cover
Contact Name
Umi Widyastuti
Contact Email
umiwidyastuti_feunj@unj.ac.id
Phone
+6281283947612
Journal Mail Official
jbmk@unj.ac.id
Editorial Address
Jl. Rawamangun Muka Jakarta Timur 13220
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan
ISSN : 27229742     EISSN : 27229742     DOI : https://doi.org/10.21009/jbmk
Core Subject : Economy, Social,
an open-access journal that provides a forum for publishing empirical research, literature review, or conceptual paper related to business, management, and finance. It focused on the development of theory in management science by applying new methods, techniques, and approaches.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan" : 15 Documents clear
Pengaruh Brand Image Dalam Mempengaruhi Word-Of-Mouth Konsumen Toko Daring Pakaian Muslim Anita; Ghina Ardhillah; Khosyatillah Musfikhuna; Nadia Rizkiana; Usep Suhud
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aims to test the factors that affect the word-of-mouth on daring consumer moslem clothing. In this case, there are five variables used to measure, namely word-of-mouth, trust, customer satisfaction, brand image and service quality. Data collection is conducted in Jakarta during the PSBB (large scale social restriction) period in April-May 2020. Data is collected using online questionnaires and respondents are selected using the purposive sampling technique. The total respondents in this study were 250 consisting of 54 men and 196 women. Data is processed using exploratory factor analysis and structural equation model. As a result, brand image has a positive and significant effect on customer satisfaction, brand image affects positively and significantly against the trust while the satisfaction variable has no significant effect on the trust, the brand image has no significant effect on service quality, trust has no significant effect on service quality, customer satisfaction has no significant effect on word-of-mouth, trust has no significant effect on word-of-mouth, service quality has no significant effect on word-of-mouth, and brand image has no significant effect on word-of-mouth.
Revisit Intention Pelanggan Coffee Shop Lokal: Bagaimana Peran Life Style dan Service Quality? Nita; Husnun Azizah; Firdha Azzahra; Lilis Srirejeki Aruan
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang memengaruhi revisit intention pada coffee shop lokal. Ada empat variabel yang digunakan untuk mengukur, termasuk service quality, facility, hospitality dan life style. Pengumpulan data dilakukan di Jakarta pada bulan April-Mei 2020. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner daring dan responden dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Total responden dalam penelitian ini adalah 250 yang terdiri dari 89 orang laki-laki dan 161 orang perempuan. Data diolah dengan menggunakan exploratory factor analysis dan structural equation model. Hasilnya menunjukkan bahwa variabel hospitality dan facility berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap revisit intention. Sedangkan variabel service quality dan life syle tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap revisit intention.
Investigasi Efek Perceived Quality, Perceived Equity, dan Perceived Value: terhadap Repurchase Intention Pelanggan Kedai Minuman Boba Ismi Ihsanniyah; Anisah Fardila; Fanny Anastasiah; Meira Handayani; Usep Suhud
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang meningkatkan minat pembelian ulang pada pelanggan kedai minuman boba. Dalam hal ini, ada empat variabel yang digunakan untuk mengukur, yaitu kualitas yang dirasakan, nilai yang dirasakan, ekuitas yang dirasakan dan kepuasan pelanggan. Pengumpulan data dilakukan di Jakarta selama periode PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) pada bulan April - Mei 2020. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan responden dipilih dengan menggunakan teknik convenience sampling. Total responden dalam penelitian ini adalah 252 orang yang terdiri dari 42 orang pria dan 210 orang wanita yang pernah mengunjungi kedai minuman boba. Data diolah dengan menggunakan analisis faktor eksploratori dan model persamaan struktural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kepuasan konsumen berpengaruh terhadap ekuitas dirasakan positif dan signifikan.Variabel persepsi kualitas, nilai persepsi dan kepuasan pelanggan dipengaruhi terhadap repurchase intention secara positif dan signifikan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa variabel mempersepsikan kualitas, nilai yang dipersepsikan dan kepuasan pelanggan mempengaruhi terhadap pembelian kembali. Kata kunci: persepsi kualitas, nilai keuntungan, kepuasan pelanggan, ekuitas yang diterima, kedai minuman boba
Pengaruh Customer Experience, Place Attachment, Customer Satisfaction, dan Word-of-Mouth terhadap Revisit Intention Konsumen Restoran Ayam Cepat Saji asal Amerika Amin Tatik Uswatun Khasanah; Hasti Oktafiani; Shelylla Aprilydia Putri; Wati Anggraini; Usep Suhud
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to examine the factors that influence revisit intention in the American fast food chicken restaurant. In this case, there are four variables used to measure, namely customer experience, place attachment, customer satisfaction and word-of-mouth. Data collection using online questionnaire and respondents were selected using a convenience sampling technique. The total respondents in this study were 253 consisting of 48 men and 205 women. Data were processed using exploratory factor analysis and structural equation models. The result, customer experience has a positive and significant effect on revisit intention, word of mouth has a positive and significant effect on revisit intention. While place attachment variable does not have a significant effect on revisit intention and customer satisfaction does not have a significant effect on word-of-mouth.
