cover
Contact Name
Mai Yuliza
Contact Email
maiyuliza@stie-yappas.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
maiyuliza@stie-yappas.ac.id
Editorial Address
https://itskhatulistiwa.ac.id/ojsapresiasiekonomi/index.php/apresiasiekonomi/about/editorialTeam
Location
Kab. pasaman barat,
Sumatera barat
INDONESIA
e-Jurnal Apresiasi Ekonomi
ISSN : 23373997     EISSN : 26139774     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
topics that will be published in this journal are: 1. Development theory and application of management science; 2. Study of entrepreneurship and entrepreneurship development; 3. Development and research on applying the theory of business science 4. Community economic development. But the other relevant topics with is available.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 1 (2022)" : 7 Documents clear
ANALISIS PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN STRATEGI E-MARKETING PADA UMKM SAAT PANDEMI COVID-19 NEW NORMAL DI KARAWANG JAWA BARAT (Studi Kasus Pada Beras Puri Karawang) Rohma Septiawati; Fista Apriani Sujaya; Febrina Alisa Dewi; Reza Mega Ariyani
Jurnal Apresiasi Ekonomi Vol 10, No 1 (2022)
Publisher : Institut Teknologi dan Ilmu Sosial Khatulistiwa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.617 KB) | DOI: 10.31846/jae.v10i1.445

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu bidang usaha yang secara konsisten berkembang dalam perekonomian nasional. Pandemi Covid-19 di Indonesia sejak Maret 2020 menjadi perhatian sektor industri UMKM. Penelitian ini menganalisis Sistem Informasi Akuntansi dan Strategi e-Marketing pada UMKM Beras Puri Karawang pada masa pandemi Covid-19 New Normal. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian kualitatif ini meliputi transkrip hasil wawancara, reduksi data, analisis, interpretasi data, dan triangulasi. UMKM beras Puri Karawang belum sepenuhnya menggunakan pencatatan laporan keuangan dengan menggunakan sistem informasi akuntansi; untuk data ekonomi masih menggunakan aplikasi excel dan pembukuan manual sederhana dalam pembuatan laporan keuangan; (2) Pemasaran beras Puri Karawang membutuhkan E-Marketing; dan (3) Biaya produksi masih tinggi. Para pelaku UKM beras Puri Karawang sebaiknya mengadopsi sistem informasi akuntansi (SIA) untuk peningkatan bisnis yang terkomputerisasi atau dapat menggunakan berbagai aplikasi sistem informasi akuntansi. UMKM perlu mengadopsi E-Marketing untuk memperluas jangkauan pangsa pasarnya lebih jauh dan meninjau perbandingan biaya produksi yang masih tinggi dalam proses penggilingan, ke beberapa tempat, atau membeli mesin jika keuangan perusahaan telah terpenuhi.
PENGARUH INTELLECTUAL EXPERIENCE DAN AFFECTIVE EXPERIENCE PADA SOCIAL BRAND ENGAGEMENT DENGAN KOMITMEN SEBAGAI PEMODERASI Wiry Utami
Jurnal Apresiasi Ekonomi Vol 10, No 1 (2022)
Publisher : Institut Teknologi dan Ilmu Sosial Khatulistiwa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.891 KB) | DOI: 10.31846/jae.v10i1.439

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intellectual experience dan affective experience terhadap social brand engagement dengan komitmen sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini sebanyak 311. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan kuesioner dengan menggunakan google form. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dan moderated regression analysis Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa intellectual experience berpengaruh pada social brand engagement. Akan tetapi affective experience tidak berpengaruh pada social brand engagement. Penelitian ini juga menunjukan bahwa komitmen tidak memoderasi hubungan intellectual experience dan affective experience terhadap social brand engagement.
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA BENGKEL MOBIL TELAGA ADIL DI MEDAN Samuel Tenang Ukur Ardianta Ginting; Ronald Ferdinand M. Sitorus
Jurnal Apresiasi Ekonomi Vol 10, No 1 (2022)
Publisher : Institut Teknologi dan Ilmu Sosial Khatulistiwa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (403.685 KB) | DOI: 10.31846/jae.v10i1.442

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menunjukkan kualitas produk dan Harga pada Bengkel Mobil Telaga Adil Di Medan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Metodologi yang digunakan adalah pelanggan sebanyak 66 responden. Sumber data primer diperoleh dengan menggunakan kuisioner atau angket, untuk variabel Kualitas produk 18 item pernyataan, variabel Harga 7 item pernyataan, dan variabel Loyalitas pelanggan 13 item pernyataan, pernyataan terdiri dari valid atau tidak valid, dan reliabel atau kurang reliabel. Data sekunder berupa data yang berkaitan dengan produk yang ditawarkan dan Harga kepada konsumen. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linier berganda, uji asumsi klasik, determinan, uji t dan uji f dengan SPSS versi 24.0. Tingkat signifikan kualitas produk 0,000 < 0,05, Harga 0,330 > 0,05, dengan nilai Sig < 0,05. Dari uji determinasi diketahui bahwa persentasi pengaruh variabel kualitas produk dan Harga terhadap variabel Loyalitas Pelanggan adalah sebesar 0,936 atau 93,6%, sedangkan sisanya 6,4% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Loyalitas Pelanggan. Abstract This study aims to determine and show that product quality and price at the Telaga Adil Car Workshop in Medan have a significant effect on customer loyalty. The methodology used is the customer as many as 66 respondents. Primary data sources were obtained by using questionnaires or questionnaires, for the product quality variable 18 statement items, the price variable 7 statement items, and the customer loyalty variable 13 statement items, the statement consisted of valid or invalid, and reliable or less reliable. Secondary data in the form of data relating to the products offered and prices to consumers. Data analysis used in this research is multiple linear regression test, classical assumption test, determinant, t test and f test with SPSS version 24.0. Significant level of product quality 0.000 <0.05, price 0.330> 0.05, with a Sig value <0.05. From the determination test, it is known that the percentage of the influence of product quality and price variables on the customer loyalty variable is 0.936 or 93.6%, while the remaining 6.4% is influenced by other variables. Keywords: Product Quality, Price, Customer Loyalty. 
SISI GELAP DARI RETURN SAHAM DI PASAR MODAL INDONESIA: LIKUIDITAS, DAN RISIKO SISTEMATIS Laynita Sari; Rio Nardo
Jurnal Apresiasi Ekonomi Vol 10, No 1 (2022)
Publisher : Institut Teknologi dan Ilmu Sosial Khatulistiwa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (262.304 KB) | DOI: 10.31846/jae.v10i1.401

