cover
Contact Name
Frangky Silitonga
Contact Email
frangkyka@gmail.com
Phone
+6285362229992
Journal Mail Official
jurnaljmrib@gmail.com
Editorial Address
ITEBA - Institut Teknologi Batam The Vitka City Complex Jl. Gajah Mada, Tiban, Batam, Kepulauan Riau, INDONESIA 29425 Phone : +62 778 3540889
Location
Kota batam,
Kepulauan riau
INDONESIA
Jurnal Manajemen Rekayasa dan Inovasi Bisnis
ISSN : 29619351     EISSN : 29618975     DOI : -
Jurnal Manajemen Rekayasa dan Inovasi Bisnis merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Manajemen Rekayasa ITEBA. jurnal ilmiah ini open access dan peer-review yang diterbitkan dua kali setahun (Agustus dan Februari). bertujuan untuk mencapai teori dan aplikasi mutakhir. Jurnal ini merupakan media penyebaran informasi hasil penelitian bagi dosen, peneliti¸ mahasiswa dan praktisi. FOCUS AND SCOPE Leadership and Organizational Management/ Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi Strategic Planning and Management/ Perencanaan dan Manajemen Strategis Financial Resource Management/ Manajemen Sumber Daya Keuangan Project Management/ Manajemen Proyek Quality Management System/ Sistem Manajemen Mutu Operations and Supply Chain Management/ Operasi dan Manajemen Rantai Pasok Management of Technology, Research, and Development/ Manajemen Teknologi, Penelitian, dan Pengembangan Systems Engineering/ Rekayasa Sistem Legal Issues in Engineering Management/ Masalah Hukum dalam Manajemen Teknik Professional Codes of Conduct and Ethics/ Kode Etik dan Etika Profesional
Articles 22 Documents
ANALISA PERBAIKAN KUALITAS SABUN PADA PT.PACIFIC MEDAN INDUSTRI MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA DMAIC Andika Hariawan; Marwan
JURNAL MANAJEMEN REKAYASA DAN INOVASI BISNIS Vol. 1 No. 1 (2022): AGUSTUS 2022
Publisher : LPPM-ITEBA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.966 KB)

Abstract

PT. Pacific Medan Industri adalah salah satu perusahaan yang memproduksi sabun. Semakin lama tuntutan kualitas sabun harus semakin baik dan kompetitif, hal ini sangat berpengaruh bagi keberlanjutan proses produksi khususnya pada bidang produksi sabun PT. Pacific Medan Industri. Karena usia yang telah lama maka proses produksi sabun di PT. Pacific Medan Industri sering mengalami permasalahan yang mengakibatkan banyaknya produk yang cacat. Permasalahan yang sering terjadi pada produk sabun, yaitu pecah/patah, hasil produksi sabun lembek dan bentuk tidak sesuai dengan cetakan. Dari permasalah yang dihasilkan tersebut, telah menimbulkan kerugian yang cukup besar bagi perusahaan. Oleh sebab itu dibutuhkan sebuah metode analisis untuk mengetahui penyebab terjadinya kecacatan dalam produksi sabun dan solusi untuk mengatasi permasalahan yang ditemukan dalam proses produksi sabun. Salah satu metode pengendalian kualitas agar dapat mengurangi jumlah cacat suatu produk sehingga dapat dilakukan upaya perbaikan adalah dengan metode Six Sigma DMAIC. Karena permasalahan tersebut diperlukan pengendalian kualitas dengan metode Six Sigma DMAIC agar dapat mengurangi jumlah produk yang cacat sekaligus meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan. Dengan meningkatnya kualitas dalam produksi sabun pada PT. Pacific Medan Industri dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan laba serta dapat meminimalkan kerugian atas rusaknya bahan baku yang digunakan dalam proses pembuatan produk sabun. Selain hal tersebut peningkatan kualitas produk sabun juga berdampak pada berkurangnya produk-produk yang dihasilkan cacat sehingga dapat mengurangi limbah yang dihasilkan oleh pabrik dalam proses produksi sabun.
IMPLEMENTASI TOTAL PRODUCTIVE MAINTENANCE DENGAN METODE OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS (OEE) PADA PT MECHMAR JAYA INDUSTRI Hotman Pardamean Sibuea; Ismail
JURNAL MANAJEMEN REKAYASA DAN INOVASI BISNIS Vol. 1 No. 1 (2022): AGUSTUS 2022
Publisher : LPPM-ITEBA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (540.447 KB)

