cover
Contact Name
Sucipto
Contact Email
sucipto@unpkediri.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
semnainotek@unpkdr.ac.id
Editorial Address
Kampus II, Mojoroto Gang 1 No. 6 Kediri, Jawa Timur
Location
Kota kediri,
Jawa timur
INDONESIA
Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi)
ISSN : 25803336     EISSN : 25497952     DOI : https://doi.org/10.29407/inotek
Teknologi saat berkembang sangat cepat selama beberapa tahun terakir ini. Perkembangan teknologi tersebut merupakan salah satu dampak dari peningkatan inovasi dalam bidang teknologi. Ide-ide dan produk baru selalu ada untuk membantu kemingkatkan kualitas kehidpan manusia. Dalam rangka mendukung inovasi dalam bidang teknologi, Fakultas Teknik Universitas Nusantara PGRI Kediri menyelenggarakan Seminar Nasional Inovasi Teknologi (Semnasinotek)
Articles 41 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2019): PROSIDING SEMNAS INOTEK Ke-III Tahun 2019" : 41 Documents clear
Analisis Faktor-Faktor Stimulus Facebook Live Marketing Berdasarkan Perspektif Kerangka Kerja Stimulus-Organism-Response (S-O-R) Wisnu Kurniadi; Teduh Dirgahayu
Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi) Vol. 3 No. 1 (2019): PROSIDING SEMNAS INOTEK Ke-III Tahun 2019
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29407/inotek.v3i1.503

Abstract

Social commerce (s-commerce) adalah salah satu bentuk evolusi dari e-commerce dengan memanfaatkan data dan interaksi jejaring media sosial. Facebook live merupakan salah satu trend marketing dari s- commerce saat ini. Konten berbagi video siaran langsung tersebut dapat menghubungkan banyak audiens secara real- time. Namun, karena seller online shop terkadang tidak memiliki toko fisik, dengan demikian resiko dan keraguan pelanggan kian membesar. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan teknik stimulus yang tepat guna meningkatkan kepercayaan pelanggan sehingga dapat berdampak pada niat pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap faktor-faktor stimulus dari facebook live marketing yang dapat mempengaruhi niat pembelian oleh konsumen (purchase intention). Model yang dikembangkan diadopsi dari kerangka kerja Stimulus-Organism-Response (SOR framework), karena SOR framework dapat digunakan untuk melakukan prediksi terhadap perilaku individu dalam menggunakan e- commerce. Model penelitian diuji secara empiris dengan data survei 100 pengguna facebook live marketing. Teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan tools SmartPLS 3.0 digunakan untuk membantu proses analisis. Hasilnya menunjukkkan bahwa promotion dan support for recommendation berdampak positif terhadap perceived utilitarian value, selain itu similarity, expertise, promotion, entertainment dan support for social interaction secara positif mempengaruhi perceived hedonic value. Akhirnya dengan dimediasi oleh trust, perceived utilitarian value dan perceived hedonic value terbukti berpengaruh positif terhadap purchase intention.
Pengenalan Angka Sistem Isyarat Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Metode Convolutional Neural Network Mochamad Bagus Setiyo Bakti; Yuliana Melita Pranoto
Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi) Vol. 3 No. 1 (2019): PROSIDING SEMNAS INOTEK Ke-III Tahun 2019
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29407/inotek.v3i1.504

Abstract

Bahasa isyarat adalah metode komunikasi dengan menggunakan gerakan tangan yang biasanya dilakukan oleh tuna rungu. Di Indonesia sendiri mempunyai 2 jenis bahasa isyarat yaitu BISINDO dan SIBI (Sistem Isyarat Bahasa Indonesia). Perbedaannya dalam isyarat dasar BISINDO menggunakan dua tangan sedangkan SIBI hanya satu tangan. Dalam paper ini akan membahas pengenalan isyarat angka SIBI dengan menggunakan metode Convolutional Neural Network (CNN). Arsitektur CNN yang digunakan adalah arsitektur LeNet. Arsitektur CNN diproses dalam 3 tahap, 25 epoch, 50 epoch dan 100 epoch. Berdasarkan percobaan yang dilakukan nilai akurasi yang didapat terus meningkat dalam tiap tahapnya, mulai 67.66%, 89.44% sampai nilai akurasi tertinggi dalam proses training sebesar 96.44%. Begitupun dalam proses prediksi data juga mengalami kenaikan dalam tiap tahapnya, mulai 79.23%, 90.45% sampai didapatkan nilai akurasi tertinggi dalam prediksi data 98.89%. Dari total 90 data testingset, hanya sekali keasalahan dalam prediksi data.
Faktor Yang Harus Dipenuhi Oleh Sistem Informasi Pemerintahan (E-Government) Dalam Menghadapi Disrupsi Revolusi Industri 4.0 Roman Andrianto Pangondian; Paulus Insap Santosa; Eko Nugroho
Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi) Vol. 3 No. 1 (2019): PROSIDING SEMNAS INOTEK Ke-III Tahun 2019
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29407/inotek.v3i1.505

