cover
Contact Name
Haudi
Contact Email
jurnaljotika@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnaljotika@gmail.com
Editorial Address
Jalan Pengairan No.35, Tangerang, Provinsi Banten, 15111
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Jotika Journal in Management and Entrepreneurship
ISSN : -     EISSN : 28072847     DOI : https://doi.org/10.56445/jme
Core Subject : Economy,
Jotika Journal in Management and Entrepreneurship diterbitkan oleh Jotika English and Education Center Tangerang, Indonesia dengan e-ISSN 2807-2847, merupakan jurnal yang menerbitkan hasil-hasil penelitian di bidang manajemen dan kewirausahaan. Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Februari dan Agustus.
Articles 28 Documents
KUALITAS PELAYANAN DAN STRATEGI MARKETING TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN RUMAH JAHIT NIA PEKANBARU PADA MASA COVID - 19 Irsyadi Zain
Jotika Journal In Management and Entrepreneurship Vol. 1 No. 1 (2021): Agustus
Publisher : Jotika English and Education Center

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (395.908 KB) | DOI: 10.56445/jme.v1i1.4

Abstract

Tujuan penelitian antara lain untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Rumah Jahit Nia Pekanbaru pada masa Covid-19, untuk mengetahui pengaruh strategi marketing terhadap kepuasan pelanggan Rumah Jahit Nia Pekanbaru pada masa Covid-19, dan kualitas pelayanan dan strategi marketing berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Rumah Jahit Nia Pekanbaru pada masa Covid-19. Hasil penelitian adalah kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan Rumah Jahit Nia Pekanbaru Pada Masa Covid -19.Strategi marketing berpengaruh negatif dan siginifikan terhadap kepuasan pelanggan Rumah Jahit Nia Pekanbaru Pada Masa Covid -19.Kualitas pelayanan dan strategi marketing berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Rumah Jahit Nia Pekanbaru Pada Masa Covid -19. Hasil dari koefisien determinasi didapatkan sebesar 38,7% berarti bahwa kualitas pelayanan dan strategi marketing terhadap kepuasan pelanggan Rumah Jahit Nia Pekanbaru Pada Masa Covid – 19 sebesar 38,7% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh varibel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK ERIA BUNDA PEKANBARU Firmansyah Firmansyah
Jotika Journal In Management and Entrepreneurship Vol. 1 No. 1 (2021): Agustus
Publisher : Jotika English and Education Center

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (549.779 KB) | DOI: 10.56445/jme.v1i1.5

Abstract

untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan secara parsial terhadap kepuasan pasien rawat inap pada Rumah Sakit Ibu dan Anak Eria Bunda Pekanbaru, untuk mengetahui pengaruh harga secara parsial terhadap kepuasan pasien rawat inap pada Rumah Sakit Ibu dan Anak Eria Bunda Pekanbaru, untuk mengetahui pengaruh citra merek secara parsial terhadap kepuasan pasien rawat inap pada Rumah Sakit Ibu dan Anak Eria Bunda Pekanbaru, dan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga dan citra merek secara simultan terhadap kepuasan pasien rawat inap pada Rumah Sakit Ibu dan Anak Eria Bunda Pekanbaru. Hasil penelitian ini adalah Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien rawat inap RSIA Eria Bunda Pekanbaru.Harga berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pasien rawat inap RSIA Eria Bunda PekanbaruCitra merek berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien rawat inap pada RSIA Eria Bunda Pekanbaru. Kualitas pelayanan, harga dan citra merek berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien rawat inap pada RSIA Eria Bunda Pekanbaru.
REAKSI PASAR MODAL INDONESIA ATAS PENERBITAN SAVING BOND RITEL (SBR) SERI 003, SERI 004 DAN OBLIGASI RITEL INDONESIA (ORI) SERI 015 PADA TAHUN 2018 TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN LQ45 Jelia Juventia
Jotika Journal In Management and Entrepreneurship Vol. 1 No. 1 (2021): Agustus
Publisher : Jotika English and Education Center

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (733.864 KB) | DOI: 10.56445/jme.v1i1.7

