cover
Contact Name
Mai Yuliza
Contact Email
maiyuliza@stie-yappas.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
maiyuliza@stie-yappas.ac.id
Editorial Address
https://itskhatulistiwa.ac.id/ojsapresiasiekonomi/index.php/apresiasiekonomi/about/editorialTeam
Location
Kab. pasaman barat,
Sumatera barat
INDONESIA
e-Jurnal Apresiasi Ekonomi
ISSN : 23373997     EISSN : 26139774     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
topics that will be published in this journal are: 1. Development theory and application of management science; 2. Study of entrepreneurship and entrepreneurship development; 3. Development and research on applying the theory of business science 4. Community economic development. But the other relevant topics with is available.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 2 (2022)" : 10 Documents clear
PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA PADA DINAS PEMUDA, OLAHRAGA, DAN PARIWISATA KABUPATEN PASAMAN Yurasti Yurasti; Rahmi Faura Putri
Jurnal Apresiasi Ekonomi Vol 10, No 2 (2022)
Publisher : Institut Teknologi dan Ilmu Sosial Khatulistiwa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.744 KB) | DOI: 10.31846/jae.v10i2.468

Abstract

This research were done, in order to determined the effect of ledearship and work discipline on the job performance of civil servants on regional office of Youth, Sports and Tourism of Pasaman Regency. The sample in this study amounted to 51 respondents. The data collected in this study were analyzed  using multiple linear regression. The results showed that partially leadership had a significant effect on the job performance of civil servants on Regional Office of Youth, Sports and Tourism of Pasaman Regency, with a significant value of 0.000 < alpha 0.05. Work discipline partially has no significant effect on the job performance of civil servants on Regional Office of Youth, Sports and Tourism Office of Pasaman Regency with a significant value 0.615 > alpha 0.05. Simultaneously leadership and work discipline have a significant effect on the job performance of state civil aparatus at Regional Office of Youth, Sports and tourism of Pasaman Regency, with a significant value 0.000 < alpha 0.05. The results of the coefficient of determination test indicated that leadership and work discipline contribute 51% of  job performance of civil servants Keyword: Leadership, Work Discipline, and Job Performance
HUBUNGAN ANTARA WORK STUDY CONFLICT DENGAN KEPUASAN BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS EKASAKTI PADANG ANGKATAN 2017 YANG BERJUALAN ONLINE Krisnova Nastasia; Desi Permata Sari; Yeki Candra
Jurnal Apresiasi Ekonomi Vol 10, No 2 (2022)
Publisher : Institut Teknologi dan Ilmu Sosial Khatulistiwa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.807 KB) | DOI: 10.31846/jae.v10i2.472

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Work Study Conflict dengan Kepuasan Berwirausaha pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2017 Universitas Ekasakti Padang yang Berjualan Online. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Work Study Conflict dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah Kepuasan Berwirausaha. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Work Study Conflict dan skala Kepuasan Berwirausaha. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Sampling Jenuh.  Sampel dalam penelitian ini adalah 47 orang mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Eksakti Padang Angkatan 2017 yang berjualan online. Uji Validitas dan Reliabilitas pada penelitian ini menggunakan teknik Alpha Cronbach. Indeks daya beda aitem pada skala Work Study Conflict bergerak dari rix = 0,308 sampai dengan rix = 0,644 dengan koefesien reliabilitas sebesar α =0,894. Sedangkan pada skala Kepuasan Berwirausaha bergerak dari rix = 0,436 sampai  dengan rix = 0,806 dengan koefisien reliabilitas sebesar α =0,950. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara Work Study Conflict dengan Kepuasan Berwirausaha, dengan nilai kolerasi (r) sebesar -0,585 dengan taraf signifikan 0,000 yang berarti hipotesis diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara Work Study Conflcit dengan Kepuasan Berwirausaha dengan arah negatif, artinya semakin tinggi Work Study Conflcit, maka semakin rendah Kepuasan Berwirausaha sebaliknya semakin rendah Kepuasan Berwirausaha, maka semakin tinggi Work Study Conflict  pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Ekasakti Padang Angkatan 2017. Kata Kunci : Work Study Conflict, Kepuasan Berwirausaha, Mahasiswa
PENGARUH KEPERCAYAAN KONSUMEN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MENGGUNAKAN JASA TRANSPORTASI ONLINE GO-JEK PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA PENGGUNA GO-JEK DI KABUPATEN KARAWANG) Windi Andriani; Reminta Lumban Batu
Jurnal Apresiasi Ekonomi Vol 10, No 2 (2022)
Publisher : Institut Teknologi dan Ilmu Sosial Khatulistiwa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (240.805 KB) | DOI: 10.31846/jae.v10i2.458

