cover
Contact Name
-
Contact Email
jpsi@usk.ac.id
Phone
+628121815214
Journal Mail Official
jpsi@usk.ac.id
Editorial Address
Jalan Tgk. Chik Pante Kulu Nomor 5 Gedung C Lantai 1 Kantor Pengelola Jurnal Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. Darussalam – Banda Aceh 23111, Indonesia Email: jpsi@usk.ac.id.
Location
Kab. aceh besar,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
ISSN : 23384379     EISSN : 2615840X     DOI : https://doi.org/10.24815/
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for improving and enhancing science education practices and theories. The topics involves biology, chemistry, physics, as well as some applications pedagogy and teacher development. The journal provides an invigorating and informative variety of research papers that expand and deepen our theoretical understanding. It also provides practice and policy based implications in the relevant contexts of science education.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2018): April 2018" : 8 Documents clear
Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Microsoft Excel Nurhafidhah Nurhafidhah; Hasby Hasby
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Vol 6, No 1 (2018): April 2018
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (422.52 KB) | DOI: 10.24815/jpsi.v6i1.10717

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa pada penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Microsoft Excel pada materi titrasi asam basa di SMAN 2 Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan Desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen soal tes, angket dan wawancara. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan siswa SMAN 2 Banda Aceh mengalami miskonsepsi pada materi titrasi asam basa, terutama pada konsep menentukan kadar zat melalui titrasi. Penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Microsoft Excel dapat mengurangi kuantitas miskonsepsi siswa SMAN 2 Banda Aceh pada materi titrasi asam basa, yaitu 34,3% sebelum pembelajaran, menjadi 10,3% setelah pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Microsoft Excel.
Hubungan Antara Keterampilan Kerja Ilmiah Siswa Dengan Kualitas Produk Hasil Praktikum Mol Kulit Pisang Lesy Luzyawati
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Vol 6, No 1 (2018): April 2018
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (581.334 KB) | DOI: 10.24815/jpsi.v6i1.10625

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara kerja ilmiah siswa dengan kualitas produk yang dihasilkan melalui praktikum pembuatan MOL kulit pisang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan design Pre experimental design tipe One Shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Islam Al-Islah Boarding School dengan jumlah 75 siswa yang terbagi menjadi 3 kelas. Melalui teknik Purposive sampling terpilih 1 kelas sebagai sampel yaitu kelas X-4 B dengan jumlah 28 siswa. Instrumen ini menggunakan lembar penilaian kerja ilmiah dan penilaian kualitas produk dengan model ratting scale. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan, diperoleh pada penilaian kerja ilmiah rata-rata nilai yang didapat 3,3 dengan presentasi 81% dikategorikan baik sekali, dan penilaian kualitas produk yang dihasilkan siswa mendapat nilai rata-rata 3,7 dengan  presentasi 93% dengan kategori baik sekali. Dengan demikian bahwa dalam proses yang baik akan menghasilkan hasil akhir yang baik pula atau pelaksanaan kerja ilmiah berbanding lurus terhadap produk yang dihasilkan siswa.
Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik di SMA Negeri 11 Banda Aceh Janiar Munira; Yusrizal Yusrizal; Rini Safitri
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Vol 6, No 1 (2018): April 2018
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.023 KB) | DOI: 10.24815/jpsi.v6i1.10716

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi kalor. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental, dengan desain jenis pretest-posttest control group design. Subyek penelitian diambil dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X-IA3 dan kelas X-IA5 di SMA Negeri 11 Banda Aceh. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan program Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik dengan pretes 70, posttes 100 dan n-gain 90,17. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model problem solving efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di SMAN 8 Banda Aceh Ernawita Ernawita; Rini Safitri
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Vol 6, No 1 (2018): April 2018
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (570.181 KB) | DOI: 10.24815/jpsi.v6i1.10713

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan eksperimen dengan desain penelitian Pre-test Post-tes, Nonequivalent Control Grop Desaign. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik SMAN 8 Banda Aceh kelas X dengan jumlah 215 orang dalam 7 kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling, dengan jumlah sampel masing-masing kelas 30 peserta didik. Pengolahan data dari angket motivasi belajar peserta didik dilakukan secara kualitatif, yaitu melalui perhitungan skor angket yang diberikan. Data diperoleh dari hasil isian angket yang lakukan oleh peserta didik dengan penskoran menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar peserta didik pada kriteria sangat setuju sebelum pembelajaran (3,33%) meningkat mencapai (96,7%), berdasarkan n-gain pada kategori tinggi sebelum pembelajaran terlihat (18,75%) meningkat mencapai (50%), berdasarkan indikatorattention (85,13%), relevance (82,78%), convidence (80,09%) danstatisfaction (62,83%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar peserta didik melalui penerapanmodel pembelajaran kooperatif STAD, hal ini menunjukkan bahwa STAD dapat mempengaruhi peserta didik untuk belajar
Pengaruh Problem Based Learning Melalui School Watching Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa di SMP Rizki Zakia; Ibnu Khaldun; Rini Safitri
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Vol 6, No 1 (2018): April 2018
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (450.596 KB) | DOI: 10.24815/jpsi.v6i1.10748

