cover
Contact Name
Achmad Daengs GS
Contact Email
ahmad.ashifuddin@gmail.com
Phone
+6282227778940
Journal Mail Official
Sunarmi@apji.org
Editorial Address
Universitas 45 Surabaya Jl Mayjend Sungkono 106 Surabaya, info@univ45sby.ac.id, (031) 56112 14; (031) 563 39 05
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Journal of Management and Creative Business
ISSN : 29620856     EISSN : 29621119     DOI : 10.30640
Core Subject : Science,
Promote the results of recent research on management and or informatics. Publish only research on management (such as information management, marketing management, financial management, management of resources, operation/production, business management, etc.)
Articles 21 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2023): April : Journal of Management and Creative Business" : 21 Documents clear
Pengaruh Jual Beli Online E-Commerce Shopee Terhadap Minat Beli Saat Pandemi Covid-19 Pada Masyarakat Milenial Di Kecamatan Belitang Aceria Mega Putri Pratiwi; Ambok Pangiuk; Muhammad Ismail
Journal of Management and Creative Business Vol. 1 No. 2 (2023): April : Journal of Management and Creative Business
Publisher : Universitas 45 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (185.776 KB) | DOI: 10.30640/jmcbus.v1i2.726

Abstract

This study aims to find out how much influence online buying interest has on the Shopee marketplace among millennial communities during the Covid-19 Pandemic. This study uses quantitative research, data collection in this study using a questionnaire which uses a simple random sampling technique where population data collection is done randomly. The sample of this study was 100 respondents who were taken from the millennial generation of Generation Z. This study was conducted to examine the effect of buying and selling online on buying interest during the Covid-19 pandemic in millennial society. The results of the study stated that buying and selling online on buying interest. Based on the t-test there is an influence between buying and selling online on buying interest received. There is a positive and significant influence on the online buying and selling variable on buying interest (case study of shopee online shop).
Analisis Efektivitas Pelatihan Kerja terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan PT Diamondfit Garment Indonesia) Tunggul Fernaldi Anggadha; Hanung Eka Atmaja
Journal of Management and Creative Business Vol. 1 No. 2 (2023): April : Journal of Management and Creative Business
Publisher : Universitas 45 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246.779 KB) | DOI: 10.30640/jmcbus.v1i2.728

Abstract

Saat ini, perusahaan harus mampu membuat karyawannya berkualitas dan terlatih untuk melakukan pekerjaannya. Berangkat dari hal ini perusahaan berinisiatif untuk mengadakan program pelatihan bagi karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pelatihan yang terdiri dari variabel metode pelatihan (X1) dan materi pelatihan (X2) terhadap kinerja karyawan (Y) PT Diamondfit Garment Indonesia. Jenis data yang digunakan adalah data primer. Sampel dari penelitian ini adalah karyawan QC (Quality Control) berjumlah 30 orang. Teknik analisis menggunakan regresi berganda dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pelatihan dengan variabel metode pelatihan (X1) dan materi pelatihan (X2) tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan (Y).
ANALISIS FUNDAMENTAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA SEKTOR ENERGI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2017-2021 Novinka Permatasari; Yacobo P. Sijabat
Journal of Management and Creative Business Vol. 1 No. 2 (2023): April : Journal of Management and Creative Business
Publisher : Universitas 45 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1056.858 KB) | DOI: 10.30640/jmcbus.v1i2.729

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Earning Per Share, Return on Assets, dan Debt to Equity Ratio terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan sektor energi periode 2017-2021. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan sektor energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-202. Sampel diambil dengan menggunakan metode purposive sampling, sehingga diperoleh sebanyak 8 perusahaan. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, variabel EPS, ROA, dan DER tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Dan secara simultan, variabel EPS, ROA, dan DER tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
Pengaruh Karakter Individu, Sikap Mandiri, Dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus pada Siswa SMK Yadika 5 di Tangerang Selatan Widi Wahyudi; Bella Safitri
Journal of Management and Creative Business Vol. 1 No. 2 (2023): April : Journal of Management and Creative Business
Publisher : Universitas 45 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (112.668 KB) | DOI: 10.30640/jmcbus.v1i2.736

Abstract

This study aims to determine the significant effect of Individual Character, Independent Attitude, and Entrepreneurship Knowledge on Entrepreneurial Interest at SMK Yadika 5 in South Tangerang. The population in this study were students of SMK Yadika 5 in South Tangerang. Determination of the sample used in this study as many as 75 respondents using the Slovin formula approach technique. This retrieval uses a probability sampling technique. sampling using the analytical tool used is descriptive (primary data) by using a questionnaire spread yes using a Likert scale. The research analysis tool uses SPSS version 20 software. The results of multiple linear analysis using multiple linear regression analysis method Y = 14,542 + 0,597 (X1) - 0,228 (X2) + 0,401 (X3) + €. The conclusion in this study is that individual character, entrepreneurial knowledge has a significant effect on interest in entrepreneurship. Independent attitude has no significant effect on interest in entrepreneurship.
PENGARUH KEPEMIMPINAN, KOMPENSASI, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. AERO INDONESIA Anita Fatimatuz Zahroh; Maulidyah Amalina Rizqi
Journal of Management and Creative Business Vol. 1 No. 2 (2023): April : Journal of Management and Creative Business
Publisher : Universitas 45 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (160.287 KB) | DOI: 10.30640/jmcbus.v1i2.737