Abstract

This research was conducted with the aim to know the influence of consumer trust and service quality on consumer loyalty using gojek online transportation services during the covid-19 pandemic (a case study on gojek online transportation users in  Karawang Regency), either partially or simultaneously. This hold as an associative research using a quantitative approach. The sample selection is non probability sampling with purposive sampling technique, gathering 96 respondents. The data is collected through a questionnaire that has been tested for validity and reliability. The technique of analyzing the data is partial using descriptive data analysis, multiple linear regression analysis, and significant test (Classical Assumption Test, t Test and F Test). The results of this study indicate the probability value (sig) is 0,000 <0,05 simultaneous. This proves that consumer trust and service quality have a significant simultaneous effect on consumer loyalty of gojek online transportation services during the covid-19 pandemic. It is concluded that consumer trust has no significant effect on consumer loyalty with a probability value (sig) of 0,899 > 0,05, while service quality has a significant effect on consumer loyalty with a probability value (sig) of 0,000 < 0,05.
PENGARUH KUALITAS PRODUK, INOVASI PRODUK DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TOLAK ANGIN PADA MASA PANDEMI DI SURAKARTA Elisabeth Syerin Dean Mavilinda; Ari Susanti
Jurnal Apresiasi Ekonomi Vol 10, No 2 (2022)
Publisher : Institut Teknologi dan Ilmu Sosial Khatulistiwa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (226.994 KB) | DOI: 10.31846/jae.v10i2.460

Abstract

Permasalahan dalam riset ini ialah Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Tolak Angin. Tujuan dari riset ini untuk melihat serta mengkaji Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk dan Brand image  Terhadap Keputusan Pembelian Tolak Angin. Sampel riset yang digunakan sejumlah 160 responden, teknik pengumpulan data melalui kuesioner google from. Pengujian hipotesis menerapkan analisis regresi linier berganda dengan bantuan IBM SPSS 21. Hasil riset menunjukan kualitas produk dan brand image memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Inovasi produk tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Kata kunci : Kualitas Produk; Inovasi Produk; Brand Image; Keputusan Pelanggan. 
ANALISIS PENGARUH NIAT BELI PELANGGAN TERHADAP PEMILIHAN NEW NORMAL KIT DI MASA PANDEMI COVID-19 Richart Richart; Golan Hasan
Jurnal Apresiasi Ekonomi Vol 10, No 2 (2022)
Publisher : Institut Teknologi dan Ilmu Sosial Khatulistiwa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (329.353 KB) | DOI: 10.31846/jae.v10i2.459

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Health benefit, Brand Quality, Brand Trust, dan Price dengan memediasi Perceived Value terhadap Buying Intention. sesuai dengan persyaratan diketahui populasi yang berkunjung sebanyak 1,1 juta orang, maka berdasarkan tabel Krejcie dan Morgan, jumlah sampel yang harus dibutuhkan adalah 384 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 384 responden. Hasil yang diperoleh dari pendekatan Partial Least Square (PLS) untuk analisis data dikatakan bahwa variabel Health Benefit berpengaruh signifikan terhadap Perceived value, begitu juga dengan variabel Brand Quality, Brand Trust, Price yang juga berpengaruh signifikan terhadap Perceived value . dan selanjutnya juga berpengaruh signifikan pada variabel nilai persepsi terhadap niat beli, serta variabel manfaat kesehatan dengan harga yang juga berpengaruh signifikan terhadap niat beli.
PENGARUH SERVICE QUALITY DAN CUSTOMER VALUE TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MELALUI EXPERIENTIAL MARKETING (Studi Pada Bank Sinarmas Kantor Cabang Kota Tanjung Pinang) Widi Dewi Ruspitasari; Yunus Handoko; Budi Manto
Jurnal Apresiasi Ekonomi Vol 10, No 2 (2022)
Publisher : Institut Teknologi dan Ilmu Sosial Khatulistiwa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.663 KB) | DOI: 10.31846/jae.v10i2.462

Abstract

One of the companies in the banking sector that participates in the development of the Indonesian economy is Bank Sinarmas where Bank Sinarmas has 2 business units, namely Conventional and Sharia. PT Bank Sinarmas Tbk. Seeing the intense competition in the banking sector, which will result in a wider variety of products and excellent service to support consumer loyalty. With these factors every company must be observant in selling their products and services. In this case, the company can create advantages from their products and services compared to the products and services of other companies. The variables in this study are Service Quality (X1), Customer Value (X2), Experiential Marketing (Z1), and Consumer Loyalty (Y). The population in the study was 6,029 customers, and the research sample was 70 samples using the Slovin formula. The analytical tool used in this research is PLS. The results of the study show that the variables of Service Quality (X1), Customer Value (X2), Experiential Marketing (Z1), and Consumer Loyalty (Y) have a significant effect.Keywords: Service Quality, Customer Value, Experiential Marketing, and Consumer Loyalty.
ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM MUARA TIRTA KOTA GORONTALO Zulkarnain Ilyas Idris
Jurnal Apresiasi Ekonomi Vol 10, No 2 (2022)
Publisher : Institut Teknologi dan Ilmu Sosial Khatulistiwa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (271.481 KB) | DOI: 10.31846/jae.v10i2.471

