cover
Contact Name
-
Contact Email
jurnal.konstruksi@umi.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.konstruksi@umi.ac.id
Editorial Address
Lantai 4 Program Pascasarjana UMI, Jl Urip Sumoharjo KM 4, Kota Makassar. email : jurnal.flyover@umi.ac.id
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains
ISSN : 29635217     EISSN : 29635217     DOI : -
Core Subject : Social, Engineering,
Jurnal Konstruksi : Teknik , Infrastruktur dan Sains merupakan jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Program Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia, yang diterbitkan setiap bulan. Jurnal Konstruksi : Teknik , Infrastruktur dan Sains mencakup kelimuan teknik, yaitu: 1. Teknik Sipil 2. Teknik Mesin 3. Teknik Kimia dan akan terus berkembang pada bidang keimuan lain seperti Teknik Elektro, Arsitektur, Teknik Industri, Teknik Pertambangan dan Teknik Komputer
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 11 (2022): Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains" : 6 Documents clear
Produktivitas Alat Berat dengan Metode Garis Lurus pada Proyek Pembangunan Stadion Bawela Tahap III Kota Sorong Iriany Said; Abd Karim Hadi; Ratna Musa
Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains Vol. 1 No. 11 (2022): Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains
Publisher : Program Pascasarjana UMi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembangunan Stadion Bawela berlokasi di Kelurahan Kampung Baru Kecamatan Sorong dengan lahan seluas kurang lebih 14.953 m2. Alat berat merupakan faktor yang sangat penting didalam proyek konstruksi dengan skala besar. Mengingat harga alat berat yang tidak murah, maka diperlukan manajemen pembiayaan, pemilihan jenis alat berat sesuai waktu dan proporsi kerja untuk efisiensi biaya proyek sehingga tidak menimbulkan kerugian pada perusahaan. Penggunaan alat berat di Kota Sorong , hanya menggunakan cara-cara konvensional dimana penggunaan metode-metode yang disebutkan diatas tidak pernah digunakan, sehingga nilai waktu terhadap uang, produktivitas, nilai buku , keusangan alat berat, dan nilai sisa tidak diprediksi dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menanalisis produktivitas alat-alat berat yang digunakan pada proyek pembangunan Stadion Bawela Tahap III Kota Sorong. Metode analisis yang digunakan adalah metode garis lurus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat berat excavator, loader, dan dump truck pada Tahun ke 8 memiliki nilai yang lebih kecil dari depresiasi pertahun.
Minimalisasi Harga Sirtu dengan Metode Transportasi pada Proyek Peningkatan Jalan Ruas Sampeang-Tallang Bulawang Kabupaten Luwu Usdin; Abd Karim Hadi; Ratna Musa
Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains Vol. 1 No. 11 (2022): Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains
Publisher : Program Pascasarjana UMi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam dunia selalu mengharapkan keuntungan maksimum dan penghematan baik dari segi penggunaan sumber daya maupun waktu. Dewasa ini dunia usaha di Indonesia mengalami perkembangan yang pesat. Hal ini ditandai dengan adanya proyek berskala besar yang dibangun, baik oleh pemerintah, swasta ataupun kolaborasi keduanya. Fenomena ini merupakan peluang sekaligus tantangan bagi pelaku usaha jasa konstruksi. Luwu merupakan satu dari sekian kabupaten yang berada di provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Secara rinci terdiri dari Kabupaten Luwu Utara, Kabupaten Luwu Timur dan Kota Palopo, yang merupakan pemekaran wilayah Kabupaten Luwu. Penelitian ini membahas meminimalkan biaya material yang didistribusikan dari masing-masing quarry setelah dianalisis menggunakan metode Transportasi.dan perbedaan biaya yang dibutuhkan untuk transportasi pengiriman material sebelum dan sesudah dianalisis menggunakan metode transportasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selisih dari biaya transportasi sebelum dilakukan perhitungan metode transportasi adalah sebesar Rp.239.071.387 dan setelah kondisi Optimum mneghasilkan biaya sebesar Rp. 204.188.071 dengan selisih harga Rp. Rp. 35.883.316.
