cover
Contact Name
Ahmad Ashifuddin Aqham
Contact Email
ahmad.ashifuddin@gmail.com
Phone
+6285103445501
Journal Mail Official
annasuci@unimar-amni.ac.id
Editorial Address
Jl. Soekarno Hatta No.180, Palebon, Kec. Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50246
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Ocean Engineering: Jurnal Ilmu Teknik dan Teknologi Maritim
ISSN : 29635012     EISSN : 29635454     DOI : 10.58192
Core Subject : Engineering,
Menyambut baik kiriman yang memberikan wawasan tentang masalah terkini dan utama yang berhubungan dengan ilmu Teknik dan Teknologi Maritim. Artikel bisa ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2023): Maret : Jurnal Ilmu Teknik dan Teknologi Maritim" : 11 Documents clear
Analisis Hasil Perancangan Sistem Pengendalian PID Secara Visual Menggunakan GeoGebra Yudha Firizky Dwitama
Ocean Engineering : Jurnal Ilmu Teknik dan Teknologi Maritim Vol. 2 No. 1 (2023): Maret : Jurnal Ilmu Teknik dan Teknologi Maritim
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Maritim AMNI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (858.594 KB)

Abstract

Kontroler PID merupakan kontroler yang banyak dipakai di industry. Terdapat parameter proporsional, integral dan derivative pada kontroler PID. Proses perhitungan dalam PID secara buku teks lebih banyak berisi analisis pengaruh parameter Kp, Ki dan Kd. Proses implementasi perhitungan dirasakan kurang dipahami dengan cepat dan mudah oleh mahasiswa maka dibuat visualisasi untuk menunjukkan proses pada kontroler PID. Proses visualisasi menggunakan GeoGebra untuk menunjukkan proses yang terjadi pada blok perhitungan galar, pengaruh Gain proposal pada blok kontroler proporsional, pengaruh gain pada blok integral dan pengaruh perubahan galat pada blok kontroler derivative. Visualisasi juga dilakukan pada blok elemen control akhir.
ANALISIS IMPLEMENTASI SENSOR INFRA MERAH TERHADAP HASIL INSTRUKSI PADA RANGKAIAN IC GERBANG LOGIKA PALANG PINTU OTOMATIS Dicky Satria Elsaputra
Ocean Engineering : Jurnal Ilmu Teknik dan Teknologi Maritim Vol. 2 No. 1 (2023): Maret : Jurnal Ilmu Teknik dan Teknologi Maritim
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Maritim AMNI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (829.88 KB)

Abstract

Satuan ruang parkir merupakan ukuran luas efektif untuk meletakkan satu buah kendaraan (mobil penumpang, bus/truk, atau sepeda motor). Di dalamnya sudah termasuk ruang bebas di kiri dan kanan kendaraan dengan pengertian pintu bisa dibuka untuk turun naik penumpang serta hal-hal tertentu seperti ruang gerak untuk kursi roda khusus untuk parkir kendaraan bagi penderita cacat serta ruang bebas depan dan belakang. Palang Pintu Parkir, atau dengan nama lain barrier gate, adalah suatu alat pembatas keluar masuk kendaraan, fungsi dari palang pintu parkir atau palang parkir ini adalah sebagai tanda diperbolehkanya sebuah kendaraan memasuki atau keluar dari lahan parkir, setelah melalui pos penjaga parkir. Palang pintu parkir biasa dioperasikan dengan mempergunakan listrik searah DC atau AC, tergantung dari kebutuhan dan tingkat harga yang disesuaikan dengan kondisi lapangan, Kecepatan palang pintu parkir membuka, adalah salah satu point yang menjadikan sebuah harga untuk barang tersebut, sebab kecepatan membuka akan mempengaruhi siklus layanan parkir secara keseluruhan, apabila palang parkir membuka lebih cepat, maka akan lebih banyak kendaraan yang dilayani, baik itu keluar atau masuk area parkir, dan akhirnya para pelanggan parkir akan lebih puas, apabila memang kecepatan tersebut mengurangi waktu tunggu dari pelanggan parkir.
Analisis Internet Of Things Sistem Monitoring Suhu Dan Kelembapan Ruangan Pasien Isolasi Covid-19 Ahmad Dyan Kurniawan
Ocean Engineering : Jurnal Ilmu Teknik dan Teknologi Maritim Vol. 2 No. 1 (2023): Maret : Jurnal Ilmu Teknik dan Teknologi Maritim
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Maritim AMNI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (786.468 KB)

