cover
Contact Name
Ahmad Zakki Abdullah
Contact Email
globalkomunika@upnvj.ac.id
Phone
+628211089631
Journal Mail Official
globalkomunika@upnvj.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota depok,
Jawa barat
INDONESIA
Global Komunika : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
ISSN : 20856636     EISSN : 26555328     DOI : -
Global Komunika : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik adalah jurnal ilmiah yang memuat artikel ilmiah dari ilmu sosial, ilmu politik, ilmu komunikasi dan ilmu sosiologi. (e-ISSN 2655-5328 dan ISSN 2085-6636)
Articles 85 Documents
PEMILIHAN KEPALA DAERAH ANTARA PERMAINAN ELIT ATAU PARTISIPASI MASYARAKAT Yuliani Widianingsih
Global Komunika : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol 1 No 1 (2017): Global Komunika
Publisher : FISIP UPNVJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini membahas tentang bagaimana pemilihan kepala daerah ditinjau dari segi demokrasi serta partisipasi politik masyarakat. Secara khusus sorotan diarahkan pada Pemilihan kepala daerah di Indonesia pada tahap awal yakni tahun 2005, pasca Pemilu demokratis kedua era reformasi (2004). Desakan untuk melakukan pemilihan kepala daerah secara langsung pada dasarnya merupakan kebutuhan yang disadari oleh lokal. Adanya perubahan politik di tingkat nasional, adanya tuntutan dari elemen masyarakat untuk terlibat banyak dalam pengambilan keputusan yang strategis, keterbatasan pemerintahan daerah mengelola wilayah serta adanya upaya-upaya untuk lebih memberdayakan masyarakat menyadarkan pemerintah bahwa otonomi daerah juga membutuhkan ruang publik, yakni pemilihan kepala daerah secara langsung. Pelaksanaan pilkada sebagaimana diatur dalam UU Nomor 32 Tahun 2004 sebenarnya merupakan antitesa dari UU No 22 Tahun 1999. Revisi atas UU No 22 Tahun 1999 memberi amanat sepenuhnya kepada kedaulatan rakyat untuk memilih calon pemimpin meraka di daerahnya. Semangat ini memberikan ruang yang luas bagi partisipasi politik masyarakat untuk menentukan kepala daerah sesuai dengan aspirasi dan kebutuhan di daerahnya masing-masing. Pada akhirnya Pilkada menunjukkan bagaimana suatu civil society berperan besar dalam demokrasi. 
KEMENANGAN ANIES-SANDI PADA PUTARAN KEDUA PILKADA DKI 2017-2022; TINJAUAN BAURAN PEMASARAN POLITIK Ardhana Ulfa
Global Komunika : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol 1 No 1 (2017): Global Komunika
Publisher : FISIP UPNVJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Menggunakan bauran pemasaran dalam dunia politik akan melihat bagaimana institusi politik atau suatu tim pemenangan secara menyeluruh mulai dari memformulasikan suatu produk politik berupa kebijakan, figur, partai dan presentasi, menyusun program publikasi, menghitung harga produk politik baik secara ekonomis,psikologis dan sosial, sampai pada upaya menempatkan produk dalam akses yang paling mudah untuk diperoleh. Bauran pemasaran menjadi strategi dalam mengemas produk politik sehingga bisa diterima dengan baik oleh masyarakat yang akan memilihnya.Kemenangan pasangan Anies-Sandi dalam putaran kedua pemilihan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta 2017-2022 dapat dianalisa melalui penerapan strategi bauran pemasaran politik. Sejauhmana strategi bauran pemasaran politik digunakan oleh tim pemenangan Anies-Sandi dalam menjaring suara yang memenangkannya 57,96 %.
