cover
Contact Name
Muhamad Wildan Fawaid
Contact Email
jurnal.istithmar@iainkediri.ac.id
Phone
+6285755070024
Journal Mail Official
jurnal.istithmar@iainkediri.ac.id
Editorial Address
Jl. Sunan Ampel No. 07 Ngronggo Kota Kediri
Location
Kota kediri,
Jawa timur
INDONESIA
Istithmar: Jurnal Studi Ekonomi Syariah
ISSN : 25989804     EISSN : 26549387     DOI : 10.30762
Core Subject : Economy,
Istithmar : Jurnal Studi Ekonomi Syariah, published twice a year (June and December) by Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kediri, East Java. The Journal serving as a medium for exploring critical thinking on Islamic Economics and Business issues. It is open for all academics, practitioners, intellectuals, and students with the specification of the study of Islamic Economics. The Ideas is covering research article, conceptual idea, review of the literature, and practical experience. The scope of Istithmar : Jurnal Studi Ekonomi Syariah are limited to: Islamic economics Islamic banking and finance Islamic economic management Management Zakat, Infaq, Shodaqoh and Waqf Islamic entrepreneurship and business Islamic economics thought Islamic insurance Islamic accounting.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 2 (2022): Istithmar : Jurnal Studi Ekonomi Syariah" : 7 Documents clear
Analisis Laporan Keuangan untuk Mengukur Kinerja Kuangan PT Astra Internasional TBK Rosi Aidila Safitri; Sheilla Merliana Widya Susanti; Sukma Laili Surya Puspita Zulfatunisa
Istithmar: Jurnal Studi Ekonomi Syariah Vol. 6 No. 2 (2022): Istithmar : Jurnal Studi Ekonomi Syariah
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30762/istithmar.v6i2.198

Abstract

PT Astra International Tbk merupakan perusahaan industri yang bergerak di industri otomotif perusahaan ini bahkan sudah tercatat di bursa efek Indonesia. Dalam sebuah perusahaan pasti mempunyai suatu laporan keuangan. Hal ini juga, berlaku pada kinerja keuangan PT Astra International Tbk. Kegiatan ini digunakan untuk mengetahui seberapa besar keuntungan maupun kerugian dalam menjalani kegiatan perusahaan. Kinerja keuangan suatu perusahaan dapat dinilai dan diketahui dengan menggunakan 4 alat yaitu, Rasio likuiditas, Rasio solvabilitas, Rasio aktivitas, dan Rasio Profitabilitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penyajian laporan keuangan perusahaan tersebut sudah sesuai dengan PSAK No.1 (Revisi 2009), serta untuk mengetahui kinerja likuiditas, kinerja solvabilitas, kinerja profitabilitas perusahaan, dan kinerja aktivitas. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif , dengan cara menganalisis data kinerja keuangan perusahaan dari tahun 2019 sampai dengan tahun 2021 dengan menggunakan analisis rasio keuangan dengan menggunakan data yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia. Serta, data dari situs resmi PT Astra International Tbk.
Identifikasi Minat Remaja Lamongan terhadap Perbankan Syariah Zamrotin Aulan Nisak Aulan
Istithmar: Jurnal Studi Ekonomi Syariah Vol. 6 No. 2 (2022): Istithmar : Jurnal Studi Ekonomi Syariah
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30762/istithmar.v6i2.207

Abstract

Berbeda dengan perbankan konvensional yang hanya mengenal bunga. Perbankan Syariah menganut sistem bagi hasil dalam bisnis prosesnya.Perkembangan Bank Syariah menjadi lebih massif semenjak tiga bank syariah (BNI Syariah, Bank Syariah mandiri, BRI Syariah) digabung menjadi satu dengan nama Bank Syariah Indonesia (BSI). Namun apakah hal tersebut menumbuhkan minat remaja untuk menabung di Bank Syariah. Penelitian ini bertujuan mengetahui minat remaja lamonganterhadap perbankan syariah. Metode yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif, dengan pengumpulan data melalui google form, remaja dengan usia 17-20 tahun.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa remaja Lamongan lebih memilih bank konvensional karena beberapa hal yaitu referensi orang-orang terdekat, lokasi yang lebih terjangkau, dan tingkat literasi keuangan syariah yang rendah.
Analisis Pandangan Masyarakat Bangkalan terhadap Produk dengan Label Halal Susi Susanti; Mashudi
Istithmar: Jurnal Studi Ekonomi Syariah Vol. 6 No. 2 (2022): Istithmar : Jurnal Studi Ekonomi Syariah
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30762/istithmar.v6i2.300

Abstract

Produk berlabel halal adalah produk yang telah dinyatakan halal menurut syariat Islam danditetapkan oleh Kementerian Agama melalui Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal(BPJPH) berdasarkan hasil pemeriksaan LPPOM MUI. Dengan adanya label halal konsumen muslim tidak lagi ragu dalam mengkonsumsi produk yang dibeli. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pandangan masyarakat Bangkalan terhadap keberadaan produk berlabel halal tersebut. Hasil penelitian menunjukkan masyarakat Bangkalan khususnya Kecamatan Kamal tidak terlalu mempermasalahkan ada tidaknya label halal dalam suatu produk, sebab mereka berkeyakinan dengan penduduk yang mayoritas muslim, maka tentu barang yang diperjual belikan adalah barang yang halal dan aman meski tidak ada labelnya.
Pandangan Santri terhadap Wakaf Tunai sebagai Instrumen Ekonomi dan Keuangan Syariah Perspektif Sosiologi Ahmad Syakur; Moch. Zainuddin
Istithmar: Jurnal Studi Ekonomi Syariah Vol. 6 No. 2 (2022): Istithmar : Jurnal Studi Ekonomi Syariah
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30762/istithmar.v6i2.302

