cover
Contact Name
-
Contact Email
jpsi@usk.ac.id
Phone
+628121815214
Journal Mail Official
jpsi@usk.ac.id
Editorial Address
Jalan Tgk. Chik Pante Kulu Nomor 5 Gedung C Lantai 1 Kantor Pengelola Jurnal Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. Darussalam – Banda Aceh 23111, Indonesia Email: jpsi@usk.ac.id.
Location
Kab. aceh besar,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
ISSN : 23384379     EISSN : 2615840X     DOI : https://doi.org/10.24815/
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for improving and enhancing science education practices and theories. The topics involves biology, chemistry, physics, as well as some applications pedagogy and teacher development. The journal provides an invigorating and informative variety of research papers that expand and deepen our theoretical understanding. It also provides practice and policy based implications in the relevant contexts of science education.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2013): OKTOBER 2013" : 8 Documents clear
Upaya Mengatasi Miskonsepsi Siswa Melalui Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) Berbasis Simulasi Komputer pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis Hendri Saputra; A Halim; Ibnu Khaldun
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Vol 1, No 1 (2013): OKTOBER 2013
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (156.789 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana model pembelajaran CLIS berbasis SimulasiKomputer dapat mengurangi kuantitas miskonsepsi siswa pada pembelajaran listrik dinamis.Pembelajaran CLIS berbasis Simulasi komputer dilakukan dengan pengerjaan LKS praktikum listrikdinamis yang dikerjakan dengan menggunakan bantuan software Phet Circuit Construction Kit DCOnly
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together Berbasis Home Experiment Pada Materi Koloid Nina Sanita; Ibnu Khaldun; Djailani A.R
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Vol 1, No 1 (2013): OKTOBER 2013
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (89.682 KB)

Abstract

Studi ini untuk menentukan efektivitas penggunaan model koorperatif learning NHT home experimentuntuk memahami konsep dan ketrampilan sains siswa pada materi proses koloid. Penelitian denganmetode eksperimen dilakukan dalam kelas XI-IA2 dan XI-IA3 pada SMA Negeri 11 Banda Acehsemester kedua tahun akademik 2012/2013. Data dikumpulkan dengan menggunakan pretes danpostes untuk pemahaman dan ketrampilan proses sains, lembar aktivitas guru dan siswa, dan angketuntuk mengentahui respon siswa terhadap pelaksanaan model pelajaran yang dilakukan.
Metode Pembelajaran Eksperimen Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Generik Sains Siswa SMA Jon Darmawan; A Halim; Syahrun Nur
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Vol 1, No 1 (2013): OKTOBER 2013
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1263.092 KB)

Abstract

Pelaksanaan penelitian menggunakan metode the matching-only pretest-posttest control group pada siswa SMA kelas XI. Data dikumpulkan dengan menggunakan ujian pre dan pos terkait dengan pemahaman dan ketrampilan generic sains dan juga menggunakan angket untuk mengetahui responsiswa terhadap penggunaan metode inkuiri.
Pengembangan Kemampuan Multimodal Materi Pengajaran Kinematika untuk Meningkatkan Representatif Calon Guru Fisika Abdul Karim Sabdin; Dr. Yusrizal; Suhrawardi Ilyas
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Vol 1, No 1 (2013): OKTOBER 2013
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (378.936 KB)

Abstract

Tujuan kajian ini adalah mengembangkan materi kinematika yang dapat digunakan untukmeningkatkan kemampuan mahasiswa (calon guru) dalam mempresentasikan multijudul fisika padafakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Pelaksanaan penelitian menggunakan metode deskriptif danevaluatif. Metode deskriptif digunakan untuk mendapatkan data dan informasi awal tentang kondisiyang ada. Sedangkan metode evaluatif digunakan untuk mengevaluasi pengembangan materipembelajaran. Material pembelajaran dikembangkan melalui penggunaan sedereta uji coba danmasing-masing uji coba dievaluasi aktivitasnya, yaitu terkait dengan proses dan hasil kegiatan.
Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Home Experiment Maya Agustina; Adlim ,; Yusrizal ,
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Vol 1, No 1 (2013): OKTOBER 2013
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (101.25 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains dan motivasi belajarsiswa dengan penerapan home experiment. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen kausalkomparatif dengan Randomized Subject, Pretest, Posttest Control Group Design.
PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SENYAWA HIDROKARBON DAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMAN 1 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR Murhamatillah .; M Hasan; Ibnu Khaldun
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Vol 1, No 1 (2013): OKTOBER 2013
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1294.704 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji coba penggunaan model learning cycle 5E pada konsepsenyawa hidrokarbon untuk mendapatkan gambaran efektivitasnya dalam meningkatkan pemahamankonsep dan keterampilan berpikir kritis siswa SMA, Tanggapan siswa dan guru terhadap modellearning cycle 5E positif. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dan deskriptifdengan desain The Randomized Pretest-Posttest Control Group Design yang dilaksanakan di kelas Xdi SMA Negeri 1 Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar pada tahun pelajaran 2012/2013.
Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Pada Materi Titrasi Asam Basa Untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Mahasiswa Hayatuz zakiyah; Adlim ,; A. Halim
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Vol 1, No 1 (2013): OKTOBER 2013
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (127.823 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan studi pra-eksperimen melalui one group pretest-posttest design Tujuanpenelitian untuk melihat bagaimana aktivitas kelompok mahasiswa, apakah ada peningkatanketerampilan generik sains, dan bagaimana respon mahasiswa terhadap penerapan model PBL.
Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Generik Sains Siswa SMP Putri Mayasari; A. Halim; Suhrawardi Ilyas
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Vol 1, No 1 (2013): OKTOBER 2013
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (903.884 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah implementasi model pembelajaran Problem Solving Kreatif (PSK) dalampembelajaran konsep tekanan. Tujuan penelitian adalah untuk melihat efektivitas penggunaanmodel penyelesaian masalah kreatif dan juga untuk meningkat pemahaman konsep danketrampilan generic sains pada konsep tekanan siswa Sekolah Menengah Atas. Pelaksamaampenelitian menggunakan metode penelitian “the matching-only pretest-posttest control group”.Penelitian dilakukan pada kelas VIII siswa Sekolah Menengah Pertama tahun ajaran 2012/2013.

Page 1 of 1 | Total Record : 8