INTERPRETASI SLOGAN IKLAN ROKOK GUDANG GARAM “PRIA PUNYA SELERA” PADA KALANGAN REMAJA Azwar Azwar; Denny Wahyudhi; Muhamad Gibraltar; Girindra Adyapradana
Global Komunika : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol 1 No 1 (2017): Global Komunika
Publisher : FISIP UPNVJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tingginya angka konsumsi rokok di kalangan remaja Indonesia menimbulkan kekhawatiran bagi banyak pihak. Namun yang mengherankan, justru iklan-iklan rokok di Indonesia masih bisa ditemukan di berbagai media. Salah satunya adalah slogan dalam iklan rokok yang berbunyi “Pria Punya Selera”. Penelitian ini mengungkap bagaimana pengaruh iklan tersebut terhadap remaja di Indonesia. Selain itu penelitian ini melihat bentuk komunikasi yang menjelaskan pemaknaan remaja terhadap slogan iklan rokok di kalangan remaja. Penelitian ini menggunakan pendekatan (paradigma)  kritis dengan metodologi kualitatif. Peneliti melakukan penggalian data kepustakaan, observasi di lapangan dan wawancara mendalam dengan informan. Penelitian ini menggunakan teori interaksionisme simbolik dari George Herbert Mead. Mead menyatakan konsep ‘mind’ ‘self’, dan ‘society’ untuk mengungkap makna dalam sebuah iklan. Penelitian ini menunjukkan bahwa berbagai macam jenis society yang muncul dari para informan, yang mentransformasikan diri informan menjadi seorang perokok aktif. Sementara itu kebiasaan merokok di kalangan remaja merupakan preferensi dari rasa, serta tanggapan terhadap significant symbol seperti kemasan rokok. Sedangkan Me dapat berwujud anjuran orang tua untuk tidak merokok, dan tawaran dari teman. Dalam konsep Mind, dapat ditafsirkan berbagai variasi pandangan yang muncul terhadap seorang perokok. Tayangan iklan rokok mempengaruhi dan meningkatkan persepsi diri dalam informan, bahwa merokok adalah keren atau maco. 
Malay, China and India Ethnicities Representation (Case Study : Etnography and Manga Matrix Analysis, on Upin Ipin Animation Character) Benny Muhdaliha; Wenny Maya Arlena
Global Komunika : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol 1 No 1 (2017): Global Komunika
Publisher : FISIP UPNVJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kelompok etnis atau suku merupakan sebuah cara bagaimana manusia mengidentifikasi diri diantara satu sama lainnya, biasanya berdasarkan keturunan, bahasa, agama, perilaku dan sifat biologis lainnya. Ras sebagai sebuah bentuk identitas merupakan sebuah penanda yang menunjukkan kategori individu berdasarkan ciri ciri biologis yang dimilikinya. Animasi Upin Ipin merupakan serial animasi yang diproduksi oleh studio animasi Les Copaque, sebuah serial animasi yang mengambil inspirasi dari keberagaman etnis dan ras yang terdapat di Malaysia. Dengan mengusung cerita yang sederhana dan desain tokoh-tokoh yang memiliki karakter yang kuat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif berdasarkan penerapan prinsip Manga-Matrix meliputi faktor internal dan eksternal pada karakter yang menjadi tokoh utama, analisis persamaan atau relasi antar teori yang berkaitan dengan unsur visual dan interpretasi makna karakter, serta perpaduan teori-teori pada desain karakter (matrik bentuk, matrik kostum, dan matrik sifat) yang merepresentasikan Etnis dan Ras. Hasil identifikasi dan analisis data desain karakter Tokoh Utama yang terdapat dalam serial Animasi Upin Ipin memiliki benang merah persamaan dengan ciri ciri Etnis dan Ras dari suku bangsa Melayu, Cina, dan India keberadaan elemen-elemen dalam Etnis dan Ras tersebut menjadi dasar pemikiran dalam penciptaan karakter tokoh pada serial animasi Upin Ipin.