Abstract

Teknologi Informasi serta Komunikasi (TIK) dalam revolusi industri 4.0 memegang peran vital dalam mendukung pertumbuhan sebuah organisasi dan individu yang menggunakannya. Dasar dari sebuah pengembangan TIK tersebut diantaranya adalah infrastruktur TIK yang memadai, perangkat keras serta perangkat lunak, sumber daya manusia yang berkualitas serta keamanan dari TIK itu sendiri. Pada era disrupsi saat ini pemerintah mendorong kementerian/lembaga melakukan transformasi yang sebelumnya segala informasi masih bersifat manual menjadi sebuah informasi yang disajikan secara elektronik, hal ini bertujuan agar segala hal yang berhubungan dengan tupoksi kementerian/lembaga tersebut menjadi transparan dan dapat di akses oleh masyarakat luas, yang mana hal tersebut belum sepenuhnya berjalan di Indonesia. Pada tulisan ini akan dibahas beberapa faktor, metode dan proses bisnis seperti apa yang dapat diimplementasikan agar layanan e-government di Indonesia siap dalam menghadapi era disrupsi revolusi industri 4.0 dengan menggunakan metode penelitian kepustakaan/studi literatur. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan terkait hal apa saja yang harus dipenuhi demi terciptanya layanan e - government yang lebih modern
Pengembangan Desain Mobile Learning Pada Implementasi Model Blended Learning di PTAIN Sutiah Sutiah; Supriyono Supriyono
Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi) Vol. 3 No. 1 (2019): PROSIDING SEMNAS INOTEK Ke-III Tahun 2019
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29407/inotek.v3i1.508

Abstract

Teknologi pembelajaran semakin berkembang dengan pesat seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi. Pembelajaran berbasis mobile saat ini lebih memudahkan mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian berikut ini membahas perancangan Mobile Learning dengan tujuan dapat memenuhi peningkatan kualitas kegiatan belajar dan mengajar dilingkungan PTAIN. Metode Blended Learning yang digunakan dalam penelitian berikut ini dapat menghasilkan tingkat kualitas pembelajaran pada PTAIN. Pengembangan desain mobile learning dengan menerapkan perancangan sistem informasi yaitu data flow diagram, entity relationship diagram. Hasil penelitian ini menunjukkan konsep pemodelan secara logik dan menghasilkan skema database. Pengembangan perancangan Mobile learning menunjukkan hasil yang sesuai dengan skenario sistem dan proses rekayasa kebutuhan. Rekomendasi yang dihasilkan dalam bentuk generate database dan perancangan mobile learning yang ditampilkan dalam bentuk desain secara logik.
Pengembangan Manajemen Proyek Pembelajaran Berbasis ICT Menggunakan Metode Accelerated SAP Pada Odoo ERP Supriyono Supriyono; Sutiah Sutiah
Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi) Vol. 3 No. 1 (2019): PROSIDING SEMNAS INOTEK Ke-III Tahun 2019
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29407/inotek.v3i1.509

