cover
Contact Name
Jeperson Hutahaean
Contact Email
jurnalbangunsosial22@gmail.com
Phone
+6281361924212
Journal Mail Official
jurnalbangunsosial22@gmail.com
Editorial Address
https://ejurnal.bangunharapanbangsa.com/index.php/JSSHR/about/editorialTeam
Location
Kab. batu bara,
Sumatera utara
INDONESIA
Journal of Social Science and Humanities Research
ISSN : -     EISSN : 29624509     DOI : 10.56854/jsshr.v1i2
Core Subject : Education,
Journal of Social Science and Humanities Research (JSSHR) is a double-blind peer-reviewed, open-access journal published by PT. Bangun Harapan Bangsa. The journal focuses on the following topics: Anthropology, Sociology, Politics, Culture, Philosophy, Economics, Education, Management, Arts, Psychology, Archaeology, Classics, History, Linguistics and Languages, Law and Politics, Literature, Philosophy, Religion E-ISSN : 2962-4509 and SK 0005.29624509/K.4/SK.ISSN/2022.08
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2: Februari 2023" : 5 Documents clear
“Mahangke” Suku Karo Sebagai Tindak Tutur Dalam Komunikasi Mertua Dan Menantu Lubis, Bambang Nur Alamsyah; Husda, Azizah
Journal of Social Science and Humanities Research Vol. 1 No. 2: Februari 2023
Publisher : PT. Bangun Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (564.47 KB) | DOI: 10.56854/jsshr.v1i2.91

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan “mahangke” suku Karo sebagai tindak tutur dalam komunikasi antara mertua dan menantu. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data berasal dari suku Karo yang bermukim di Kabanjahe, Kabupaten Karo, Kecamatan Sampe Raya, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Data penelitian ini merupakan informasi lisan yang berupa cerita tentang “mahangke”. Peneliti adalah instrumen kunci, adapun intrumen tambahan berupa alat perekam suara yang digunakan untuk mengambil data dari sumber data. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa, “mahangke” merupakan adat istiadat yang telah diturunkan secara turun temurun oleh nenek moyang suku Karo yang tujuannya adalah untuk memberikan batasan atau larangan antara mertua dan menantu untuk berkomunikasi secara langsung, yaitu mertua laki-laki dan menantu perempuan, mertua perempuan dan menantu laki-laki. Dalam bahasa Karo batasan ini disebut dengan “rebu” yang artinya ‘pantang’. Berdasarkan hal ini, ketika mertua dan menantu ingin menyampaikan informasi atau meminta sesuatu, mereka menggunakan perantara sebagai penerima pesan, namun respon yang diinginkan sesungguhnya adalah dari mertua atau menantu tersebut
Pembelajaran Matematika Berbasis Blended Learning Dalam Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Motoling Gratia Lumantow, Melati; R. Sulangi, Victor; Sulistyaningsih, Murni
Journal of Social Science and Humanities Research Vol. 1 No. 2: Februari 2023
Publisher : PT. Bangun Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (401.285 KB) | DOI: 10.56854/jsshr.v1i2.107

Abstract

Blended learning merupakan model yang sangat relevan digunakan di masa pandemi covid-19 saat ini. Pembelajaran ini memadukan antara pembelajaran online dan pembelajaran konvensional, sehingga pelaksanaannya memanfaatkan aplikasi dan media tertentu. Fokus kajian penelitian adalah (1) Mendeskripsikan penerapan model blended learning pada pembelajaran matematika di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Motoling, (2) Mendeskripsikan kendala yang ditemukan selama pelaksanaan model blended learning di SMA Negeri 1 Motoling, (3) Mendeskripsikan berbagai alternatif penyelesaian kendala-kendala yang dihadapi pada pelaksanaan pembelajaran blended learning di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Motoling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil yang didapatkan adalah bahwa pengimplementasian pembelajaran blended learning pada subjek penelitian menunjukkan hasil yang positif, dimana dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Selain itu, pada aspek pembelajaran yang dilakukan terlihat bahwa subjek menggunakan pembelajaran konvensional sebatas untuk menjelaskan teori, sedangkan untuk latihan dan pengayaan di fokuskan pada pembelajaran berbasis online. Kendala yang dihadapi antara lain terkait sarana dan prasarana, seperti kuota internet, jaringan, serta ketersediaan perangkat komputer maupun smartphone yang belum memadai. Pemecahan masalah yang dimaksimalkan guru adalah dengan menggunakan google classroom dan memberikan pengerjaan tugas lewat smartphone di rumah siswa masing-masing.
Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Pada Pembelajaran Matematika Materi Peluang Di Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Dumoga Lepa, Carly; Sulistyaningsih, Murni; T. Sambuaga, Oltje
Journal of Social Science and Humanities Research Vol. 1 No. 2: Februari 2023
Publisher : PT. Bangun Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (508.564 KB) | DOI: 10.56854/jsshr.v1i2.108

