cover
Contact Name
Ady Setiawan
Contact Email
jurnaledukhasi@gmail.com
Phone
+6281346468345
Journal Mail Official
jurnaledukhasi@gmail.com
Editorial Address
Jalan Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, 78124
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Inovasi Pendidikan
ISSN : 29864925     EISSN : 29874696     DOI : https://doi.org/10.60132/jip
Core Subject : Education,
Ruang lingkup Jurnal Inovasi Pendidikan meliputi: 1. Inovasi Pembelajaran 2. Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan 3. Pendidikan Guru Sekolah Dasar 4. Pendidikan Anak Usia Dini 5. Pendidikan Agama Islam dan Kepesantrenan 6. Manajemen Pendidikan Inklusif 7. Pendidikan Vokasi 8. Pendidikan Nonformal 9. Pendidikan Lingkungan
Articles 33 Documents
PENGARUH METODE DISKUSI BERBANTUAN MEDIA DIGAKAS TERHADAP GOTONG ROYONG SISWA DALAM BELAJAR PADA MATERI TUMBUHAN SAHABATKU DI KELAS VI SDN 40 KEDONDONG Rudi Permana
Edukhasi: Jurnal Inovasi Pendidikan Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Inovasi Pendidikan
Publisher : Edu Berkah Khatulistiwa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1516.638 KB) | DOI: 10.60132/jip.v1i1.6

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Metode Diskusi berbantuan Media Digakas dalam meningkatkan gotong royong siswa dalam belajar pada materi tumbuhan sahabatku di kelas 6 SDN 40 Kedondong. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi dokumenter. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah instrumen tes berupa soal-soal pre test dan post test. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VI SDN 40 Kedondong dengan jumlah 15 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan Uji-t untuk kasus dua sampel berhubungan (Paired Samples t-Test) dengan bantuan software IBM SPSS versi 20, diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Sesuai dengan dasar/kriteria pengujian hipotesis dalam uji paired samples T-test bahwa nilai sig. (2-tailed) < 0,05 atau maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Adanya perbedaan yang signifikan ini dapat diartikan bahwa ada pengaruh penggunaan Metode Diskusi berbantuan Media DIGAKAS terhadap gotong royong siswa dalam belajar.
PENERAPAN SUPERVISI EDUKATIF KOLABORATIF SECARA PERIODIK UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SDN 1 SUKADANA Herlinda
Edukhasi: Jurnal Inovasi Pendidikan Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Inovasi Pendidikan
Publisher : Edu Berkah Khatulistiwa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.608 KB) | DOI: 10.60132/jip.v1i1.7

Abstract

Tujuan penelitian untuk mentetahui kinerja dan wawasan guru dalam pembelajaran di SDN 1 Sukadana. Studi dari kegiatan ini berjudul “Memperbaiki Performa Guru dalam Pembelajaran Kelas Melalui Pengawasan Pendidikan Kolaboratif Secara Periodik di SDN 1 Sukadana”. Rumusan masalah penelitian adalah: (1) Apakah dengan supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dapat meningkatkan kinerja guru dalam menyusun rencana pembelajaran? (2) Apakah dengan supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dapat meningkatkan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran? (3) Apakah dengan supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dapat meningkatkan guru dalam  menilai prestasi belajar siswa? (4) Apakah dengan supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dapat meningkatkan guru dalam melaksanakan tindak lanjut hasil penilaian prestasi  belajar siswa?. Subjek penelitian adalah supervisor, guru, dan siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hasil diskusi diperoleh langkah-langkah pemecahan, yakni: (1) mengadakan workshop singkat tentang pembuatan persiapan pembelajaran, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran di sekolah, (2) melaksanakan supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dengan menekankan pada pemberian bantuan untuk perbaikan pembelajaran. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) terdapat peningkatan kinerja guru dalam menyusun rencana pembelajaran, (2) Peningkatan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran, (3) Peningkatan kinerja guru dalam menilai prestasi belajar, dan (4) Peningkatan kinerja guru dalam melaksanakan tindak lanjut hasil penilaian prestasi belajar siswa.
PENERAPAN BIMBINGAN INDIVIDUAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN SOAL-SOAL HOTS PADA SDN 20 PAYAK ITAM Mat Nasir
Edukhasi: Jurnal Inovasi Pendidikan Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Inovasi Pendidikan
Publisher : Edu Berkah Khatulistiwa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.65 KB) | DOI: 10.60132/jip.v1i1.8

