cover
Contact Name
Sadaruddin
Contact Email
ihyaulum@uim-makassar.ac.id
Phone
+6285255451155
Journal Mail Official
ihyaulum@uim-makassar.ac.id
Editorial Address
Jl. Perintis Kemedekaan Km. 09 No. 29 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
ihyaulum
ISSN : -     EISSN : 29628504     DOI : https://doi.org/10.59638/ihyaulum.v1i1
Ihya Ulum: Early Childhood Education Journal is a research-based journal that contains the latest issues in educational development in the field of Early Childhood Education. This journal is published by the Early Childhood Education Teacher Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Makassar Islamic University. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies on education. The articles published are the results of research or thoughts in the field of education conducted by researchers, teachers, and educational practitioners. This journal is published periodically three times a year, namely March, July and November. E-ISSN 2962-8504
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2023): Ihya Ulum : Early Childhood Education Journal" : 5 Documents clear
Penanaman Nilai-Nilai Kedisiplinan pada Anak Melalui Permainan Tradisional (Kelereng) di Kelompok B TK Pertiwi X Belalang Sri Wardayanti Ridwan
Ihya Ulum: Early Childhood Education Journal Vol 1 No 1 (2023): Ihya Ulum : Early Childhood Education Journal
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59638/ihyaulum.v1i1.2

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelompok B TK Pertiwi X Belalang yang berjumlah 15 orang yang dimana terdiri dari 1 kepala sekolah, 1 guru kelompok B, 6 perempuan, 7 laki-laki. Berdasarkan hasil assesment ditemukan fakta lapangan bahwa tingkat kedisiplian anak kelompok B TK Pertiwi X Belalang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui nilai- nilai kedisiplinan yang diterapkan dikelompok B TK Pertiwi X Belalang, 2) Untuk mengetahui efektifitas permaian tradisional dalam penanaman nilai-nilai kedisiplinan dalam TK Pertiwi X Belalang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya kedisiplian tau akan haknya, menaati aturan kelas, mengatur diri sendiri. hasil penelitian menunjukkan bahwa selama proses penanaman nilai-nilai kedisiplinan menggunakan permaian tradisional sudah berkembang baik. hal ini dibuktikan dari keseluruhan peserta didik kelompok B yang berjumlah 13 anak hanya 1 anak saja yang belum miliki kedisiplinan yang baik.
Identifikasi Pola Asuh Orangtua Pada Anak Usia Dini Di Tk Miskatul Ummah Kelurahan Manggala Kota Makassar Herawati
Ihya Ulum: Early Childhood Education Journal Vol 1 No 1 (2023): Ihya Ulum : Early Childhood Education Journal
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59638/ihyaulum.v1i1.14

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Untuk menggambarkan bentuk pola asuh Orang tua pada anak usia dini dan menjelaskan faktor-faktor apa yang mempengaruhi pola asuh Orang tua  di TK Miskatul Ummah kelurahan Manggala kecamatan Manggala kota Makassar. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisis deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian didapatkan Pola asuh yang diterapkan pada anak di TK Miskatul Ummah, kelurahan Manggala kecamatan Manggala kota Makassar, adalah pola asuh demokratis. Karena dalam penelitian ini pola pembinaan Orang tua memenuhi semua indikator pola asuh demokratis. Adapun faktor faktor yang mempengaruhi pola asuh demokratis Orang tua pada anak usia dini pada penelitian ini adalah tingkat Pendidikan Orang tua, pemahaman Orang tua terhadap agama, profesi Orang tua dan sosial ekonomi.  
Pengembangan Motorik Halus Dalam Mempersiapkan Kemampuan Menulis Permulaan Anak Pada Kelompok B Taman Kanak-kanak Islam Sudiang Kota Makassar Tasmin Andika; Kusmaladewi; Intisari
Ihya Ulum: Early Childhood Education Journal Vol 1 No 1 (2023): Ihya Ulum : Early Childhood Education Journal
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59638/ihyaulum.v1i1.15

