cover
Contact Name
Muchamad Subali Noto
Contact Email
msnoto@ugj.ac.id
Phone
+6282117556837
Journal Mail Official
euclid.unswagati@gmail.com
Editorial Address
Lembaga Penelitian Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ). Jalan Pemuda No. 32, Kota Cirebon, Jawa Barat, Indonesia. Kode Pos 45132.
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Euclid
ISSN : 25414453     EISSN : 23551712     DOI : https://doi.org/10.33603/e.v10i1.7258
Core Subject : Education, Social,
The aim of Euclid, p-ISSN 2355-1712 and e-ISSN 2541-4453, is to provide a national forum for sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of pure and applied mathematics, education, teaching, development, instruction, educational projects and innovations, learning methodologies, and new technologies in mathematics education. The Journal invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in pure mathematics, applied mathematics, and mathematics education are welcome, which includes, but not limited to the following topics: Mathematics Learning Model, Assesment and Evaluation in Mathematics Teaching, Design/Development Research in Mathematics Education, Mathematics Ability, ICT in Mathematics Education, Ethnomathematics. Applied Mathematics: Environmental Mathematics, Industrial Mathematics, Computational Mathematics, Mathematical Economics, Financial Mathematics, Statistics. Pure Mathematics: Algebra, Geometry, Analysis, Discrete Mathematics/ Combinatorics.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2019): Edisi Juli" : 7 Documents clear
Perbandingan Prediksi Tinggi Muka Air Bendungan Wonogiri dengan Single Exponential Smoothing dan Brown’s Exponential Smoothing Retno Tri Vulandari; Dwi Rema wati; Yustina Retno W; Hendro Wijayanto; Wawan Laksito YS
Euclid Vol 6, No 2 (2019): Edisi Juli
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (564.642 KB) | DOI: 10.33603/e.v6i2.2194

Abstract

Intensitas hujan tahunan di daerah aliran sungai (DAS) Bengawan Solomengakibatkan debit aliran sungai besar di beberapa anak sungai. Debit aliransungai yang besar mengakibatkan tinggi muka air di beberapa pos pemantauanmeningkat. Tinggi muka air di setiap pos pemantauan diukur setiap hari denganperiode yang sama, pagi (06.00), siang (12.00), dan sore (18.00). oleh karena itu data tinggi muka air merupakan data runtun waktu. Salah satu metode peramalan data runtun waktu adalah single exponential smoothing dan Brown’s double exponential smoothing. Dalam penelitian ini akan dilakukan pemodelan data tinggi muka air sungai Bengawan Solo pada pos pemantauan Wonogiri Juni – Desember 2018.
Pemodelan Regresi Zero Inflated Poisson (ZIP) dan Hurdle Model Pada Kasus Penyakit Tetanus Neonatorum Rina Sri Kalsum Siregar
Euclid Vol 6, No 2 (2019): Edisi Juli
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (512.24 KB) | DOI: 10.33603/e.v6i2.1940

Abstract

Peristiwa terjadinya Tetanus Neonatorum sudah menjadi peristiwa yang langka (rare cases) karena dari 38 kabupaten kota di Jawa Timur pada tahun 2014 terdapat 68 persen wilayahnya sudah tidak terjadi kasus Tetanus Neonatorum. Pada penelitian ini variabel dependen yang digunakan adalah data count, yaitu jumlah kasus penyakit Tetanus Neonatorum yang terjadi di Jawa Timur menurut kabupaten/kota, sehingga analisis yang dapat digunakan adalah pengembangan dari regresi linier yaitu regresi Poisson. Namun permasalahan lain yang dihadapi adalah proporsi nilai nol pada variabel dependen diatas 50 persen. Overdispersi pada data dapat terjadi karena proporsi nilai nol yang berlebih pada variabel dependen (excess zeros). Jika data mengalami overdispersi, maka regresi Poisson tidak baik digunakan dalam menganalisis data. Untuk mengatasi masalah tersebut model yang dapat digunakan antara lain model regresi Zero Inflated Poisson (ZIP) dan Hurdle Model. Nilai AIC dari regresi Zero-Inflated Poisson (ZIP) menunjukan nilai terkecil dibandingkan nilai AIC yang dihasilkan oleh Hurdle Model yaitu sebesar 88,248, sehingga model ZIP dipilih namun akan dilakukan kembali pengujian overdispersi, dari hasil pengujian ternyata terdapat overdispersi sehingga dilakukan pemodelan lebih lanjut menggunakan ZINB. Kata Kunci. Hurdle, Tetanus Neonatorum, ZINB, ZIP
Determinan Perilaku Seksual Pra Nikah Remaja Pria di Indonesia Hasil SDKI Sri Wahyuni; Ikhsan Fahmi
Euclid Vol 6, No 2 (2019): Edisi Juli
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (695.022 KB) | DOI: 10.33603/e.v6i2.2201

