cover
Contact Name
Timotius Bagus Dimas Kurniawan
Contact Email
ahmad.ashifuddin@gmail.com
Phone
+6285726173515
Journal Mail Official
Dimas@jurnal.universitasmbojobima.ac.id
Editorial Address
Jl. Pierre Tendean Kel. Mande, Kec. Mpunda, Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat, 84119
Location
Kab. bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Ilmu Administrasi Negara
Published by Universitas Mbojo Bima
ISSN : 20851804     EISSN : 29867444     DOI : 10.59050
Core Subject : Science,
Jurnal Ilmu Administrasi Negara memuat artikel/hasil penelitian yang berkenaan dengan kajian bidang Ilmu Administrasi Negara. Kebijakan Manajemen Publik, Kepemimpinan, Pemberdayaan Masyarakat Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik. pelayanan publik. kajian administrasi negara
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol. 19 No. 2 (2022): Desember: Jurnal Ilmu Administrasi Negara" : 11 Documents clear
PENINGKATAN KAPASITAS PERANGKAT DESA DALAM PELAKSANAAN KINERJA DI PAKAN RABAA TENGAH KABUPATEN SOLOK SELATAN Leo Rianto Syahputra; Syamsir
Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol. 19 No. 2 (2022): Desember: Jurnal Ilmu Administrasi Negara
Publisher : Universitas Mbojo Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (621.926 KB) | DOI: 10.59050/jian.v19i2.124

Abstract

Pemerintah memberlakukan UU Desa. Hukum adalah angin segar bagi desa, karena memungkinkannya untuk mengelola kebutuhannya sendiri. Untuk membantu implementasi UU tersebut, pemerintah menyalurkan dana, khususnya Dana Desa sebesar 1 miliar dolar AS per desa. Tak terkecuali desa-desa di Provinsi Sumatera Barat, yang dijuluki "nagari". Efektivitas Pemerintah Nagari dalam mengelola Dana Desa sangat disegani, khususnya Wali Nagari, istilah lain untuk Kepala Desa, yang dibantu oleh aparatur Nagari, antara lain Sekretaris Nagari, Kepala Bagian, Kepala Urusan, dan Kepala Desa/Jorong. Peningkatan kapasitas aparatur nagari dilakukan untuk memastikan pemahaman tentang bagaimana tugas pokok dan fungsi dilaksanakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji efektivitas Peningkatan Kapasitas Peralatan Nagari dalam meningkatkan kinerja. Ini adalah studi kualitatif yang akan merinci proses pengembangan kapasitas untuk seluruh aparatur Rabaa Feed Nagari Tengah. Menyusul pelaksanaan berbagai metode peningkatan kapasitas, termasuk pengajaran di kelas, pendampingan dan bimbingan dari instansi terkait, serta bimbingan dan fasilitasi oleh Tenaga Pendamping Profesi Kementerian Desa, aparatur Rabaa Nagari Pakan Pusat telah mampu melaksanakan semua tahapan pelaksanaan pemerintahan.
STRATEGI PREVENTIF DALAM PENANGGULANGAN KENAKALAN REMAJA KELURAHAN MANGGEMACI KECAMATAN MPUNDA KOTA BIMA Syahri Ramadoan; Firman; Sahrul
Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol. 19 No. 2 (2022): Desember: Jurnal Ilmu Administrasi Negara
Publisher : Universitas Mbojo Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1029.507 KB) | DOI: 10.59050/jian.v19i2.125

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk melihat Strategi Preventif Dalam Penanggulangan Kenakalan Remaja Kelurahan Manggemaci Kecamatan Mpunda Kota Bima. Penelitian ini dilakukan Kelurahan Manggemaci Kecamatan Mpunda Kota Bima. dengan alasan bahwa tingkat kenakalan remaja di kelurahan Manggemaci cukup tinggi. Informan dalam penelitian ini dipilih secara purposive, dimana informan yang dipilih merupakan pihak yang dianggap paling mengetahui dan memahami tentang permasalahan dalam penelitian ini. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini memerlukan data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis interaktif. Proses mengumpulkan dan menyusun secara baik data-data yang didapatkan melalui observasi, wawancara dan dokumenter serta berbagai bahan lain yang tentunya berkaitan penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Strategi Preventif Dalam Penanggulangan Kenakalan Remaja Kelurahan Manggemaci Kecamatan Mpunda Kota Bima, pada dasarnya cukup intensif dilakukan oleh Pemerintah Kelurahan, Remaja Masjid maupun melalui Karang Taruna baik dalam bentuk kegiatan kerohanian, kegiatan dalam meningkatkan keterampilan dan kegiatan olahraga
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM AMBULANCE DESA POJA KECAMATAN SAPE KABUPATEN BIMA Nirwana Nirwana; Taufik Irfadat
Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol. 19 No. 2 (2022): Desember: Jurnal Ilmu Administrasi Negara
Publisher : Universitas Mbojo Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1008.203 KB) | DOI: 10.59050/jian.v19i2.150