Abstract

Kondisi pandemi COVID-19 tahun selama kurang lebih 2 tahun menjadi pembelajaran bagi Indonesia khususnya di bidang kesehatan. Problematika di bidang kesehatan semakin terlihat jelas di era pandemi COVID-19 ini. Suhu tubuh normal berkisar antar 36,5⁰C - 37,5⁰C dan bila melebihi 38,5⁰C maka ada indikasi terinfeksi covid-19 yang kemudian akan diarahkan untuk isolasi baik mandiri atau di tempat yang telah disediakan. Tujuan adanya ruang isolasi adalah untuk mengendalikan penyebaran penyakit menular yang bisa mewabah. Ruang isolasi adalah ruangan khusus, orang-orang yang bisa masuk ke ruangan ini juga sangat terbatas. Mengingat di ruang isolasi tidak bisa sembarangan keluar masuk, untuk itu dikembangkanlah sistem monitoring yang mampu memantau beberapa parameter yang dibutuhkan agar ruangan tersebut memenuhi standar operasional prosedur. Salah satunya adalah pengelolaan tata udara yang harus dijaga yaitu suhu ruangan dan kelembapan ruangan. Udara dalam ruangan dan kontaminan dalam ruangan minimal 6x pertukaran udara perjam dengan suhu ruangan 24 - 26 C dan kelembaban relatif 40 - 60%. Berdasarkan permasalahan diatas penulis ingin menerapkan Fuzzy logic metode Mamdani pada sistem monitoring suhu dan kelembapan ruangan pasien isolasi Covid-19 berabsis IOT ( Internet of Things ). Hal ini tentunya sangat membantu berbagai pihak mulai perorangan, hingga lembaga kesehatan utamanya rumah sakit umum. Dari pengujian metode Fuzzy Logic tersebut diambil 10 data yang dibandingkan nilainya dengan Matlab, dapat dihasilkan rata-rata error output PWM sebesar 0.1%. Bedasarkan pengujian metode black box yang dilakukan dapat diketahui tampilan sistem sesuai dengan tampilan yang diharapkan, dengan persentase kesesuaian 100%. Untuk pengujian fungsional dapat diketahui tampilan website dapat berfungsi dengan baik pada browser Opera, Chrome, dan juga Microsoft Edge.
Analisis Internet OF Things Untuk Sistem Monitoring Kedalaman Dan Kekeruhan Air Hendra Wahyu Niryulianto
Ocean Engineering : Jurnal Ilmu Teknik dan Teknologi Maritim Vol. 2 No. 1 (2023): Maret : Jurnal Ilmu Teknik dan Teknologi Maritim
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Maritim AMNI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (600.235 KB)

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terdapat masalah yang ditemukan yaitu pada saat proses penggecekan kedalaman dan kekeruhan kualitas air masih menggunakan sistem secara manual yang melibatkan peran karyawan dalam melakukan proses penggecekannya dengan menggunakan alat turbidity meter dan level transmitter. Oleh sebab itu peneliti memberikan masukkan dan saran untuk proses penggecekan kedalaman dan kekeruhan air tersebut menggunakan sensor dalam mendapatkan hasil penggecekannya dan sistem berbasis internet of things untuk memonitoring hasil dari sensor yang digunakan. Lalu hasil dari prosesnya dapat dimonitoring langsung kedalam platform website. Didalam penelitian ini penulis menggunakan metode logika fuzzy logic untuk memprogram perangkat kerasnya dan hasil monitoringnya menggunakan website dengan framework codeigneter. Yang bertujuan untuk membangun sistem monitoring penggecekan kedalaman dan kekeruhan kualitas air secara otomatis menggunakan sensor ultrasonic dan sensor turbidity.
Penerapan Sistem Kerja Serat Optik Single Mode Terhadap Kapasitas Intensitas Cahaya Alfredo Bangkit H Parapat
Ocean Engineering : Jurnal Ilmu Teknik dan Teknologi Maritim Vol. 2 No. 1 (2023): Maret : Jurnal Ilmu Teknik dan Teknologi Maritim
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Maritim AMNI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (400.066 KB)

