cover
Contact Name
Muhamad Ekhsan
Contact Email
muhamad.ekhsan@pelitabangsa.ac.id
Phone
+6281318972522
Journal Mail Official
jpm@pelitabangsa.ac.id
Editorial Address
Jl. Inspeksi Kalimalang, Tegal Danas, Cikarang Pusat
Location
Kab. bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pelita Manajemen
ISSN : -     EISSN : 2962147X     DOI : https://doi.org/10.37366/jpm
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Pelita Manajemen (JPM) diterbitkan dan dikelola secara profesional oleh Program Studi Manajemen, Universitas Pelita Bangsa bekerja sama dengan Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Universitas Pelita Bangsa. Jurnal Pelita Manajemen (JPM) merupakan jurnal yang diterbitkan untuk publikasi hasil penelitan yang berkualitas dalam bidang Ilmu Manajemen. Semua publikasi di JPM bersifat akses terbuka yang memungkinkan semua artikel dapat diakses secara bebas melalui media online tampa berlangganan apapun. Jurnal Pelita Manajemen (JPM) menerbitkan artikel secara berkala enam bulan sekali atau dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Mei dan November.
Articles 30 Documents
Pengaruh Motivasi, Literasi Keuangan dan Perilaku Keuangan terhadap Keputusan Investasi Anis Istiqomah; Nataliana Bebasari
JURNAL PELITA MANAJEMEN Vol. 1 No. 01 (2022): Jurnal Pelita Manajemen Mei 2022
Publisher : DPPM Universitas Pelita Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.176 KB) | DOI: 10.37366/jpm.v1i01.1055

Abstract

Era digital saat ini, setiap individu dapat dengan mudah mendapat pengetahuan atau informasi hal ini menjadi salah satu faktor pendukung kaum milenial untuk ikut andil dalam dunia investasi. Fenomena dalam penelitian ini adalah minimnya motivasi, minat atau keinginan untuk berinvestasi meski telah mendapat literasi keuangan di dalam studi analisa invetasi dan manajemen risiko, manajemen investasi dan manajemen portofolio serta adanya kelompok study pasar modal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan mengunakan metode deskriptif. Data yang diolah merupakan data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner dengan teknik simple random sampling. Dari 7179 mahasiswa diperoleh sampel sebanyak 380 responden. Analisis data dilakukan dengan menggunakan program PLS (Partial Least Square). Hasil penelitian menujukan adanya pengaruh positif dari motivasi terhadap keputusan investasi. Literasi keuangan juga menunjukan pengaruh yang positif terhadap keputusan investasi mahasiswa. Perilaku keuangan berpengaruh positif terhadap keputusan investasi
Sistem Pengambilan Keputusan pada Evaluasi Kinerja 3PL Menggunakan SuperDecision Fathurohman Fathurohman; Hendri Gunawan
JURNAL PELITA MANAJEMEN Vol. 1 No. 01 (2022): Jurnal Pelita Manajemen Mei 2022
Publisher : DPPM Universitas Pelita Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (364.046 KB) | DOI: 10.37366/jpm.v1i01.1056

Abstract

Kinerja Third Party Logistic (3PL) merupakan salah satu faktor penting untuk meningkatkan kinerja logistik suatu perusahaan. Oleh karena itu perlu dilakukan evaluasi sehingga dapat memaksimalkan kepuasan pelanggan dan sekaligus efisiensi. Kriteria yang digunakan dalam proses evaluasi kinerja ini yaitu biaya, kinerja operasional, teknologi informasi dan kelengkapan peralatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Analytical Network Process (ANP) dengan menggunakan data dari PT XYZ kemudian diolah dengan software SuperDecision. Pemakaian fitur lunak SuperDecision sanggup menganalisis tingkatan prioritas serta selektabilitas dengan mengedepankan bobot tiap-tiap kriteria terhadap kriteria yang lain. Bobot tertinggi adalah kriteria operasional, diikuti dengan peralatan, biaya, dan terakhir adalah teknologi informasi. PT BSP terpilih sebagai 3PL yang terbaik dibandingkan dengan BSD dan SAP. Hasil perhitungan metode AHP peringkat pertama adalah PT. BSP dan hasil perhitungan metode ANP juga peringkat pertama adalah PT. BSP.
Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Motivasi dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Suwandi Suwandi; Sigit Koerniawan
JURNAL PELITA MANAJEMEN Vol. 1 No. 01 (2022): Jurnal Pelita Manajemen Mei 2022
Publisher : DPPM Universitas Pelita Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.307 KB) | DOI: 10.37366/jpm.v1i01.1079