Abstract

 Perilaku seksual remaja merupakan masalah serius yang harus segera ditangani secara serius oleh pemerintah dan masyarakat. Data SDKI dan beberapa penelitian menunjukkan hubungan seksual pranikah lebih tinggi dilakukan remaja pria dibandingkan dengan remaja wanita. Hasil SDKI 2017 menunjukkan remaja pria yang pernah melakukan hubungan seksual pranikah sebesar 8 persen, dimana remaja pria umur 15-19 tahun sekitar 3,6 persen dan umur 20-24 tahun sekitar 14,0 persen. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku hubungan seksual pranikah yang dilakukan remaja pria di Indonesia. Metode yang digunakan adalah analisis regresi logistik binner, dengan menggunakan data SDKI 2017 Remaja Pria. Dalam penelitian ini dimasukkan sebelas variabel yang diduga berpengaruh pada perilaku hubungan seksual remaja pria. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  dengan tingkat kepercayaan 95 persen, terdapat delapan variabel yang signifikan mempengaruhi perilaku hubungan seksual remaja pria. Variabel tersebut adalah klasifikasi daerah tempat tinggal, merokok, konsumsi narkoba, pacaran, status masih sekolah, pendidikan tertinggi,  komunikasi mengenai kesehatan reproduksi dengan saudara kandung, dan teman yang telah melakukan hubungan seksual sebelum menikah.
Peningkatan Kompetensi Guru Matematika SMK Melalui Program Revitalisasi di PPPPTK BMTI Joko Soebagyo; Wahyu Purnama
Euclid Vol 6, No 2 (2019): Edisi Juli
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (503.826 KB) | DOI: 10.33603/e.v6i2.2184

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kompetensi guru matematika SMK melalui program revitalisasi di PPPPTK BMTI.  Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan desain penelitian yang digunakan One-Group Pretest-Posttest Design.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru matematika SMK yang sudah mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG).  Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik stratified random sampling, dan hasilnya terpilih 24 guru matematika SMK se-Indonesia dengan nilai UKG tahun 2017 kurang dari 75 pada modul C dan F.  Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu posttest berupa tes online, kemudian data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t, uji gain dan uji efektifitas.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai UKG modul C tahun 2017 adalah 37,58 dan nilai rata-rata posttest 66,25 hal ini berarti kompetensi guru matematika SMK pada modul C mengalami peningkatan sebesar 28,67, dan besar rata-rata uji gain termasuk dalam kriteria sedang yaitu sebesar 0,46 atau 46%.  Sedangkan hasil penelitian pada modul F menunjukkan rata-rata nilai UKG tahun 2017 adalah 55,39 dan rata-rata nilai posttest 49,58 hal ini menunjukkan bahwa kompetensi guru matematika SMK pada modul F mengalami penurunan sebesar 5,81, dan besar rata-rata uji gain sebesar -0,13 atau mengalami penurunan sebesar 13%.  Penelitian ini memberikan informasi bahwa program revitalisasi melalui PKB dapat meningkatkan kompetensi guru matematika pada modul C tetapi tidak pada modul F.
Analisis Proses Berpikir Menyusun Bukti Matematis Mahasiswa Calon Guru Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar Lilis Marina Angraini; Mohammad Dadan Sundawan; Muchamad Subali Noto
Euclid Vol 6, No 2 (2019): Edisi Juli
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.752 KB) | DOI: 10.33603/e.v6i2.2564

Abstract

Penelitian ini secara khusus bertujuan untuk menelaah kemampuan mahasiswa calon guru Pendidikan Matematika dalam menyusun bukti matematis, serta mengamati kendala apa saja yang dialami mahasiswa dalam menyusun bukti matematis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Islam Riau jurusan Pendidikan Matematika, pada mahasiswa semester VI sebanyak 21 orang mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Struktur Aljabar tahun ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pembuktian matematis mahasiswa Universitas Islam Riau dalam menjawab soal Struktur Aljabar memperoleh rata-rata skor sebesar 26 dari skor maksimum 50. Ini artinya kemampuan pembuktian matematis mahasiswa masih kategori cukup namun perlu ditingkatkan lagi agar skor yang diperoleh lebih tinggi. Persentase rata-rata skor kemampuan pembuktian matematis adalah 52%.Kata Kunci: Menyusun Bukti Matematis, Mahasiswa Calon Guru, Struktur Aljabar.
Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA Melalui SQ3R Runisah Runisah Runisah
Euclid Vol 6, No 2 (2019): Edisi Juli
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.709 KB) | DOI: 10.33603/e.v6i2.2216

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji  peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengggunakan SQ3R. Penelitian ini merupakan penelitian  kuasi eksperimen yang melibatkan 72 siswa kelas X dari salah satu SMA di Indramayu, Jawa  Barat. Data dianalisis menggunakan uji t’,  Anova Satu jalur dan uji Scheffe. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan SQ3R lebih baik dari siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; 2) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis  siswa yang mengunakan SQ3R dengan kemampuan awal  tinggi lebih baik dari siswa dengan kemampuana awal sedang, dan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa berkemampuan awal sedang lebih baik dari siswa berkemampuan awal rendah.Kata kunci.  berpikir kritis,  matematika,   SQ3R
Modifikasi Metode Iterasi Dua Langkah Menggunakan Kombinasi Linear Tiga Parameter Real Alfi Husni; Wartono Wartono
Euclid Vol 6, No 2 (2019): Edisi Juli
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (606.112 KB) | DOI: 10.33603/e.v6i2.1893

Abstract

Makalah ini membahas modifikasi  metode iterasi dua langkah dengan menggunakan kombinasi linier tiga parameter dan tiga metode iterasi berorde konvergensi tiga yang masing-masing dihasilkan dari penjumlahan metode Potra-Ptak dan metode varian Newton, modifikasi metode varian Newton  rata-rata kontra harmonik, dan Metode Newton-Steffensen. Berdasarkan hasil kajian diperoleh bahwa metode iterasi baru memiliki orde konvergensi empat untuk q 1 = -2, q 2 = 3 - q 3 dan q3 ÎÂ yang melibatkan tiga evaluasi fungsi dengan indeks efisiensi sebesar 41/3 » 1,5874. Simulasi numerik diberikan untuk menunjukkan performa metode iterasi baru dibandingkan dengan metode Newton, metode Potra-Ptak, dan metode Chebyshev

Page 1 of 1 | Total Record : 7