Abstract

Pelengkungan yang terjadi pada sebuah kabel serat optik sangat berpotensi menimbulkan rugi daya yang cukup serius dan lebih jauh lagi menyebabkan pecahnya serat optik. Oleh karena itu perlu dilakukan pengukuran pengaruh pelengkungan serat optik terhadap rugi daya yang dihasilkan ketika serat optik dilengkungkan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan intensitas cahaya keluaran yang melalui serat optik plastik. Skripsi ini hanya membahas mengenai perhitungan keluaran cahaya yang telah dipengaruhi oleh lekukan pada serat optik.Dari analisa yang dilakukan dengan panjang kabel fiber optik 100 m, redaman sebesar 0,2 dB/km dan radius pelengkungan yang bervariasi dengan radius pelengkungan sebesar 15 cm, 10 cm, 7 cm, 5 cm dan 2,25 cm, maka diperoleh rugi-rugi pelengkungan serat optik berturut -0,366 db, -0,312, -0,689, -0,914 , -1,658.
Sistem Pakar Untuk Mengukur Tingkat Depresi Mahasiswa Menggunakan Metode Fuzzy Sugeno Muhammad Rifqi Maulana; Said Iskandar Al Idrus
Ocean Engineering : Jurnal Ilmu Teknik dan Teknologi Maritim Vol. 2 No. 1 (2023): Maret : Jurnal Ilmu Teknik dan Teknologi Maritim
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Maritim AMNI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1061.636 KB) | DOI: 10.58192/ocean.v2i1.667

Abstract

Pakar psikologi mengingatkan pentingnya untuk tidak meremehkan kesehatan mental atau depresi sejak dini karena dapat menyerang berbagai usia dan mampu memengaruhi kondisi psikis penyintasnya. Mulai dari menyalahkan orang lain, menyakiti diri sendiri, hingga menyebabkan keinginan bunuh diri, merupakan bahaya yang mengancam saat seseorang depresi. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk membuat perhitungan dengan metode fuzzy sugeno untuk mengukur tingkat depresi pada mahasiswa dan membuat sistem yang mempermudah pengguna untuk mengetahui tingkatan depresi yang dialaminya. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Ilmu Komputer Universitas Negeri Medan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Stratified Random Sampling. 60 responden yang terukur, terdapat 40% yang terindikasi tidak ada depresi/gangguan mood, 45% terindikasi depresi sedang, dan 15% terindikasi depresi berat. Hasil akurasi metode fuzzy sugeno yang dihitung menggunakan Mean Absolute Error (MAE) dengan memperoleh 5,36 yang artinya rata-rata kesalahan mendekati nilai sebenarnya.
Hot Work: A Concerning Matters For Cadets (An Overview On Cadets As An Apprentice On Board Of A Ship) Endah Fauziningrum; Lilik Budiyanto; Kundori Kundori
Ocean Engineering : Jurnal Ilmu Teknik dan Teknologi Maritim Vol. 2 No. 1 (2023): Maret : Jurnal Ilmu Teknik dan Teknologi Maritim
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Maritim AMNI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58192/ocean.v2i1.709

Abstract

This study aims to examine why seafarers engage in simultaneous tasks, which may lead to accidents. In an exploratory qualitative study, face-to-face interviews were conducted with selective and targeted seafarers previously involved in maritime accidents. The collected data were analysed using interpretive and descriptive qualitative methods with a socio-cultural approach. The findings of this study show that the substantial regulatory changes over the years in the maritime industry have resulted in increased occupational workload for seafarers. Some of these regulatory barriers designed to improve safety at sea prompted seafarers to engage in simultaneous tasks to perform excessive paperwork and compensate for insufficient crewing. The research also revealed how a poor speak-up culture onboard might encourage simultaneous tasks leading to accidents at sea. The analysis shows that reasons for engaging in simultaneous tasks at sea are varied and complex. Therefore, complex intervention efforts to discourage seafarers from engaging in simultaneous tasks is needed to mitigate accidents at sea.
Penilaian Risiko K3 Pekerjaan Enclosed Space Entry Pada Kapal Km. Sabuk Nusantara 40 Menggunakan Metode Job Safety Analysis Dan Bow Tie Risk Assesment Jumrotin Nisa Lestari; Minto Basuki
Ocean Engineering : Jurnal Ilmu Teknik dan Teknologi Maritim Vol. 2 No. 1 (2023): Maret : Jurnal Ilmu Teknik dan Teknologi Maritim
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Maritim AMNI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58192/ocean.v2i1.1166

