cover
Contact Name
Lukman Nurhakim
Contact Email
lukmannurhakim@iaisambas.ac.id
Phone
+6285161018819
Journal Mail Official
lukmannurhakim@iaisambas.ac.id
Editorial Address
Tanjung Mentawa, Kel. Tanjung Mekar, Kec. Sambas, Kab. Sambas, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia
Location
Kab. sambas,
Kalimantan barat
INDONESIA
NUMBERS: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Published by CV. Adiba Aisha Amira
ISSN : -     EISSN : 29853885     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Numbers (Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam) is an-Opened Access journal which contains the results of research and literature studies and published four times a year every January, April, July, November. It publishes the research (no longer than 5 years after the draft proposed) in term of mathematics, mathematics education and Natural Sciences in school and education institutions. The journal welcomes contributions in such areas of current analysis in: Mathematics in school and educational institutions Mathematics learning material and ethnomathematics in mathematics learning material. Mathematics education in school and educational institutions Curriculum Development, Learning Methods, Learning Materials, Learning Media, Assessment, Information and Communications Technology in Mathemarics Learning, Mathematics Skill, Ethnomathemarics and Other Mathematics Learning Analysis. Natural Sciences in school and education institutions Curriculum Development, Learning Methods, Learning Materials, Learning Media, Assessment, Information and Communications Technology in Natural Sciences Learning, Natural Sciences Skill and Other Natural Sciences Learning Analysis.
Articles 2 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 4 (2023): October - December" : 2 Documents clear
Efektivitas Multimedia Pembelajaran Matematika Berbasis Simulasi dalam Melatih Keterampilan Psikomotor Peserta Didik pada Konsep Geometri Agung Tralisno Agung; Syamiah Alfi
NUMBERS : Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 1 No. 4 (2023): October - December
Publisher : CV. ADIBA AISHA AMIRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Multimedia pembelajaran merupakan suatu alat yang dapat membantu kegiatan para pendidik dalam menyalurkan informasi serta pengetahuan kepada peserta didik. Multimedia pembelajaran akan sangat berguna atau bermanfaat jika pendidik pandai memanfaatkannya dengan baik dalam kegiatan belajar mengajar. Hendaknya dipersiapkan media pembelajaran berbasis multimedia simulasi untuk membantu mempermudah kegiatan pembelajaran agar peserta didik dapat memahami konsep dan membantu peserta didik dalam kegiatan praktikum di kelas. Tujuan penelitian ini yaitu menilai keefektivan penggunaan multimedia pembelajaran matematika berbasis simulasi untuk melatih kemampuan psikomotor peserta didik dalam geometri. Efektivitas pembelajaran diukur dengan peningkatan kemampuan psikomotor peserta didik dalam kegiatan praktikum. Metode penelitian yang diguanakan adalah Mixed methods dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Angket tanggapan dari pendidik dan peserta didik, serta lembar observasi penilaian praktikum merupakan instrumen pengumpulan data yang digunkan dalam penelitian ini. Dari hasil analisis dengan uji gain terdapat peningkatan kemampuan psikomotor peserta didik pada kategori tinggi. Hal ini didasari dari uji gain hasil pretest dan post-test praktikum pada materi kubus dan balok diperoleh skor uji gain sebesar 0,73. Sehingga disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran matematika berbasis simulasi dapat digunakan untuk melatih kemampuan psikomor peserta didik, sehingga dapat digunakan oleh pendidik dan peserta didik dalam kegiatan praktikum maupun pembelajaran geometri secara efektif.
Kajian Literatur: Kehadiran Guru Dalam Kelas terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pangestu Wibisono
NUMBERS : Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 1 No. 4 (2023): October - December
Publisher : CV. ADIBA AISHA AMIRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Belajar adalah usaha atau kegiatan yang dilakukan seseorang untuk memperoleh kecakapan atau pengetahuan agar dapat mengembangkan potensi di dalam dirinya. Pada proses pembelajaran, peran motivasi dalam belajar peserta didik dapat dianalogikan sebagai sumber energi untuk menggerakan mesin. Peserta didik yang memiliki motivasi dalam belajar akan mendorong mereka untuk berperilaku aktif dalam kegiatan pembelajaran dan membuat mereka semangat dalam belajar. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penulisan ini adalah kajian literatur. Kajian literatur merupakan pencarian dan penelitian kepustakaan dengan membaca text book, jurnal dan artikel-artikel lain yang berkaitan dengan tema penelitian agar menghasilkan satu tulisan yang berkenaan dengan satu tema atau isu tertentu. Karena peran guru tersebut sebagai pendidik itulah maka seorang guru harus senantiasa memberikan performa terbaiknya kepada para peserta didik terutama saat di dalam kelas. Interaksi yang dilakukan kepada peserta didik akan menjadi sesuatu yang penting dalam setiap pembelajaran di dalam kelas. Interaksi dalam pembelajaran ini adalah sebuah proses komunikasi yang terjalin antara guru dan peserta didik dengan tujuan untuk mengubah tingkah laku dan perbuatan seseorang. Motivasi belajar peserta didik dapat terlihat jika peserta didik tidak mudah putus asa dalam menghadapi kesulitan dalam belajar, tekun mengerjakan tugas-tugas hingga selesai, memiliki minat terhadap macam-macam masalah, lebih sering bekerja secara mandiri, dapat mempertahankan pendapatnya, tidah mudah goyah dan sering mencari dan memecahkan masalah-masalah soal. Dengan demikian, guru yang hadir dalam kelas perannya bukan hanya sebagai seorang pendidik saja melainkan bisa menjadi seorang motivator. Maksud motivator disini adalah guru sebagai pendorong peserta didik dalam meningkatkan dan mengembangkan kegairahan kegiatan belajar peserta didik. Karena guru adalah orang yang harus paling dekat dan mampu memahami potensi dan kelemahan dari peserta didik.Hasil kajian literatur mengenai hubungan kehadiran guru di dalam kelas dengan motivasi belajar siswa ini menunjukkan bahwa seorang guru adalah seorang pendidik yang perannya bisa menjadi bermacam-macam ketika di dalam kelas. Kehadiran guru menjadi dorongan bagi para peserta didik untuk memunculkan motivasinya dalam belajar.

Page 1 of 1 | Total Record : 2