjadi dalam proses belajar mengajar. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam proses belajar diperoleh dari hasil tidak sesuai dengan KKM siswa yang rata-rata hanya mendapat nilai dibawah KKM. Penelitian ini ditunjukan untuk membandingkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis yang mendapatkan model Group Investigation dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Model yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Sampel diambil dua kelas yaitu satu kelas sebagai kelas ekperimen yang menggunakan pembelajaran model Group Investigation dan satu kelas lagi kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional dan yang dijadikan kelas eksperimen yaitu kelas VII A dan kelas kontrol VII B. data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrument tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Hipotesis penelitian ini adalah adanya pengaruh positif  model Group Investigation untuk kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Dengan uji hipotesis yang digunakan adalah uji t. kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah yang mendapatkan pembelajaran dengan model Group Investigation lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Pemecahan masalah matematis, model pembelajaran Group Investigation
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Moh. Rizal Umami
GEOMATH Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : STKIP La Tansa Mashiro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (248.442 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematis peserta secara multivariat. (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan representasi matematika siswa. (3) mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, teknik sampling menggunakan multistage sampling, teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir kritik dan tes kemampuan pemecahan masalah. Analisis data dilakukan dengan statistik MANOVA. Hasil penelitian menyimpulkan : Terdapat pengaruh yang signifikan media pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematis peserta didik secara multivariat. Kata kunci: Model Pembelajaran, Kemampuan Representasi, Pemecahan Masalah Matematis

Page 1 of 1 | Total Record : 5