Abstract

The purpose of this study was to explain "the implementation of the poja village ambulance program policy in sape sub-district, bima district. This research uses a qualitative approach method. data sources are obtained through interviews, observation, and documentation. the village ambulance program policy is one of the public service programs found in poja village, sape sub-district, bima district. Lack of socialization to the community is also one of the factors that cause policies that have been made to be less well implemented. factors like this are less considered by those who only provide what has become a village government program. based on the results of research that has been done, it can be seen that the operational implementation of the village ambulance is still not optimal. The commitment of the implementor in this case, namely the village government, has commitment and honesty and democratic siftat where the implementor is very upholding the commitment not to accept payments for people who use ambulances, and (3) the bureaucratic structure in this program is still said to be not good because it is related to the SOP.
MODEL MANAJEMEN SUMBERDAYA LOKAL BERBASIS ECOPRENEUR DI KABUPATEN BIMA Jasman Jasman; Arman Arman
Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol. 19 No. 2 (2022): Desember: Jurnal Ilmu Administrasi Negara
Publisher : Universitas Mbojo Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1094.771 KB) | DOI: 10.59050/jian.v19i2.151

Abstract

Bima Regency is one of the regencies in West Nusa Tenggara Province that has abundant natural resource potential, but the utilization of these natural resources is still not optimal and many people still live in poverty. Therefore, this research aims to develop an ecopreneurship-based local resource management model in Bima Regency. The research method used was qualitative research with data collection techniques through in-depth interviews and field observations. The results showed that Bima Regency has abundant natural resource potential, such as agriculture, fisheries, and tourism. However, there are still obstacles in the utilization of these natural resources, such as lack of market access and limited technology. The results also show that the concept of ecopreneurship can be an alternative for community empowerment and sustainable economic development in Bima Regency. Through this concept, the community can utilize natural resources sustainably by producing value-added and environmentally friendly products. The ecopreneurship-based local resource management model developed in this study covers four main aspects, namely product and service development, financial management, human resource development, and marketing.
PENGARUH KEPALA DESA DALAM MENINGKATKAN KINERJA PERANGKAT DESA DI DESA MONTA BARU KECAMATAN LAMBU KABUPATEN BIMA Septi Hikmatun; Nirwana Nirwana
Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol. 19 No. 2 (2022): Desember: Jurnal Ilmu Administrasi Negara
Publisher : Universitas Mbojo Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1086.751 KB) | DOI: 10.59050/jian.v19i2.152

Abstract

The effectiveness of communication is assessed from the performance of human resources in the organization. An important element in improving performance in an organization is the availability of quality human resources, productivity, has a high work ethic, and is able to make an optimal contribution. The purpose of this study was to determine the role of the village head, communication skills, communication styles, reciprocal relationships between leaders and subordinates. This type of descriptive quantitative research, while the number of samples is 30 with a total population of 2,630. by developing an instrument in the form of a questionnaire given to each respondent who visited the Monta Baru Village Office, Lambu District, Bima Regency. Then the data analysis technique used is to analyze the data based on the respondent's answer to the questionnaire. As for the results of the study, it can be explained that as many as 78.80% of respondents said it was very good, then 8% good, then the respondents answered quite well 3.15% and the respondents who answered were not good at 0%. Based on the data obtained, the intensity of communication built by the village head was very good and needed to be maintained as a form of communication reconstruction effort. The conclusion is that based on the data it can be said that the respondents who answered 79.03% were very good, this shows that the influence of the village head's communication in improving the performance of the apparatus was very good.
EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK ERA NEW NORMAL DI DESA CENRANA KECAMATAN KAHU KABUPATEN BONE Sri Rahayu Juniati
Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol. 19 No. 2 (2022): Desember: Jurnal Ilmu Administrasi Negara
Publisher : Universitas Mbojo Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (952.512 KB) | DOI: 10.59050/jian.v19i2.156

