cover
Contact Name
Saeful Anwar
Contact Email
saefulanwar@uninus.ac.id
Phone
+6289656271757
Journal Mail Official
saefulanwar@uninus.ac.id
Editorial Address
Jl. Soekarno Hatta No.530, Sekejati, Kec. Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat 40286
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
LANTERA: JURNAL KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM
ISSN : -     EISSN : -     DOI : https://doi.org/10.30999/lantera.v1i1
Core Subject : Religion,
Lantera: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam fokus mempelajari bidang Komunikasi Penyiaran Islam yaitu Retorika, Media Dakwah, Jurnalisme Islam, Film Religi, dan Pengembangan Dakwah, Public Speaking; Penyiaran; Media Cetak, Radio, Televisi (TV) atau Film; Media yang baru; Integrasi Dakwah dan Ilmu Komunikasi; dan Integrasi Komunikasi Antarbudaya dan Dakwah Tsaqafah.
Articles 16 Documents
IMPLEMENTASI METODE DAKWAH PADA PROGRAM AYO MENGAJI DI TV HARMONI.COM/RADIO LITA FM CIMAHI Iyad Suryadi; Neng Yupi Amalia
LANTERA: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 1, No 1 (2022): Lantera: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Publisher : Universitas Islam Nusantara, Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.492 KB) | DOI: 10.30999/lantera.v1i1.2496

Abstract

Penelitian ini bertujuan: Pertama, mengidentifikasi metode komunikasi dakwah yang dilaksanakan pada program ayo mengaji di TV Harmoni.Com/Radio Lita Fm. Kedua, mengidentifikasi bagaimana implementasi metode komunikasi dakwah yang dilaksanakan pada program ayo mengaji di TV Harmoni.Com/Radio Lita Fm. Ketiga, Mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat implementasi metode komunikasi dakwah yang pada program ayo mengaji di TV Harmoni.Com/Radio Lita Fm. Jenis penelitian yang di gunakan yaitu kualitatif dengan metode secara deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian, Pertama, metode dakwah yang digunakan dalam Ayo Mengaji Di TV Harmoni.Com/Radio Lita Fm Cimindi Bandung yaitu metode dakwah Bil´lisan dan Metode Dakwah Mujadalah Billati Hiya Ahsan. Kedua, Proses Implementasi metode dakwah dalam Program Ayo Mengaji di TV Harmoni.Com/Radio Lita Fm da´i/penyiar menjelaskan materi secara langsung dengan baik serta membuka tanya jawab dan diskusi interaktif baik secara langsung lewat kolom komentar di Facebook, Instagram, Youtube, Web maupun secara tidak langsung seperti di Group WhatsApp. Ketiga, Faktor pendukung dan penghambat implementasi metode dakwah dalam Program Ayo Mengaji secara terperinci didukung dengan fasilitas radio yang mumpuni baik dari segi peran dan fungsinya yang memiliki daya langsung, daya tembus dan daya tarik yang sangat baik dalam proses melaksanakan syiar dakwah. Adapun hambatannya, dalam proses menyampaikan dakwah da´i/Penyiar mengalami komunikasi yang kurang terjalin dengan baik (Kurang efektif) baik dari segi waktu yang relatif singkat, internet yang kadang putus baik karena mati lampu atau wifi yang mengalami gangguan, begitu pun dengan audiens yang mengalami keterbatasan internet sehingga berpengaruh terhadap tingkat pemahaman materi yang diterima oleh mad´u-nya.Keywords: 
Peran Tradisi Maulid Nabi Muhammad Saw Terhadap Perilaku Keagamaan Masyarakat Muhammad Aulia Taufiqi; Imam Sibaweh; Mohammad Hisyam Yahya
LANTERA: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 1, No 2 (2023): Lantera: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Publisher : Universitas Islam Nusantara, Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (210.101 KB) | DOI: 10.30999/lantera.v2i1.2703

Abstract

Agama Islam memiliki sifat dakwah yang harus dipahami secara menyeluruh dan diterapkan dengan konsistensi. Masyarakat Desa Liangjulang secara teratur mengadakan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW sebagai ungkapan rasa cinta mereka kepada Nabi. Penelitian ini bertujuan untuk memahami tradisi atau perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilakukan oleh masyarakat Desa Liangjulang, perilaku keagamaan mereka, serta faktor pendukung dan penghambat dalam perayaan Maulid Nabi. Pendekatan kualitatif digunakan sebegai dasar dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi dengan tokoh agama dan masyarakat Desa Liangjulang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW dilakukan secara rutin setiap tahun. Tradisi ini merupakan ungkapan teologis dari cinta masyarakat Desa Liangjulang kepada Nabi dan berperan dalam memperkuat semangat ibadah mereka, baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat. Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW juga selalu disertai dengan pembacaan shalawat. Tradisi ini mendapatkan dukungan dan hambatan, baik dari internal maupun eksternal.
DAKWAH DAN DIGITAL CULTURE Membangun Komunikasi Dakwah di Era Digital Aang Ridwan
LANTERA: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 1, No 1 (2022): Lantera: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Publisher : Universitas Islam Nusantara, Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30999/lantera.v1i1.2526