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui gaya kepemimpinan trnasformasional, motivasi dan budaya organisasi berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatf. Populasi pada penelitian yaitu seluruh karyawan PT. Jaya Victori Cemerlang Divisi Quality sebanyak 62 orang dan penelitian ini menggunakan metode sampling jenuh yaitu seluruh populasi dijadikan sebagai responden. Untuk pengumpulan data meliputi observasi dan pengumpulan data melalui metode angket/kuesioner. Metodologi penelitian yang digunakan adalah dengan metode analisis deskriptif. Metode analisis yang digunakan yaitu uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, analisis linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa variabel Gaya Kepemimpinan Transformasional berpengaruh positif secara parsial terhadap Kinerja Karyawan. Berdasarkan hasil analisis data Motivasi memiliki pengaruh secara parsial terhadap Kinerja Karyawan. Sedangkan berdasarkan hasil analisis data Budaya Organisasi memiliki pengaruh positif secara parsial terhadap Kinerja Karyawan.
Pengaruh Word of Mouth dan Brand Awareness terhadap Purchase Intention dan dampaknya pada Purchase Decision Rita Rita; Jessica Angela
JURNAL PELITA MANAJEMEN Vol. 1 No. 01 (2022): Jurnal Pelita Manajemen Mei 2022
Publisher : DPPM Universitas Pelita Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (152.202 KB) | DOI: 10.37366/jpm.v1i01.1080

Abstract

Seiring dengan maraknya usaha kuliner yang ada di Indonesia, membuat para pebisnis ikut serta membuat bisnis di bidang kuliner. Hal tersebut karena usaha dibidang kuliner yang sangat menjanjikan. Salah satu bisnis kuliner yang ada di Jakarta adalah Shaokao Station yang mana menjual makanan jenis sate khas China. Setiap pelanggan dapat memilih jenis sate sesuai yang mereka sukai. Restoran Shaokao station sangat cocok untuk berkumpul bersama teman dan keluarga mereka menyediakan permainan seperti darts dan menyediakan shisha. Shakao Station memiliki cukup banyak member tetapi omset setiap bulannya tidaklah stabil. Diduga karena adanya Brand Awareness dan Word of Mouth yang rendah dan hal tersebut berpengaruh kepada Purchase Intention dan Purchase Decision. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari Word of Mouth dan Brand Awareness terhadap Purchase Intention dan dampaknya pada Purchase Decision untuk konsumen Shaokao Station. Metode pengumpulan data menggunakan kusioner yang disebarkan pada 100 orang konsumen Shaokao Station. Dengan menggunakan analisis path, penelitian ini membuktikan bahwa Word of Mouth dan Brand Awareness memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention dan memiliki dampak pada Purchase Decision.
Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan pada Perusahaan Manufaktur Elsye Fatmawati; Siti Rohimah
JURNAL PELITA MANAJEMEN Vol. 1 No. 01 (2022): Jurnal Pelita Manajemen Mei 2022
Publisher : DPPM Universitas Pelita Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (197.044 KB) | DOI: 10.37366/jpm.v1i01.1081