Abstract

 Tujuan dari kajian ini yaitu untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan PBL melalui school watching pada materi asam basa kelas VII SMP PKPU Aceh Besar. kajian ini menggunakan metode quasi exsperiment dengan randomized pretest-posttest group desain. Data dikumpulkan dengan tes tulis dan observasi. Berdasarkan hasil kajian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan PBL melalui school watching  dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dari 31 menjadi 77, sedangkan pada kelas kontrol yaitu 29 menjadi 70. Hasil dari observasi aktivitas belajar pada siswa kelas eksperimen dengan pembelajaran PBL melalui school watching yaitu 89% dengan kategori sangat baik, sedangkan aktivitas belajar pada siswa kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional yaitu 79% yang dikategorikan baik.
Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Kalor Izzah Al-Fikry; Yusrizal Yusrizal; Muhammad Syukri
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Vol 6, No 1 (2018): April 2018
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.894 KB) | DOI: 10.24815/jpsi.v6i1.10776

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menentukan pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis (KBK) peserta didik pada materi kalor. Metode yang digunakan adalah quasi experimental dengan pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X MIA dan sampelnya peserta didik kelas X MIA-2 dan X MIA-3 yang dipilih secara purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda beralasan sebanyak 15 soal. Data dianalisis dengan menggunakan program microsoft excel. Hasil akhir menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 92,32 dan 74,41. Hasil perhitungan N-gain diperoleh rata-rata pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 86,59 dan 52,94. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model PBL secara signifikan lebih baik dalam meningkatkan KBK peserta didik dibandingkan model konvensional.
Analisis Kemampuan Multipel Representasi Mahasiswa FKIP Kimia Universitas Samudra Semester II Pada Materi Asam Basa dan Titrasi Asam Basa Ratih Permana Sari; Seprianto Seprianto
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Vol 6, No 1 (2018): April 2018
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (778.22 KB) | DOI: 10.24815/jpsi.v6i1.10745

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman makroskopik, mikroskopik dan simbolik mahasiswa dengan tujuan memberikan pemahaman konseptual yang utuh dan menyeluruh kepada mahasiswa, sehingga mahasiswa tidak membuat interpretasi sendiri dalam memberikan gambaran mikroskopik. Penelitian dilaksanakan di kota Langsa bertempat di Laboratorium Lanjut Prodi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Samudra. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu mahasiswa semester II dengan pertimbangan kelas hanya terdiri dari satu unit dan materi titrasi asam basa hanya ada pada semester II. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes berbentuk pilihan berganda. Hasil penelitian didapati bahwa profil  kemampuan representasi mahasiswa pada praktikum titrasi asam basa untuk tingkat makroskopik, submikroskopik, dan simbolik  berturut-turut sebesar 92% dengan kategori sangat baik, 82% dengan kategori cukup, dan 86% dengan kategori sangat baik. Dari ketiga indikator representasi kimia, indikator submikroskopis memiliki persentase lebih rendah dibandingkan dengan indikator lainnya, hal ini disebabkan mahasiswa sulit menerangkan fenomena reaksi kimia dari suatu larutan dengan gambar molekul atau ion. 
Pengembangan Lembar Kerja Praktikum Percobaan Melde Berbasis Project Based Learning Widayanti Widayanti; Yuberti Yuberti; Irwandani Irwandani; Abdul Hamid
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Vol 6, No 1 (2018): April 2018
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (840.236 KB) | DOI: 10.24815/jpsi.v6i1.10908

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan cara mengembangkan lembar kerja praktikum percobaan melde berbasis project based learning (PjBL), (2) mendeskripsikan tingkat kelayakan, (3) mendeskripsikan tingkat kemenarikan lembar kerja praktikum percobaan melde berbasis PjBL. Subjek penelitian 41 mahasiswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang diadaptasi dari Thiagarajan (4D) yaitu metode (Research and Development), meliputi define, design, developt, dan desiminatte. Penelitian dilakukan sampai pada tahap pengembangan, dan menghasilkan produk berupa lembar kerja praktikum percobaan melde berbasis PjBL. Hasil penilaian lembar kerja praktikum percobaan melde berbasis PjBL dengan alat pengumpulan data angket tertutup, analisis data menggunakan mixed method yaitu: pada penilaian ahli media 87,3% (sangat layak), dan penilaian ahli materi 88,2% (sangat layak). Selanjutnya, Hasil uji coba lembar kerja praktikum percobaan melde berbasis PjBL dengan alat pengumpulan data angket tertutup, analisis data menggunakan mixed method antara lain: uji coba satu lawan satu 80%, uji coba kelompok kecil 80,6%, dan uji coba lapangan 81,5% ketiga hasil uji coba dikriteriakan sangat menarik. Jadi, lembar kerja praktikum percobaan melde berbasis PjBL sangat layak dijadikan media pembelajaran.

Page 1 of 1 | Total Record : 8