Abstract

Tujuan dari studi ini adalah untuk memahami: (1) Kebutuhan praktik dakwah di era digital; (2) Perubahan yang diperlukan terkait strategi dan metode untuk efektivitas dakwah di era digital; dan (3) Penentuan media yang tepat untuk dakwah di era digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif-analitik yang berfokus pada kajian berbagai literatur dan fenomena dakwah kontemporer. Data dikumpulkan melalui dokumentasi, observasi, wawancara, dan triangulasi untuk pengecekan dan pendalaman kajian. Hasil studi ini menunjukkan bahwa: (1) Dakwah Islam merupakan kegiatan penting yang harus terus dijalankan untuk memenuhi kebutuhan informasi dan pengajaran agama masyarakat digital yang rentan mengalami kekeringan spiritual, dekandensi nilai dan moral, ataupun perubahan perilaku dan budaya hidup yang menjauh dari ajaran Islam; (2) Praktik dakwah harus menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan yang ada serta kecenderungan baru masyarakat yang muncul di era digital tersebut, terutama dengan melakukan perubahan strategi dan metode dakwah yang lebih efektif; dan (3) Penggunaan media-media teknologi untuk kepentingan dakwah harus mempertimbangkan karakteristik dan keterbatasan media, jenis pengguna, serta kepentingan apa yang ingin dicapai dari penggunaan media tersebut. Hasil studi ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang adaptasi yang diperlukan untuk praktik dakwah di era digital.Keywords: Dakwah Islam, Era Digital, Media Teknologi, Media Sosial, Teknologi Informasi dan Komunikasi
PEMANFAATAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA DAKWAH (Analisis Konten Dalam Video Sketsa di Channel NU Online) Hani Hadiati Pujawardani; Muhammad Farid Amirudin
LANTERA: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 1, No 1 (2022): Lantera: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Publisher : Universitas Islam Nusantara, Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.798 KB) | DOI: 10.30999/lantera.v1i1.2497

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya media sosial yang dipakai untuk berdakwah salah satunya YouTube. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana pemanfaatan media sosial YouTube pada akun NU Online sebagai media untuk berdakwah. Tujuan penelitian ini adalah pertama, mengetahui pesan dakwah pada video sketsa di Channel NU Online kedua, Mengetahui kebermanfaatan YouTube sebagai media dakwah dalam video sketsa di Channel NU Online. Ketiga, Mengetahui dampak video sketsa di Channel NU Online sebagai media dakwah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, dan studi dokumentasi. Kemudian teknis analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah bahwa YouTube dapat dijadikan salah satu pilihan media berdakwah. Selain itu, kemajuan dakwah juga adalah tidak melulu berdakwah secara monolog tetapi mengemasnya dengan bermacam macam konten, salah satunya dengan jenis konten video sketsa sehingga masyarakat lebih fokus untuk melihatnya. Karena durasi lebih singkat, fleksibel tidak menghabiskan banyak waktu dan langsung ke inti pesan dakwah.Kata Kunci: Media Dakwah, YouTube  
Komodifikasi Jilbab: Antara Kesalehan dan Fesyen Aceng Sa’dullah; Ahmad Samau’al
LANTERA: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 1, No 2 (2023): Lantera: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Publisher : Universitas Islam Nusantara, Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (226.868 KB) | DOI: 10.30999/lantera.v2i1.2708

