cover
Contact Name
-
Contact Email
jurnal.konstruksi@umi.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.konstruksi@umi.ac.id
Editorial Address
Lantai 4 Program Pascasarjana UMI, Jl Urip Sumoharjo KM 4, Kota Makassar. email : jurnal.flyover@umi.ac.id
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains
ISSN : 29635217     EISSN : 29635217     DOI : -
Core Subject : Social, Engineering,
Jurnal Konstruksi : Teknik , Infrastruktur dan Sains merupakan jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Program Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia, yang diterbitkan setiap bulan. Jurnal Konstruksi : Teknik , Infrastruktur dan Sains mencakup kelimuan teknik, yaitu: 1. Teknik Sipil 2. Teknik Mesin 3. Teknik Kimia dan akan terus berkembang pada bidang keimuan lain seperti Teknik Elektro, Arsitektur, Teknik Industri, Teknik Pertambangan dan Teknik Komputer
Articles 66 Documents
Studi Pengaruh Perubahan Tata Guna Lahan Terhadap Debit Banjir Dengan Menggunakan Software HEC HMS: Studi Kasus DAS Saddang Harfiah Rachmayanti; Ratna Musa; Ali Mallombassi
Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains
Publisher : Program Pascasarjana UMi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Banjir merupakan suatu peristiwa alam yang terjadi ditandai dengan naiknya permukaan air, diantaranya disebabkan oleh faktor curah hujan, pendangkalan sungai, hingga tata guna lahan. Tujuan penelitian ini, yaitu mengetahui nilai koefisien limpasan DAS Saddang akibat perubahan tata guna lahan, mengetahui debit banjir DAS Saddang dengan program HEC HMS, dan mengetahui pengaruh perubahan tata lahan terhadap debit banjir DAS Saddang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, menggunakan software HEC HMS untuk analisa atau simulasi hidrologi. Hasil peneltian: (1) nilai koefisien limpasan DAS Saddang meningkat dari tahun 1999 – 2019, yaitu tahun 1999 sebesar 0.143, tahun 2009 sebesar 0.148, dan tahun 2019 sebesar 0.151; (2) Berdasarkan hasil pemodelan HEC HMS, debit banjir pada tahun 1999 sebesar 562,60 m3/detik, tahun 2009 sebesar 601,70 m3/detik sedangkan debit banjir pada tahun 2009 sebesar 630,03 m3/detik. Meningkatnya debit banjir dari tahun 1999 – 2019 disebabkan karena nilai CN tahun 1999 lebih kecil dari tahun 2019; (3) Pengaruh perubahan tata guna lahan secara keseluruhan tidak berpengaruh signifikan terhadap debit banjir, karena perubahan nilai CN, IM, dan nilai koefisien limpasan tidak terlalu besar.
Analisis Penentuan Penanganan Jalan Nasional Metode International Roughness Index (IRI) dan Pavement Condition Index (PCI): Studi Kasus : Ruas Jalan Kalukku - Bts Kota Mamuju Aries Yunus; Lambang Basri Said; Andi Alifuddin
Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains
Publisher : Program Pascasarjana UMi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penilaian kondisi jalan dengan nilai IRI (International Roughness Index) dan PCI (PavementCondition Index) akan memberikan informasi kondisi jalan dan jenis penanganan serta pemprediksikondisi jalan setelah dilakukan penanganan, selain itu akan memberikan informasi terkait dengankesesuaian dan ketidaksesuaikan kondisi jalan berdasarkan metode penilaiannya. Penelitian inimencoba untuk membandingkan antara indeks IRI (International Roughness Index dan PCI(Pavement Condition Index) terkait dengan kondisi Ruas Kalukku-Bts.Kota Mamuju dengan surveyterbaru. Metode analisis yang digunakan adalah IRI dan PCI yang kemudian dibuatkan rencanapenanganan yang paling baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi jalan berdasarkanPCI (Pavement Condition Index) atau kondisi jalan berdasarkan tingkat dan jenis kerusakan jalankemantapan jalan 96,13%, sementara pada survei kondisi jalan berdasarkan data InternationalRoughness Index (IRI) adalah kondisi 100% mantap dengan kondisi baik sebesar 26,05% dankondisi sedang 73,95%.
