cover
Contact Name
Mukti Ali
Contact Email
al.khazini@uin-alauddin.ac.id
Phone
+628123601974
Journal Mail Official
mukti.ali@uin-alauddin.ac.id
Editorial Address
JURUSAN PENDIDIKAN FISIKA, LANTAI 2 FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN ALAUDDIN MAKASSAR, SAMATA, KABUPATEN GOWA
Location
Kab. gowa,
Sulawesi selatan
INDONESIA
AL-KHAZINI: JURNAL PENDIDIKAN FISIKA
Al-Khazini: Journal of Physical Education is a peer-reviewed journal published twice a year (March and September) by the Department of Physical Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Alauddin State Islamic University Makassar. Al-Khazini: Journal of Physics Education is an integrated forum to communicate the progress of science in the field of physics education. This journal reports significant new findings related to physics education; development of instructional media, development of learning methods, application of learning methods,and several applications of media in physics learning. Al-Khazini: Journal of Physical Education publishes comprehensive research articles and invites reviews from leading experts in their fields. Papers will be selected that have high scientific value, provide important new knowledge, and have high interest. Al-Khazini: The Indonesian Journal of Physics Education was only formed in 2021.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2023): OKTOBER (ON PROGRESS)" : 5 Documents clear
ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL FISIKA PADA PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL KELAS X IPA SMA YPK OIKOUMENE MANOKWARI Sri Wahyu Widyaningsih; Sri Rosepda Sebayang; Siswanti Siswanti
Al-Khazini Vol 3 No 2 (2023): OKTOBER (ON PROGRESS)
Publisher : UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/al-khazini.v3i2.37721

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas butir soal fisika dengan menggunakan Model Rasch yang ditinjau berdasarkan tingkat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektivitas pengecoh soal pada Penilaian Akhir Semester Gasal kelas X IPA SMA YPK Oikoumene Manokwari tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif yakni evaluasi hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, dengan sampel sebanyak 28 peserta didik dari kelas X IPA 1-X IPA 3. Penelitian ini difokuskan pada soal pilihan ganda yang terdiri dari 15 soal. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) berdasarkan tingkat validitasnya, 8 butir soal (60%) yang valid dan 7 butir soal (40%) yang tidak valid. 2) Berdasarkan reliabilitasnya, soal tersebut reliabel karena mempunyai nilai pada butir soal sebesar 0,01 berkriteria lemah, sedangkan untuk reliabilitas antara peserta didik dengan butir soal sebesar 0,94 yang berkriteria bagus sekali. 3) Berdasarkan tingkat kesukaran soalnya, masuk dalam kriteria kurang baik dengan jumlah 6 butir soal (40%) didominasi oleh soal yang mudah. 4) Berdasarkan daya pembeda soalnya, masuk dalam kriteria cukup dengan jumlah 12 soal (80%). 5) Berdasarkan efektivitas pengecoh soalnya, masuk dalam kriteria baik karena terdapat 8 butir soal (60%) dengan option pengecohnya berfungsi dengan baik. Kesimpulannya bahwa analisis kualitas butir soal menggunakan Model Rasch pada penilaian akhir semester gasal dapat dinyatakan valid, reliabel, tingkat kesukaran soal kurang baik, daya pembeda soal cukup dan efektivitas pengecoh soalnya baik.
Persepsi Peserta Didik Terhadap Kemampuan Tenaga Pendidik Dalam Mengaplikasikan Multimetode Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Fisika Zia'ul Khaerul Qasyaf; Sudirman; Baharuddin
Al-Khazini Vol 3 No 2 (2023): OKTOBER (ON PROGRESS)
Publisher : UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/al-khazini.v3i2.38335

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui gambaran mengenai bagaimana persepsi peserta didik terhadap kemampuan tenaga didik dalam mengaplikasikan multimetode pembelajaran pada mata pelajaran fisika di SMA Negeri Kabupaten Sinjai. Penelitian yang digunakan adalah mix methode dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri Kabupaten Sinjai, yaitu SMA Negeri 2 Sinjai, SMA Negeri9 Sinjai dan SMA Negeri 12 Sinjai. Jumlah sampel yang diambil adalah sebanyak 60 orang, dimana setiap sekolah diwakili 20 orang peserta didik. Selanjutnya penulis menggunakan tiga metode pengumpulan data, yaitu angket, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Persepsi peserta didik terhadap kemampuan tenaga pendidik dalam mengaplikasikan multimetode pembelajaran pada mata pelajaran fisika di SMA Negeri Kabupaten Sinjai berada pada kategori baik, dimana tenaga pendidik sudah menggunakan metode pembelajaran yang variatif dalam proses pembelajaran. Namun, ada beberapa metode pembelajaran yang belum maksimal penerapannya, misalnya metode metode eksperimen. 2) Jenis metode pembelajaran yang digunakan tenaga pendidik dalam pelajaran fisika di SMA Negeri Kabupaten Sinjai tergolong beragam. Adapun metode pebelajaran yang digunakan yaitu, metode Drill, Project Based Learning, tanya jawab, metode ceramah, Discovery Learning, diskusi kelompok, dan metode demonstrasi.Implikasi dari penelitian ini adalah diharapkan agar hasil penelitian ini adalah 1) Pertimbangan bagi tenaga pendidik mata pelajaran fisika untuk dapat menggunakan multimetode pembelajaran, agar dapat meningkatkan antusias peserta didik dan hasil belajar peserta didik. 2) Guna penelitian selanjutnya, diharapkan agar peneliti dapat lebih fokus terhadap metode-metode pembelajaran yang digunakan oleh tenaga pendidik.
Pengaruh Massa Pada Beban Terhadap Konstanta Pegas hanifah qurro taayun; Adam Malik
Al-Khazini Vol 3 No 2 (2023): OKTOBER (ON PROGRESS)
Publisher : UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/al-khazini.v3i2.39323