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa abnormal return pada harga saham perusahaan LQ45 sebelum dan sesudah penerbitan – masa akhir penawaran Saving Bond Ritel (SBR) 003, Saving Bond Ritel (SBR) 004 dan Obligasi Ritel Indonesia (ORI) 015 pada tahun 2018, Untuk menganalisis perbedaan yang signifikan terhadap abnormal return pada harga saham perusahuaan LQ45 sebelum dan sesudah penerbitan – masa akhir penawaran Saving Bond Ritel (SBR) 003, Saving Bond Ritel (SBR) 004 dan Obligasi Ritel Indonesia (ORI) 015 pada tahun 2018, dan untuk mengetahui dan menganalisa perbedaan yang signifikan terhadap trading volume activities pada harga saham perusahaan LQ45 sebelum dan sesudah penerbitan – masa akhir penawaran Saving Bond Ritel (SBR) 003, Saving Bond Ritel (SBR) 004 dan Obligasi Ritel Indonesia (ORI) 015 pada tahun 2018. Hasil penelitian ini adalah Obligasi tidak secara langsung mempengaruhi harga saham perusahaan LQ45 i.Terjadinya abnormal return pada peristiwa sebelum dan sesudah masa - masa akhir penawaran penerbitan Saving Bond Ritel 003 (SBR 003) pada tanggal 14 Mei 2018 dan 25 Mei 2018. Berdasarkan paired-samples t-test, bahwa secara statistik tidak terdapat perbedaan rata-rata abnormal return yang signifikan sebelum dan sesudah peristiwa masa penerbitan - masa akhir penawaran Saving Bond Ritel 003 & 004 (SBR 003 - 004) dan Obligasi Ritel Indonesia 015 (ORI 015) tahun 2018. Berdasarkan hasil paired-samples t-test menyatakan tidak terdapat perbedaan rata-rata aktivitas volume perdagangan sebelum dan sesudah peristiwa penerbitan Saving Bond Ritel 003 (SBR 003), sebelum dan sesudah masa akhir penawaran Saving Bond Ritel 003 (SBR 003), sebelum dan sesudah penerbitan Saving Bond Ritel 004 (SBR 004), sebelum dan sesudah masa akhir penawaran Saving Bond Ritel 004 (SBR 004) dan sebelum dan sesudah penerbitan Obligasi Ritel Indonesia 015 (ORI 015), sedangkan pada masa akhir penawaran penerbitan Obligasi Ritel Indonesia 015 (ORI 015) terdapat perbedaan rata-rata aktivitas volume perdagangan yang signifikan
PENGARUH CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PASIEN BEROBAT PADA RUMAH SAKIT BINA KASIH PEKANBARU Christ Windreis
Jotika Journal In Management and Entrepreneurship Vol. 1 No. 1 (2021): Agustus
Publisher : Jotika English and Education Center

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (439.668 KB) | DOI: 10.56445/jme.v1i1.10

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek terhadap keputusan pasien berobabat pada Rumah Sakit Bina Kasih Pekanbaru, untuk mengetahui pengaruh harga terhadap keputusan pasien berobabat pada Rumah Sakit Bina Kasih Pekanbaru, dan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan harga terhadap keputusan pasien berobabat pada Rumah Sakit Bina Kasih Pekanbaru. Hasil penelitian ini adalah citra merek dan harga bepengaruh terhadap keputusan pasien berobat pada Rumah Sakit Bina Kasih Pekanbaru
PENGARUH HUBUNGAN KERJA DAN TANGGUNG JAWAB TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA STIE MAHAPUTRA RIAU Menhard Menhard
Jotika Journal In Management and Entrepreneurship Vol. 1 No. 1 (2021): Agustus
Publisher : Jotika English and Education Center

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (411.719 KB) | DOI: 10.56445/jme.v1i1.11

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh hubungan kerja terhadap kinerja karyawan pada STIE Mahaputra Riau, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh tanggung jawab terhadap kinerja karyawan pada STIE Mahaputra Riau, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh hubungan kerja dan tanggung jawab terhadap kinerja karyawan pada STIE Mahaputra Riau. Hasil penelitian ini adalah hubungan kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada STIE Mahaputra Riau, dan tanggung jawab berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada STIE Mahaputra Riau, dan hubungan dan tanggung jawab berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada STIE Mahaputra Riau
PREDIKSI INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN (IHSG) MENGGUNAKAN PROPHET Beno Jange
Jotika Journal In Management and Entrepreneurship Vol. 1 No. 2 (2022): Februari
Publisher : Jotika English and Education Center

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (391.825 KB) | DOI: 10.56445/jme.v1i2.18

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Prediksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menggunakan Prophet. Metode yang digunakan adalah penelitian penjelasan. Teknik analisis menggunakan Prophet. Hasil penelitian ini menunjukkan akurasi prediksi yang cukup baik dengan MAPE sebesar 8.72 dan 4.69 dengan penyetelan hiper parameter; prediksi sedikit kurang baik pada bulan Maret tahun 2020 karena ada kasus pandemi Covid-19.
PERANAN PEMBERIAN INSENTIF PAJAK SEBAGAI STRATEGI KEBIJAKAN FISKAL PEMERINTAH, SANKSI PAJAK DAN PELAYANAN FISKUS TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK INDONESIA DI MASA PANDEMI COVID-19: (STUDI KASUS PADA WAJIB PAJAK DI DAERAH TANGERANG RAYA) Kurniawan Kurniawan; Suharto Mulyanta
Jotika Journal In Management and Entrepreneurship Vol. 1 No. 2 (2022): Februari
Publisher : Jotika English and Education Center

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (240.687 KB) | DOI: 10.56445/jme.v1i2.27

