cover
Contact Name
Iin Parlina
Contact Email
Parlina.ok0303@gmail.com
Phone
+6281373443897
Journal Mail Official
jurnaldialektologi@gmail.com
Editorial Address
Jln. Sulaiman Raden Anom No.333 Lintas Timur Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan
Location
Kab. ogan komering ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal DIALEKTOLOGI
Core Subject : Education,
DIALEKTOLOGI diterbit oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung. Berkala diterbitkan dua kali setahun pada bulan April dan November. Akan tetapi, sejak tahun 2022 terbitan berkala direvisi menjadi Bulan April dan Oktober. Berisi tulisan tentang kajian dan hasil penelitian di bidang pendidikan bahasa Indonesia.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 02 (2021): DIALEKTOLOGI" : 7 Documents clear
EFEKTIVITAS NILAI KEARIFAN LOKAL PADA KEMAMPUAN MENULIS CERPEN MAHASISWA UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI Arinah Fransori
Dialektologi Vol 6 No 02 (2021): DIALEKTOLOGI
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v6i02.308

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini yang semakin maju, menggeser dimensibudaya, adat istiadat, nilai-nilai kearifan lokal dalam masyarakat.Di eramilenal perkembangan teknologi dan kebiasaan baru muncul, membentukdimensi baru kehidupan dan melupakan nilai-nilai kehidupan bermasyarakatdan bersosial yang penting.Dalam hal ini nilai kearifan lokal yang perlu terusdigali dan dilestarikan tanpa menolak maupun menikmati kebudayaan yangmodern seperti sekarang ini. Jika melupakan nilai kearifan lokal yang adadidaerah sama halnya dengan kita melupakan keberadaan peningalan budayanenek moyang yang sangat bernilai. Penelitian ini mengangkat tema kearifanlokal untuk dipelajari dan dijadikan pendekatan untuk menulis sebuahcerpen.Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan efektivitas nilaikearifan lokal pada kemampuan menulis cerpen mahasiswa universitasIndraprasta PGRI. Metode yang dipakai metode eksperimen semu (quasieksperimen).Didapatkan hasil berupa dua buah buku Antalogi Cerpen karyamahasiswa yang berjudul Quardraginta (Lebih Kecil dari Tiga). Dua buahbuku yang terdiri atas 2 bagian, yang masing-masing berisi 20 karya cerpendan total terdiri atas 40 karya cerpen. Hasil uji-t dapat ditarik kesimpulanbahwa ada perbedaan skor rerata antara kelas yang dikenai perlakuan dankelas kontrol. Diketahui setelah dikonsultasikan pada ttabel ternyata perbedaantersebut signifikan, yaitu thitung > t tabel atau 3,223 > 2,004 dengan db = 55pada tingkat signifikansi 95% (α = 0,025).
ARKETIPE DALAM KUMPULAN CERITA RAKYAT OGAN KOMERING ILIR DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA Alia; Tri Wulan Dari
Dialektologi Vol 6 No 02 (2021): DIALEKTOLOGI
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v6i02.309

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan arketipe dalam kumpulan cerita rakyat Ogan Komering Ilir dan implementasi pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Pendekatan yang digunakan ialah kualitatif dan metode deskriptif analisis. Dalam analisis ini menggunakan teori Carl Gustav Jung, yaitu arketipe dalam ketidaksadaran kolektif yang meliputi arketipe pesona (topeng), bayangan (shadow), anima, animus, ibu agung (great mother), orang tua yang bijak (wise old man), hero, dan diri (self). Hasil analisis diperoleh tujuh arketipe dari lima cerita rakyat, yaitu Putri Jari Sakti terdapat satu arketipe, Cinta Juliah Putri Ningrat terdapat lima arketipe, Si Seman Lempuing terdapat empat arketipe, Putri Gelam terdapat empat arketipe dan Keadilan Bagi Pangeran Batun tiga arketipe. Sementara itu, dalam pembelajaran Bahasa Indonesia prosa lama ini bisa diadopsi sebagai materi pelajaran, karena setiap cerita lama terdapat bayangan-bayangan leluhur yang disebut dengan arketipe yang muncul dalam ketidaksadaran kolektif pada setiap manusia.
PENDIDIKAN AKHLAK ANAK MELALUI DONGENG Di’amah Fitriyyah
Dialektologi Vol 6 No 02 (2021): DIALEKTOLOGI
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v6i02.310

Abstract

Akhlak anak-anak di zaman sekarang ini semakin mengalami kemorosotan. Kasus kriminalitas anak sebagai pelaku kejahatan menghiasi berbagai media cetak dan elektronik. Dunia sastra anak ikut mengambil bagian dalam kemerosotan akhlak anak ini, baik sastra elektonik yaitu dalam bentuk tayangan-tayangan digital maupun sastra tulis dan lisan dalam bentuk dongeng dan cerita. Sastra anak sendiri banyak mengalami problematika mulai dari pemerhati sastra anak yang berkurang, minimnya media yang menyajikan tayangan ramah anak, dan lain sebagainya. Padahal dampak sastra anak terutama dongeng dan cerita sangat berpengaruh dalam perkembangaan moralitas anak sesuai dengan penilitian yang dilakukan oleh David Mcclelland yang membandingan dampak dongeng di dua Negara. Melalui dongeng pendidikan akhlak anak dapat dilakukan sesuai dengan tahap perkembangannya. Metode bercerita atau mendongeng ini telah dicontohkan dalam al-Qur’an
ANALISIS FRAMING KASUS DALAM BINGKAI MEDIA ONLINE CNN INDONESIA DAN REPUBLIKA.CO.ID Ernani; Silvia Noviana
Dialektologi Vol 6 No 02 (2021): DIALEKTOLOGI
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v6i02.311

