cover
Contact Name
Ahmad Zakki Abdullah
Contact Email
globalkomunika@upnvj.ac.id
Phone
+628211089631
Journal Mail Official
globalkomunika@upnvj.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota depok,
Jawa barat
INDONESIA
Global Komunika : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
ISSN : 20856636     EISSN : 26555328     DOI : -
Global Komunika : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik adalah jurnal ilmiah yang memuat artikel ilmiah dari ilmu sosial, ilmu politik, ilmu komunikasi dan ilmu sosiologi. (e-ISSN 2655-5328 dan ISSN 2085-6636)
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2021): Global Komunika" : 8 Documents clear
PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KERETA API GERBONG EKONOMI AC Marlina Rahmi Shinta; Agung Raharjo; Tuty Mutiah
Global Komunika : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol 4 No 2 (2021): Global Komunika
Publisher : FISIP UPNVJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berjudul Persepsi Masyarakat Terhadap Kereta Api Ekonomi. Penelitian ini bertujuan mengetahui pola pikir masyarakat terhadap kereta api ekonomi. Saya menggunakan metode wawancara dan literatur untuk membuat Penelitian ini. Dengan beberapa referensi, saya menyusun penelitian ini berdasarkan fakta yang ada dan pengalaman para narasumber. Saya berpikiran bahwa masyarakat memiliki persepsi buruk tentang kereta api ekonomi karena berbagai sebab. Setelah dilakukan penelitian, hasilnya adalah terbukti bahwa masyarakat mempunyai pola pikir buruk terhadap kereta api, tetapi, pola pikir tersebut dapat diubah dengan sosialisasi dan publikasi yang diikuti dengan peningkatan pelayanan.
Pola Komunikasi Keluarga Dalam Pendidikan Anak Pada Masa New Normal Veranus Sidharta
Global Komunika : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol 4 No 2 (2021): Global Komunika
Publisher : FISIP UPNVJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKSecara umum keluarga memiliki peran penting dalam pembentukan karakter anak, tempat pertama yang dapat mengarahkan anak dalam menghadapi lingkungan sosialnya adalah keluarga, keluarga menjadi tempat bersosialisasi, saling berbagi berkumpul dan berdiskusi, dari keluarga, anak dididik untuk membangun kemampuan dan kreativitasnya serta memahami nilai-nilai sosial yang berlaku. Dalam suasana perubahan menuju tatanan baru new normal, masalah dalam mendidik anak menjadi suatu hal yang tak terbantahkan, dimana dalam hal ini diperlukan pengetahuan orang tua dalam usaha membangun pola komunikasi keluarga secara efektiff. Aktivitas anak dalam pembelajaran dari rumah membuat peran orang tua menjadi sangat penting, orang tua menggantikan guru dalam proses belajar mengajar, akhirnya permasalahan yang ditimbulkan menjadi hal yang tak terelakkan dimana kapasitas orang tua berbeda-beda dalam pengajaran anak berkaitan dengan materi yang diberikan oleh guru, latar belakang pendidikan dan pola komunikasi antara orang tua, guru dan anak menjadi kunci keberhasilan anak dalam pembelajaran dari rumah. Kemampuan berkomunikasi yang mumpuni harus dimiliki oleh orang tua dalam menyampaikan pesan-pesan sehingga anak bisa memahami dan berkembang dengan apa yang diajarkan oleh orang tua tanpa adanya salah pengertian. Pola komunikasi menjadi hal utama yang harus diterapkan dalam keluarga untuk membentuk perkembangan kemandirian anak.
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL ONLINE SHOP “ BUKA LAPAK” DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN SAAT PANDEMI COVID-19 Riastri rias Novianita; RR.Rosita Rosita cindrakasih; Cindya Cindy Yunita pratiwi; Anisti Anisti anisti
Global Komunika : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol 4 No 2 (2021): Global Komunika
Publisher : FISIP UPNVJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu dari dampak dari pendemi COVID-19 adalah kemrosotan dalam dunia bisnis dan ekonomi. Dengan demikian pemasar maupun pengusaha harus menemukan alternatif solusi untuk bisa memasarkan produk atau jasa mereka ke konsumen. Para pelaku bisnis mengoptimalkan pemasaran online dan digital branding sebagai sarana komunikasi dengan target konsumennya. Belanja saat pandemi melalui online (online shop) merupakan cara lain belanja yang ditawarkan oleh teknologi internet saat ini dengan berbagai kemudahan yang diberikan, seperti kemudahan waktu dalam melakukan pekerjaan tanpa harus bertatap muka terlebih dahulu. Bukalapak adalah salah satu situs belanja online pendatang baru, jika dibandingkan dengan situs belanja online lainnya. Strategi komunikasi bisnis Bukalapak melalui marketplace. Dengan memudahkan para penjual serta pembeli dalam berinteraksi melalui fitur live chatnya, Bukalapak juga menyediakan banyak produk mulai dari gadget, fashion, kosmetik, elektronik, otomotif dan lain sebagainya. Tujuan dari penelitian pada artikel ini ada dua. 1) Menganalisis strategi Komunikasi Pemasaran online Buka Lapak. 2) Mendeskripsikan pemasaran online dan digital branding Buka Lapak ditengah pandemi COVID 19. Jenis penelitian ini adalah penelitian referensi yang pengambilan datanya berorientasi pada beberapa referensi yang sesuai. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif,  dan paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma interpretif , didapatkan bahwa strategi pemasaran situs online shop Bukalapak yang dilakukan ditengah pandemi COVID 19 dinilai cukup efektif dilaksanakan pada saat pandemic.