PERAN KOMUNIKASI ORGANISASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAIi Fikri Akbar; Neysa Amalia; Ghoni Gozali
Global Komunika : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol 1 No 1 (2017): Global Komunika
Publisher : FISIP UPNVJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Organisasi komunikasi dalam upaya meningkatkan produktivitas bagi karyawan, tugas dan tanggung jawab yang diberikan dapat dilakukan dengan baik. Jika tugas dan tanggung jawab berjalan sesuai dengan isi pekerjaan yang telah ditetapkan maka peningkatan produktivitas karyawan akan dapat dilakukan dengan baik, yang pada gilirannya akan meningkatkan produktivitas organisasi. Penelitian ini dilakukan di Museum Nasional Transmigrasi (MNK) Provinsi Lampung, studi pemilihan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive). Kemudian populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan MNK Provinsi Lampung yang berjumlah 29 karyawan. Komunikasi organisasi MNK di Provinsi Lampung telah cukup berperan dalam meningkatkan kolaborasi dan produktivitas karyawan. Komunikasi karyawan MNK di Propinsi Lampung termasuk dalam kategori baik. Perilaku karyawan juga termasuk kepatuhan karyawan dengan peraturan lembaga yang ada dan interaksi karyawan, interaksi yang baik antara karyawan atau interaksi antara atasan dan bawahan. Produktivitas karyawan MNK di Propinsi Lampung termasuk dalam kategori baik.
EVALUASI KOMUNIKASI PUBLIK KEMENTERIAN ESDM TAHUN 2015 Heryadi Silvianto
Global Komunika : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol 1 No 1 (2017): Global Komunika
Publisher : FISIP UPNVJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini ingin melihat efektivitas kegiatan komunikasi publik yang dilakukan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sepanjang tahun 2015. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan analisis deskriptif dan studi analisis isi media (media content analysis), sedangkan metode penelitian bersifat sosiologis/empiris. Pengambilan data menggunakan teknik focus group disscussion (FGD) dan wawancara mendalam (deep interview). Penelitian menemukan bahwa di Kementerian ESDM masih menemukan kendala dalam program komunikasi yang dilakukan terhadap internal maupun eksternal. Karenanya perlu terobosan baru dalam pusat komunikasi (puskom) ESDM dengan membangun komunikasi yang efektif melalui berbagai flatform komunikasi yang tersedia. 
BEDAH KODE ETIK JURNALISTIK: Isu Krusial Media Islam ADe Rina Farida
Global Komunika : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol 1 No 1 (2017): Global Komunika
Publisher : FISIP UPNVJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu pintu masuk krusial respons dunia Islam terhadap dinamika jurnalisme adalah tawaran pembenahan kode etik jurnalistik. Hasil terpenting Konferensi Media Islam Internasional (KMII) II di Jakarta, 15 Desember 2011, adalah apa yang disebut, “Code of Honor for Media Institutions and Practitioners in the Muslim Ummah”, yang berintikan kode etik jurnalistik dalam perspektif Islam. Begitu pula hasil Konferensi Media Islam I, juga di Jakarta, 3 September 1980, yang melahirkan “The Islamic Mass Media Charter”, yang berisi empat artikel seputar etika jurnalistik. Respons dunia Islam terhadap karya jurnalistik pada umumnya disebabkan kecenderungan peliputan media terbaru yang dinilai tidak sejalan atau merugikan misi profetik Islam. Artikel ini akan membahasa tiga isu utama media yang menjadi sorotan sejumlah elit dan publik Islam, yang sebagian terserap dalam rekomendasi KMII 2011. 
MENGGAGAS KURIKULUM JURNALISTIK DI PTAI, PENYELARASAN TERHADAP KOMPETENSI WARTAWAN Rulli Nasrullah
Global Komunika : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol 1 No 1 (2017): Global Komunika
Publisher : FISIP UPNVJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kurikulum Pendidikan Jurnalistik disesuaikan dengan Standar Nasional Pendidikan yang nantinya diturunkan dalam Standar Kompetensi dan Standar Isi. Yang riil dari standar itu dalam bentuk kurikulum adalah apa yang disampaikan pengampu di dalam kelas yang disebut dengan kurikulum terimplementasi. Yang menjadi persoalan adalah apabila insitusi media menampung lulusan bukan dari program studi jurnalistik. Kurangnya pengetahuan dan keahlian jurnalistik tentu akan menjadi kendala utama yang mesti mendapatkan perhatian serius, terlebih dengan masuknya era kebebasan pers di Indonesia setelah tahun 1998 yang berakibat pada banyaknya (institusi) media yang muncul.Dalam banyak kasus, institusi media –dengan pertarungan ideologi di dalamnya- menekankan aspek ekonomi media dibandingkan aspek pelaksanaan fungsi media itu sendiri. Bahwa selain ada pertimbangan-pertimbangan dasar yang menjadi acuan apakah peristiwa dapat diberitakan atau program mata acara dapat disiarkan kepada khalayak, ada pertimbangan lain, yaitu faktor untung-rugi bagi institusi media yang bersangkutan. Persoalan yang muncul lainnya bersinggungan dengan profesionalisme pelaku media. Misalnya, wartawan yang mengabaikan kode etik jurnalistik ketika melakukan praktek jurnalistik. Kasus Majalah Tempo dan pengusaha Tomi Winata berkaitan dengan berita keterlibatan Tomi Winata atas megaproyek Pasar Tanah Abang yang tidak dilakukan proses konfirmasi dan cover both side sehingga berujung pada proses hukum adalah contoh kasus bagaimana wartawan tidak bekerja pada kode etik jurnalistik.
