cover
Contact Name
Aprilianti Pratiwi
Contact Email
aprilyantipratiwi@univpancasila.ac.id
Phone
+6281296189032
Journal Mail Official
jurnalpublish.fikomup@univpancasila.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Pancasila Jalan Raya Lenteng Agung, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, 12630, Indonesia
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Publish : Basic and Applied Research Publication on Communications
Published by Universitas Pancasila
ISSN : 28303652     EISSN : 28303598     DOI : https://doi.org/10.35814/publish.v1i2
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Publish (Basic and Applied Research Publication on Communications) memuat artikel-artikel dari hasil penelitian berbasis pengetahuan di bidang komunikasi jurnalistik. Artikel berasal dari tulisan mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila atau universitas lain. Jurnal menerbitkan jurnal yang membahas tentang wacana jurnalistik kontemporer, komunikasi pemasaran dan semiotika. Topik dan isu yang dibahas dalam jurnal termasuk tetapi tidak terbatas pada Jurnalisme atau Konten Media, seperti sosial, budaya, politik, ekonomi, pembangunan, kemanusiaan dan komunitas, sains, teknologi, dll.; manajemen media; penelitian audiens; media dan masyarakat.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2022)" : 6 Documents clear
Pengaruh Terpaan Berita Vaksin Covid-19 di Kompas.com Terhadap Persepsi Vaksinasi di Kalangan Generasi Z Anisa Giovanny; Retor A.W. Kaligis
Jurnal Publish (Basic and Applied Research Publication on Communications) Vol 1 No 1 (2022)
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (113.252 KB) | DOI: 10.35814/publish.v1i1.3491

Abstract

Media online Kompas.com sering mempublikasikan berita mengenai vaksin covid-19. Pembaca Kompas.com pun beragam, salah satunya adalah generasi Z. Dengan banyaknya berita vaksin covid-19 yang ditampilkan oleh Kompas.com, maka dapat memengaruhi persepsi pembacanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara terpaan berita vaksin dan persepsi tentang vaksinasi di kalangan generasi Z. Dengan menggunakan konsep terpaan dan persepsi, penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksplanatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan memperoleh 100 responden yang merupakan generasi Z berdomisili di Jakarta. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh signifikan antara terpaan berita dan persepsi, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 84%. Sedangkan berdasarkan koefisien determinasi juga didapatkan hasil bahwa terpaan berita vaksin memiliki pengaruh 71,6% terhadap persepsi dan sisanya sebesar 28,4% dipengaruhi faktor lain yang tidak dimasukan ke dalam penelitian ini.
Pengaruh Electronic Word Of Mouth (eWOM) di Media Sosial Twitter @avoskinbeuaty Terhadap Keputusan Pembelian Avoskin Bunga Rizky Oktaviani; B. Helpris Estaswara
Jurnal Publish (Basic and Applied Research Publication on Communications) Vol 1 No 1 (2022)
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (147.904 KB) | DOI: 10.35814/publish.v1i1.3492

Abstract

Melakukan perawatan di klinik atau pun pembelian kosmetik, kini telah menjelma sebagai kebutuhan yang esensial. Kondisi ini disebabkan karena adanya pemahaman yang tinggi mengenai pentingnya penampilan diri. Akibatnya, terjadi peningkatan penjualan produk kecantikan, bahkan pertumbuhan industri kecantikan di Indonesia, terlebih perusahaan kosmetik. Akhirnya, merek-merek kosmetik melakukan strategi komunikasi pemasaran. Komunikasi electronic word of mouth (eWOM) merupakan satu diantara bentuk komunikasi pemasaran mengenai ulasan konsumen kepada konsumen lainnya perihal merek, produk, jasa dan perusahaan yang disampaikan secara daring. Avoskin melalui akun Twitter @avoskinbeauty selaku merek skincare lokal memanfaatkan eWOM untuk mendapat calon konsumen potensial dan mendorong keputusan pembelian produk. Penelitian ini bertujuan menjelaskan pengaruh eWOM di media sosial Twitter @avoskinbeauty terhadap keputusan pembelian Avoskin. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi. Teknik pengambilan sampelnya adalah stratified random sampling dengan jumlah 396 pengikut akun Twitter @avoskinbeauty. Hasil penelitian memperlihatkan adanya pengaruh eWOM terhadap keputusan pembelian, di mana pengaruhnya sebesar 30,6%.
Pengaruh Menonton Tayangan Kekerasan Serial Animasi BoBoiBoy di Televisi Terhadap Perilaku Imitasi Anak Kartika Anggraeni; B. Helpris Estaswara
Jurnal Publish (Basic and Applied Research Publication on Communications) Vol 1 No 1 (2022)
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (161.913 KB) | DOI: 10.35814/publish.v1i1.3493