Kajian Kepribadian Tenaga Kerja terhadap Penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) pada Proyek Rehabilitasi Jalan: Studi Kasus : Ruas Makassar - Malino, Provinsi Sulawesi Selatan Anugrah; Lambang Basri Said; Ilham Syafei
Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains
Publisher : Program Pascasarjana UMi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) pada proyek konstruksi masih sangat lemah, hal ini ditandai dengan masih banyaknya kecelakaan kerja. Sebagian besar atau 85% kecelakaan kerja ini disebabkan oleh faktor manusia, hal ini lah yang menjadi bagian penting dalam penelitian ini dimana subjek penelitiannya adalah pekerja. Metode analisis yang digunakan adalah meotde analisis regresi linier berganda dengan variabel bebas adalah karakter pekerja, pemahaman pekerja, kesadaran pekerja dan perilaku pekerja dengan variabel terikat adalah penerapan K3 . Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang paling berpengaruh adalah Karakter Pekerja memiliki pengaruh yang rendah pada penerapan penggunaan APD sebesar 24%, artinya penggunaan APD oleh pekerja dalam kegiata konstruksi menjadi faktor yang utama dalam lemahnya penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).
Kajian Dampak Lalulintas Pasca Pengembangan Kapasitas Gedung Rumah Sakit Ibnu Sina Makassar Ridha Dharmawan Nurdin; Lambang Basri Said; Andi Alifuddin
Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains
Publisher : Program Pascasarjana UMi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembangunan suatu kegiatan akan menimbulkan dampak positif dan dampak negatif. Dampak negatif dari pembangunan RS Ibnu Sina Makassar untuk sektor transportasi dan lalu lintas adalah penurunan kapasitas jalan, peningkatan hambatan samping, dan ketersediaan parkir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghitung kapasitas dan ketersediaan parkir akibat dari pembangunan RS Ibnu Sina. Metode yang digunakan adalah adanalisis regresi liner untuk permodelan bangkitan dan tarikan serta analisis karakteristik parkir untuk menghitung kebutuhan dan ketersediaan parkir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akan dibutuhkan 265 SRP/tempat tidur/jam untuk kendaraan motor dan 200 SRP/Tempat tidur/jam untuk kendaraan mobil. Sedangkan saat ini Rumah Sakit Ibnu Sina hanya memiliki 140 SRP Kendaraan motor dan 238 SRP kendaraan mobil. Kapasitas yang tersedia diprediksi tidak mampu menampung kebutuhan parkir akibat penambahan Rumah Sakit.
Analisis Faktor Keterlambatan Waktu Pelaksanaan Konstruksi Pada Pembagunan Kantor Bupati Pulau Taliabu Dengan Metode Analytic Hierarchy Process Mingkat Buya; Hanafi Ashad; Watono
Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains
Publisher : Program Pascasarjana UMi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Proyek pembagunan Kantor Bupati Kabupaten Pulau Taliabu merupakan kegiatan yang berlangsung dalam jangka waktu terbatas, dengan sumber daya tertentu, untuk mencapai hasil dalam bentuk bangunan. Namun kondisi di lapangan kini belum sesuai dengan apa yang telah di rencanakan sehingganya diduga mengalami keterlambatan proyek konstruksi yang kemudian dapat didefinisikan sebagai terlewatnya batas waktu penyelesaian proyek dari waktu yang telah ditentukan dalam kontrak, atau dari waktu yang disetujui oleh pihak terkait dalam penyelesaian suatu proyek. Keterlambatan proyek tersebut menyebabkan pembengkakan biaya serta hilangnya peluang untuk mengerjakan proyek yang lainnya.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menjadi penyebab keterlambatan proyek Kantor Bupati Pulau Taliabu, dengan menggunakan Analisis Hierarchy Process (AHP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga faktor penyebab keterlambatan Pembangunan Kantor Bupati Pulau Taliabu yaitu Mmaterial (ketersediaan material), manusia (rendahnya produktifitas kerja), dan keuangan (besarnya biaya tak terduga)
Analisis Dampak Lalu Lintas Kegiatan Transaksi Mobile terhadap Kinerja Jalan Nasional : Studi Kasus : Jalan Poros Sungguminasa - Takalar Nursafanah Dzakiyah Almakassari; Lambang Basri Said; Asma Massara
Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains
Publisher : Program Pascasarjana UMi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pasar sayur merupakan salah satu pasar tradisional milik Pemerintah Kabupaten Gowa, Pasar ini didirikan bertujuan untuk mengurangi dampak kemacetan akibat adanya pasar subuh disepanjang Jalan Poros Sungguminasa - Takalar, sehingga tidak ada lagi hambatan atau kemacetan pada pengguna jalan akibat adanya penjual sayur di bahu jalan. Namun, pembangunan pasar sayur ini juga tentu memliki dampak yang negatif terhadap kondisi lalu lintas disekitarnya, dan tentunya akan mengurangi kinerja jalan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis V/C ratio untuk mengetahui kinerja jalan, kemudian dibandingkan antara kinerja jalan eksisting dana prediksi kinerja jalan setelah pembangunan pasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nilai V/C ratio Ruas batas Sungguminasa – Takalar tanpa adanya pembangunan pasar eksisting adalah 0,88, sedangkan nilai V/C Ratio akibat dari adanya pasar adalah sebesar 0,96.