Abstract

A spring is an elastic object that provides deviation when loaded and returns to its original shape when the load is released. In this study using experimental methods and literature review, this experiment also uses variables and variables tied to a quantitative research approach. In determining the coefficient of elasticity, the spring is loaded with a load to show the proportional relationship between spring extension and weight. The proportionality coefficient is the spring elasticity coefficient. The purpose of the experiment was to determine the effect of the load mass on the spring constant. The result of the study is that the greater the gravity shared, the greater the length of the spring, and so is the length of the spring and the value of the constant. So the relationship between gravity and spring length is directly proportional. From the research that has been carried out, it can be concluded that the force exerted on the spring will cause the increase of the display on the spring, and this change is directly proportional
Pengembangan Multimedia Dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Adobe Animate Pada Pokok Bahasan Tata Surya Kelas VII Mts As’adiyah No.34 Doping M. Fikram S; Santih Anggereni; Jusman; Hasbullahair Ashar; Ali Umar Dani
Al-Khazini Vol 3 No 2 (2023): OKTOBER (ON PROGRESS)
Publisher : UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/al-khazini.v3i2.41433

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang bertujuan untuk, (1) mendeskripsikan proses pengembangan multimedia dalam pembelajaran IPA menggunakan Adobe Animate, (2) mendeskripsikan kualitas multimedia dalam pembelajaran IPA menggunakan Adobe Animate ditinjau dari kevalidan, kepratisan, keefektifan. Model pengembangan yang digunakan adalah model DDD-E yang terdiri dari 4 langkah yaitu Decide, Desing, Develop, dan Evaluate . penelitian ini dilaksanakan di MTS As’Adiyah no.34 Doping, kecamatan Penrang, Kabupaten Wajo. Subjek panelitian terdiri dari 2 yaitu subjek utama dan subjek uji coba. Subjek utama berjumlah 2 orang yang menjadi tim validator produk. Subjek uji coba berjumlah 29 orang peserta didik kelas VII A dan D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat validitas produk yang dikembangkan setelah melewati tahap validasi akhir berada pada kategori validitas tinggi dengan nilai validitas sebesar 0,97. Hasil analisis kepraktisan menunjukkan bahwa terdapat 97% peserta didik memberikan tanggapan praktis terhadap produk yang dikembangkan, sehingga dapat disimpulkan bahwa multimedia yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis. Tingkat keefektifan penggunaan multimedia dilihat dari analisis tes hasil belajar diperoleh persentase tingkat ketuntasan sebesar 76 % dan berdasarkan hasil analisis tes hasil belajar thitung = 3,951 > ttabel = 2,012 sehingga multimedia dapat dikatakan efektif untuk digunakan. Implikasi dari penelitian ini yaitu bahwa multimedia yang dikembangkan memberikan kemudahan kepada peserta didik dalam memahami materi yang disajikan dalam produk yang dikembangkan.
PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA BERDASARKAN TEORI POLYA ANTARA KELAS XI MIA SMAN 7 DAN MAN 2 BULUKUMBA Muhammad Yusuf Hidayat; suarti suarti; Muftihatur Rahma
Al-Khazini Vol 3 No 2 (2023): OKTOBER (ON PROGRESS)
Publisher : UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/al-khazini.v3i2.41434

Abstract

This research aims to determine physics problem solving abilities based on Polya theory for class XI MIA SMAN 7 Bulukumba, determine physics problem solving abilities based on Polya theory for class and MAN 2 Bulukumba. This type of research isAfter the factby designcausal comparison. The subjects in this research were class XI MIA SMAN 7 and MAN 2 Bulukumba. The instrument used is a problem solving ability test instrument based on the Polya indicator. The results of the descriptive analysis show that the average score for the physics problem solving ability of class XI MIA students at SMAN 7 Bulukumba is 63.88. Meanwhile, the average score for the physics problem solving ability of class XI MIA MAN 2 Bulukumba students is 74.36. Based on the average results obtained at SMAN 7 and MAN 2 Bulukumba, there is a difference between the ability to solve physics problems based on Polya theory for class XI MIA SMAN 7 and MAN 2 Bulukumba.

Page 1 of 1 | Total Record : 5