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam mengembangkan keterampilan motorik halus anak untuk mempersiapkan menulis permulaan anak pada Kelompok B Taman Kanak-kanak Islam Sudiang Asri Kota Makassar, dan mengetahui faktor-faktor yang menjadi penunjang dan penghambat dalam mengembangkan keterampilan motorik halus anak untuk mempersiapkan menulis permulaan anak pada Kelompok B Taman Kanak-Kanak Islam Sudiang Asri Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu mengambarkan upaya pengembangan motorik halus sebagai persiapan menulis awal anak. Pengumpulan data dengan menggunakan wawancara dan observasi. Unit analisis data adalah guru TK sebanyak 2 orang dan 30 orang anak didik. Validasi data dengan menggunakan ketekunan dan triangulasi. Dari hasil analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data kemudian disimpulkan. Dari hasil analisis data menunjukkan kegiatan guru dalam upaya mengembangkan keterampilan motorik halus anak untuk mempersiapkan menulis permulaan anak Kelompok B pada Taman Kanak-Kanak Islam Sudiang Asri Kota Makassar, bermain balok, melipat kertas, menggunting, membentuk dengan plastisin, meronce dan melukis dengan jari. Kegiatan tersebut dapat mengembangkan sembilan prasyarat menulis permulaan pada anak yaitu perkembangan kesiapan, keseimbangan, keseimbangan bahu, kontrol lengan bawah, keseimbangan pergelangan tangan, mengenggam, peranan menggunakan dua tangan, koordinasi gerakan mata dan tangan dan pengalaman sensori. Faktor penunjang dalam kegiatan pengembangan motorik halus anak adalah pada aspek guru juga mempunyai usaha dalam menarik perhatian anak didik dengan mengajak komunikasi dengan ada selingan humor, sehingga anak didik tidak merasa bosan dan tidak mengantuk saat proses pembeajaran berlangsung. Tersedianya alat permainan pengembangan motorik halus. Pada Faktor penghambat adalah aspek anak didik ketika pembelajaran dilakukan terkadang masih ada anak yang enggan untuk melakukan kegiatan pembelajaran yang diberikan oleh guru, dimana anak didik terkadang mereka tidak memperhatikan apa yang telah diperintahkan oleh guru untuk dilakukan.
Peningkatan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran (Role Playing) Di Kelompok B PAUD Baen Husar Kabupaten Belu Maria Anika
Ihya Ulum: Early Childhood Education Journal Vol 1 No 1 (2023): Ihya Ulum : Early Childhood Education Journal
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59638/ihyaulum.v1i1.16

Abstract

Pengetahuan bahasa reseptif anak masih kurang berkembang ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya karena proses pembelajaran jarang dilakukan di luar kelas. Metode bermain peran (role playing) sebagai suatu metode pembelajaran bertujuan untuk membantu anak didik menemukan makna diri (jati diri) di dunia dan memecahkan dilema dengan bantuan kelompok. masalah dalam penelitian ini yaitu bagaiman meningkatkatkan kemampuan bahasa usia dini melalui metode bermain peran (role playing) di kelompok B PAUD Baen Husar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan bahasa reseptif anak usia dini melalui metode bermain peran (role playing) di kelompok B PAUD Baen Husar kabupaten Belu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang fokuskan pada situasi kelas. Pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data Penilitian indakan Kelas dilaksanakan dalamangkaian langkah dengan beberapa siklus, dimana dalam satu siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan/tindakan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan pada siklus I dan II maka penulis dapat menyimpulkan bahwa metode bermain peran dapat mengembangkan kemampuan bahasa reseptif anak usia dini 5-6 tahun di PAUD Baen Husar Kabupaten Belu. Hal ini terlihat dari adanya Peningkatan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak. Anak didik yang berkembang sangat baik/BSB pada siklus I pertemuan ke I dengan empat indikator mencapai 30%, Pada pertemuan 2 dengan empat indikator mencapai 30%, Kemudian pada siklus II pertemuan ke-1 dengan empat indikator mencapai 30%. Pada pertemuan ke-2 dengan empat indikator mencapai 80%.
Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak Pada Kelompok B Mekkah di TK Islam Al-Abrar Firdayanti
Ihya Ulum: Early Childhood Education Journal Vol 1 No 1 (2023): Ihya Ulum : Early Childhood Education Journal
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59638/ihyaulum.v1i1.17

Abstract

Guru dan Orang tua yang kurang memberikan perhatian pada perkembangan emosi anak menyebabkan anak menjadi kesepian, pemurung, mudah cemas, gugup, implusif dan agresif. Penelitian ini mendeskripsikan peran guru dan orang tua dalam perkembangan emosi anak di TK Islam Al-abrar. Metode penelitian yang digunakan adalah meode penelitian kualitatif dengan Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan Langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan. Temuan dari penelitian ini adalah guru dan orang tua berperan yang berperan dalam perkembangan emosi anak adalah bagaimana mereka membimbing dan mengarahkan anak agar dapat mematuhi aturan, memberikan kesempatan kepada anak untuk mengungkapkan perasaannya, memberikan pujian, memberikan kesempatan untuk mengekspresikan emosinya Ketika marah, senang ataupun sedih. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peran guru dan orang tua sangat berpengaruh dalam mengembangkan sosial emosional anak.

Page 1 of 1 | Total Record : 5