cover
Contact Name
Ahmad Faridh Ricky Fahmy
Contact Email
ahmad.faridh.rf@uingusdur.ac.id
Phone
+6285848378756
Journal Mail Official
circle@uingusdur.ac.id
Editorial Address
Kampus II Jl. Pahlawan, Rowolaku, Kajen, Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia.
Location
Kota pekalongan,
Jawa tengah
INDONESIA
Circle: Jurnal Pendidikan Matematika
ISSN : 27766268     EISSN : 27771008     DOI : https://doi.org/10.28918/circle.v3i01
Core Subject : Education,
Circle: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN 2776-6268, e-ISSN 2777-1008) is a scientific, peer-reviewed and open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of mathematics education. Author can be lecture, teacher, reseacher, and even student. We recommend a qualitative research, an action research, research and development (RnD), experiment and quantitative research. This journal managed and published by Mathematic Education Department (Tadris Matematika), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, Indonesia.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 02 (2022): September 2022" : 8 Documents clear
Hubungan Hubungan Kebiasaan Belajar dengan Motivasi Belajar Matemaika Siswa pada Pembelajaran Daring Eli Ardianti
CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 2 No. 02 (2022): September 2022
Publisher : Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.699 KB) | DOI: 10.28918/circle.v2i02.5129

Abstract

Penelitian ini berawal dari pemikiran bahwa motivasi yang ada pada diri siswa ada hubungannya dengan bagaimana siswa tersebut melakukan kebiasaan dalam belajarnya. Hal tersebut semakin diperkuat dengan dampak dari wabah virus korona (Covid-19) yang merubah sistem pembelajara menjadi daring, dan menyebabkan siswa harus menyesuaikan dengan kebiasaan belajar yang baru. Oleh sebab itu, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk melihat seberapa besar hubungan kebiasaan belajar dengan motivasi belajar siswa selama proses pembelajaran daring di kelas VIII SMP IT Cahaya Hati Bukittinggi. Data yang diperoleh bersumber dari observasi, dokumentasi, dan angket. Populasi berjumlah 37 orang dan semua dijadikan sebagai sampel (penelitian populasi). Instrument penelitian menggunakan angket dengan model Skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan kebiasaan belajar dengan motivasi belajar siswa, dengan nilai korelasinya (rx =0,649), signifikansi menggunakan uji-t diperoleh thitung = 5,047 > ttabel =1,691 pada taraf nyata a = 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kebiasaan belajar akan menentukan seberapa besar motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika secara daring, mengkonsistenkan kebiasaan belajar yang baik meskipun pembelajaran dilaksanakan secara daring ini akan menjadi solusi untuk mempertahankan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika secara daring.
Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika Materi Bilangan Bulat Menurut Tahapan Kastolan di SMP Negeri 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan Ujang Bowo Laksono; Santika Lya Diah Pramesti
CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 2 No. 02 (2022): September 2022
Publisher : Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (314.244 KB) | DOI: 10.28918/circle.v2i02.5279

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan apa saja yang dilakukan oleh siswa SMP N 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan menurut tahapan kastolan serta mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesikan soal matematika khususnya dalam materi bilangan bulat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah berupa instrumen tes, wawancara, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah analisis kesalahan siswa menurut tahapan kastolan yang meliputi kesalahan konsep, kesalahan prosedur, dan kesalahan teknik. kesalahan konsep seperti siswa salah dalam menentukan rumus atau teorema, kesalahan prosedur seperti langkah-langkah pengerjaan yang kurang sistematis, kesalahan teknik seperti salah dalam operasi perhitungan. Adapun faktor penyebab siswa melakukan kesalahan ialah karena siswa kurang bisa memahami materi yang disampaikan secara online, tugas dari guru yang menumpuk dan tidak mengoreksi ulang dari hasil pengerjaannya.
Efektivitas Penerapan Model Contextual Teaching and Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematis pada Materi SPLDV Nusrotul Imamah; Arghob Khofya Haqiqi
CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 2 No. 02 (2022): September 2022
Publisher : Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (347.367 KB) | DOI: 10.28918/circle.v2i02.5280