Abstract

The COVID-19 outbreak has had a serious impact on investment activities in Indonesia. One of the aspects of concern in the midst of the coronavirus outbreak is the decrease in investor interest in capital market activities in Indonesia. Therefore, it can be predicted that there is a potential decrease in the level of profit (return) that will be received by shareholders. The purpose of this study is to investigate the influence of liquidity and systematic risks on returns. The analysis tool used to test the influence between panel variables is the analysis of panel data regression. The findings of this study are that liquidation has no significant effect on the return of company shares. In addition, the second finding proves that systematic risk has a positive and significant effect on the return of the company's shares. Our findings are reinforced by the results of robustness test statistically, which confirms that companies that have a high beta value, then the return of the company's shares will tend to be high.
PENGARUH PENDIDIKAN PELATIHAN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI KEMENTERIAN KOPERASI DAN UKM REPUBLIK INDONESIA Lili Sularmi; Guruh Tarsono Putra
Jurnal Apresiasi Ekonomi Vol 10, No 1 (2022)
Publisher : Institut Teknologi dan Ilmu Sosial Khatulistiwa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.065 KB) | DOI: 10.31846/jae.v10i1.437

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendidikan, Pelatihan, dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja pada Sekretariat Pegawai Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia. Jenis penelitian asosiatif ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan teknik pengambilan sampel dipilih dengan total sampling yang melibatkan 63 responden. Analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi, dan pengujian hipotesis. Koefisien determinasi memberikan kontribusi sebesar 50,8 persen, sedangkan sisanya sebesar 49,2 persen dipengaruhi oleh faktor lain. Oleh karena itu, variabel Pendidikan, Pelatihan dan Lingkungan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai di Sekretariat Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia
FLUKTUASI HARGA SAHAM DAN VOLUME TRANSAKSI SAHAM SEBELUM DAN SESUDAH PENGUMUMAN COVID-19 PADA PERUSAHAAN FARMASI YANG TERDAFTAR DI BEI Angrawit Kusumawardani
Jurnal Apresiasi Ekonomi Vol 10, No 1 (2022)
Publisher : Institut Teknologi dan Ilmu Sosial Khatulistiwa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.901 KB) | DOI: 10.31846/jae.v10i1.441

Abstract

This research aims to determine fluctuations in stock prices and stock trading volumes in pharmaceutical companies listed on the IDX. The population used is eight pharmaceutical companies listed on the Indonesia Stock Exchange. The data was processed using paired sample-t-test. From the results of the preparation of this information, it is known that there is a very striking difference in stock prices before and after the announcement of the coronavirus case in Indonesia. This is evidenced by a significance value of less than 0.05, where the share value has decreased in contrast to before the announcement. Meanwhile, the transaction volume shows a critical difference with a significance value of less than 0.05, where the transaction volume after the notification has increased.
FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL DALAM PENGEMBANGAN OBJEK WISATA PEMANDIAN AIR TERJUN LUBUK TAMPURAUNG DI KECAMATAN KURANJI KOTA PADANG Zeshasina Rosha; Helmawati Helmawati; Ethika Ethika; Hasnul Fikri
Jurnal Apresiasi Ekonomi Vol 10, No 1 (2022)
Publisher : Institut Teknologi dan Ilmu Sosial Khatulistiwa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.62 KB) | DOI: 10.31846/jae.v10i1.450

Abstract

Lubuk Tempurung Waterfall Bathing Attraction is the only tourist attraction in Belimbing Village, Kuranji district, Padang City which is equipped with waterfalls. This tourist attraction has not received guidance yet from the government or investment from the private sector. The purpose of the research is to find out the strengths, weaknesses, opportunities, and threats in the development of Lubuak Tampuruang Waterfall Bathing Attraction. This study uses SWOT analysis, which analyzes internal factors (strengths and weaknesses) and external factors (opportunities and threats). The main data are collected through the questionnaire. The results of the research are, first, the main strength is the water attraction equipped with a waterfall is easy to reach because it is not so far from the center of Padang City. Second, the weakness is the road to the tourist attraction is inadequate. Third, the opportunity is the high desire to travel and recreation. Fourth, the threat that needs to be addressed is the influx of negative cultural influences from outsiders and interactions between local communities and global tourists. The strengths-opportunities strategy suggested in the development of Lubuak Tampuruang Waterfall Bathing Attraction is maximizing the power to achieve opportunities that will make this attraction better than ever.Keywords: external factors, internal factors, tourism, SWOT, Lubuak Tampuruang

Page 1 of 1 | Total Record : 7