Analisis Pengaruh Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar Hardianti; Lambang Basri Said; Ilham Syafei
Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains
Publisher : Program Pascasarjana UMi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar menjadi salah satu pelabuhan bongkar muat barang dan angkutan orang terbesar di Indonesia. Palabuhan ini dikelola oleh PT.Pelabuhan Indonesia IV (Pelindo IV). Masalah pada pelabuhan Soekarno Hatta Makassar yang lama telah penuh, bahkan sebagian area dari terminal penumpang telah diisi oleh peti kemas. Sehingga terminal penumpang di pelabuhan Soekarno Hatta Makassar menjadi kurang memadai lagi. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh fasilitas utama pelabuhan, perilaku petugas serta informasi dan komunikasi terhadap pengguna jasa Pelabuhan Soekarno – Hatta Makassar. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dari hasil pengisian kuisioner oleh pengguna pelabuhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang memiliki nilai koefisien tertinggi adalah ketanggapan petugas dengan nilai 98,7 dan variabel yang memiliki koefisien terendah adalah jaminan keamanan dengan nilai 87,2.
Analisis Pemilihan Moda Transportasi Online dan Angkutan Kota bagi Pegawai Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Muhammad Asrul Nuh; St. Maryam H; Mukhtar Thahir Syarkawi
Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains
Publisher : Program Pascasarjana UMi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan transportasi umum saat ini mengikuti trend pertumbuhan penduduk dan perkembangan teknologi. Taksi atau ojek online di Kota Makassar merupakan salah satu moda transportasi baru yang banyak digunakan oleh masyarakat, dan mulai meninggalkan angkutan kota (pete-pete). Balai Besar Pelakasanaan Jalan Nasional (BBPJN) Makassar memiliki kurang lebih total 600 orang yang tentutnya membutuhkan angkutan umum untuk kegiatan sehari hari dari dan menuju kantor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kecenderungan pemilihan moda antara angkutan umum dan angkutan online, serta mengetahui faktor yang paling mempengaruhi pegawai dalam memilih moda. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan data yang berasal dari hasil wawancara kepada pegawai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa taksi online memiliki kecenderungan yang lebih besar untuk dipilih dibandingkan angkutan kota dengan faktor yang paling mempengaruhi pemilihan moda adalah tarif, kemudahan mendapatkan moda, kenyamanan, dan kepastian mendapatkan moda.
Faktor- Faktor Kendala Pemeliharaan Jalan Metode Swakelola pada Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan Kabupaten Wajo Nasaruddin; Abd Karim Hadi; Watono
Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains
Publisher : Program Pascasarjana UMi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kewenangan pemerintah kabupaten dalam penyelenggaraan jalan meliputi penyelenggaraan jalan kabupaten yaitu pengaturan, pembinaan, pembangunan dan pengawasan, dimana pembangunan jalan mencakup kegiatan pemrograman dan penganggaran, perencanaan teknis, pelaksanaan konstruksi, serta pengoperasian dan pemeliharaan jalan. Pelaksanaan kegiatan pemeliharaan rutin jalan pada Dinas PUPRP Kabupaten Wajo dengan metode swakelola menghadapi beberapa permasalahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang paling dominan dan menjadi kendala dalam pelaksanaan pemeliharaan jalan metode swakelola pada Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan Kabupaten Wajo.. Metode analisis yang digunakan adalah analisis statistik dengan menggunakan aplikasi SPSS, dengan menggunakan faktor bobot. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang paling dominan yang menjadi kendala dalam pelaksanaan pemeliharaan jalan metode swakelola pada Dinas PUPRP Kabupaten Wajo adalah faktor peralatan.
Analisis Faktor Kendala Pelaksanaan Program Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Sanitasi: Studi Kasus: Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan Darmawan; Abd Karim Hadi; Ratna Musa
Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains
Publisher : Program Pascasarjana UMi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Wajo dalam rangka pemenuhan layanan pengolahan air limbah domestik yaitu melalui Program Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Sanitasi dengan kegiatan berupa Pembangunan tangki septik individual per rumah tangga yang telah dilaksanakan sejak tahun 2019. Terdapat kurang lebih 7 permasalahan berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi yang dilakukan terhadap pelaksanaan Program DAK Bidang Sanitasi di Kabupaten Wajo Maka dari itu, dibutuhkan evaluasi tentang pelaksanaan program yang dilakukan sehingga dapat meminimalisir kekurangan dalam proses pelaksanaannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang sangat berpengaruh dalam pelaksaan program Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang Sanitasi di Kabupaten Wajo. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis statistik dengan menentukan rangking dari kuisioner dengan menghitung nilai Indeks Kepentingan Relatif (IKR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor anggaran merupakan faktor yang sangat mempengaruhi pelaksanaan program Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang sanitasi di Kabupaten Wajo.