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan terhadap instrumen-instrumen penilaian pencapaian kompetensi, yakni butir-butir soal di sekolah binaan saat melaksanakan pengawasan akademik, ditemukan bahwa  penyusunan tes dan pengembangan butir soal masih banyak yang tidak valid dan reliabel. Dalam mengadakan ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan semester, guru hanya menyalin soal-soal dari LKS (lembar kerja siswa) dan atau menyalin dari buku-buku lainnya tanpa memperhatikan apakah soal-soal sesuai dengan indikator-indikator dan kompetensi dasar yang telah ditentukan atau tidak. Mereka menyusun tes dan mengembangkan butir soal terkesan asal-asalan tidak sesuai dengan indikator-indikator dan kompetensi dasar yang telah ditentukan. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Soal-Soal HOTS melalui Bimbingan Individual Pada SDN 20 Payak Itam Tahun Pelajaran 2021/2022”. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Model penelitian ini adalah penelitian tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 hasil telaah untuk penyusunan dan pengembagan soal-soal HOTS dari 8 orang guru diperoleh nilai rata-rata 85. Dari hasil kuesioner tentang sikap para guru terhadap bimbingan individual 72,84% setuju dan yang masih ragu 27,16%. Ini menunjukkan sikap positif bagi guru terhadap bimbingan individual. Pada siklus 2 hasil telaah untuk penyusunan dan pengembangan soal-soal HOTS diperoleh nilai rata-rata 94. Prosentase kuesioner sikap positif guru pada pra siklus diperoleh 25,16% setuju terhadap model pembimbingan melalui bimbingan individual. Hal ini berarti bahwa guru kurang atau tidak menunjukkan respon positif terhadap bimbingan individual. Mereka menganggap bahwa menyusun butir soal tidak perlu terperinci. Namun setelah tindakan siklus I dan II melalui bimbingan individual respon positif mereka meningkat menjadi 72,84%. Setelah diberikan penguatan pada siklus II, meningkat menjadi 87,65 %.
PENERAPAN BIMBINGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MENETAPKAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) SDN 12 DUSUN BESAR Molkan
Edukhasi: Jurnal Inovasi Pendidikan Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Inovasi Pendidikan
Publisher : Edu Berkah Khatulistiwa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (296.073 KB) | DOI: 10.60132/jip.v1i1.9

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak dari penerapan bimbingan melalui Workshop di SDN 12 Dusun Besar tahun 2022/2023 bagi para guru dalam upaya meningkatkan kemampuan guru untuk menetapkan standar kriteria ketercapaian minimum. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal melalui Workshop di SDN 12 Dusun Besar tahun 2022/2023.  Tindakan yang akan dilakukan adalah Workshop   Peningkatan Kemampuan Guru dalam Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal.  Jenis penelitian tindakan  yang dipilih adalah jenis emansipatori. Jenis emansipatori ini dianggap paling tepat karena penelitian ini dilakukan untuk mengatasi permasalah pada wilayah kerja penliti sendiri berdasarkan pengalaman sehari-hari. Berdasarkan hasil observasi, repleksi diri, guru bersedia melakukan perubahan sehingga kinerjanya sebagai pendidik akan mengalami perubahan secara meningkat. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan model Kemmis yang terdiri atas empat langkah, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan repleksi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang dilakukan peneliti, maka diperoleh hasil bahwa terjadi peningkatan kesiapan dan Kinerja guru dalam menetapkan kriteria ketuntasan minimal dari siklus I ke siklus II. Ketercapaian indikator kinerja terdapat pada tindakan II.  Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa melalui workshop dapat meningkatkan Kinerja guru dalam menetapkan kriteria ketuntasan  minimal di SDN 12 Dusun Besar Tahun Pelajaran 2022/2023 Dengan demikian dapat disarankan kepada pengawas atau peneliti yang lain bahwa kegiatan workshop dapat dipakai sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan Kinerja guru  dalam menetapkan kriteria ketuntasan  minimal.  
MODIFIKASI KURIKULUM SEKOLAH MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH 1 PONTIANAK Ady Setiawan
Edukhasi: Jurnal Inovasi Pendidikan Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Inovasi Pendidikan
Publisher : Edu Berkah Khatulistiwa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (902.072 KB) | DOI: 10.60132/jip.v1i1.10