Abstract

PT Mechmar Jaya Industri, perusahaan ini bergerak di bidang perancangan dan pembuatan boiler sehingga menjadi sebuah produk pembangkit tenaga untuk perusahaan perusahaan produksi khususnya di bidang persawitan yang ada di Indonesia dan luar negeri. Perusahaan PT Mechmar Jaya Industri sering mengalami kendala masalah pada efisiensi mesin yang dikarenakan kurangnya pemahaman dan penanganan sistem pemeliharaan pada mesin produksi dan mengakibatkan kerusakan mesin Rolling Plate DAVI sehingga mempengaruhi gangguan kinerja produksi secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai efektivitas mesin/peralatan, mencari akar penyebab permasalahan dan memberikan usulan perbaikan. Penelitian ini dilakukan pada mesin Rolling Plate DAVI, dimulai dengan mengukur nilai Overall Equipment Effectiveness (OEE), kemudian mengidentifikasi six big losses yang terjadi, sehingga dapat meningkatkan efisiensi produksi perusahaan dengan melakukan penerapan Total Productive Maintenance. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai OEE berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan rata – rata nilai Overall Equipment Effectiveness adalah 78,87% dengan nilai Availability Rate 87,10%, Performance Rate 92,50% , dan Quality Rate 97,89%. Kinerja mesin Rolling Plate DAVI belum sesuai dengan standar OEE 85% perlu adanya perbaikan pada sistem pemeliharaan atau improvement sehingga efektivtas mesin bekerja secara normal dan optimal untuk mencapai goal jangka panjang pada perusahaan. Faktor OEE Six Big Losses terbesar yang mempengaruhi penurunan efektivitas mesin Rolling Plate Davi ialah Reduced Speed Losses 33,76%. Tindakan perbaikan yang diusulkan adalah usulan melakukan penjadwalan maintenance, penerapan autonomous maintenance, memberikan training bagi operator mesin Rolling Plate DAVI.
PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN KACA FILM MOBIL DI AUTOFARREL VARIASI PASCA PANDEMI MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT Kaivita Nahwi; M. Ansyar Bora; Widi Nugraha
JURNAL MANAJEMEN REKAYASA DAN INOVASI BISNIS Vol. 1 No. 1 (2022): AGUSTUS 2022
Publisher : LPPM-ITEBA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (366.242 KB)

Abstract

Autofarrel Variasi merupaka perusahaan yang bergerak di bidak penjualan kaca film dan aksesoris mobil. Autofarrel Variasi yang berlokasi di jalan Laksamana Bintan, ruko graha mas Blok J no 15 Sungai Panas, Batam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui startegi dan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap peningkatan penjualan untuk mencapao peningkatan yang lebih baik. Dalam penelitina ini penulis menggunakan metode SWOT dengan pengolahan data dari faktor inter dan eksternal , diagram cartesius dan analisis SWOT. Dengan analisa ini menghasilkan IFE 3.36 dan hasil EFE 3.48. pada hasil SWOT matriks didapatkan beberapa kemungkinan alternatif strategi dengan cara menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang (SO), memanfaatkan peluang untuk mengatasi kelemahan (OW), menggunakan kekuatan untuk menghindari ancaman (ST) dan meminimalisasikan kelemahan dan menghindari ancaman (WT) . Berdasarkan hasil analisa maka hal yang harus dialkukan perusahaan untuk mempertahankan reputasi perusahaan dengan memperluas pangsa pasar dan meningkatkan kualitas kaca film.
ANALISIS KAPASITAS PRODUKSI PADA LINI PRODUKSI BARU DENGAN PENDEKATAN ROUGH CUT CAPACITY PLANNING Ansarullah Lawi; Jeri Gunawan
JURNAL MANAJEMEN REKAYASA DAN INOVASI BISNIS Vol. 1 No. 1 (2022): AGUSTUS 2022
Publisher : LPPM-ITEBA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (492.137 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan kapasitas dan ketersediaan kapasitas pada lini produksi. Analisis ini penting dilakukan untuk perencanaan produksi, pengukuran kapasitas produksi, penjadwalan produksi, peramalan dan lain sebagainya. Penelitian ini laksanakan di PT Casco Sea Batam dengan objek penelitian lini produksi FORD P702 HVPO. Analisis data menggunakan metode Rough Cut Capacity Planning (RCCP) dengan melakukan pengukuran kerja (time study), peramalan, perencanaan agregat, perencanaan jadwal induk produksi dan terakhir melakukan analisis kapasitas dengan RCCP. Berdasarkan penelitian pada lini produksi baru FORD P702 HVPO dengan hasil bahwa Waktu standard sebesar 745 detik / unit. Output Standard sebesar 421.200 Unit per minggu atau 1.684.800 detik per bulan. Peramalan yang terbaik adalah menggunakan metode peramalan Single Moving Average dengan nilai error MAD sebesar 0.04 dan nilai error MSE sebesar 0.021. Hasil perhitungan perencanaan agregat sebanyak 27144unit per tahun dengan biaya Rp 49.563.348 per tahun. Dengan kesimpulan bahwa kapasitas lini produksi FORD P702 HVPO mencukupi dan layak untuk memenuhi kebutuhan customer. Kelayakan ini dihitung berdasarkan kapasitas produksi yang dimiliki total 19.958.400 detik per tahun dan kapasitas yang dibutuhkan total 18.618.775 detik per tahun.
ANALISIS SWOT PENGEMBANGAN UMKM XYZ Aulia Agung Dermawan; Dimas Akmarul Putera; Rosie Oktavia Puspita Rini; Wahyudi Ilham
JURNAL MANAJEMEN REKAYASA DAN INOVASI BISNIS Vol. 1 No. 1 (2022): AGUSTUS 2022
Publisher : LPPM-ITEBA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (422.294 KB)