Abstract

Artikel ini membahas fenomena komodifikasi jilbab, yang melibatkan transformasi jilbab dari simbol kesalehan agama menjadi elemen fesyen dan tren konsumsi. Komodifikasi jilbab merupakan hasil dari pengaruh media massa, industri mode, dan tuntutan pasar yang mempengaruhi persepsi dan praktik penggunaan jilbab. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan (library research). Data sekunder seperti artikel jurnal sebelumnya, buku, prosiding, dan sumber-sumber serupa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penggunaan jilbab dapat menjadi alat demonstrasi kebudayaan, menunjukkan status sosial, ekonomi, budaya, dan ideologi penggunanya. Melalui media massa dan strategi pemasaran, jilbab sering kali dikomodifikasi untuk memenuhi kebutuhan pasar dan tren konsumen. Komodifikasi jilbab juga berhubungan dengan pergeseran makna dan praktik keagamaan. Aktivitas keagamaan yang semula bersifat sakral dan teologis dapat berubah menjadi bagian dari afiliasi dan aktivitas kelas sosial. Faktor-faktor seperti fesyen, gaya hidup, dan konsumsi memainkan peran penting dalam membentuk identitas kelompok muslim kelas menengah.
EKSPLORASI PERAN MEDIA DALAM PEMAHAMAN KEAGAMAAN GENERASI MUDA Regita Cahya Karima
LANTERA: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 1, No 1 (2022): Lantera: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Publisher : Universitas Islam Nusantara, Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (232.07 KB) | DOI: 10.30999/lantera.v1i1.2528

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk memberikan critical review terhadap artikel penelitian yang berjudul: “Religion, Twice Removed: Exploring the Role of media in Religious Understanding among “Secular” Young People” yang dimuat dalam buku Everyday Religion “Observing Modern Religious Lives” Edited by Nancy T. Ammerman tahun 2007. Penelitian yang dilakukan oleh Lynn Schofield Clark, ini melalui risetnya menyatakan bahwa saat ini para remaja secara tidak sengaja menggunakan banyak sumber untuk mengetahui bentuk, memahami ranah-ranah agama dan hubungannya dengan mereka. Hasil review terhadap artikel ini adalah: (1) review aspek teoritis, menghasilkan: Teori yang mendukung konsep yang, yaitu: Teori konstruksi realitas sosial dari Peter Berger dan Thomas Luckman. Teori ini menjadi sebuah pemikiran terkenal dan disegani dalam ilmu sosial karena berhasil mengembangkan model bagaimana dunia sosial terbentuk. Realitas sosial dianggap eksis dengan sendirinnya dan dibantu struktur dunia sosial bergantung kepada manusia yang menjadi subjeknya. (2) review aspek metodologis menghasilkan: Penelitian ini, metode yang digunakan adalah deskriptif dari 71 remaja antara usia 11-20 yang “not-so-religious”, memiliki tujuan untuk menggambarkan. Mendeskriptifkan, melukiskan secara sistematik, faktual serta akurat tentang fakta, sifat yang berkaitan dengan fenomena yang diteliti. 3) review atas hasil menyatakan bahwa saat ini para remaja menggunakan media entertainment untuk memahami agama dan berhubungan dengannya.Kata kunci: Media Entertainment, Remaja, Agama
STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH USTAZ MARZUKI IMRON (USTAZ NARUTO) DI YOUTUBE Akmal Muhamad Zaini; Hilman Mauludin
LANTERA: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 1, No 1 (2022): Lantera: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Publisher : Universitas Islam Nusantara, Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (277.282 KB) | DOI: 10.30999/lantera.v1i1.2499

Abstract

Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui komunikasi interpersonal Ustaz Marzuki Imron (Ustaz Naruto) dalam berdakwah, strategi dakwah di Youtube sebagai media dakwah bagi Ustaz Marzuki Imron. Serta tanggapan penonton video dakwah Ustaz Marzuki Imron yang beredar di platform Youtube. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan Pertama, Penerapan komunikasi interpersonal ustaz Marzuki Imron (ustaz Naruto) dalam berdakwah yaitu dengan menggunakan media Youtube dan kostum seperti Naruto agar mudah dikenali oleh pendengarnya secara karakteristik maupun kepribadian ustaz Naruto.Kedua, Peranan Youtube sebagai media dakwah ustaz Naruto menjadi salah satu faktor berkembangnya penilaian pendengar dakwah khususnya pendengar ustaz Naruto dalam mengakses video dakwah beliau, dan media Youtube menjadi sarana dalam mengenalkan dan menyebar luaskan dakwah ustaz Naruto. Ketiga, Tanggapan penonton video dakwah Ustaz Marzuki Imron yang beredar di platform Youtube menunjukkan banyak respon yang positif. Respon-respon tersebut menunjukkan bahwa berdakwah dengan menggunakan pendekatan karakter fiksi dalam serial animasi Naruto dapat berjalan dengan baik.Kata Kunci: Strategi Komuniasi, Dakwah, YouTube
Konstruksi Sosial Pada Pemberitaan CNBC Indonesia Kisruh Formula-E Menggunakan Analisis Framing Sekar Arum Mandalia
LANTERA: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 1, No 2 (2023): Lantera: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Publisher : Universitas Islam Nusantara, Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.289 KB) | DOI: 10.30999/lantera.v2i1.2697