Abstract

Work accidents that occur on ships often occur in various cases, one of which is a work accident that occurs in an enclosed space. This is often experienced by a crew member who is unable to understand the proper methods and procedures for working in an enclosed space. Against this background, the researcher conducted a risk assessment of personal safety when working in an enclosed space to find out the causes, impacts and controls of the crew members' lack of understanding and knowledge of personal safety when working in an enclosed space. In this descriptive study using the Job Safety Analysis (JSA) method and the Bowtie method, the researchers obtained very high/extreme (E) scores in carrying out work in closed spaces, namely the ship's crew inhaled poisoned air/gas while checking in the cofferdam tank where these results obtained an likelihood value of 66% and a severity value of 71%. By holding routine drills regarding the application of safety principles in an enclosed space in more detail to all Ship's Crew and at the end of the drill closing displays a training video that displays shows about various accidents that occurred in an enclosed space and the causes of these events are reviewed in detail. So with a more detailed drill on the application of safety principles regarding enclosed space material to all Ship's Crew, it is hoped that it can minimize the occurrence of work accidents in an enclosed space.
Analisis Pengaruh Faktor Penjadwalan Kapal, Jasa Pemanduan, Produktivitas Bongkar Muat Terhadap Waiting Time Kapal Gembong Satria Negara; Iwan Weda; Muhammad Fadzli Syabani; Ngaijan Ngaijan
Ocean Engineering : Jurnal Ilmu Teknik dan Teknologi Maritim Vol. 2 No. 1 (2023): Maret : Jurnal Ilmu Teknik dan Teknologi Maritim
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Maritim AMNI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58192/ocean.v2i1.1191

Abstract

Ship waiting time is one issue that is always getting serious attention in every country. Marine transportation became the main made of transportation in trade. Nearly 90% of foreign trade is done by sea. Freight carried by sea to be very efficient due to large carring capacity and this the role of the port as a place where ships can carry out loading and unloading of goods becomes an important means of supporting adequate facilities and infrastructure. If the performance of the port is not optimal, it will have a direct impact on the service so that it will cause new problems, namely the ship’s waiting time gets higher, so that it willlead to high costs, which have a direct impact on the price of goods on the market. This research has objective to know analysis the influence of factor ship scheduling, pilotage, and loading and unloading productivity to the waiting time. This research was conducted at the Port of Sei Kolak Kijang as a sample. The data collection done was through a method of observation, the literature study, interview, documentatuion and the questionnaires. Techique the analysis used is linear regression multiple with program assitance SPSS V.20. Based on the results of research and analysis produced equation: Y = 15.326 - 0,220 X1 - 0,178 X2 – 0,308 X3 + µ. Where the decision variable of waiting time (Y), ship scheduling (X1), pilotage (X2), loading and unloading productivity (X3) tested using t test show that the three independent variables significantly influence passenger decision as dependent variable. The Adjusted R Square number of 0,665 indicates that 66,5 percent of waiting time variables can be explained through the three independent variables in the regression equation. While the remaining 33,5 percent is explained by other variables outside the three variables used in this study.
Dampak Nilai Tukar Mata Uang Terhadap Perdagangan Internasional Kholid Mawardi
Ocean Engineering : Jurnal Ilmu Teknik dan Teknologi Maritim Vol. 2 No. 1 (2023): Maret : Jurnal Ilmu Teknik dan Teknologi Maritim
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Maritim AMNI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58192/ocean.v2i1.1218

Abstract

As international trade activities are increased, there are more regulative practices which might be barriers to trade. One of such hindrances is exchange rate volatility that affects trade activities both directly and indirectly. Exchange rate volatility of currencies can affect the trade engagements and as well as the trade balance of a country. One of the implications of the study is that the impacts of monetary policy changes on trade activities can be noticed significantly in the long-term. While impacts on export levels are usually immediate, import levels are changed in long-run. The research analyzes the correlation between inflation and devaluation and clearly states their impacts on trade balance. The case study about devaluation of the currency of Azerbaijan elaborates the impacts of currency volatility on exports which is illustrated and analyzed in this research. Moreover, inflation and devaluation correlations and their impacts on import level of a country are studied through correlation and multiple regression analyses based on the data exported from OECD and World Bank. The results conclude that exchange rate volatility significantly impacts the trade balance in terms of imports and exports. Given the results, exchange rate is a non-trade barrier and affects foreign trade.

Page 1 of 2 | Total Record : 11