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Efektivitas Pelayanan Publik Era New Normal di Desa Cenrana Kecamatan Kahu Kabupaten Bone. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis data ada dua yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data ada tiga yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pelayanan Publik Era New Normal di Desa Cenrana Kecamatan Kahu Kabupaten Bone sudah terlakasana dengan baik. Pelayanan administrasi di kantor Desa Cenrana terbagi menjadi tiga yaitu pelayanan administratif, Pelayanan barang publik, dan pelayanaan jasa publik. Dalam memberikan pelayanan pemerintah Desa Cenrana berupaya memberikan pelayanan yang cepat bagi masyarakat. Akan tetapi pelayanan yang cepat tidak lepas dari kesadaran masyarakat untuk melengkapi berkas persyaratan ketika ingin memperoleh pelayanan. Dalam pemberian pelayanan di era new normal tetap menerapkan protokol kesehatan guna tetap meminimalisir penyebaran covid-19. Selain itu inovasi tentang pelayanan berbasis online juga diberlakukan oleh Pemerintah Desa Cenrana. Meskipun sudah ada inovasi pelayanan online, masyarakat juga masih ada yang menerima pelayanan langsung yaitu dengan cara datang ke kantor desa untuk memperoleh pelayanan karena masih banyak masyakat yang belum paham dengan teknologi.
EFEKTIVITAS PEMBERIAN VAKSINASI COVID-19 TERHADAP NORMALISASI PENDIDIKAN DI KECAMATAN SINJAI UTARA Mukrimah; Sri Rahayu Juniati
Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol. 19 No. 2 (2022): Desember: Jurnal Ilmu Administrasi Negara
Publisher : Universitas Mbojo Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (877.093 KB) | DOI: 10.59050/jian.v19i2.157

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pemberian vaksinasi covid-19 terhadap normalisasi pendidikan di kecamatan Sinjai Utara. Ada tiga pendekatan oleh Matini dan Lubis (1987:56) dalam menganalisis efektifitas diterapkan dalam penelitian ini, yakni Pendekatan Hasil, Pendekatan Sumber, dan Pendekatan Proses. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Tiga sekolah dengan jenjang pendidikan yang berbeda (SMAN 1 Sinjai, SMPN 5 Sinjai, dan SDN 3 Balangnipa Sinjai) menjadi data primer penelitian ini dengan metode pengambilan data melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian vaksinasi covid-19 di Kecamatan Sinjai Utara efektif terhadap normalisasi pendidikan. Prasyarat atau threshold yang ditetapkan oleh pemerintah untuk dapat dilakukan PTMP dapat dipenuhi oleh sekolah melalui kampanye dan edukasi yang berkelanjutan tentang manfaat vaksin. Satuan pendidikan dan pemerintah berkolaborasi dengan membentuk tim satgas khsusus covid-19 dalam mengawas dan mengevaluasi sekolah-sekolah dalam menerapkan protokol Kesehatan dan juga sekaligus menjadi tim khusus yang memberikan edukasi tentang pentingnya vaksin covid-19
RESPONSIVITAS PELAYANAN PUBLIK PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM KABUPATEN SINJAI Hasdinawati; Abd. Wahid
Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol. 19 No. 2 (2022): Desember: Jurnal Ilmu Administrasi Negara
Publisher : Universitas Mbojo Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (798.728 KB) | DOI: 10.59050/jian.v19i2.158

Abstract

Salah satu bentuk pelayanan publik yang disediakan oleh pemerintah adalah pelayanan pengelolaan air. Pemerintah telah berusaha memenuhi kebutuhan pelayanan masyarakat, salah satunya adalah penyediaan air bersih yang dikelola oleh PDAM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan responsivitas PDAM terhadap keluhan pelanggan PDAM Sinjai dan mengidentifikasi kendala-kendala PDAM Sinjai dalam mengatasi keluhan pelanggan. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif kualitatif, dengan metode observasi atau pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Jenis data terdiri dari data primer yang diperoleh melalui wawancara dan observasi langsung di lapangan, sedang data sekunder bersumber dari dokumen arsip-arsip dari masalah yang berkaitan dengan masalah yang akan diteliti, tulisan serta hasil penelitian mengenai pelayanan publik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum responsivitas pelayanan publik PDAM Sinjai yang diukur menggunakan indikator yang dikemukakan oleh Zeithaml yang terdiri dari kemampuan merespon pelanggan, kecepatan pelayanan, ketepatan pelayanan, kecermatan pelayanan, ketepatan waktu pelayanan, dan kemampuan menanggapi keluhan belum optimal karena pelayananya masih ada yang belum terpenuhi seperti pelanggan belum mendapatkan pelayanan yang cepat atas keluhan yang disampaikan pada pihak PDAM sinjai, belum ada tindak lanjut dari keluhan pelanggan, dalam hal ini tidak adanya kesesuaian antara pemakaian air dengan pembayarannya. Selain dari itu, ada beberapa kendala PDAM Sinjai dalam mengatasi keluhan pelanggan seperti faktor alam, izin dari pemilik tanah, pipa dinas bocor dan listrik padam yang membutuhkan waktu lebih lama saat memperbaiki
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI SISTEM INFORMASI RENCANA UMUM PENGADAAN DI KANTOR SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN SINJAI Syamsiah Hasyim; Usnida Umar; Hartati Malkab
Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol. 19 No. 2 (2022): Desember: Jurnal Ilmu Administrasi Negara
Publisher : Universitas Mbojo Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (674.005 KB) | DOI: 10.59050/jian.v19i2.160