KAJIAN SOSIOLOGI KOMUNIKASI KAUM BAWAH TERKAIT PANDEMI COVID-19; PERSPEKTIK HERMENEUTIKA SOSIAL OLEH ART TANGERANG Fit Yanuar; Daesy Ekayanthi
Global Komunika : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol 4 No 2 (2021): Global Komunika
Publisher : FISIP UPNVJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masyarakat kaum bawah mempunyai cara sendiri dalam memahami fenomena dunia. Memahami kejadian pandemi Covid-19 dan solusi penanganannya tidak mudah bagi mereka. Paper ini mengkaji sosiologi komunikasi kaum bawah Indonesia yang diwakili oleh asisten rumah tangga (ART) Tangerang dalam memahami dan mengkomunikasikan pandemi Covid-19 dan program vaksinasi. Kajian ini disokong oleh teoritika hermeneutika sosial menurut alur pemikiran Hans-Georg Gadamer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara sosiologis, ART Tangerang tidak dapat memahami pandemi Covid-19 dan menolak program vaksinasi. Sebagai hasil dari tafsir sosial, mereka menjadikan hal ini sebagai materi pembicaraan lisan di dalam lingkungan sosial.Kata kunci: sosiologi komunikasi, pandemi Covid-19, vaksinasi, hermeneutika sosial.
ANALISIS SPECIAL EVENT SEBAGAI STRATEGI MAJALAH FORBES INDONESIA DALAM MENJALIN HUBUNGAN BAIK DENGAN PUBLIKNYA DI ERA PANDEMI COVID-19 Aska Leonardi
Global Komunika : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol 4 No 2 (2021): Global Komunika
Publisher : FISIP UPNVJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi Forbes Indonesia dalam menjalin hubungan baik dengan publiknya di era pandemi melalui pelaksanaan special event. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang menggunakan teknik sampling Purposive Sampling dengan satu orang sebagai key informan dan satu orang sebagai supporting key informan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan Forbes Indonesia dalam menjalin hubungan baik dengan publiknya melalui special event berjalan dengan lancar. Keberhasilan special event bertajuk Inspiring Women 2020 Women in Tech: SMEs and The New Normal adalah dilihat dari penyusunan jadwal yang matang, peserta yang mencapai 300 orang sehingga melebihi ekspektasi, serta tercapainya tujuan penyelenggaraan, yaitu selain sebagai sarana menjalin hubungan baik dengan publiknya, Special Event: Inspiring Women 2020 juga memotivasi perempuan Indonesia dan UMKM Indonesia untuk bangkit dan cepat beradaptasi dengan kondisi pandemi Covid-19 saat ini.Kata Kunci: Strategi Humas, Acara Spesial, Hubungan Baik Dengan Publik.