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan pada insentif pajak, sanksi pajak dan pelayanan fiskus terhadap kepatuhan wajib pajak Indonesia di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengolahan data kuesioner dan untuk pengujian data mengunakan SMART PLS 3. uji data menghasilkan bahwa insentif pajak tidak berpengaruh terhadap kepatuhan pajak T-statistik 0.252 sedangkan P-Value 0.810. sanksi pajak berpengaruh terhadap kepatuhan pajak T-Statistics 4.465 sedangkan P-Value 0.000 lalu pelayanan pajak berpengaruh terhadap kepatuhan pajak T-Statistics 3.100 sedangkan P-Value 0.002. untuk Nilai R-Square 0.445 setara dengan 44,5 % sisanya di pengaruhi oleh faktor lain
PENGARUH KEBIJAKAN DIVIDEN, LEVERAGE, PROFITABILITAS DAN LIKUIDITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN Wilyani Handali; Kurniawan Kurniawan; Suharto Mulyanta
Jotika Journal In Management and Entrepreneurship Vol. 1 No. 2 (2022): Februari
Publisher : Jotika English and Education Center

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.719 KB) | DOI: 10.56445/jme.v1i2.28

Abstract

The purpose of this reseacrh was to determine the effect of dividend distribution policies that use Dividend Payout Ratio (DPR), leverage used using Debt to Equity Ratio (DER), profitability needed by using Return On Assets (ROA) and Return on Equity (ROE) and measured liquidity by using the Current Ratio hampered the value of the company collected using price to book value (PBV) in mining sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) in 2014-2017. This type of research is causal research. The population in this research are mining companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) in 2014-2017. The sampling technique uses purposive sampling technique. From the participation obtained by 41 sectoral companies obtained samples obtained from 10 sectoral companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) in 2014-2017, so that the research data developed must be examined 40 observations. Data analysis techniques using multiple linear regression. Based on the results of this research indicate that the dividend policy does not affect the value of the company with the level of significance obtained greater than 0.05 (0.391> 0.05). Leverage has a negative and significant effect on firm value with a value of t count -2,034 with a significance level of 0.05. Profitability with the proxy return on assets (ROA) does not affect the value of the company with the level of significance obtained greater than 0.05 (0.438> 0.05). Profitability with the proxy of return on equity (ROE) does not affect the value of the company with the significance level obtained greater than 0.05 (0.431> 0.05). Liquidity does not affect the value of the company with the level of significance obtained greater than 0.05 (0.275> 0.05).
PENGARUH MOTIVASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP DISIPLIN KERJA KARYAWAN PADA PT. KISEL (TELKOMSEL) PEKANBARU Firmansyah Firmansyah; Nanda Fiani Aulia; Suhendri
Jotika Journal In Management and Entrepreneurship Vol. 1 No. 2 (2022): Februari
Publisher : Jotika English and Education Center

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (350.527 KB) | DOI: 10.56445/jme.v1i2.32

Abstract

Dewasa ini perkembangan teknologi yang pesat, persaingan yang semakin ketat, serta perubahan selera konsumen yang membuat perusahaan dituntut untuk mampu mempertahankan eksistensinya dimasyarakat. Karyawan merupakan faktor penentu dalam pencapaian tujuan perusahaan secara efektif dan efisien. Agar dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia perusahaan harus memiliki pengelolaan yang baik terhadap karyawannya. Pengelolaan tersebut didukung oleh kedisiplinan karyawan dalam mengikuti aturan-aturan maupun program-program pengembangan dan pengelolaan sumber daya manusia yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Hasil penelitian ini motivasi berpengaruh signifikan terhadap disiplin kerja karyawan pada PT. Kisel (Telkomsel) Pekanbaru. Gaya kepemimpinan berpengaruh terhadap disiplin kerja karyawan pada PT. Kisel (Telkomsel) Pekanbaru. Motivasi dan gaya kepemimpinan secara simultan berpengaruh atau signifikan terhadap disiplin kerja karyawan
PENGARUH BIAYA PRODUKSI DAN HARGA POKOK PENJUALAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA SEKTOR OTOMOTIF DAN KOMPONENENYA DI BEI Zubir Zubir
Jotika Journal In Management and Entrepreneurship Vol. 1 No. 2 (2022): Februari
Publisher : Jotika English and Education Center

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (205.776 KB) | DOI: 10.56445/jme.v1i2.33

Abstract

Pelaksanaan penjualan memiliki tujuan untuk mendorong penjualan baik produk maupun jasa dalam suatu ruang lingkup perusahaan, dan merupakan suatu syarat dalam mengunggulkan persaingan pasar yang bersifat kompetitif. Beberapa pengusaha selalu melaksanakan pertimbangan yang mengarah ke program penjualan yang merupakan suatu instrumen yang paling potensial dan bersifat kompetitif. Kotler dan Kevin Lane (2009) mengemukakan dalam penjualan terdapat konsep yang menyatakan bahwa konsumen, jangan dibiarkan begitu saja, organisasi harus melaksanakan upaya penjualan dan promosi yang agresif Konsep ini beranggapan bahwa konsumen biasanya menampakkan keengganan membeli dan harus dipikat agar membeli lebih banyak, dan bahwa perusahaan harus menggunakan serangkaian alat penjualan dan promosi yang efektif guna merangsang pembelian dalam jumlah yang lebih banyak. Hasil penelitian adalah Biaya produksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan.Harga pokok penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan. Biaya produksi dan harga pokok penjualan positif dan signifikan terhadap volume penjualan.

Page 1 of 3 | Total Record : 28