Abstract

Penelitian ini hendak melihat konstruksi sosial pada pemberitaan dengan menggunakan analisis framing. Metode yang digunakan adalah kualitatif analisis deskriptif melalui teknik trianggunasi. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa pembingkaian realitas sosial melalui media massa melibatkan konstruksi realitas sosial dengan menggunakan paradigma konstruktiv-isme. Bahasa memainkan peran penting dalam konstruksi realitas sosial, di mana media massa menggunakan framing untuk membentuk persepsi dan pemahaman audiens terhadap isu atau peristiwa yang dilaporkan. Framing melibatkan seleksi isu, penonjolan aspek, definisi masalah, diagnosis penyebab, pembuatan keputusan moral, dan rekomendasi penyelesaian. Pembingkaian berita dapat mempengaruhi cara audiens memahami dan merespons isu-isu tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru tentang konstruksi sosial dalam pemberitaan tentang konflik Formula-E di CNBC Indonesia. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang framing media, kita dapat menjadi pembaca yang lebih kritis dan mampu mengidentifikasi kecenderungan atau bias yang mungkin ada dalam pemberitaan. Penelitian ini juga dapat memberikan sumbangan penting dalam bidang studi media dan komunikasi dalam konteks konstruksi sosial.
STRATEGI DAKWAH USTAZ ADE SYAMSUDIN DALAM MEMBENTUK AKHLAK SANTRI Maki Muhtar Fauzi; Irfan Nugraha
LANTERA: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 1, No 1 (2022): Lantera: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Publisher : Universitas Islam Nusantara, Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (261.387 KB) | DOI: 10.30999/lantera.v1i1.2500

Abstract

Dakwah merupakan suatu rangkaian kegiatan atau proses dalam rangka mencapai suatu tujuan tertentu. Tujuan ini dimaksud untuk memberikan arah atau pedoman bagi gerak langkah kegiatan dakwah. Sejalan pengertian dakwah bahwa dakwah merupakan usaha untuk menyeru, mendorong, dan mengajak seseorang dan seluruh umat manusia untuk berbuat amar ma’ruf nahi munkar, dengan berbagai macam cara dengan tujuan untuk mencapai kebahagiaan kehidupan di dunia dan di akhirat. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : Bagaimana Strategi Ustaz Ade Syamsudin Dalam Membentuk Akhlak Santri di Pondok Pesantren Al-Mu’min Garut? Penelitian ini menggunakan analaisis deskriptif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Dimana hasil pengumpulan data dalam hal ini Observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil dari penelitian ini bahwa Strategi Ustaz Ade Syamsudin Dalam Membentuk Akhlak Santri di Pondok Pesantren Al-Mu’min Garut menggunakan 3 strategi yaitu sentimentil, indrawi dan keteladanl. Dalam setiap dakwahnya Ustaz Ade Syamsudin selalu menyisipkan materi-materi yang dialami para santri, sehingga banyak dari mereka yang tergerak untuk mendengarkan siraman rohani Ustaz Ade Syamsudin.Kata Kunci: Strategi Dakwah, Ustaz Ade Syamsudin, Akhlak Santri
Strategi Komunikasi Badan Pengawas Pemilu dalam Sosialisasi Pencegahan Pelanggaran Pemilihan Umum Ade Ahmad Mubarok
LANTERA: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 1, No 2 (2023): Lantera: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Publisher : Universitas Islam Nusantara, Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30999/lantera.v2i1.2701

Abstract

Tujuan dari studi ini adalah untuk memahami bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan oleh Bawaslu dalam sosialisasi pencegahan pelanggaran pemilu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif menggunakan metode studi pustaka (library reseach) fokusnya pada kajian berbagai literatur. Metode ini melibatkan pengumpulan sumber data yaitu; buku, jurnal, riset akademis, dan sumber lain yang relevan dengan penelitian ini. Hasil studi ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi Bawaslu dalam pencegahan pelanggaran pemilu memiliki dampak positif. Melalui sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, Bawaslu dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pemilu yang adil dan jujur. Dengan melakukan koordinasi dan kolaborasi dengan berbagai pihak terkait, Bawaslu dapat memperkuat upaya pengawasan dan penindakan terhadap pelanggaran pemilu.

Page 1 of 2 | Total Record : 16