cover
Contact Name
Muchamad Subali Noto
Contact Email
msnoto@ugj.ac.id
Phone
+6282117556837
Journal Mail Official
jnpm.unswagati@gmail.com
Editorial Address
Kampus 2 FKIP Unswagati Cirebon Jalan Perjuangan No. 1 Kota Cirebon.
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika)
ISSN : 25498495     EISSN : 25494937     DOI : https://doi.org/10.33603/jnpm.v7i2.8128
Core Subject : Education,
JNPM mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian empiris terkait dengan pengajaran dan pembelajaran spesifik dalam bidang Pendidikan Matematika. JNPM menerima publikasi dari guru-guru matematika (SD, SMP, SMA) serta dari pemerhati dan peneliti pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel ilmiah yang dapat diterbitkan dalam JNPM ini adalah sebagai berikut: Model Pembelajaran Matematika, Media dan Multimedia Pembelajaran Matematika, Kurikulum dalam Pengajaran Matematika, Penilaian (Assesment) dan Evaluasi dalam Pengajaran Matematika, Pengembangan Profesional Guru Matematika, Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika, Desain Didaktis dalam Pembelajaran Matematika, Lesson Study dalam Pembelajaran Matematika JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) menerima artikel dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa inggris. Kata "Nasional" pada Jurnal diartikan bahwa jurnal menerbitkan naskah dengan domain penelitian di Indonesia tetapi tetap dipublikasikan ke Internasional.
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2023)" : 17 Documents clear
Perbandingan Pengaruh Pendekatan RME dan Saintifik Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Yunisa Hayati Mutmainah; Uki Suhendar; Sumaji Sumaji
JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) Vol 7, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Djati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (445.264 KB) | DOI: 10.33603/jnpm.v7i1.7426

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbandingan pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran RME dan pendekatan saintifik tehadap kemampuan literasi numerasi siswa kelas XI di MA Wali Songo Ngabar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen jenis quasi experiment. Desain pada penelitian ini adalah posttest only group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI. Dari delapan kelas XII, diambil dua kelas secara acak untuk penerapan perlakuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian soal posttest terhadap kemampuan literasi numerasi. Teknik analisis data untuk melihat perbandingan pengaruh pendekatan RME dan saintifik dengan analisis deskriptif dan uji   independen. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan literasi numerasi kelas pendekatan RME dan kelas saintifik dengan selisih nilai sebesar 9. Analisis melalui uji pada taraf signifikansi menunjukkan bahwa pendekatan RME lebih baik dibandingkan dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan literasi numerasi siswa kelas.Kata Kunci:Pendekatan RME, Pendekatan Saintifik, Kemampuan Literasi Numerasi.
Memahami Profil Pendidik Guru Matematika yang menginspirasi Berdasarkan Pengalaman Belajar Calon Guru Matematika Rustam Effendy Simamora; Jean Gloria Kamara
JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) Vol 7, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Djati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (648.568 KB) | DOI: 10.33603/jnpm.v7i1.7689

Abstract

Abstrak. Inspirasi berperan penting dalam memicu atau meningkatkan minat belajar. Inspirasi tersebut juga akan membentuk identitas matematis Calon Guru Matematika (CGM) setelah bekerja sebagai guru matematika profesional di masa depan. Pendidik Guru Matematika (PGM) dapat menjadi sumber inspirasi bagi CGM, sehingga penelitian untuk memahami dan menjelaskan profil PGM yang menginspirasi adalah kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan teoritisasi profil PGM yang menginspirasi berdasarkan pengalaman CGM. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan constructivist grounded theory dengan melibatkan 21 mahasiswa Pendidikan Matematika semester II-XIII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PGM yang menginspirasi memiliki profil: memberikan rasa nyaman, berwawasan luas, memotivasi, memberikan pembelajaran yang asyik dan menyenangkan, memberikan wawasan baru dan pemahaman, disiplin dan berwibawa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pemahaman adalah aspek yang paling dibutuhkan oleh CGM.  Kualitas kepribadian, kemampuan pedagogis dan matematis serta hubungan baik yang dibina PGM mengoptimalkan pemahaman sehingga CGM terinspirasi.Kata Kunci: calon guru matematika, constructivist grounded theory, profil pendidik matematika, pedagogi inspirasi, guru inspiratif.
Pengembangan LKPD Berbasis Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Matematika Ika Nurvita Sari; Dwi Sulisworo
JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) Vol 7, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Djati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (834.311 KB) | DOI: 10.33603/jnpm.v7i1.5347