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang manajemen modifikasi kurikulum di SMA Muhammadiyah 1 Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus yang dilakukan secara eksploratif dan mendalam. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, dementasi, dan observasi. Analisis data meliputi uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Subyek penelitian ini berjumlah 8 orang yang terdiri dari 1 kepala sekolah dan 2 wakil kepala sekolah, 5 orang guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) desain kurikulum di sekolah terdiri dari: Mengidentifikasi debat dan analisis kebutuhan, menentukan tujuan dan indikator pengukuran, menentukan strategi, mengimplementasikan hasil desain kurikulum, dan mengevaluasi serta membalas. Desain dilakukan bersama dengan masukan dari Komite Sekolah dan bimbingan dari Dinas Pendidikan kota dan provinsi (2) Hampir semua guru linier dalam mengajar mata pelajaran yang dapat sesuai dengan kualifikasi akademiknya, hanya 3 orang atau 6,25% dari total 48 guru tidak linier; (3) Hasil desain kurikulum adalah: (a) Dokumentasi hasil penyusunan kurikulum; (B) Hasil belajar akademik yang sangat baik; (c) Prestasi non akademik di bidang olahraga, seni, dan kepramukaan di tingkat lokal, regional, dan nasional; (d) Menambah program seperti sister school, pendidikan pesantren, life skills, dan persiapan menjadi SPK (Satuan Pendidikan Kerja Sama). Implikasi penelitian ini terdiri dari pengelolaan kurikulum mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi serta hasil terdiri dari keberhasilan siswa.
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Bermuatan STEM pada Materi Energi Kelas IV Sekolah Dasar Anita Anita; Siti Nur Asmah; Muhammad Aqmal Nurcahyo
Edukhasi: Jurnal Inovasi Pendidikan Vol 1 No 2 (2023): Jurnal Inovasi Pendidikan
Publisher : Edu Berkah Khatulistiwa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1706.522 KB) | DOI: 10.60132/jip.v1i2.11

Abstract

LKPD containing STEM methods is applied to grade IV elementary schools in delivering material about energy which involves many events that exist in the real world everyday. Students will be taught the technique of creating a simple tool related to energy matter, then apply various existing technologies in explaining energy matter. The description above attracts researchers to develop teaching materials about STEM-laden LKPD through R&D research. This research is a type of R&D (Research and Development) or development which is interpreted as a research conducted by creating a product and then testing its effectiveness. Based on the validation of material experts, design experts and linguists. The development of STEM-charged LKPD on energy materials at SDN 41 Sungai Raya can be categorized as feasible. This feasibility is obtained from expert validators, both linguists, design, and material experts. Overall, the feasibility aspect of the material obtained a score of 76% in the "Good" category. Overall, the feasibility aspect of the design obtained a score of 82% in the "Very Good" category. Overall, the language feasibility aspect obtained a score of 86% in the "Very Good" category. Small and large group trials have a score of 100 and have the criteria of "Very Practical" so that it can be said that STEM-loaded LKPD teaching materials on the material always save energy, are very practical and pass the trial
Implementasi Nilai-nilai Kesalehan Sosial di Pondok Pesantren dalam Menghadapi Era Society 5.0 Dedi Ardiansyah; Basuki Basuki
Edukhasi: Jurnal Inovasi Pendidikan Vol 1 No 2 (2023): Jurnal Inovasi Pendidikan
Publisher : Edu Berkah Khatulistiwa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.331 KB) | DOI: 10.60132/jip.v1i2.16

Abstract

Era Society 5.0 membawa transformasi yang signifikan pada sistem pendidikan serta berimbas pada generasi muda bangsa. Banyak tantangan dan problematika yang timbul sehingga lembaga pendidikan, terutama pesantren, yang harus siap dengan tidak hanya memiliki keunggulan dalam bidang keagamaan tetapi juga harus unggul dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan sains, sebagi bekal menghadapi era society 5.0. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan rencana dan  strategi Pondok Pesantren dalam menghadapi tantangan  di Era Society 5.0. melalui mengimplementasi nilai-nilai kesalehan sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan. Sumber data dalam penelitian ini ada dua pertama primer, dua sekunder. Semua data berasal dari literatur terkait dengan pembahasan. analisi data pada penelitian ini merupakan konten analisis. Penelitian ini menghasilkan temuan berupa penerapan konsep dasar nilai kesalehan sosial, tantangan generasi muda dalam menghadapi  era society 5.0, nilai dan karakter tarbiyah dalam pondok pesantren dan implementasi nilai kesalehan sosial sebagai strategi pesantren dalam menghadapi  era society 5.0 menindaklanjuti temuan pada penelitian ini maka penerapan nilai kesalehan sosial sebagai upaya menghadapi tantangan di era society 5.0 harus dilaksanakan oleh seluruh lapisan terutama bagi kaum akademis, karena upaya dalam mempersiapkan dalam menghadapi tantangan era society 5.0, Sehingga transformasi tersebut akan membawa dampak positif dan kemanfaatan bagi umat Manusia.
Pengaruh Pembelajaran Sistem Imunitas Melalui Model Discovery Based Unity of Science (DBUS) Berbantu Media E-Flipbook Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Rifa Nur Afifah; Sumiyati Sa’adah; Sri Maryanti
Edukhasi: Jurnal Inovasi Pendidikan Vol 1 No 2 (2023): Jurnal Inovasi Pendidikan
Publisher : Edu Berkah Khatulistiwa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (406.025 KB) | DOI: 10.60132/jip.v1i2.31