Abstract

This study aims to analyze the strategy of MSMEs in XYX. The study identifies internal and external factors of MSMEs, evaluates and analyzes them and formulates strategies to increase MSME turnover by minimizing weaknesses and threats and maximizing the use of opportunities and strengths. Data was collected through questionnaires and field interviews with MSME owners and MSME customers for data collection through SWOT analysis. The result shows 0.8 for Strict and -0.7 for Threat
PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN BRIKET DENGAN PENDEKATAN OBJECTIVE MATRIX (OMAX) PADA PT. XYZ Dimas Putera; Aulia Agung Dermawan; Wahyudi Ilham; Rini Rosie Oktavia Puspita Rini
JURNAL MANAJEMEN REKAYASA DAN INOVASI BISNIS Vol. 1 No. 1 (2022): AGUSTUS 2022
Publisher : LPPM-ITEBA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.728 KB)

Abstract

Pengukuran kinerja dalam sebuah organisasi merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan karena semua organisasi perlu mengevaluasi dan merencanakan kinerjanya agar dapat mencapai tujuan organisasi. PT XYZ merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi briket kayu. Perusahaan cenderung tidak mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Salah satu tujuan perusahaan adalah peningkatan penjualan namun terjadi penurunan tingkat penjualan mencapai 19% dibandingkan periode lalu. Perusahaan menginginkan pengukuran kinerja yang dapat mengukur kinerja secara keseluruhan agar dapat mengetahui sebab dari tidak tercapainya tujuan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengukur kinerja perusahaan untuk melakukan perbaikan terhadap indikator yang memiliki nilai kinerja yang buruk. Metode yang digunakan yaitu metode Objective Matrix (OMAX) dan Traffic Light System. Integrasi antara metode OMAX dan Traffic Light System digunakan untuk menentukan KPI yang menjadi prioritas dalam perbaikan yang dapat dilakukan oleh pihak perusahaan. Dari hasil penelitian, diperoleh 15 KPI dalam kategori hijau, 7 KPI dalam kategori kuning, dan 5 KPI dalam kategori merah. PT XYZ memperoleh nilai kinerja sebesar 7 yang artinya kinerja perusahaan berada pada kategori baik.
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN DENGAN MENGGUNAKAN SERVQUAL (SERVICE QUALITY) TERHADAP PELAYANAN JASA PEMINJAMAN DANA Asih Setyo Rini; Ahmad Padhil; Anis Saleh; Kurniawan Anugrah
JURNAL MANAJEMEN REKAYASA DAN INOVASI BISNIS Vol. 1 No. 2 (2023): FEBRUARI 2023
Publisher : LPPM-ITEBA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1531.375 KB)

Abstract

Finansia Multi Finance (Kredit Plus) Makassar merupakan salah satu perusahaan di bidang pelayanan peminjaman dana maupun pengkreditan barang. Pelayanan peminjaman yang diberikan oleh perusahaan sebagai usaha dalam memenuhi kepentingan umum maupun kepentingan perorangan dengan kualitas pelayanan yang dapat memberikan kepuasaan kepada konsumen. Tingkat pelayanan dan kepuasan konsumen sebagai salah satu aspek penting dalam perusahaan ini, maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aspek yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan dalam mempengaruhi kepuasan konsumen serta tingkat kepuasan konsumen berdasarkan dimensi tersebut dengan metode SERVQUAL (Service Quality). Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa PT. Finansia Multi Finance (Kredit Plus) masih sangat perlu meningkatkan kualitas pelayanan agar harapan konsumen dapat terpenuhi, terlihat dari hasil pengisian kuesioner dengan persentase nilai harapan masih lebih tinggi dibandingkan dengan nilai persepsi setiap dimensi. Tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan yang diberikan pada setiap dimensi menunjukkan nilai bukti fisik (tangible) 93,46%, keandalan (realibility) 94,38%, daya tanggap (responsiveness) 94,82%, jaminan (assurance) 91,27%, empati (empaty) 95,76% nilai rata rata 94%, artinya tingkat kepuasan baru memenuhi 94% dari harapan konsumen. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Servqual (Service Quality), GAP, Ekspektasi, Persepsi
Perancangan Balanced Scorecard Untuk Mengukur Kinerja Karyawan Pada Bagian Produksi di PT. X Yudi Daeng Polewangi; Sirmas Munte; Mahendra Nainggolan
JURNAL MANAJEMEN REKAYASA DAN INOVASI BISNIS Vol. 1 No. 2 (2023): FEBRUARI 2023
Publisher : LPPM-ITEBA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1441.939 KB)