Abstract

Abstrak. Di era digital saat ini penggunaan teknologi untuk menunjang pembelajaran sangat dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis Augmented Reality (AR) pada materi bangun ruang sisi datar pokok bahasan kubus. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pengembangan berbasis AR. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V Sekolah Dasar. Terdiri dari 5 siswa dari 3 sekolah yang berbeda yaitu SD Bayumeneng, SD Srunggo dan SD Muhammadiyah Karangtengah. Instrumen menggunakan beta test dengan metode Attention Relevance Considence and Satisfaction (ARCS). Langkah- langkah pengembangan penelitian yaitu peneliti melakukan analisis kebutuhan, membuat desain awal, dan pengujian item-item yang dinilai dalam instrumen penelitian. Aspek-aspek yang dinilai dari instrumen penelitian meliputi relevansi, perhatian, keyakinan, dan kepuasan. Problem Based Learning digunakan sebagai model pembelajaran. Berdasarkan hasil dapat diketahui bahwa pengembangan LKPD berbasis AR dapat menarik minat dan motivasi siswa belajar matematika. Media pembelajaran ini dapat digunakan untuk memudahkan siswa dalam menalar mengenai dimensi tiga, khususnya bangun ruang kubus.Kata Kunci:Augmented Reality (AR), Matematika, Multimedia Pembelajaran, Keterampilan Abad 21, Kubus
Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MTs Berdasarkan Self-Confidence Pada PBL Berbantuan Modul STEM Shofiyana Noor Wijayanti; Rochmad Rochmad
JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) Vol 7, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Djati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (708.501 KB) | DOI: 10.33603/jnpm.v7i1.7807

Abstract

Abstrak. Kemampuan komunikasi matematis adalah kemampuan siswa dalam bentuk menyampaikan ide atau gagasan matematika baik secara tulisan maupun lisan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari self-confidence pada model PBL berbantuan modul STEM. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian campuran (mix method). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Miftahussalam 1 Demak tahun ajaran 2022/2023. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah kelas VIII-D sebagai kelas eksperimen dan VIII-E kelas kontrol. Desain penelitian kuantitatif menggunakan true experimental dengan jenis the randomized postest-only control design dengan dua perlakuan. Sedangkan penelitian kualitatif menggunakan metode focused interviews, dengan mengambil 2 siswa disetiap kategori self-confidence. Pada self-confidence terdapat tiga kategori yaitu kategori tinggi, kategori sedang, dan kategori rendah. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kemampuan komunikasi matematis pada model PBL berbantuan modul STEM mencapai ketuntasan klasikal dan lebih baik dari model konvensional; (2) terdapat pengaruh positif antara self-confidence terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada model PBL berbantuan modul STEM; (3) Mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari self-confidence pada model PBL berbantuan modul STEM.Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-Confidence, Model PBL, Modul STEM
Pemanfaatan Boardgame Geometry At Home Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geometri Siswa SMP Leo Setiawan; Farida Nurhasanah; Ikrar Pramudya
JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) Vol 7, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Djati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (705.862 KB) | DOI: 10.33603/jnpm.v7i1.7495