Abstract

Tujuan diadakannya penelitian ini untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa, menganalisis pengaruh model pembelajaran Discovery Based Unity of Science (DBUS) berbantu media e-flipbook terhadap kemampuan berpikir siswa pada materi sistem imunitas, serta mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran dengan model Discovery Based Unity of Science (DBUS) berbantu media e-flipbook terhadap kemampuan berpikir siswa pada materi sistem imunitas. Metode yang digunakan ialah kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group desain. Data disebarkan melalui pemberian instrumen berupa lembar observasi, tes kemampuan berpikir kritis, dan angket respos siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dapat terlaksana dengan sangat baik, yakni berdasarkan aktivitas siswa sebesar 82,40% dan berdasarkan aktivitas guru sebesar 84,06%. Hasil posttest menunjukkan terjadinya peningkatan kemampuan berpikir kritis pada siswa sebesar 0,44 dengan kategori sedang. Penggunaan model pembelajaran Discovery Based Unity of Science (DBUS) berbantu media e-flipbook berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem imunitas dengan nilai Sig. 0,000 <0,05. Besarnya pengaruh yang diberikan diukur melalui uji effect size dan memperoleh hasil 1,09 dengan kategori tinggi. Selain itu, hasil angket menunjukkan respon baik dari siswa yakni sebesar 78,3%. Oleh karena itu, penelitian mengenai pengaruh model pembelajaran Discovery Based Unity of Science (DBUS) berbantu media e-flipbook terhadap kemampuan berpikir siswa pada materi sistem imunitas dapat mengatasi pemasalahan akibat pembelajaran daring yang menyebabkan learning loss pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Cipeundeuy terutama pada pembelajaran biologi.
Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Audio Visual Berbantu Edpuzzle terhadap Hasil Belajar Siswa Rizka Kurniawan; H. Idad Suhada; Sri Maryanti
Edukhasi: Jurnal Inovasi Pendidikan Vol 1 No 2 (2023): Jurnal Inovasi Pendidikan
Publisher : Edu Berkah Khatulistiwa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (261.284 KB) | DOI: 10.60132/jip.v1i2.32

Abstract

Student learning outcomes are the achievement of student success rates in learning the material, which is seen in terms of scores or numbers based on the acquisition of test results. The study aims to describe the effect of learning using edpuzzle rocky audio-visual media on students' cognitive learning outcomes on immune system material. This experimental research used a non-equivalent control group design. The population in this study is all XI high schools in one of the West Bandung district schools. The study sample used two classes with purposive sampling techniques. The research instrument consists of observation sheets and multiple-choice test questions covering cognitive level indicators C1-C6 with data analysis of prerequisite tests and hypothesis tests. The results of research conducted with an independent sample t-test obtained tcount values of 0.001 < 0.05 show that there is an influence of edpuzzle-assisted audio-visual media on students' cognitive learning outcomes.
Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Candimulyo pada Materi Perubahan Lingkungan Nida Hamidah; Muhammad Radian Nur Alamsyah; Serafica Btari Christiyani Kusumaningrum
Edukhasi: Jurnal Inovasi Pendidikan Vol 1 No 2 (2023): Jurnal Inovasi Pendidikan
Publisher : Edu Berkah Khatulistiwa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.621 KB) | DOI: 10.60132/jip.v1i2.37

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan proses sains dan motivasi belajar siswa SMA Negeri 1 Candimulyo pada materi perubahan lingkungan. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain pretest-posttest nonequivalent control group. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif serta uji hipotesis dengan Independent Sample T Test atau Mann Whitney U Test pada taraf signifikansi =0,05. Dari hasil analisis deskriptif data keterampilan proses sains diperoleh nilai rata–rata posttest kelas kontrol sebesar 50,71 dan kelas eksperimen sebesar 78,37. Hasil ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Disamping itu, hasil uji hipotesis dengan Mann Whitney U Test mendapat nilai signifikansi sebesar 0,000 (sig. < 0,05), yang berarti Ha diterima atau terdapat perbedaan keterampilan proses sains yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kemudian, hasil analisis deskriptif data motivasi belajar siswa memperoleh nilai rata-rata akhir kelas kontrol sebesar 76,19 dan kelas eksperimen sebesar 79,62. Hasil ini menunjukkan bahwa rata-rata akhir kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Selain itu, uji hipotesis dengan Independent Sample T Test mendapat nilai signifikansi sebesar 0,024 (sig. < 0,05) yang berarti Ha diterima atau terdapat perbedaan motivasi belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan pada hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan proses sains dan motivasi belajar siswa SMA Negeri 1 Candimulyo pada materi perubahan lingkungan.

Page 1 of 4 | Total Record : 33