cover
Contact Name
Adnan Hasan
Contact Email
adnanhasan@iainpare.ac.id
Phone
+6282291309937
Journal Mail Official
jkmd@iainpare.ac.id
Editorial Address
https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/jkmd/about/editorialTeam
Location
Kota pare pare,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Kajian Manajemen Dakwah
ISSN : 26857146     EISSN : 26857146     DOI : -
Jurnal Kajian Manajemen Dakwah is a scientific journal published by Dakwah Management Study Program of State Islamic Institute of Parepare. JKMD focuses on Dakwah issues in Southeast Asia, including Local Culture Dakwah, Dakwah Management, Dakwah for Development, Dakwah for Islamic Moderation, Dakwah Feminism and Contemporary Dakwah. We invite scientists, scholars, researchers, and students to develop their scientific papers and publish their research after the selection process of the manuscript, review, and editing process. JKMD will be published twice a year, the publication period is from January to Juny and from July to December. The Accepted Papers will be available online in open access.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2023): Jurnal Kajian Manajemen Dakwah" : 5 Documents clear
Concept of Organizational Information in Reducing Uncertain Information (Hoax) Ahmad Dhiyaul Haq Mahsyar; Arifuddun Tike; Kamaluddin Tajibu
Jurnal Kajian Manajemen Dakwah Vol 5 No 1 (2023): Jurnal Kajian Manajemen Dakwah
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Parepare

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35905/jkmd.v5i1.4660

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konsep dalam teori informasi organisasi mengurangi informasi tidak pasti/hoax yang masuk dalam organisasi. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori informasi organisasi yang dipelopori oleh Karl Weick. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada dua konsep yang ditawarkan oleh Karl Weick. Adapun konsep yang ditawarkan untuk mengurangi informasi tidak pasti/hoax ada dua cara, yaitu dengan bentuk Siklus Perilaku dan Aturan Bersama. Semua konsep yang ditawarkan oleh Karl Weick di atas, termasuk dari komunikasi verbal yang digunakan saat berkomunikasi dengan rekan kerja dan juga sesuai dengan salah satu fungsi komunikasi verbal adalah sebagai fungsi Informatif. Yaitu digunakan untuk menyampaikan sesuatu kepada orang lain.
MEDIA MELALUI STRATEGI PROMOSI LAYANAN PERPUSTAKAAN BERBASIS ANDROID (E-PUSTAKA) Saenal Abidin; Asti Wahyuni; Arifuddin Tike; Kamaluddin Tajibu
Jurnal Kajian Manajemen Dakwah Vol 5 No 1 (2023): Jurnal Kajian Manajemen Dakwah
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Parepare

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35905/jkmd.v5i1.4687

Abstract

Abstrak Penelitian ini membahas mengenai ekologi media melalui Promosi Layanan Perpustakaan Berbasis Android (e-pustaka) di Dinas Perpustakaan Umum Kota Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah terkait ekologi media melalui Promosi Layanan Perpustakaan Berbasis Android (e-pustaka) di Dinas Perpustakaan Umum Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan yang dipilih untuk melengkapi data dalam penelitian ini yaitu Pustakawan Dinas Perpustakaan Umum Kota Makassar dan Pengguna e-pustaka tersebut. Peneliti memperoleh data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan penulis yaitu metode kualitatif. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa Strategi Promosi Perpustakaan Berbasis Android (e-pustaka) di Dinas Perpustakaan Umum Kota Makassar yang dilakukan oleh pustakawan yaitu promosi dengan pemanfaatan Media sosial seperti facebook dan instagram, Kerjasama Mitra berbagai Media seperti Media Cetak dan Media Penyiaran yaitu membuat iklan layanan masyarakat sebagai publikasi minat baca di televisi, koran cetak dan online, brosur, spanduk dan poster serta Mensosialisasikan e-pustaka ke sekolah-sekolah. Melalui penelitian ini, diketahui bahwa ekologi media telah terbentuk di perpustakaan ditandai dengan semakin bertambahnya jumlah pengunjung perpustakaan setiap harinya karena memperoleh informasi terkait layanan perpustakaan melaui media yang ada.
Analysis of Communication Privacy on Instagram Alfiansyah Anwar
Jurnal Kajian Manajemen Dakwah Vol 5 No 1 (2023): Jurnal Kajian Manajemen Dakwah
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Parepare

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35905/jkmd.v5i1.4820

Abstract

The problem in this research is related to the analysis of privacy communication on Instagram. The purpose of this study was to find out the results of the analysis of articles in journals. In this study used qualitative methods. The results of the analysis show that the research in the first article obtained the fact that this situation still occurs among high school students in Yogyakarta. Research in article 2 obtained three out of five informants indicating that this feature allows them to reveal stories that are too personal
The Role of Social Media in Increasing the Relevation and Accessibility of Dakwah: Challenges and Strategies of Dakwah Ana Khoirunnisa Ana; Amalia Roiehana Shofa
Jurnal Kajian Manajemen Dakwah Vol 5 No 1 (2023): Jurnal Kajian Manajemen Dakwah
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Parepare

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35905/jkmd.v5i1.5552

Abstract

Perkembangan dakwah di era modern ini mengalami kemajuan pesat, mengalami berbagai perubahan. Oleh karena itu, peran media sosial dalam relevansi dan aksesibilitas dakwah menjadi tantangan bagi dakwah. Untuk mencapai keberhasilan dakwah, seseorang harus memiliki kemampuan seorang da'i. membahas media sosial dan dakwah untuk generasi milenial menjadi topik yang menarik, mengingat generasi saat ini atau yang disebut GEN Z sangat aktif dalam menggunakan media sosial. Gunakan cara yang tepat untuk memanfaatkan media sosial dengan tepat. Dengan demikian, dakwah di kalangan generasi milenial dapat mencapai hasil yang diharapkan. Dengan itu, dakwah melalui media sosial sebagai alat komunikasi yang trending dan kekinian dapat menjadi minat generasi milenial untuk berdakwah
Optimizing Da'wah Management Through Social Media in the Millennial Era at BMT Bina Ummah Nur Salim Suwoto; Muhammad Zen
Jurnal Kajian Manajemen Dakwah Vol 5 No 1 (2023): Jurnal Kajian Manajemen Dakwah
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Parepare

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35905/jkmd.v5i1.5574

Abstract

This study aims to determine the optimization of BMT Bina Ummah missionary management through social media in the millennial era. This research is a field research by observing people interact and trying to understand it. Data collection is done by interviews, observation, documentation. The primary and secondary data sources collected were then processed using descriptive analysis methods with a qualitative approach. The results of this study are optimizing the management of da'wah by BMT Bina Ummah in managing its da'wah in the millennial era by creating interesting and easy-to-understand content on social media

Page 1 of 1 | Total Record : 5