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya pemahaman konsep peserta didik pada materi SPLDV. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan penelitian dengan model Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini menggunakan metode true eksperimental design dengan desain pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari kelas VIII A, VIII B, dan VIII C pada MTs Hidayatul Mustafidin. Pemilihan sampel menggunakan teknik cluster random sampling didapatkan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas kontrol. Hasil pelaksanaan pembelajaran kelas eksperimen menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep matematis. Pada uji gain ternormalisasi menunjukkan peningkatan nilai kelas eksperimen sebesar 0,48 dengan interpretasi sedang, dan kelas kontrol sebesar 0,13 dengan interpretasi rendah. Penelitian ini mengindikasikan bahwa model Contextual Teaching and Learning dapat dijadikan alternatif model pembelajaran untuk mengembangkan pemahaman konsep matematis pada materi SPLDV.
Analisis Kemampuan Siswa dalam Penyelesaian Soal Pengayaan Model PISA Level 4 Kelas VII Yulianti Kartika Sari; Arvin Efriani
CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 2 No. 02 (2022): September 2022
Publisher : Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (354.43 KB) | DOI: 10.28918/circle.v2i02.5677

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji cobakan soal pengayaan dengan menggunakan model PISA untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memecahkan masalah soal pengayaan model PISA level 4 siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Tempat penelitian ini dilakukan di SMP NU Palembang pada kelas VII 3 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2022. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini dengan tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah pengayaan masalah dengan menggunakan model PISA yang berdasarkan metode penyelesaian polya, yang melalui empat tahapan, (1) tahap memahami masalah, (2) tahap merencanakan, (3) Tahap melaksanakan dan (4) tahap memeriksa kembali jawaban.
Analisis Distribusi Taksonomi Bloom Soal Penilaian Akhir Semester Matematika di SMP Negeri 1 Wonopringgo 2020/2021 Riska Amalia; Salafudin Salafudin; Mikke Novia Indriani
CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 2 No. 02 (2022): September 2022
Publisher : Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.111 KB) | DOI: 10.28918/circle.v2i02.6072

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas soal dari aspek teoritis dan empiris serta untuk mengetahui distribusi tingkatan ranah kognitif taksonomi bloom revisi pada soal Penilaian Akhir Semester (PAS) mata pelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kombinasi (Mixed Method) dengan menggunakan model Sequential serta pendekatannya melalui exploratory strategy. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data secara kualitatif menggunakan teknik analisis data validitas isi menurut Gregory, dan pencocokan jenjang ranah kognitif. Analisis data kuantitatif menggunakan program berbantuan SPSS version 22.0. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Wonopringgo, dengan banyak sampel 72 siswa dari populasi 256 siswa per setiap tingkatan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa segi teoritis soal memiliki validitas isi “sangat tinggi” artinya soal layak digunakan. Distribusi tingkatan ranah kognitif soal kelas VII sudah terpenuhi semua, soal kelas VIII belum ada jenjang C5 dan soal kelas IX belum ada C4 dan C6. Soal PAS ganjil matematika kelas VII, VIII, dan IX memiliki kualitas baik sebab soal kategori valid lebih banyak, reliabilitasnya tinggi, tingkat kesukaran soal kategori sedang lebih banyak dan daya beda pada kriteria baik dan baik sekali juga lebih banyak.
Pengembangan Bahan Ajar Perbandingan Terintegrasi Challenge Based Learning dengan Pendekatan STEM terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Nur Hafidh Ash-Showy; Adi Satrio Ardiansyah; Muhammad Ainun Niam; Sumarti Sumarti; Nurul Qomari
CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 2 No. 02 (2022): September 2022
Publisher : Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (403.069 KB) | DOI: 10.28918/circle.v2i02.6100