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Hasil belajar siswa khususnya pada materi peluang tidak memenuhi KKM yakni 75, (2) Rendahnya tingkat pemahaman siswa dalam menyelesaikan aturan pencacahan, permutasi, dan kombinasi, (3) Metode pembelajaran yang bersifat membagikan materi dan soal lewat whatsapp grup, (4) Proses belajar dan mengajar yang tidak adanya penjelasan mengenai materi. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran blended learning untuk mengetahui hasil belajar. Metodologi pengumpulan data hasil belajar siswa terdiri dari 5 soal essay. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XII IPA SMA Negeri 1 Dumoga. Adapun sampel pada penelitian ini adalah kelas XII IPA 2 sebanyak 24 siswa yang menjadi kelas eksperimen dan kelas XII IPA 1 sebanyak 23 siswa yang menjadi kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji lilliefors dan uji-F. Pada hasil pengujian hipotesis dengan statistik uji-t pada taraf nyata diperoleh 8,13 dan . Maka, ini menunjukkan bahwa model pembelajaran blended learning sangat baik di terapkan untuk mencapai hasil belajar siswa kelas XII IPA SMA Negeri 1 Dumoga
Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Geogebra Pada Materi Koordinat Kartesius Siswa Kelas VIII SMP A. Madeole, Nadia; J. Pulukadang, Rosiah; M. Salajang, Santje
Journal of Social Science and Humanities Research Vol. 1 No. 2: Februari 2023
Publisher : PT. Bangun Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (671.018 KB) | DOI: 10.56854/jsshr.v1i2.111

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan Penerapan Model Discovery Learning berbantuan Geogebra dalam pembelajaran koordinat Cartesius di kelas VIII SMP Negeri 2 Dumoga. Penelitian ini menggunakan desain Posttest only control design. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas Eksperimen yang terdiri dari 23 orang dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 21 orang siswa di SMP Negeri 2 Dumoga. Data yang diperoleh adalah hasil dari Posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan rata-rata hasil belajar kelas Eksperimen 85,87 dan rata-rata belajar kelas kontrol 76,95. Uji kenormalan data terpenuhi dengan data berdistribusi normal. Hasil analisis data dengan taraf nyata 0,05 diperoleh = 2,6746991746 >  = 2,01808. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan hasil belajar siswa menggunakan Model Discovery Learning berbantuan Geogebra dalam pembelajaran Koordinat Cartesius lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional.  
Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Dengan Pendekatan Matematika Realistik Subhanudin
Journal of Social Science and Humanities Research Vol. 1 No. 2: Februari 2023
Publisher : PT. Bangun Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.648 KB) | DOI: 10.56854/jsshr.v1i2.149

Abstract

Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Dengan Pendekatan Matematika Realistik Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Mimika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetehui bagaimana efektifias penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) dengan Pendekatan Matematika Realistik. Kriteria keefektivan dalam Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Dengan Pendekatan Matematika Realistik yaitu:1) rata-rata hasil belajar matematika siswa lebih besar atau sama dengan 75, 2) rata-rata peningkatan hasil belajar matematika siswa lebih besar atau sama dengan 0.30. Penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 7 Mimika tahun pelajaran 2020/2021. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang terdiri dari 6 kelas. Dengan menggunakan teknik Klaster Random Sampling maka dari seluruh kelas VIII maka yang terpilih kelasVIII,3 sebagai sampel penelitian. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrument meliputi: 1) tes hasil belajar matematika siswa, 2) lembar observasi aktivitas siswa, 3) lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan 4) angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) dengan Pendekatan Matematika Realistik efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Mimika yang ditandai dengan: 1) rata-rata hasil belajar matematika siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Mimika lebih besar dari pada 75, dan 2) Peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Mimika mencapai 0,30.

Page 1 of 1 | Total Record : 5