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Sinjai. Metodologi penelitian menggunakan metode kualitatif, teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tentang efektivitas penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Sinjai sudah efektif, mulai dari input, proses, dan output. Input dibuktikan dengan adanya sumber daya manusia dan sumber daya sarana prasarana. Proses penggunaan aplikasi dibuktikan dengan adanya panduan penggunaan aplikasi berdasarkan Peraturan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang / Jasa Pemerintah Nomor 11 tahun 2021 tentang pedoman perencanaan pengadaan barang/jasa pemerintah. Sementara dalam proses menjalankan aplikasi SiRUP, terlebih dahulu pengimputan SIRUP harus menyiapkan rencana pengadaan barang dan jasa yang telah disusun yang akan menjadi acuan penginputan RUP. Selanjutnya pada akun PA/KPA, diinput struktur anggaran/pagu sesuai dengan RKA/DPA OPD dan memilih pedelegasian kepada PPK. Selanjutnya melalui akun PPK, RUP diinput sesuai dengan berkas RUP yang telah disiapkan. Setelah selesai, PPK kemudian melakukan finalisasi draft untuk diteruskan ke akun PA/KPA. Output sudah mampu meningkatkan rencana umum pengadaan di Setda Sinjai dengan keakuratan yang dihasilkan, dibuktikan dengan laporan yang dihasilkan berupa dokumen Rencana Umum Pengadaan (RUP) yang memuat nama paket, lokasi, waktu, anggaran yang dibutuhkan, metode pengadaan dan PPK serta Pengguna Anggaran / Kuasa Pengguna Anggaran (PA/KPA). Kata kunci: Efektivitas, Penggunaan Aplikasi, Rencana Umum Pengadaan
PENGUATAN PENANAMAN NILAI DEMOKRASI PADA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS: (Studi Pemilihan Ketua Osis SMA Negeri 13 Sinjai) Khairul Insan; Mochamat Nurdin; Muhammad Amar
Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol. 19 No. 2 (2022): Desember: Jurnal Ilmu Administrasi Negara
Publisher : Universitas Mbojo Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1085.547 KB) | DOI: 10.59050/jian.v19i2.162

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai tingkat pendidikan demokrasi bagi siswa/pelajar Sekolah Menengah Atas dalam memahami Demokrasi melalui Pemilihan Ketua OSIS di SMA Negeri 13 Sinjai. Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat memberikan gambaran mengenai bagaimana siswa sekolah mengah atas itu dalam memahami demokrasi dan sekaligus dipraktekkan langsung melalui Pemilihan Ketua OSIS di SMA Negeri 13 Sinjai. Adapun salah satu pemahaman yang meraka dapatkan secara pertama kali melalui Mata Pejaran PKN yang membahas mengenai Demokrasi itu sendiri. Yang ingin diteliti disini apakah sejalan dengan mata pelajaran tersebut dengan pelaksanaan pemilihan ketua osis tersebut secara prakteknya dilihat dari pemahaman demokrasi yang disampaikan oleh Schumpeter mengenai demokrasi procedural.Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana yang dijadikan Informan adalah Pihak-Pihak terkait baik dari Kepala Sekolah, para Kandidat Ketua OSIS serta Siswa secara random. Data hasil temuan dilapangan dianalisis dengan Metode Analisis Interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman. Dimana hasil data yang diolah nantinya mampu menghasilkan model pendidikan demokrasi yang ada di Sekolah Menengah Atas itu sejalan dengan demokrasi prosedural yang disampaikan oleh Schumpeter.

Page 1 of 2 | Total Record : 11