Pengaruh Temperatur Pemadatan pada Campuran Beton Aspal (AC-WC) dengan Bahan Tambah Karet Alam terhadap Ketahanan Deformasi dan Kuat Tarik Tidak Langsung Dandy Lagaligo; Lambang Basri Said; Andi Alifuddin
Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains Vol. 1 No. 11 (2022): Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains
Publisher : Program Pascasarjana UMi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Asphalt Concrete -Wearing Course (AC-WC) merupakan lapisan perkerasan yang terletak paling atas sebagai lapisan aus. Dalam upaya meningkatkan kekuatan struktur perkerasan jalan dapat dilakukan modifikasi dengan menggunakan bahan tambah yang diharapkan bisa meningkatkan kinerja campuran aspal, adapun bahan yang digunakan yaitu karet alam yang bertujuan untuk mendapatkan sifat perkerasan jalan yang lebih baik, yaitu mengurangi deformasi pada perkerasan, meningkatkan ketahanan terhadap retak dan kelekatan pada agregat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh temperatur pemadatan pada campuran AC-WC dengan bahan tambah karet alam terhadap ketahanan deformasi dan kuat Tarik tidak langsung. Temperatur pemadatan yang digunakan, yaitu 110°C, 120°C, 130°C, 140°C, dan 150°C dengan bahan tambah karet karet alam 0%, 3%, 5%,7%, dan 9%. Hasil pengujian marshall pada masing-masing temperatur pemadatan dengan bahan tambah karet alam dengan KAO sebesar 6%, nilai stabilitas terbesar pada temperatur pemadatan 140°C pada kadar karet alam 7% sebesar 1183,7 kg. Nilai dari pengujian Indirect Tensile Strength terbesar pada temperatur pemadataan 150°C dengan kadar karet alam 7% sebesar 47024,89 Kpa. Hasil uji Wheel Tracking, peningkatan ketahanan deformasi ditandai dengan meningkatnya stabilitas dinamis (DS) campuran pada temperatur pemadataan 150°C dengan kadar karet alam 7% sebesar 3316 lintasan/mm. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan karet alam dapat meningkatkan nilai stabilitas, kuat tarik dan ketahanan deformasi pada campuran beton aspal.
Kajian Manajemen Risiko Pada Pembangunan Gedung Islamic Center Tahap III Kabupaten Bone Yuda Darma; Hanafi Ashad; Watono
Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains Vol. 1 No. 11 (2022): Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains
Publisher : Program Pascasarjana UMi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Manajemen risiko dapat diartikan sebagai suatu pendekatan mengenai risiko dan ketidakpastian dengan melakukan suatu identifikasi, analisis dan mitigasi sebagai dasar tindakan untuk meminimalkan dampak dari risiko tersebut. Pembangunan Gedung Islamic Center Tahap III Kabupaten Bone ini perlu dipertimbangkan mengenai risiko-risiko yang ditimbulkan karena dalam proses tahap pelaksanaannya pembangunan Gedung Islamic Center Tahap III Kabupaten Bone terjadi deviasi -31,88% sehingga terjadi pemutusan kontrak kepada kontraktor sebelumnya dan saat ini dikerjakan oleh kontraktor yang berbeda namun tetap terjadi deviasi yang cukup tinggi yaitu -11,62%. Dari identifikasi sebanyak 51 (lima puluh satu) risiko terdapat 6 risiko yang dapat diterima (acceptable) yang tidak perlu dilakukan mitigasi, 4 risiko yang termasuk kategori tidak dapat diterima (unacceptable) dan 41 jenis risiko dengan katagori tidak diharapkan (Undesirable risks) sehingga perlu dilakukan mitigasi. Berdasarkan perkalian probabilitas risiko dan dampak risiko maka diperoleh nilai tertinggi dari total indeks risiko, yaitu: Ketidaksesuaian antara volume pekerjaan di dalam BOQ dan kondisi lapangan, ketidaksesuaian gambar rencana dan kondisi riil di lokasi proyek, keterlambatan pekerjaan yang diakibatkan addendum kontrak, dan Pekerja tidak menggunakan alat keselamatan pada saat bekerja.