Abstract

Anak-anak mudah meniru setiap tayangan yang disiarkan melalui televisi, seperti adegan kekerasan, pornografi, sampai perilaku yang tidak menghormati orang tua atau orang terdekat. Hal ini tentunya berdampak negatif bagi anak-anak. Acara televisi yang diangkat dalam tulisan ini adalah tayangan kekerasan serial animasi BoBoiBoy. Ada pun tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh menonton tayangan kekerasan serial animasi BoBoiBoy terhadap perilaku imitasi anak. Teori yang digunakan adalah teori kultivasi, di mana teori ini menjelaskan bagaimana dampak yang diperoleh seseorang setelah mengonsumsi media dalam jangka panjang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe eksplanatif. Studi ini juga menggunakan teknik total sampling yang berjumlah 75 responden dengan pengambilan data melalui google form. Berdasarkan hasil uji regresi ditemukan bahwa terdapat pengaruh signifikan menonton serial animasi BoBoiBoy di televisi terhadap perilaku imitasi anak.
Penggunaan Internet sebagai Media Pembelajaran Kartika Nur Amalia; Umar Halim
Jurnal Publish (Basic and Applied Research Publication on Communications) Vol 1 No 1 (2022)
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (226.634 KB) | DOI: 10.35814/publish.v1i1.3496

Abstract

Awal tahun 2020 semua dunia berubah seketika dengan munculnya virus COVID-19. Salah satu industri yang terkena dampak adalah pendidikan, di mana semua orang di dunia harus melakukan segala aktivitas di rumah masing-masing. Dengan begitu, internet lebih sering digunakan untuk memenuhi kebutuhan aktivitas belajar mengajar dari rumah. Permasalahan dari penelitian ini adalah sejauh mana para responden menggunakan internet sebagai media pembelajaran. Konsep penggunaan internet diukur dengan dua fungsi media, yaitu: sebagai sumber informasi dan komunikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan angket secara online kepada mahasiswa aktif Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila. Data yang berhasil dianalisis sebanyak 199 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa responden tidak hanya menjadikan internet sebagai sumber informasi, namun juga sebagai sumber komunikasi dalam aktivitas pembelajaran. Adapun teknologi yang dimanfaatkan untuk proses pembelajaran adalah smartphone/handphone.
Upaya Peningkatan Brand Awareness Pt. Pilihanmu Indonesia Jaya (Pilihjurusan.Id) Melalui Marketing Public Relations Valeria Alprits Marchus; Nathalia Perdhani
Jurnal Publish (Basic and Applied Research Publication on Communications) Vol 1 No 1 (2022)
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (61.811 KB) | DOI: 10.35814/publish.v1i1.3497

Abstract

Munculnya banyak perusahaan startup di bidang pendidikan berdampak pada tingginya persaingan. Di tengah persaingan tersebut, penting untuk membangun brand awareness. PT. Pilihanmu Indonesia Jaya (Pilihjurusan.id ) merupakan salah satu startup di bidang pendidikan yang baru berdiri pada 21 Oktober 2021. Sebagai startup baru di tengah banyaknya persaingan dan dalam situasi pandemi, PT. Pilihanmu Indonesia Jaya (Pilihjurusan.id) penting untuk membangun brand awareness. Penelitian ini menggali bagaimana upaya peningkatan brand awareness PT. Pilihanmu Indonesia Jaya (Pilihjurusan.id) melalui peran marketing public relations. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah marketing public relations dan brand awareness. Hasil penelitian menemukan bahwa dalam meningkatkan brand awareness, marketing public relations membuat event, melakukan kolaborasi dengan marketing business development untuk memberikan promo dalam event, dan melakukan kerja sama dengan pihak eksternal.
Tingkat Kesadaran Masyarakat Mengenai Program Pengurangan Penggunaan Plastik Melalui Konten Instagram @pemkotbogor (Studi pada Followers Instagram @pemkotbogor) Wina Kris Indriati; Anna Agustina
Jurnal Publish (Basic and Applied Research Publication on Communications) Vol 1 No 1 (2022)
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (173.781 KB) | DOI: 10.35814/publish.v1i1.3498

Abstract

Upaya kota Bogor untuk mengurangi sampah plastik salah satunya dengan program pengurangan penggunaan plastik di pusat perbelanjaan. Salah satu cara mensosialisasikan program tersebut adalah dengan cara mengunggah konten mengenai program tersebut melalui akun Instagram @pemkotbogor. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi tingkat kesadaran masyarakat mengenai program pengurangan penggunaan plastik sekali pakai yang diunggah oleh akun Instagram @pemkotbogor. Penelitian ini terdiri dari satu variabel yaitu tingkat kesadaran masyarakat yang terdiri atas tiga dimensi, yaitu pengetahuan, sikap, dan tindakan. Metodologi dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian adalah followers akun Instagram @pemkotbogor yang telah memberikan like pada unggahan program pengurangan penggunaan plastik, dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesadaran masyarakat akan program pengurangan penggunaan plastik sudah pada tahap tindakan atau perilaku di mana masyarakat sudah mengganti kantong plastik sekali pakai dengan tas yang lebih ramah lingkungan yang bisa dipakai secara berulang.

Page 1 of 1 | Total Record : 6