Abstract

Human Resources (HR) is a central factor in an organization, which has an important role in the company as a driving factor, planning and controlling in all company activities. Therefore it is necessary to pay attention and create effective and efficient work, organization. This study aims to determine the effect of leadership, ethics and discipline on employee performance at PT. Aero Indonesia. This type of research used is quantitative research. The sampling technique used a saturated sample with a total sample of 72 respondents. The population used in this research is all employees of PT. Aero Indonesia. The data analysis technique used in this study is a multiple linear method. From the calculation results show that leadership (X1), sensor (X2), and discipline (X3) have a significant effect on performance (Y) at PT. Aero Indonesia
Eksistensi Usaha Kuliner Melalui Efektivitas Strategi Pemasaran Pasca Covid-19 (Studi Kasus Pada Chi Fry Kediri) Rafikhein Novia Ayuanti; Ade Novaldo Pratama
Journal of Management and Creative Business Vol. 1 No. 2 (2023): April : Journal of Management and Creative Business
Publisher : Universitas 45 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (116.519 KB) | DOI: 10.30640/jmcbus.v1i2.739

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh sektor usaha kuliner memiliki peran yang strategis dalam menunjang roda perekonomian salah satunya yaitu restoran cepat saji, Indonesia memiliki macam-macam produk olahan kuliner yang ditawarkan guna memenuhi kebutuhan pangan, berbagai produk diciptakan dan ditawarkan salah satunya usaha kuliner akan tetapi pada masa pandemi covid-19 ini sangat sulit bagi pelaku usaha kuliner untuk memasarkan produk olahan kulinernya di karenakan tingginya jumlah covid-19. Dalam masa pandemi covid-19 strategi pemasaran mempunyai peranan yang penting dalam masyarakat karena strategi pemasaran menyangkut berbagai aspek kehidupan, termasuk bidang ekonomi dan sosial karena kegiatan pemasaran menyangkut masalah mengalirnya produk dari produsen ke konsumen, apa lagi di masa sekarang pasca covid-19 usaha kuliner sangat kesulitan untuk memasarkan produknya. Hal tersebut dilakukan karena usaha kuliner chi fry kota kediri kesulitan memasarkan produk olahan kulinernya dikarenakan pandemi covid-19. Oleh sebab itu pemilihan strategi pemasaran yang baik adalah hal yang sangat diperlukan oleh pelaku usaha kuliner dalam menghadapi persaingan antar usaha kuliner, perusahaan perlu strategi yang tepat dan terstruktur sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai di era covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran pada restoran cepat saji chi fry kediri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah konsumen dan karyawan chi fry kediri. Kemudian obyeknya adalah strategi pemasaran. Hasil penelitian yang sudah dilakukan penulis menunjukan bahwa strategi pemasaran usaha kuliner Chi Fry adalah 1. Strategi pemasaran offline yaitu penyebaran poster gambar, seperti sekolah dan lingkungan sekitar. 2. Strategi pemasaran online yaitu dengan memanfaatkan media internet atau media sosial yaitu instagram.
Analysis And Design Of E-Commerce Website As An Electronic Sales Media Rifqi Nurfakhrurozi; Upayana Wiguna Eka Saputra; Ida Bagus Gede Dananjaya
Journal of Management and Creative Business Vol. 1 No. 2 (2023): April : Journal of Management and Creative Business
Publisher : Universitas 45 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246.157 KB) | DOI: 10.30640/jmcbus.v1i2.766

Abstract

Motivasi studi ini adalah meningkatnya prevalensi sistem e-commerce di kalangan bisnis di semua sektor perdagangan dan penyediaan jasa. Dengan bantuan e-commerce, bisnis dapat menyebarkan informasi kepada konsumen lebih cepat dan memperluas jangkauan pemasaran mereka, yang keduanya akan menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi. Aplikasi prestashop open source digunakan dalam penelitian ini untuk membuat situs web e-commerce karena rangkaian fiturnya yang kuat dan ketersediaan komponen yang sesuai secara luas tanpa biaya. Teknik analisis spiral Cresswell digunakan untuk studi deskriptif kualitatif ini. Analisis spiral melibatkan empat langkah: pengelolaan data; membaca dan membuat memo; menggambarkan; klasifikasi; dan interpretasi; dan menggambarkan dan memvisualisasikan. Analisis data menghasilkan sistem baru yang diimplementasikan secara bertahap meliputi pembuatan website e-commerce, perancangan layout website e-commerce, pemasukan data website e-commerce, dan presentasi temuan.
Membangun Strategi Kemitraan Dalam Meningkatkan Pendapatan Usaha Aura Bedda Lotong Meilin Lusia Kurniawan; Juliana Kadang; Maftukin Waluyo
Journal of Management and Creative Business Vol. 1 No. 2 (2023): April : Journal of Management and Creative Business
Publisher : Universitas 45 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (988.309 KB) | DOI: 10.30640/jmcbus.v1i2.833