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh boardgame terhadap hasil belajar geometri siswa. Penelitian ini dikategorikan penelitian eksperimental. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Ngargoyoso tahun ajaran 2021/2022. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII A dengan jumlah siswa 30 dan kelas VIII B dengan jumlah siswa 29. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Teknik Pengumpulan data yang digunakan berupa metode tes untuk mengukur hasil belajar siswa dan metode angket untuk mengukur level keaktifan belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas metode Liliefors bertujuan untuk mengetahui sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal, uji homogenitas metode Bartlett bertujuan untuk menguji populasi mempunyai variansi yang sama, kemudian  analisis variansi dua jalan sel tak sama, dilanjutkan uji pasca anava dengan uji komparasi ganda metode Scheffe.Kata Kunci: Boardgame, Hasil Belajar, Geometri.
Analisis Buku Teks Matematika SMP/MTs Berdasarkan Objek Kajian Matematika Materi Aritmetika Sosial Rahmad Hidayat; Budi Usodo
JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) Vol 7, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Djati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (752.834 KB) | DOI: 10.33603/jnpm.v7i1.7698

Abstract

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui jenis kesalahan pada buku teks matematika untuk siswa SMP Kelas II Semester 2 kurikulum 2013 berdasarkan objek matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini buku teks matematika siswa SMP kurikulum 2013. Teknis analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data yang sudah di analisis akan dilakukan proses penyelesaian alternatif yang digunakan untuk meminimalkan kesalahan pada buku teks matematika. Hasil analisis menunjukkan bahwa dalam buku teks matematika siswa SMP masih terdapat kesalahan dari segi fakta, konsep, prinsip, dan operasi. Kesalahan ini diberikan solusi alternatif dalam perbaikan buku teks matematika siswa SMP. Solusi yang diberikan dalam analisis ini dengan memberikan arahan dan tambahan sebuah ilustrasi yang mendukung dalam pemahaman materi buku teks matematika. Hasil dari analisis menyarankan bahwa penting bagi penulis buku dalam merancang buku dengan sebaiknya dan secara detail dalam proses penyusunan  dan siswa atau pembaca perlu ketelitian dalam memahami buku yang dibaca, sehingga dapat meminimalkan kesalahan konsepsi dalam proses pemahaman buku teks matematika SMP Kelas VII Semester 2 kurikulum 2013.Kata Kunci: Analisis Buku, Buku Matematika Siswa, Objek Matematika.
Development of Essay Test Assessment Rubric for Polya Theory-Based Mathematical Problem-Solving Muhammad Rizki Cahyadi; Bhaskoro Prasetyo Adi Maryanto; Mohammad Syaifuddin; Rani Darmayanti
JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) Vol 7, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Djati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (615.515 KB) | DOI: 10.33603/jnpm.v7i1.7724

Abstract

Abstract. Assessment is an important part of the learning process. However, assessment is often carried out subjectively by the examiner, especially in essay tests. The scoring rubric is one of the solutions to minimize the subjectivity of the assessment to produce more objective and consistent grades. Therefore, it is necessary to develop an essay test assessment rubric. This study aims to produce a rubric for evaluating essay tests for mathematical problem-solving abilities based on Polya's theory. The method for developing an assessment rubric uses the Plomp model which consists of three phases, namely the initial research phase, the prototype phase, and the assessment phase. The results of the validity test by experts obtained a score of 3.40 on a scale of 1-4. The rubric of the validation results was then implicated in the assessment of the essay test given to 30 junior high school students. The implication of the rubric is as well as an empirical test of the effectiveness of the rubric. The empirical test results using three groups of raters obtained a correlation coefficient of 0.9290. Based on the results of validity tests and empirical tests, it can be concluded that the rubric for assessing essay tests for mathematical problem-solving abilities based on Polya theory is valid and feasible.Keywords: Mathematical Problem Solving, Polya, Rubric Assesment, Essay Test.
Pemahaman Konsep Matematis dan Self-Confidence Siswa dalam Pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) Fitriani Fitriani; Mariyam Mariyam; Rika Wahyuni
JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) Vol 7, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Djati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (727.627 KB) | DOI: 10.33603/jnpm.v7i1.6047