KONFERENSI PERS DI MASA PANDEMI COVID-19 : STRATEGI HUMAS LEMBAGA PERLINDUNGAN SAKSI DAN KORBAN (LPSK) DALAM MENYAMPAIKAN INFORMASI KE KHALAYAK Maya May Syarah; Azida Shifa Alaina
Global Komunika : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol 4 No 2 (2021): Global Komunika
Publisher : FISIP UPNVJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Humas Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK)  perlu membina hubungan yang akrab dan baik dengan media massa atau biasa disebut media relations agar segala sesuatu yang menyangkut informasi kepada publik eksternal berjalan lancer. Meski pandemi Covid – 19 berlangsung namun kegiatan media relations harus tetap dilaksanakan salah satunya adalah konferensi pers. Demi keamanan dan mengikuti anjuran pemerintah untuk meminimalkan kerumunan orang bamyak atau pun jaga jarak, maka Humas LPSK memiliki strategi media relations khusunya konferensi pers dengan dilakukan secara dalam jaringan (Daring) atau virtual atau online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi humas lembaga perlindungan saksi dan korban (LPSK) dalam melakukan konferensi pers ditengah pandemi Covid-19. Penelitian menggunakan metode kualitatid deskriptif serta teknik pengumpulan data obeservasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi humas sesuai dengan tahapan yang dilakukan berjalan secara terarah step by step.  Selian itu konferensi pers yang diselenggarakan humas berjalan baik, meski masih ada kekurangan berupa kendala teknis seperti sinyal mapun kuota. Keywords : Media Relations, Konferensi Press, Strategi Humas, Covid - 19
Konstruksi Pesan Yang Terkandung Pada Iklan Gojek Edisi Ramadhan “Cerita Hikayat Sang Musafir – eBadah” di YouTube dan Televisi (Analisis Framing William A. Gamson dan Andre Modigliani) Resman Muharul Tambunan
Global Komunika : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol 4 No 2 (2021): Global Komunika
Publisher : FISIP UPNVJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Menghadapi kebijakan pembatasan sosial ditengah pandemi Covid-19, komunikasi massasebagaisarana penyampaian informasi kepada khalayak. Salah satunyamelalui media iklan. Iklan Gojek Edisi Ramadhan di tengah pandemi berjudul “Cerita Hikayat Sang Musafir - eBadah” bertujuan untuk memperkenalkan fitur eBadah (ibadah secara virtual) melalui YouTube dan televisi. Proses penyampaian pesan melalui media menggiring khalayak menuju kondisi tertentu sesuai yang diinginkan oleh komunikator. Perangkat analisis pada penelitian ini adalah teori framing model William A. Gamson dan Andre Modligiani, terdiri dari visual image dan depiction dalam membentuk konstruksi pesan melalui representasi media. Data didapatkan melalui pengecekan ulang terhadap informasi yang diperoleh dengan melakukan wawancara kepada pihak Gojek secara mendalam. Proses pengolahan data menggunakan paradigma kosntruktivis danmetodekualitatif deskriptif.            Hasil penelitian,adanya kekuatan media dalam mengkonstruksi realitas yang dibentuk. Framing YouTube dan Televisi menjadi berbeda didasarkan perubahan durasi, adegan, pengisi suara dan pesan yang disampaikan. Realitas sosial dipindahkan ke dalam pesan media YouTube dan Televisi sehingga mengubah citra dan konstruksi pesan. Pesan yang disampaikan oleh produser pada iklan di YouTube mengenai isu yang di angkat dari desa kecil pada masa awal Covid-19 muncul, pesan-pesan tersebut bertujuan mempengaruhi komunikan kearah sikap menjalankan protokol kesehatan menjaga jarak, menggunakan masker serta melakukan kebiasaan ibadah virtual menggunakan aplikasi Gojek.Sedangkan pesan iklan televisi mengarah pada penggunaan fitur GoFood dan GoGive sebagai produk yang baik guna menunjang e-Badah.Iklan Gojek bertemakan kegiatan sehari-hari di tengah pandemi disampaikan melalui gawaidan televisi dengan cerita lebih menarik kepada khalayak.
Narasi melalui Ikon dan Simbol dalam komunikasi sains Supratman Supratman
Global Komunika : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol 4 No 2 (2021): Global Komunika
Publisher : FISIP UPNVJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Modernisasi dan juga perkembangan zaman menuntu agar masyrakat mau Kembali ke sains dan salah satu tantangan dalam komunikasi adalah menggunakan sains dalam menjelaskan keseharian manusia. Dengan banyaknya misinformasi, maka penjelasan medasar tentang semua hal diharapkan dalam memberikan gambaran kepada khalayak bagaimana untuk mengandalkan pemahaman sains dalam menghadapai berbagai tantangan. Komunikasi sains adalah cara bagaimana berkomunikasi yang bertujuan untuk menjelaskan berbagai fenomena secara sainitifik kepada khalayak umum. Tantangannya adalah meneyederhanakan materi atau pesan yang kompleks untuk mudah dipahami. Semiotika yang dikritik oleh beberapa ahli bagaimana memiliki struktur yang kompleks, disangsikan dapat digunakan dalam menyampaikan sebuah gambaran yang benar. Inilah kemudian yang menjadi bahasan yang hendak diteliti yakni bagaimana ikon dan simbol, sebagai ilmu semiotika yang digunakan dalam komunikasi sains. Dalam penelitian ini, data didapatkan melalui observasi dari seri video “explaining one concept on 5 levels of dicciculty”. Video ditayangkan oleh Wired tentang tingkatan yang berbeda dalam menjelaskan sebuah kompleksitas. Penelitian ini menemukan bahwa ikon dan simbol dalam dialog sains dimaknai secara berbeda, namun bisa disepakati dengan menggunakan konsep naratif.

Page 1 of 1 | Total Record : 8