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bukti empiris tentang faktor-faktor yang mempengaruhi ketepatan waktu pelaporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini yaitu debt to equity ratio, profitabilitas, struktur kepemilikan, kualitas auditor, dan pergantian auditor. Sampel dari penelitian ini menggunakan 100 perusahaan manufaktur yang konsisten terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2015-2017 yang diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Faktor-faktor tersebut kemudian diuji dengan menggunakan regresi logistic pada tingkat signifikansi 5 persen. Hasil penelitian mengidentifikasi bahwa profitabilitas dan struktur kepemilikan secara signifikan berpengaruh pada ketepatan waktu pelaporan keuangan perusahaan, sedangkan Debt to Equity Ratio, kualitas auditor, dan pergantian auditor tidak berpengaruh pada ketepatan waktu pelaporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Pengaruh Pendapatan, Literasi Keuangan dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Muhamad Syahwildan; Galih Adi Prasetyo; Tri Damayanti
JURNAL PELITA MANAJEMEN Vol. 1 No. 01 (2022): Jurnal Pelita Manajemen Mei 2022
Publisher : DPPM Universitas Pelita Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.289 KB) | DOI: 10.37366/jpm.v1i01.1087

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendapatan, literasi keuangan dan gaya hidup terhadap perilaku manajemen keuangan masyarakat di Bekasi saat masa pendemi covid 19. Metode penelitian yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh masyarakat Bekasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian dipilih menggunakan Teknik quota random sampling dan peneliti menentukan jumlah sampel sebanyak 102 sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan teknik kuesioner dan pengolahan data menggunakan aplikasi eviews versi 10. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan pengujian regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis ( uji t dan uji f) dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial pendapatan dan literasi keuangan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku manajemen keuangan. Sedangkan gaya hidup memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku manajemen keuangan. Kemudian pengujian secara simultan menunjukkan bahwa pendapatan , literasi keuangan dan gaya hidup memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku manajemen keuangan
Membangun Loyalitas Pelanggan Kopi Melalui Citra Merek dan Kualitas Produk Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan Di Masa Pandemi Covid-19 Nurul Izna Azkya; Yunita Ramadhani Ratnaningsih DS; Edy Saptono
JURNAL PELITA MANAJEMEN Vol. 1 No. 01 (2022): Jurnal Pelita Manajemen Mei 2022
Publisher : DPPM Universitas Pelita Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (307.243 KB) | DOI: 10.37366/jpm.v1i01.1144

Abstract

Persaingan sebuah produk dan merek pada saat ini sangatlah kompetitif, ada banyak pilihan alternatif terhadap produk kopi. Banyaknya penjual kopi dengan merek, rasa, dan harga yang bervariasi membuat konsumen bebas memilih. Apalagi, mengingat masyarakat Indonesia tergolong konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh citra merek, kualitas produk, dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan Starbucks Coffee Jababeka. Menggunakan metode kuantitatif dengan sumber data yang diperoleh dari kuesioner yang disebar kepada 210 responden yang memenuhi kriteria. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan program statistik AMOS digunakan untuk menguji validitas dan reliabilitas instrument, goodness of fit model, dan hubungan yang dihipotesiskan di dalam model teoritis yang diusulkan. Hasil dari penelitian membuktikan bahwa citra merek terhadap kepuasan pelanggan, kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan, kepuasan pelanggan terhadap loyalitas, dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan berpengaruh secara positif dan signifikan. Namun pada Kualitas produk tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
Peran Mediasi Organizational Citizenship Behavior pada pengaruh Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Karyawan Ryani Dhyan Parashakti; Santi Kurnia; Monika Budiman
JURNAL PELITA MANAJEMEN Vol. 1 No. 01 (2022): Jurnal Pelita Manajemen Mei 2022
Publisher : DPPM Universitas Pelita Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (261.324 KB) | DOI: 10.37366/jpm.v1i01.1145