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis serta self confidence siswa yang mendapatkan pembelajaran Model Eliciting Activities dengan siswa yang mendapatkan model pembelajaran secara langsung pada materi Bangun datar segitiga di kelas VII. Penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperimental dengan rancangan the nonequivalent posstest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VII SMP Negeri 2 Singkawang yang terdiri dari lima kelas. Sampel diambil dengan teknik Cluster Random Sampling. Adapun sampel yang dipilih terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIC sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis terhadap siswa yang mendapatkan pembelajaran Model Eliciting Activities dengan siswa yang mendapatkan model pembelajaran langsung pada materi segitiga kelas VII SMP Negeri 2 Singkawang. Hal ini dibuktikan dengan uji Mann Whitney U-Test. Hal ini dibuktikan dengan uji Mann Whitney U-Test; dan 2) Self Confidence siswa tergolong tinggi terhadap pembelajaran Model Eliciting Activies. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata self confidence siswa berada pada kriteria sangat tinggi.Kata Kunci:MEAs, Pemahaman Konsep, SC siswa.
Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik dalam Pendekatan Comprehensive Mathematics Instruction Nila Sri Wijayanti; Maulana Maulana; Isrok'atun Isrok'atun
JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) Vol 7, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Djati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (582 KB) | DOI: 10.33603/jnpm.v7i1.7610

Abstract

Abstrak. Rendahnya kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini. Alternatif upaya untuk menyelesaikan masalah tersebut salah satunya dengan menerapkan pendekatan Comprehensive Mathematics Instruction (CMI). Tujuan dari penelitian ini yaitu pengaruh pendekatan CMI terhadap pemecahan masalah peserta didik. Digunakan metode pre-eksperimen dengan populasi yang diambil adalah peserta didik kelas V SD di Kabupeten Sumedang. Teknik pengambilan sampel melalui teknik purposive sampling, digunakan satu kelas sebagai sampel penelitian yang berjumlah 28 orang. Tes kemampuan pemecahan masalah adalah instrument yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan pendekatan CMI memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik.Kata Kunci: Pemecahan Masalah, Comprehensive Mathematics Instruction (CMI), Peserta Didik.
Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa pada Scientific Problem Based Learning Berbantuan Javanese Culture Augmented Reality Bebyd Noverianto; Detalia Noriza Munahefi
JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) Vol 7, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Djati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (719.209 KB) | DOI: 10.33603/jnpm.v7i1.7706

Abstract

Abstrak. Geometri merupakan materi yang abstrak sehingga siswa kesulitan untuk memahaminya teutama pada soal dengan pemikiran yang menggunakan berbagai alternatif penyelesaian secara kreatif. Inovasi yang dilakukan adalah dengan menggunakan model PBL dengan pendekatan scientific bernuansa javanese culture berbantuan augmented reality. Penelitian ini bertujuan guna mengidentifikasi peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, serta menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis yang ditinjau dari motivasi belajar siswa pada inovasi pembelajaran tersebut. Metode yang digunakan adalah mix method dengan strategi ekplanatoris sekuensial. Penelitian kuantitatif yang dilakukan yaitu pre eksperimental yang berbentuk one-group pretest-posttest design. Sedangkan metode kualitatifnya menggunakan kualitatif deskriptif. Populasi terdiri atas seluruh siswa kelas VIII SMPN 22 Semarang. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan pengambilan subjek wawancara menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian diperoleh kemampuan berpikir kreatif matematis siswa meningkat hingga kategori sedang dengan indeks n-gain sebesar 0,56, siswa berkategori motivasi belajar rendah berada pada tingkatan tidak kreatif, siswa berkategori motivasi belajar sedang berada pada tingkatan kreatif, dan siswa berkategori motivasi belajar tinggi berada pada tingkatan sangat kreatif. Saran dari penelitian ini adalah pengembangan augmented reality berbasis budaya lainnya diperlukan guna menyesuaikan budaya yang berkembang pada daerah masing-masing.Kata Kunci: Augmented Reality, Berpikir Kreatif Matematis, Javanese Culture, Motivasi Belajar, Scientific Problem Based Learning.

Page 1 of 2 | Total Record : 17