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis framing yang meliputi sintaksis, skrip, tematik, retoris kasus LGBT dalam media online CNN Indonesia dan Republika.co.id. Metode yang digunakan ialah deksriptif kualitatif.Media yang digunakan untuk menganalisis dalam penelitian ini yaitu media online Republika.co.id dan CNN Indonesa pada periode Januari-Maret 2020.Keseluruhan berita yang dianalisis dari kedua media berjumlah 20 berita. Penentuan berita yang diteliti terdapat tiga tema yaitu pemerintah kota, HAM, dan Agama. Pada penelitian ini menggunakan Analisis Framing Zhongdang Pan dan Gerald M. kosicki terdapat empat struktur yaitu sintaksis, skrip, tematik, retoris. Hasil yang didapat pada penelitian dari kedua media online tersebut memiliki cara pembingkaian yang berbeda seperti, media online Republika.co.id yang bersikap tegas dalam menolak kelompok LGBT dengan berdasarkan ajaran Islam berbeda dengan CNN Indonesia cenderung bersikap netral terhadap kelompok LGBT.
MODEL PEMBELAJARAN MENULIS DENGAN PENDEKATAN PROSES-GENRE BERBASIS KEARIFAN LOKAL Helaluddin
Dialektologi Vol 6 No 02 (2021): DIALEKTOLOGI
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v6i02.313

Abstract

Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang bersifat produktif yang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi bagi mahasiswa. Untuk alasan itulah, pengajar diharapkan mampu menyajikan pembelajaran menulis yang dapat merangsang minat dan bakat mereka terhadap aktivitas menulis, khususnya dalam menulis akademik. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan oleh pengajar adalah pendekatan proses genre yang merupakan pendekatan gabungan antara pendekatan proses dan genre yang telah dinyatakan sebagai pendekatan terbaik oleh para pakar bahasa. Artikel ini mengulas tentang desain model pembelajaran menulis dengan menggunakan pendekatan tersebut dengan menonjolkan aspek kearifan lokal sebagai salah satu upaya dalam memperkenalkan dan mempertahankan budaya sekitar bagi mahasiswa. Desain model pembelajaran ini memiliki empat sintaks (langkah-langkah pembelajaran), yaitu: (1) mengenali bentuk teks, (2) menganalisis struktur teks, (3) mendiskusikan isi teks, (4) menulis tekas secara mandiri, (5) menyempurnakan teks, dan (6) memublikasikan teks.
ANALISIS STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN TEKS ULASAN FILM DI GOOGLE SERTA PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR UNTUK SMP KELAS VIII Iin Parlina; Eka Wahyuni
Dialektologi Vol 6 No 02 (2021): DIALEKTOLOGI
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v6i02.314

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) struktur teks ulasan film dari google; (2) ciri kebahasaan teks ulasan film; dan (3) pemanfaatan sebagai bahan ajar tentang struktur dan ciri kebahasaan teks ulasan di SMP kelas VIII. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif menggunakan pendekatan analisis isi (Content Analysis). Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi. Hasil penelitian dari 25 teks ulasan ditemukan 11 teks yang memiliki pemaparan argument lebih dari satu. Selanjutmya, ciri kebahasaan teks ulasan film, yang paling dominan adalah penggunaan opini. Ciri kebahasaan yang sedang adalah penggunaan kata kerja kopulatif. Terdapat 24 teks yang menggunakan kata kerja tersebut. Sementara itu, ciri kebahasaan yang paling sedikit adalah penggunaan ungkapan perbandingan. Terdapat 8 teks yang menggunakan ciri tersebut; (3) berdasarkan hasil analisis struktur dan ciri kebahasaan teks ulasan film. Hasil analisis dapat dijadikan sebagai bahan ajar tentang struktur dan ciri kebahasaan teks ulasan yang termuat pada silabus.
STRUKTUR PUISI DALAM KUMPULAN PUISI SESUDAH ZAMAN TUHAN DAN PEMBELAJARANNYA DI SMP Yeyen Yusniar; M.Windi Wiranda
Dialektologi Vol 6 No 02 (2021): DIALEKTOLOGI
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v6i02.315

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur puisi dalam kumpulan puisi Sesudah Zaman Tuhan dan pembelajarannya di SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan struktural dan metode deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini teori yang digunakan ialah teori Kosasih yaitu struktur puisi meliputi batin dan fisik. Selanjutnya, hasil penelitian diperoleh penggunaan bahasa, kondisi atau psikologis dan latar belakang dalam puisi-puisi Sesudah Zaman Tuhan sangat tepat dan sesuai apabila dijadikan bahan ajar. Dalam pembelajaran, kumpulan puisi sesudah zaman tuhan dapat dijadikan sebagai contoh soal dalam materi pembelajaran, karena dalam setiap puisi-puisinya banyak sekali kata konkret yang membuat siswa mudah dalam memahami puisi.

Page 1 of 1 | Total Record : 7