Analisis Kelayakan Ekonomi Teknik Pembangunan Irigasi Persawahan Daerah Duaboccoe Kab Bone Baso Risaldi Asdin; Abd Karim Hadi; Ratna Musa
Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains Vol. 1 No. 11 (2022): Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains
Publisher : Program Pascasarjana UMi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembangunan irigasi saat diperlukan untuk menunjang perkembangan di sektor pertanian. Pengembangan lahan pertanian secara menyeluruh dilakukan dengan perencanaan daerah irigasi tingkat desa. Ketersediaan air pertanian, dalam rangka meningkatkan pendapatan petani, untuk memenuhi kebutuhan konsumsi wilayah setempat di Kabupaten Bone khususnya daerah Desa Duaboccoe. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kelayakan pembangunan irigasi persawahan daerah Duaboccoe dari aspek ekonomi teknik dan menganalisis pengaruh pelaksanaan proyek pembangunan irigasi persawahan dari aspek sosial. Dalam analisis data digunakan kriteria untuk menilai kelayakan dengan metode Benefit Cost Ratio (BCR), Net Present Value (NPV): dan Payback Periode (PP). Tahap pengolahan data dengan menggunakan parameter (BCR,NPV,PP) serta kelayakan dari Aspek Sosial menggunakan kuesioner. Kelayakan proyek pembangunan irigasi dengan Present Value Benefit Rp. 353.453.307,- dan Present Value Cost Rp. 321.219.269,- Parameter Net Present Value (NPV) sebesar Rp. 32.234.038-, sehingga manfaat yang diterima lebih besar dari pada biaya yang dikeluarkan. Benefit Cost Ratio (BCR) sebesar 1,10 diperoleh pembangunan irigasi duoboccoe dikategorikan layak. Payback Periode (PP) diperoleh umur proyek mencapai 14 tahun 11 bulan, pada tahun tersebut pengeluaran sama dengan pendapatan. Dari aspek sosial berdasarkan delapan item pertanyaan, rata-rata nilai aspek sosial 3,52 dari skala 4,00 atau 88% dari skala 100%. Sehingga dalam pelaksanaan masuk dalam kategori baik.
Studi Eksperimental Penggunaan Fly Ash dan Difa Soil Stabilizer pada Tanah Lempung untuk Meningkatkan Daya Dukung Tanah Dasar Imam Ahmad Ghozaly; Lambang Basri Said; Andi Alifuddin
Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains Vol. 1 No. 11 (2022): Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur dan Sains
Publisher : Program Pascasarjana UMi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu parameter dari daya dukung tanah dasar adalah nilai California Bearing Ratio (CBR) yang memberikan informasi tentang kekuatan tanah untuk menahan beban perkerasan jalan yang berada diatasnya. Masih adanya permasalahan-permasalahan yang sering terjadi pada tanah dasar sehingga dengan ini peneliti akan melakukan pengujian eksperimental dengan stabilisasi tanah dasar dengan fly ash dikombinasikan dengan penggunaan soil stabilizer. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan kajian terkait dengan hubungan dari nilai CBR dan Kepadatan tanah asli dengan tanah yang sudah distabilisasi fly ash dan soil stabilizer. Metode analisis yang digunakan adalah membandingkan antara nilai yang dihasilkan tanah asli dan tanah yang sudah distabilisasi fly ash dan soil stabilizer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanah yang sudah distabilisasi fly ash dan soil stabilizer dengan variasi masing-masing 0%, 2,5%, 5%, 7,5%, 10% dan 0%, 0,4%, 0,8%, 1,2%, 1,6% dapat meningkatkan kepadatan dan nilai CBR, dan hasil yang optimal dicapai pada komposisi pemberian fly ash 5%, dan soil stabilizer 0,8% dengan nilai kepadatan sebesar 1,495 g/cm3, dan nilai CBR sebesar 8,7%.

Page 1 of 1 | Total Record : 6