Abstract

Balanced Scorecard adalah salah satu alat ukur kinerja yang dapat digunakan untuk melaksanakan pengukuran kinerja dalam sebuah organisasi perusahaan. PT. X merupakan salah satu perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang proses produksi pembuatan periuk. Perusahaan ini memiliki 30 karyawan pada bagian produksi dan 16 konsumen yang ikut berpartisipasi dalam pengisian kuesioner ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perancangan Balanced Scorecard terhadap kinerja karyawan bagian produksi. Hasil dari penelitian tentang Balanced Scorecard bahwa dilihat dari rasio keuangan yang digunakan, menunjukkan secara umum juga terjadi peningkatan. Pada perspektif pelanggan, konsumen merasa cukup puas dengan pelayanan selama ini dalam hal atribut kepuasan pelanggan, minat perubahan inovasi dan citra perusahaan. Secara keseluruhan kinerja PT. X dari perspektif proses internal bisnis pada sisi inovasi adalah sangat buruk dengan tidak ada inovasi produk yang dilakukan mulai 2000-sekarang. Sedangkan dari sisi proses operasi, perusahaan telah menerapkan efesiensi waktu proses dengan baik. Dari perspektif pelatihan dan Pengembangan berdasarkan hasil wawancara dengan pimpinan perusahaan bahwa perusahaan belum pernah sama sekali melakukan pelatihan dan pengembangan terhadap karyawan. Dilihat dari indikator kepuasan kerja pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menghasilkan rata-rata keseluruhan jawaban karyawan berada pada angka 3,71, ini artinya bahwa karyawan PT. X merasa cukup puas selama bekerja pada PT. X.
ANALISIS KELAYAKAN USAHA BISNIS MINUMAN THAI TEA DI KELURAHAN BATU BESAR BATAM Arina Lubis; Tommy Saputra; Padilah Ibrahim; Zaharafatimah
JURNAL MANAJEMEN REKAYASA DAN INOVASI BISNIS Vol. 1 No. 2 (2023): FEBRUARI 2023
Publisher : LPPM-ITEBA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1480.967 KB)

Abstract

Dengan tingkat persaingan produk kuliner saat ini, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di industri minuman dapat menjadi pilihan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah usaha minuman Thai Tea di Desa Batu Besar Batam layak untuk dijadikan sebagai usaha. Aspek keuangan penelitian didekati secara kuantitatif. Data yang diolah akan diinterpretasikan secara deskriptif untuk menggambarkan studi kelayakan bisnis. Dengan menggunakan metode perhitungan payback period yaitu 5 bulan 11 hari, hasil analisis menunjukkan bahwa prospek keuangan usaha rumah tangga minuman thai tea cukup baik. IRR melebihi suku bunga saat ini (DF), yaitu 6%.
PERAN SIMULASI SEBAGAI SOLUSI DALAM PENANGANAN WABAH COVID-19: TINJAUAN LITERATUR Rizkha Rida; Muhammad Fiza Lubis
JURNAL MANAJEMEN REKAYASA DAN INOVASI BISNIS Vol. 1 No. 2 (2023): FEBRUARI 2023
Publisher : LPPM-ITEBA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2137.178 KB)

Abstract

Pandemi COVID-19 merupakan wabah yang tak terduga dan disrupsi yang secara signifikan memengaruhi kinerja sistem manufaktur dan rantai pasokan di berbagai sektor. Dalam makalah ini, tinjauan literatur menyelidiki peran teknologi Industri 4.0 dan metode simulasi dalam mengatasi dampak krisis pandemi. Secara khusus, analisis bibliometrik memberikan gambaran tentang teknologi yang paling berpengaruh melalui studi tentang kata kunci yang paling banyak digunakan. Sementara dalam analisis jurnal terdahulu menyangkut studi kasus nyata penggunaan simulasi, menunjukkan bahwa sejauh ini simulasi memberikan dukungan di empat bidang utama: konsumsi energi, rantai pasokan kesehatan & pelacakan kontak, rantai pasokan makanan, dan manajemen rantai pasokan secara umum. Hasil utama dari penelitian ini adalah Industri 4.0

Page 1 of 3 | Total Record : 22