Abstract

Lulur berbahan dasar alami saat ini menjadi perhatian bagi pecinta kosmetik karna diangap lebih aman untuk digunakan. Salah satu lulur berbahan dasar alami yang saat ini banyak diminati adalah lulur tradisional khas bugis yaitu bedda lotong. Bedda lotong merupakan lulur tradisional yang dulunya hanya digunakan oleh wanita bangsawan. Namun seiring dengan perkembangan zaman lulur ini sudah dapat digunakan semua orang dari berbagai kalangan. Salah satu usaha yang menawarkan produk lulur bedda lotong di Kota Palu adalah Aura bedda lotong. Usaha ini memiliki peluang yang besar pada pasar dan memiliki peminat yang tidak akan habis. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan faktor internal, faktor eksternal dan merumuskan alternatif strategi yang digunakan aura bedda lotong dalam meningkatkan pendapatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis SWOT. Alternatif strategi yang diterapkan usaha aura bedda lotong dalam meningkatkan pendapatannya adalah strategi kemitraan. Strategi ini menjadi strategi yang cukup efektif karna dapat memperluas jangkauan pasar dan melakukan kerja sama untuk membangun hubungan saling membembutuhkan bersama mitra dan reseller dalam mencapai keuntungan.
Penerapan Strategi Branding Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Usaha Aura Bedda Lotong Lina Mistoifa; Juliana Kadang; Maftukin Waluyo
Journal of Management and Creative Business Vol. 1 No. 2 (2023): April : Journal of Management and Creative Business
Publisher : Universitas 45 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1060.218 KB) | DOI: 10.30640/jmcbus.v1i2.834

Abstract

Pada era digitalisasi dan teknologi, peningkatan branding sebagai salah satu strategi pemasaran yang sangat penting untuk diterapkan. Branding sendiri merupakan bagian paling dasar dari kegiatan pemasaran. Branding merupakan aktivitas mengkomunikasikan, membangun atau membesarkan sebuah brand atau merek. Salah satu penerapan dari sebuah branding adalah kemasan, kemasan berfungsi sebagai sarana promosi karena kemasan dapat melindungi dan memudahkan dalam penggunaan produk serta menambah nilai jual dan promosi produk itu. Pada penelitian ini fokus terhadap strategi branding yang dilakukan oleh Aura Bedda Lotong. Aura Bedda Lotong merupakan salah satu usaha yang bergerak dibidang perawatan kulit. Produk yang ditawarkan adalah produk lulur dan masker berbahan bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk kulit. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat bagaimana proses dari branding yang dilakukan Aura Bedda Lotong dalam upaya meningkatkan pendapatan dan untuk mengidentifikasi faktor internal, faktor eksternal dan merumuskan alternatif strategi yang digunakan Aura Bedda Lotong. Penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunities dan Threats). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi branding menjadi salah satu alternatif strategi yang diterapkan usaha Aura Bedda Lotong dalam meningkatkan pendapatannya.
Peran Sumber Daya Manusia (SDM) Dalam Strategi Bauran Pemasaran Aura Bedda Lotong Cici Saodah; Juliana Kadang; Maftukin Waluyo
Journal of Management and Creative Business Vol. 1 No. 2 (2023): April : Journal of Management and Creative Business
Publisher : Universitas 45 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (968.083 KB) | DOI: 10.30640/jmcbus.v1i2.835

Abstract

Penelitian ini berjudul peran sumber daya manusia (SDM) dalam strategi bauran pemasaran Aura Bedda Lotong. Aura Bedda Lotong adalah salah satu usaha yang bergerak dibidang perawatan kulit. Dimana saat ini mempunyai kulit yang sehat dan bersih menjadi impian semua orang. Salah satu perawatan kulit yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan lulur dan masker. Aura Bedda Lotong merupakan produk lulur dan masker yang berbahan dasar alami yang mempunyai banyak manfaat untuk perawatan kulit. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran sumber daya manusia (SDM) terhadap strategi bauran pemasaran Aura Bedda Lotong dan untuk mengidentifikasikan faktor internal, faktor eksternal dan merumuskan alternatif strategi yang digunakan Aura Bedda Lotong. Metode analisis yang digunakan adalah analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunities dan Threats). Hasil penelitian menunjukan bahwa salah satu Alternatif strategi yang dapat diterapkan oleh usaha Aura Bedda Lotong yaitu strategi bauran pemasaran dan sumber daya manusia berperan menentukan strategi bauran pemasaran yaitu untuk menentukan produk yang akan dijual, memutuskan harga produk, tempat usaha, dan promosi yang akan dilakukan.

Page 1 of 3 | Total Record : 21