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas seperti Kompensasi (X1), Promosi Jabatan (X2), Disiplin Kerja (X3). Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 85 responden. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu dengan membagikan kuisioner kepada responden. Dalam analisis data yang digunakan dengan menggunakan regresi linear berganda dengan menggunakan uji F untuk menganalisis secara simultan dan uji t dengan menganalisis secara parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompensasi, promosi jabatan dan disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas karyawan pada perusahaan Air Minum Muara Tira Kota GorontaloKata kunci: Kompensasi, Promosi Jabatan, Disiplin Kerja dan Loyalitas
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI AUTO 2000 BASUKI RAHMAT SURABAYA Aldio Rizky Lianata; Bowo Santoso
Jurnal Apresiasi Ekonomi Vol 10, No 2 (2022)
Publisher : Institut Teknologi dan Ilmu Sosial Khatulistiwa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (232.432 KB) | DOI: 10.31846/jae.v10i2.467

Abstract

Persaingan ketat pada dunia kerja di Indonesia, dituntut untuk mendapatkan sumber daya manusia yang unggul, kreatif, dan dapat bersaing di dunia kerja, baik nasional maupun internasional. Oleh karena itu, perlu adanya pelatihan-pelatihan yang dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk menghadapi persaingan global. Selain dihadapkan dengan era perdagangan bebas atau Masyarakat Ekonomi Asia (MEA), saat ini juga sedang dihadapkan oleh pandemi COVID-19. Dengan adanya pandemi, dunia otomotif mengalami pukulan dan tekanan yang sangat berat. Banyaknya pemutusan hubungan kerja (PHK) yang dilakukan beberapa perusahaan menjadikan perilaku konsuftif masyarakat Indonesia menurun. Untuk itu beberapa perusahaan berusaha mempertahankan kepercayaan masyarakat dengan cara meningkatkan kinerja karyawannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan, dan kompensasi terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan kuisioner sebagai metode pengumpulan data. Menggunakan metode sampling sensus menghasilkan jumlah sampel sebesar 45 responden yang mana bagian sales dari Auto 5000 Basuki Rahmat Surabaya. Teknik analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan dan kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan
PENGARUH LOYALITAS PELANGGAN TERHADAP RESTORAN FAST FOOD DI BATAM Kiki Nadila; Golan Hasan
Jurnal Apresiasi Ekonomi Vol 10, No 2 (2022)
Publisher : Institut Teknologi dan Ilmu Sosial Khatulistiwa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (298.681 KB) | DOI: 10.31846/jae.v10i2.461

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Servicec, Price, Quality dan Brand Image dengan memediasi Trust terhadap Customer Loyalty. Sesuai dengan kebutuhan diketahui populasi yang berkunjung adalah 1,1 juta orang, maka berdasarkan tabel Krejcie dan Morgan maka jumlah sampel yang harus dibutuhkan adalah 384 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 384 responden. Hasil yang diperoleh dari pendekatan Partial Least Square (PLS) untuk analisis data menyatakan bahwa variabel Service berpengaruh signifikan terhadap Trust, begitu juga dengan variabel Price, Quality, dan Brand Image yang juga berpengaruh signifikan terhadap Trust. kemudian juga berpengaruh signifikan terhadap variabel nilai yang dirasakan terhadap Loyalitas Pelanggan, serta variabel Kualitas dengan Citra Merek yang juga berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan.
PENGARUH LAMA USAHA DAN TINGKAT SUKU BUNGA TERHADAP KEPUTUSAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) MENGAMBIL KREDIT DI PERBANKAN (Studi Kecamatan Hamparan Rawang) Alek Wissalam Bustami; Helfenta Helfenta; Iskandar Zulkarnain; Elex Sarmigi
Jurnal Apresiasi Ekonomi Vol 10, No 2 (2022)
Publisher : Institut Teknologi dan Ilmu Sosial Khatulistiwa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.474 KB) | DOI: 10.31846/jae.v10i2.456

Abstract

Salah satu masalah yang dihadapi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) adalah kesulitan permodalan. Untuk mengatasi masalah ini, UMKM meminjam dari berbagai pihak, salah satunya dari perbankan. Namun, UMKM masih kesulitan dalam mengakses dana dari pihak perbankan karena berbagai persyaratan yang tidak bisa terpenuhi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh lama usaha dan tingkat suku bunga terhadap keputusan usaha mikro kecil menengah (UMKM) mengambil kredit di perbankan studi kecamatan hamparan rawang. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari  35 orang responden sebagai sampel dengan teknik total sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda untuk mengetahui pengaruh variabel lama usaha, dan tingkat suku bunga, keputusan UMKM untuk mengambil kredit dari perbankan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel lama usaha tidak berpengaruh terhadap keputusan pengambilan kredit para pelaku UMKM di Desa Koto Teluk, sedangkan untuk variabel tingkat suku  bunga memiliki pengaruh terhadap keputusan pengambilan kredit para pelaku UMKM di Desa Koto Teluk.

Page 1 of 1 | Total Record : 10