PENGARUH VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN SISWA DI KOTA (STUDI PADA SISWA SMP NEGERI 1 CIRUAS, BANTEN) Vina Mahdalena; Lusia Handayani
Global Komunika : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol 3 No 1 (2020): Global Komunika
Publisher : FISIP UPNVJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Learning by using other media that is more interesting such as video (audio visual) can be tested on junior high school students because it has strengths and abilities that we can use to overcome existing limitations. This study aims to compare the knowledge of students in villages and cities when they are given material using video media. The method used is the pre and post test experiments. The results showed that the video learning media had a positive impact on learning outcomes because it was proven to increase student knowledge. However, in the case of students in rural schools the increase in knowledge was not as significant as in the cities. Video learning media have higher posttest scores on students in cities than students in villages. Furthermore, a very significant difference is shown in testing students' knowledge in cities and villages when given material exposure using video media. So, students in cities are more prepared to be given other learning methods such as video shows compared to students in villages. The development of learning methods with digital video media is more effective in students in cities than in villages.
STRATEGI PUBLIC RELATIONS ASTRIDO DAIHATSU DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA MOBIL DAIHATSU SIGRA SEBAGAI MOBIL LOW COST GREEN CAR (Studi Kasus Pada PT. Astrido Jaya Mobilindo Cabang Jakarta Barat) Ido afri Afriadi
Global Komunika : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol 2 No 1 (2019): Global Komunika
Publisher : FISIP UPNVJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas permasalahan bagaimana strategi Public Relations (PR) PT. Astrido Daihatsu Jaya Mobilindo cabang Jakarta Barat dalam mempertahankan citranya sebagai mobil hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Tujuan penelitian ada dua yaitu menjelaskan peran PR di dalam manajemen PT. Astrido Daihatsu Jaya Mobilindo cabang Jakarta Barat dan menganalisa strategi PR PT. Astrido Daihatsu Jaya Mobilindo cabang Jakarta Barat untuk mempertahankan citra Daihatsu Sigra sebagai mobil hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Permasalahan tersebut dianalisa dengan menggunakan teori excellence dengan model two way asymmetric oleh James.E Grunig & Todd Hunt, dan diperkuat oleh teori citra Frank Jefkins. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus deskriptif dengan tipe kasus tunggal holistik dengan pendekatan kualitatif intrinsik, dengan paradigma konstruktivis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PR PT. Astrido Daihatsu Jaya Mobilindo cabang Jakarta Barat menjalankan enam strategi PR yaitu publikasi menggunakan twiter Astrido Daihatsu, acara otobursa expo, memberitahukan atau meraih citra membuka khusus website Astrido Daihatsu, tanggung jawab sosial melakukan kegiatan donor darah, kepedulian kepada komunitas berupa penghargaan proper hijau, menciptakan berita mengunakan majalah otomotif dengan tema dambaan keluarga muda Indonesia. Berdasarkan hasil analisa data tersebut, penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi acara sebagai media paling efektif untuk mengkomunikasikan dan mempertahankan citra produk mobil Daihatsu Sigra kepada masyarakat. Strategi yang dilancarkan juga memperbaiki konsistensi citra mobil Daihatsu Sigra sebagai mobil hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.