Abstract

Odoo merupakan sebuah aplikasi bisnis open source dan memiliki kemampuan dalam proyek ERP yang mempunyai banyak modul lengkap mulai dari CRM, Sales Management, Purchase Management, Accounting, POS, Project Management dll. Odoo juga dilengkapi oleh website builder yang mana ini dapat memudahkan pengguna dalam membuat website tanpa memiliki skill programming yang tinggi. Salah satu modul odoo adalah project management. Project management adalah cara untuk mengatur diskrit kerja untuk mencapai tujuan tertentu denga n mengelola cara kerja yang tergantung pada faktor yang berkaitan. Metode Accelerated SAP (ASAP) adalah sebuah metode kerangka yang diterapkan ke dalam project management untuk meningkatkan efisiensi dalam penanganan sebuah proyek Pembelajaran berbasis ICT. Pengembangan Metode Accelerated SAP ke dalam modul Project pada odoo ERP dapat di implementasikan dalam proyek perencanaan pengembangan media pembelajaran berbasis ICT pada sebuah pengembangan perangkat lunak tersebut dapat dilakukan lebih efisien dan menghasilkan kualitas produk yang baik. Hasil akurasi metode Accelerated SAP mencapai 85 % pada implementasi manajemen proyek perangkat lunak.
Usability Testing for E-commerce Taxpayers in the era of Industrial Revolution 4.0 Dhyan Kurnia Prasetyanti; Paulus Insap Santosa; Wing Wahyu Winarno
Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi) Vol. 3 No. 1 (2019): PROSIDING SEMNAS INOTEK Ke-III Tahun 2019
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29407/inotek.v3i1.510

Abstract

Pada perkembangan revolusi industri 4.0 Indonesia juga perlu mempertimbangkan penghasilan pajak di masa depan dari pembayar pajak e-commerce. Laporan pajak online (e-filing) di Indonesia telah disosialisasikan dan digunakan sejak tahun 2015. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui seberapa banyak pengguna e- commerce yang menggunakan e-filing untuk pelaporan pajak dan berbagai permasalahan terkait peraturan pajak. Metode penelitian menggunakan tinjauan pustaka dari penelitian sebelumnya serta sampling terhadap pengguna e- Filing dari pembayar pajak e-commerce yang diimplementasikan dalam bentuk kuesioner kemudian dianalisis menggunakan metode SUS (System Usability Score). Hasil dari penelitian ini adalah 63,17 menunjukkan bahwa menggunakan e-Filing adalah maginal tinggi. Banyak responden mengalami kesulitan dalam menggunakan e-filing sehingga mereka membutuhkan bantuan petugas pajak untuk mempelajari lebih lanjut tentang e-filing. Nilai tertinggi adalah 70 berarti e-filing dapat digunakan dan yang terendah adalah 47,5 berarti responden diperlukan membantu petugas pajak untuk menggunakannya. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan terhadap e-filing masih belum maksimal dan perlu adanya bantuan dari petugas pajak untuk informasi mengenai cara pengisian e-filing, serta aturan pajak yang digunakan untuk pengguna e-commerce perlu disosialisasikan oleh pemerintah karena mereka adalah bidang bisnis baru di masa depan.
Dampak Media Sosial terhadap Perilaku Sosial Remaja di Kabupaten Sleman, Yogyakarta Flourensia Sapty Rahayu; Limia Kristiani; Sharon Fuhrensia Wersemetawar
Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi) Vol. 3 No. 1 (2019): PROSIDING SEMNAS INOTEK Ke-III Tahun 2019
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29407/inotek.v3i1.511

Abstract

Media sosial telah menjadi tren yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat saat ini termasuk di kalangan remaja. Penggunaan media sosial di kalangan remaja menimbulkan dampak baik itu positif maupun negatif. Salah satu aspek yang dipengaruhi oleh media sosial adalah aspek perilaku sosial. Remaja sebagai seorang manusia yang sedang mengalami peralihan dari masa anak-anak ke dewasa rentan terhadap pengaruh- pengaruh negatif termasuk dari media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku penggunaan serta dampak media sosial terhadap perilaku sosial remaja khususnya di kecamatan Depok, kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta. Metode yang digunakan untuk penggalian data adalah kuesioner yang dibagikan ke 376 siswa SMA, SMK dan SMP di kecamatan Depok. Hasil penelitian menunjukkan ada dampak positif dan negatif dari media sosial. Dampak positifnya adalah remaja mendapatkan banyak teman, dapat memperat hubungan satu sama lain, serta dengan penggunaan media sosial remaja dapat tumbuh menjadi pribadi yang lebih percaya diri dan ekspresif. Selain itu mereka juga dapat belajar tentang tata krama dan etika dalam berkomunikasi. Dampak negatif yang dirasakan adalah penggunaan media sosial membuat remaja menjadi malas dan jarang bersosialiasi secara langsung dengan orang lain sehingga berpotensi membuat remaja menjadi pribadi yang anti sosial.
Pembangunan Ontology Berbasis Metode Methontology Untuk Domain Tuberculosis Khavid Wasi Triyoga; Denis Eka Cahyani; Sari Widya Sihwi
Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi) Vol. 3 No. 1 (2019): PROSIDING SEMNAS INOTEK Ke-III Tahun 2019
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29407/inotek.v3i1.512