Abstract

Dalam wakaf tunai, ulama’berbeda pandangan atas kebolehannya dan masih banyak multitafsir tentang maksud dari wakaf tunai tersebut, terutama terkait dengan kajian wakaf dalam kitab-kitab klasik. Penelitian adalah penelitian kualitatif dengan studi kasus di dua obyek, Ma’had Aly Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang dan Ma’had Aly Lirboyo kota Kediri. Kedua pesantren mewakili dua sistem dan budaya pesantren yang berbeda. Pesantren Tebuireng cenderung akomodatif dengan sistem pembelajaran modern, sedang pesantren Lirboyo tetap mempertahankan tradisionalitasnya. Hasil penelitian ini adalah Mayoritas mahasantri Ma’had Aly Hasyim Asy’ari Tebuireng mengikuti pandangan ulama’ yang membolehkan wakaf tunai namun sebagian kecil yang tidak membolehkannya berdasar pandangan madzhab Syafii. Sedang Mahasantri Ma’had Aly Lirboyo kota Kediri cenderung tidak membolehkan wakaf tunai dengan berpegangan secara teguh madzhab Syafii. Namun mereka tetap mentoleransi pandangan yang membolehkannya. Pandangan dan perilaku mahasantri terhadap wakaf tunai sejalan dengan teori keterlekatan sosial, baik keterlekatan relasional maupun keterlekatan struktural.
Analisis Mekanisme Produksi dan Pemasaran Era Digital pada Home Industry Krupuk Usek di Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan Refanza Riskiyani; Mansur Chardi
Istithmar: Jurnal Studi Ekonomi Syariah Vol. 6 No. 2 (2022): Istithmar : Jurnal Studi Ekonomi Syariah
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30762/istithmar.v6i2.304

Abstract

Penelitian menjelaskan Analisis Mekanisme Produksi dan Pemasaran Era Digital Pada Home Industri Kerupuk Usek di Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Sumber data primer penelitian ini diperoleh dari pemilik home industri krupuk usek yang menurut kelompok kami berpotensi untuk dilakukan penelitian. yaitu Ibu Mustaqoroh dan Ibu Niswatin. Sumber data sekunder di peroleh dari buku , jurnal, dan skripsi yang terkait dengan judul penelitian Hasil penelitian menyimpulkan bahwa mekanisme produksi dan pemasaran home industri kerupuk usek sudah tercapai dan sesuai dengan syariat Islam. Prinsip-prinsip bisnis Islam antara lain: kejujuran, transparan, komitmen ,kerjasama, disiplin, peduli dan tanggung jawab. Strategi pemasaran home industry ini juga dapat mengikuti perkembangan zaman diera digital denganmemiliki online shop sehingga jangkaun pemasaran semakin luas.
Peran Promosi Online Shop Instagram dalam Menarik Minat Beli Produk Skincare di KDKoreamask Kediri Afifah Abdatillah; Ulfi Dina Hamida
Istithmar: Jurnal Studi Ekonomi Syariah Vol. 6 No. 2 (2022): Istithmar : Jurnal Studi Ekonomi Syariah
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30762/istithmar.v6i2.315

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui Peran Promosi Online Shop Instagram Dalam Menarik Minat Beli Produk Skincare Di kdkoreanmask Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian adalah sumber primer yang didapat melalui pemilik, pegawai serta konsumen sekaligus pengikut akun online shop kdkoreanmask. Sumber sekunder didapat melalui buku, jurnal maupun dokumentasi perusahaan. Observasi, dokumentasi, wawancara tipe semi terstruktur digunakan dalam pengumpulan data. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pertama, promosi online shop instagram produk skincare di kdkoreanmask menggunakan bauran promosi atau promotional mix yaitu Periklanan, Promosi penjualan, Penjualan personal, Pemasaran langsung, Hubungan masyarakat dan publisitas. Kedua, peran promosi online shop instagram produk skincare di kdkoreanmask dapat menarik minat beli pelanggan.
Praktik Jual Beli Jagung Pipil Kering antara Tengkulak dengan Pengepul Perspektif Etika Bisnis Islam Khoirun Nikmah; Abdul Rosyid
Istithmar: Jurnal Studi Ekonomi Syariah Vol. 6 No. 2 (2022): Istithmar : Jurnal Studi Ekonomi Syariah
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30762/istithmar.v6i2.320

Abstract

Praktik jual beli harus sesuai dengan syariat Islam dengan mengedepankan etika demi terwujudnya keberkahan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa praktik jual beli jagung pipil kering yang dilakukan oleh tengkulak dan pengepul. Penelitian ini mengunakan penelitian kualitatif dengan sumber data dari tengkulak, pengepul dan peternak kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data yang menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pengoplosan kualitas jagung dan penimbunan yang dilakukan oleh tengkulak bersifat transparan, pengepul dan tengkulak sama-sama mengerti. Namun penimbangan yang dilakukan oleh pengepul meskipun bersifat terbuka rupanya tidak berjalan sebagaimana mestinya. Ada ketidakpastian jumlah penyusutan pada timbangan, tentunya hal ini merugikan tengkulak. Sehingga tengkulak pun juga melakukan kesalahan yang sama ketika menimbang jagung pipil dari petani juga melakukan ketidak jelasan penyusutan timbangan untuk meminimalisir kerugian tersebut. Jelas sekali model jual beli seperti ini tidak sesuai dengan etika bisnis Islam.

Page 1 of 1 | Total Record : 7