cover
Contact Name
-
Contact Email
jurnal.konstruksi@umi.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.konstruksi@umi.ac.id
Editorial Address
Lantai 4 Program Pascasarjana UMI, Jl Urip Sumoharjo KM 4, Kota Makassar. email : jurnal.flyover@umi.ac.id
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains
ISSN : 29635217     EISSN : 29635217     DOI : -
Core Subject : Social, Engineering,
Jurnal Konstruksi : Teknik , Infrastruktur dan Sains merupakan jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Program Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia, yang diterbitkan setiap bulan. Jurnal Konstruksi : Teknik , Infrastruktur dan Sains mencakup kelimuan teknik, yaitu: 1. Teknik Sipil 2. Teknik Mesin 3. Teknik Kimia dan akan terus berkembang pada bidang keimuan lain seperti Teknik Elektro, Arsitektur, Teknik Industri, Teknik Pertambangan dan Teknik Komputer
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 10 (2022): Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains" : 6 Documents clear
Analisa Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 Pada Proyek Pembangunan Gedung Pusat Pelayanan Haji Dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kabupaten Jeneponto Akhmad Hairuddin; Hanafi Ashad; Sofyan Bachmid
Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains Vol. 1 No. 10 (2022): Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains
Publisher : Program Pascasarjana UMi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Semakin banyaknya perusahaan jasa konstruksi bermunculan, menyebabkan persaingan antar perusahaan jasa kontruksi (kontraktor) yang semakin ketat. Oleh karena itu, untuk memenangkan persaingan, kontraktor dituntut untuk meningkatkan performa demi tercapainya kepuasan pelanggan atau pengguna jasa, salah satunya dengan menerapkan Sistem Manajemen Mutu berbasis ISO 9001: 2015. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis implementasi sistem manajemen mutu yang diterapkan oleh kontraktor pada Proyek Pembangunan Gedung Pusat Pelayanan Haji Dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kabupaten Jeneponto, dan menganalisis pengaruh implementasi sistem manajemen mutu terhadap kinerja operasional kontraktor pada Proyek Pembangunan Gedung Pusat Pelayanan Haji Dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kabupaten Jeneponto. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Sistem Manajemen Mutu pada Proyek Pembangunan Gedung Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) secara keseluruhan berkategori “Baik”, seperti yang ditunjukkan dengan skor rata-rata implementasi sebesar 3,38, berada diantara rentang nilai 3,05 - 4,04 dan implementasi Sistem Manajemen Mutu yang berpengaruh besar terhadap kinerja operasional adalah Variabel Perencanaan dan Operasi (X3) sebesar 0,597 atau 59,7%. Dan tidak ada mutu pekerjaan yang tertolak, realisasi progres pekerjaan melebihi bobot rencana dengan selisih sebesar 6,819%, dan tidak ada keterlambatan hari pekerjaan.
Analisis Pengaruh Ojek Online di Wilayah Perkotaan terhadap Moda Transportasi Umum di Kota Makassar Rumaedah; St. Maryam H; Mukhtar Thahir Syarkawi
Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains Vol. 1 No. 10 (2022): Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains
Publisher : Program Pascasarjana UMi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keberadaan ojek online dirasa oleh masyarakat sangat membantu didalam menunjang aktivitas. pelayanan yang diberikan juga tidak terbatas hanya sekedar mengantar penumpang tetapi juga dapat dimanfatkan untuk jasa pengiriman barang, pesan-antar makanan, atau berbelanja sekalipun. Proses pemesanan nya pun tergolong mudah. Namun disisi lain, dengan adanya ojek online ini juga akan secara langsung menurunkan jumlah penumpang dan pengguna angkutan umum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak keberadaan ojek online terhadap umum lainnya di wilayah perkotaan dan untuk mengetahui perbandingan dari segi tarif antara ojek online dengan angkutan umum. Metode analisis yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif terhadap hasil kuisioner serta analisis ATP dan WTP terhadap tariff yang berlaku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kehadiran ojek online memberikan dampak negative terhadap pendapatan supir angkutan umum konvensional dengan menurunnya pendapatan. Hasil analisis terhadap tarif yang berlaku pada saat penelitian dilaksanakan sebesar Rp. 9.000 (umum) dan Rp. 5.000 (mahasiswa), sudah sesuai dengan nilai ATP saat menggunakan angkutan umum, sedangkan tarif yang berlaku pada saat penelitian dilaksanakan masih berada di atas nilai WTP.
Pengaruh Suhu dan Waktu Peleburan Alkali pada Pembuatan Asam Oksalat dari Batang Eceng Gondok (Eichornia Crassipes) Astri Wiyani GM; Ruslan Kalla; Andi Suryanto
Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains Vol. 1 No. 10 (2022): Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains
Publisher : Program Pascasarjana UMi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Asam oksalat disebut juga sebagai senyawa dikarboksilat yang atom–atom C nya mampu mengikat lebih dari satu gugus hidroksil yang dapat disintesis dari limbah yang mengandung selulosa yang tinggi. Pada penelitian ini digunakan limbah batang eceng gondok sebagai bahan yang di sintesis menjadi asam oksalat dengan menggunakan metode peleburan alkali dengan memvariasikan suhu peleburan (80oCdan 140oC) dan waktu peleburan (60, 70, 80, 90) menit dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh suhu dan waktu peleburan optimum pada pembentukan asam oksalat. Pada penelitian ini menggunakan 10 gram serbuk halus batang eceng gondok dan 150 ml pelarut alkali (NaOH) yang memperoleh kondisi optimum pada konsentrasi 4,5 N dengan waktu peleburan 70 menit dan suhu 80oC dengan berat atau yield asam oksalat sebesar 0,6665 gr (6,65%). Karakteristik asam oksalat yang dihasilkan memiliki titik leleh sebesar 102,3oC dan asam oksalat standar memiliki titik leleh sebesar 101,7oC.
Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna terhadap Kinerja Pelayanan Angkutan Teman Bus Koridor III Kampus II PNUP - Kampus II PIP di Kota Makassar Syamsul Amien; Lambang Basri Said; Mukhtar Thahir Syarkawi
Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains Vol. 1 No. 10 (2022): Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains
Publisher : Program Pascasarjana UMi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemerintah Kota Makassar pada tahun 2021 mulai merealisasikan transportasi umum massal cepat dengan tarif terjangkau seperti yang telah diterapkan di kota-kota besar seperti Jakarta yaitu pembuatan busway atau BRT. Konsep pengembangan BRT Mamminasata ini dikembangkan tidak hanya untuk melayani penumpang secara konvensional, tetapi BRT dirancang dengan semaksimal mungkin agar dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan para pengguna jasa yaitu aman, nyaman dan murah sesuai dengan prinsip dasar BRT Mamminasata. Dari sisi pelayanan Teman Bus dan keberadaan Teman Bus di Kota Makassar tidak terlepas dari Problematika yang ada, sehingga perlu dilakukan analisis tingkat kepuasan penumpang dengan mengukur tingkat kinerja pelayanan angkutan Teman Bus pada Koridor III di Kota Makassar. Tujuan dari penelitian ini adalah, 1) Mengindefikasi dan mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan pengguna jasa terhadap kinerja pelayanan angkutan teman bus, 2) Menganalisis faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pengguna jasa terhadap pelayanan angkutan teman bus. Penelitian ini menggunakan metode Analisis Deskriptif Kualitatif dengan metode angket skala likert dan diolah dengan menggunakan software SPSS 21. Hasil penelitian, 1) Seluruh variabel Independet mencakup, Kenyamanan, Kemudahan, Ketepatan Waktu, Fasilitas Fisik, Ketanggapan, Kehandalan, Jaminan Keamanan, dan Sikap Empaty sudah memberikan kepuasan terhadap penumpang 2) Faktor yang paling dominan dalam penilaian kepuasan penumpang adalah faktor Sikap Empaty
Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2008 terhadap Perusahaan Jasa Konstruksi Fadli; Hanafi Ashad; Watono
Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains Vol. 1 No. 10 (2022): Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains
Publisher : Program Pascasarjana UMi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tantangan terbesar bagi organisasi pelayanan publik sekarang ini adalah bagaimana memenuhi standar pelayanan yang diinginkan oleh pelanggan. Salah satu sistem yang memenuhi pengelolaan standar kualitas adalah ISO 9001:2008. Sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 menjadi solusi sekaligus dianggap mampu memberikan dorongan positif untuk mencapai standar dari apa yang menjadi keinginan juga tuntutan dari pelanggan. Adanya sistim manajemen mutu bagi setiap perusahaan menjadi hal yang dianggap sangat penting, seiring dengan meningkatnya tuntutan pelanggan akan produk-produk berkualitas, oleh karenanya, kehadiran ISO 9001:2008 dapat membantu manajemen perusahaan dalam menguatkan mutu kinerjanya untuk dapat meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan dan dapat memperbaiki kinerja. Dan pada akhirnya, dapat memberikan jaminan mutu produk yang konsisten sesuai dengan harapan pelanggan dan memperkuat daya saing. Penelitian ini menganalisis seberapa jauh tingkat Implementasi dari prinsip sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 dapat memberikan hasil yang positif bagi perusahaan jasa konstruksi sehingga representasi dari kinerja team management perusahaan jasa konstruksi PT.Wijaya Karya (Persero) Tbk bisa terukur. Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan system manajemen mutu ISO 9001:2008 memiliki pengaruh yang signifikan baik secara simultan maupun parsial terhadap kinerja team management perusahaan jasa konstruksi PT.Wijaya Karya (Persero) Tbk. Variable keterlibatan semua karyawan merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi kinerja team management.
Evaluasi Kinerja PDAM Kabupaten Luwu: Studi Kasus Kecamatan Belopa Dan Belopa Utara Raden Dani Mahendra; Ratna Musa; Hanafi Ashad
Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains Vol. 1 No. 10 (2022): Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains
Publisher : Program Pascasarjana UMi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Studi menyangkut kinerja sistem pelayanan distribusi air bersih perlu dilakukan agar didapatkan gambaran nyata terkait kondisi dari penyediaan air bersih dan permasalahan tentang kehilangan air atau tingkat kebocoran yang terjadi pada wilayah layanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma Kabupaten Luwu. Dari hasil kajian serta analisa dari penelitian ini nantinya diharapkan dapat memberi masukan terhadap sistem pelayanan pemenuhan kebutuhan air bersih dan menjadi kontribusi bagi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma Kabupaten Luwu terhadap peningkatan pelayanan bagi pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi sistem distribusi airbersih Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma Kabupaten Luwu seperti debit aliran, tekanan, kontinuitas aliran,fluktuasikebutuhan air bersih. Metode analisis yang digunakan adalah terhadap hasil pengisian kuisioner kepada pelanggan terkait dengan kinerja PDAM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja PDAM masih kurang baik dari segi teknis (analisa tekanan dan debit) maupun pelayanan langsung kepada masyarakat.

Page 1 of 1 | Total Record : 6