Abstract

Aplikasi knowledge base untuk penyakit tuberculosis seperti repository telah banyak dikembangkan. Pada pengaplikasiannya, metode yang digunakan kebanyakan menggunakan metode konvensional yang memiliki banyak keterbatasan dalam representasi pengetahuan. Ontology adalah ide baru dalam penerapan pengetahuan yang lebih jelas dan kompleks dibandingkan menggunakan metode konvensional. Selain itu ontology juga memiliki kelebihan dalam semantic basic query dibandingan dengan metode konvensional. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah ontology yang mampu menjadi dasar penerapan knowledge penyakit tuberculosis.
Analisis Kinerja QoS (Quality of Service) Jaringan WLAN Ukhuwahnet Pada Universitas Muslim Indonesia Erick Irawadi Alwi; Lutfi Budi Ilmawan
Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi) Vol. 3 No. 1 (2019): PROSIDING SEMNAS INOTEK Ke-III Tahun 2019
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29407/inotek.v3i1.513

Abstract

Universitas Muslim Indonesia merupakan sebuah instansi di bidang pendidikan yang menggunakan jaringan internet sebagai salah satu penunjang sarana dan prasana untuk mengelola dan mengatur data informasi serta digunakan mahasiswa untuk mencari referens mengenai perkuliahan mereka. Universitas Muslim Indonesia memiliki 13 fakultas, dimana setiap fakultas menggunakan jaringa wireless LAN sebagai sarana untuk mahasiswa dalam menggunakan jaringan internet, kelemahan dari jaringan wireless LAN dimana buruknya jaringan internet pada jaringan wireless LAN. Maka dari itu peneliti ingin menganalisis Quality of Service (QoS) jaringan wireless LAN pada setiap fakultas di lingkup Universitas Muslim Indonesia. Dengan adanya kualitas jaringan pada Universitas Muslim Indonesia maka akan dilakukan metode wawancara dan observasi terlebih dahulu mengenai masalah yang terjadi pada jaringan wireless LAN pada tiap fakultas, setelah itu akan dilakukan analisis terhadap jaringan wireless LAN dengan menggunakan parameter - parameter Quality of Service yaitu delay, packet loss, bandwidth, troughput.
ANALISIS PENERAPAN KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS GAMIFIKASI TERHADAP BUDAYA KNOWLEDGE SHARING Rahmad Hidayad; Silmi Fauziati; Eko Nugroho
Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi) Vol. 3 No. 1 (2019): PROSIDING SEMNAS INOTEK Ke-III Tahun 2019
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29407/inotek.v3i1.514

Abstract

Pengetahuan dalam organisasi adalah pondasi utama dalam persaingan. Pengetahuan dimiliki oleh individu-individu dalam organisasi yang berkaitan dengan proses bisnis. Untuk mengelola pengetahuan tersebut dikembangkan teknologi Knowledge Management System (KMS). KMS berfungsi untuk membantu mengelola pengetahuan sehingga tidak hilang dan dapat dipergunakan untuk mendorong kemajuan organisasi. Hambatan utama dalam penerapan KMS adalah motivasi. Penelitian ini menganalisis pengaruh KMS memanfaatkan Moodle dan OpenKM dan metode gamifikasi. Analisis dilakukan untuk mengukur pengaruh KMS terhadap performa sharing knowlwedge. Terdapat 4 hipotesis yang diuji dengan hasil keseluruhannya diterima. Penelitian menunjukan bahwa penggunaan gamifikasi memberikan pengaruh positiv dalam proses knowledge sharing.