Abstract

Kinerja karyawan akan meningkat apabila perusahaan dapat memenuhi kebutuhan dan kepuasan kerja karyawannya. Karyawan mengangap kinerja yang di lakukan di perusahaan sesuai yang dia harapkan dan perusahaan tersebut mempunyai masa depan yang bagus, hal ini dapat menambah komitmen organisasi karyawan dalam perusahaan, sehingga tujuan perusahaan akan dapat tercapai. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan yang di mediasi oleh organisational citizenship behavior. Penelitian ini dilakukan dengan simple random sampling dan dilaksanakan pada karyawan PT. TPR, dengan jumlah responden sebanyak 83 orang. Penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Model. Penelitian ini menunjukan bahwa komitmen organisasi tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan, komitmen organisasi berpengaruh terhadap OCB, OCB berpengaruh terhadap kinerja karyawan, komitmen organisasi berpengaruh terhadap kinerja karyawan yang di mediasi OCB.
Dampak Neraca Perdagangan, Inflasi dan Tingkat Investasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Rijki Indah Setiani; Sunita Dasman
JURNAL PELITA MANAJEMEN Vol. 1 No. 01 (2022): Jurnal Pelita Manajemen Mei 2022
Publisher : DPPM Universitas Pelita Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (244.396 KB) | DOI: 10.37366/jpm.v1i01.1147

Abstract

Pembangunan ekonomi sebuah negara menjadi salah satu poin penting yang harus diperhatikan oleh pemerintah. Pertumbuhan ekonomi juga dapat dilihat dari segi pembangunannya baik dari segi ekonomi, infrastruktur maupun peningkatan teknologi suatu negara. Pasalnya ada banyak aspek yang dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi sehingga kita harus menelaah aspek mana saja yang lebih berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Penelitan ini dilakukan untuk mengetahui apakah pengaruh Ekspor, Impor, Inflasi, Penerimaan Modal Asing dan Penerimaan Modal Dalam Negeri terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria data nasional Indonesia, dan data time series diambil dari tahun 2011-2020. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel Ekspor dan Impor secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia, Inflasi tidak berpengaruh signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia, Penanaman Modal Asing dan Penanaman Modal Dalam Negeri berpengaruh signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia.
Pengaruh Rasio Keuangan terhadap Financial distress pada Perusahaan Penerbangan di Indonesia Deborah Putri Bona Priskila; Mohammad Hatta Fahamsyah
JURNAL PELITA MANAJEMEN Vol. 1 No. 01 (2022): Jurnal Pelita Manajemen Mei 2022
Publisher : DPPM Universitas Pelita Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183.012 KB) | DOI: 10.37366/jpm.v1i01.1150

Abstract

Perkembangan industri penerbangan yang terus meningkat turut membuat semakin ketatnya tingkat persaingan. Terdapat pemberitaan bahwa beberapa perusahaan penerbangan mengalami kondisi financial distress, hal ini membuat kesadaran akan pentingnya meneliti mengenai rasio keuangan apa saja yang berpengaruh memicu kondisi financial distress pada perusahaan penerbangan. Penelitin ini bertujuan untuk menguji pengaruh rasio keuangan yang terdiri dari rasio profitabilitas, likuiditas dan Leverage terhadap financial distress pada perusahaan penerbangan di Indonesia. Penelitian ini tergolong kedalam penelitian kuantitatif dengan metode pengambilan sampel yaitu nonprobability sampling. Sampel dalam penelitian ini merupakan perusahaan penerbangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode analisis dalam penelitian ini dilakukan dengan uji regresi data panel dan hubungan yang dihipotesiskan dalam model teoritis yang diusulkan. Hasil dari penelitian ini telah membuktikan bahwa semua variabel rasio keuangan yang diujikan yakni rasio profitabilitas, likuiditas dan Leverage secara parsial berpengaruh signifikan terhadap financial distress perusahaan penerbangan.

Page 1 of 3 | Total Record : 30