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengkaji kelayakan, keterbacaaan, dan respon siswa terhadap pengembangan bahan ajar materi perbandingan yang terintegrasi Challenge Based Learning berpendekatan STEM terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian ini menggunakan R&D (Research and Development) dengan model 4-D melalui tahap pendahuluan (define), perencanaan (design), dan pengembangan (develop) tanpa tahap penyebarluasan (Dessiminate). Hal ini dilakukan mengingat fokus penelitian adalah mengembangkan prototype bahan ajar matematika yang siap untuk diimplementasikan di kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan menggunakan lembar validasi oleh ahli dan praktisi, lembar keterbacaan oleh siswa yang sudah pernah menempuh materi tersebut, dan angket respon siswa untuk siswa yang sedang menempuh materi tersebut. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan prototype memperoleh skor akhir 85,49 untuk kelayakan isi dari ahli dan praktisi, 87,00 untuk keterbacaan dari siswa, dan 89,00 untuk respon siswa. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar materi perbandingan yang terintegrasi Challenge Based Learning berpendekatan STEM layak untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa dan dapat diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran untuk siswa SMP/MTs kelas VII. Penelitian lebih lanjut perlu dilaksanakan dalam rangka mengkaji efektivitas bahan ajar dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis.
Pemanfaatan Smart Apps Creator sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Anna Maria H Helly; Diesnilya Belawaja Lagu; Irna Karlina Sensiana Blegur
CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 2 No. 02 (2022): September 2022
Publisher : Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (405.028 KB) | DOI: 10.28918/circle.v2i02.6101

Abstract

Tujuan dari kurikulum 2013 menekankan agar pembelajaran dapat memfasilitasi peserta didik dalam berkreativitas sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu dampak dari perkembangan pengetahuan dan teknologi yang dimaksud adalah “merakyatnya” perangkat smartphone berbasis android di kalangan para siswa. Fenomena ini tentunya dapat dimanfaatkan oleh guru dalam menunjang proses pembelajaran matematika di kelas, salah satu caranya dengan memanfaatkan fungsi android sebagai media pembelajaran. Artikel ini merupakan study literatur. Ditulis untuk membahas pemanfaatan Smart Apps Creator dalam mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis android. Lebih lanjut, terkait bagaimana desain media berbasis aplikasi ini dapat memfasilitasi hasil belajar matematika siswa juga dibahas dalam artikel ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa smart apps creator adalah aplikasi desktop yang dimanfaatkan untuk membuat aplikai dan iOS tanpa kode pemograman dan dapat menyimpan file dengan format HTML5, .exe serta apk. Media pembelajaran yang dihasilkan dari smart apps creator ini mudah diakses dengan smartphone android tanpa harus ada akses internet dan dapat memberi kemudahan dalam memfasilitasi siswa untuk belajar.
Pengaruh Metode Inkuiri Berbasis Video Pembelajaran terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Keaktifan Siswa Kelas VIII Milda Yuliyani; Nurina Hidayah
CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 2 No. 02 (2022): September 2022
Publisher : Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.94 KB) | DOI: 10.28918/circle.v2i02.6102

Abstract

Sebuah metode pembelajaran yang digunakan oleh guru dapat membuat siswa tertarik dalam pembelajaran, sayangnya matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang tidak disukai oleh siswa karena dianggap sulit. Sehingga , perlu diterapkan sebuah metode pembelajaran yang dapat menarik minat siswa dalam belajar dan aktif pada kegiatan pembelajaran. Penelitian ini melihat pengaruh metode inkuiri dengan media video pembelajaran yang bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh metode inkuiri berbasis video pembelajaran dilihat dari peningkatan kemampuan berpikir kritis dan (2) meninjau keaktifan siswa SMP kelas VIII pada saat pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain eksperimen one group pre test post test. Pre test dan post test digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan perhitungan uji gain. Penyebaran angket untuk melihat respon siswa terkait keaktifan siswa, dan pengisisan lembar observasi oleh pengamat untuk melihat keaktifan siswa serta keterlaksanaan pembelajaran. Hasil yang diperoleh metode inkuiri berbasis video pembelajaran kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan kriteria sedang dengan nilai rata-rata perhitungan mencapai 0,53 dan siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran menggunakan metode inkuiri dengan kriteria capaian tinggi dengan skor rata-rata 75%.

Page 1 of 1 | Total Record : 8