Satisfaction dan Repurchase Intention Pelanggan Kedai Bakso (Bagaimana Peran Perceived Quality?) Safira Citra Fatina; Tezar Putra Nugraha; Nazar Muhammad Fadlullah; Muhammad Akmal Hatami; Usep Suhud
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to examine the factors that influence the consumer's repurchase intention to visit a meatball shop. In this study, there are four variables used to measure repurchase intention, namely perceive quality, brand image, brand preference, and customer satisfaction. Data collection was carried out randomly from April to May 2020. Data was collected through a survey by distributing online questionnaires and selected using purposive sampling techniques. Total respondents in this study were 250 people consisting of 107 men and 143 women who had visited a meatball shop at least 3 times. Data were processed using exploratory factor analysis and structural equation models. The results of this study are perceived quality, brand image and customer satisfaction variables that have a positive and significant effect on repurchase intention. While brand preference variables do not have a significant effect on repurchase intention.
Pengaruh Kualitas Layanan dan Nilai Pelanggan terhadap Kepuasan Nasabah serta Kepercayaan Merek pada Perusahaan Asuransi Jiwa Nina Tarja Halonen; Usep Suhud; Mohamad Rizan
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aims to determine the effect of service quality and customer value towards brand trust on life insurance companies. The subject in this research are customers who have active life insurance policy at life assurance companies. The sampling technique was purposive sampling, generating 250 respondents. This research uses quantitative methods. Data collection was carried out by distributing questionnaires using a 5-point Likert scale with 220 total valid responses. Data analysis method used in this study is Structural Equation Modeling (SEM) using Amos version 24. The results showed that service quality had a positive and significant effect on customer satisfaction, customer value had a positive and significant effect on customer satisfaction, customer satisfaction had a positive and significant effect on brand trust, service quality had a positive and significant effect on brand trust, customer value had a positive and significant effect on brand trust.
Pengaruh Store Atmosphere, Promotion, Perceived Value, dan Customer Satisfaction terhadap Revisit Intention pada Restoran Bakso Andriyas Elfandi; Alex Juan Daniel; Cikal Akbar Prabowo; Rivaldi Ikhsan; Usep Suhud
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi revisit intention pada restoran bakso. Ada lima variabel yang digunakan untuk mengukur, yaitu store atmosphere, promotion, perceived value, customer satisfaction, dan revisit intention. Pengumpulan data dilakukan di Jakarta pada bulan April-Mei 2020. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner daring dan responden dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Total responden dalam penelitian ini adalah 269 yang terdiri dari 104 orang laki-laki dan 165 orang perempuan yang pernah mengunjungi restoran bakso. Data diolah dengan menggunakan exploratory factor analysis dan structural equation model. Hasilnya, store atmosphere dan perceived value berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap customer satisfaction, promotion tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap customer satisfaction, dan customer satisfaction berpengaruh secata positif dan signifikan terhadap revisit intention.
Pengaruh Return on Equity (ROE) dan Price Earning Ratio (PER) Terhadap Return Saham LQ-45 di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017 Putri Wiranti Setyarini; Umi Mardiyati; Sholatia Dalimunthe
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh return on equity dan price earning ratio terhadap return saham di LQ 45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2017. Sampel yang digunakan di dalam penelitian adalah 24 perusahaan. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel dengan pendekatan fixed effect. Dari hasil pengujian penelitian ini, terbukti bahwa Return on Equity (ROE) dan Price Earning Ratio (PER) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return Saham.
Prediktor Kinerja Karyawan : Studi pada Industri Jasa Keuangan Mohammad Pribadi Angga Putra; Usep Suhud; I Ketut R Sudiarditha
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kinerja karyawan serta memberikan usulan perbaikan kepada manajemen perusahaan. Pada penelitian ini variabel yang dipilih menjadi prediktor kinerja karyawan adalah rotasi kerja, komunikasi organisasi, dan kepuasan kerja. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Populasi yang diamati dalam penelitian ini adalah karyawan perusahaan perbankan di wilayah DKI Jakarta dengan 240 responden yang memenuhi kriteria sebagai sampel. Metode analisis dari penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, dan uji analisis data Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian membuktikan bahwa rotasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, komunikasi organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, rotasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, komunikasi organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, dan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.
Pengaruh Free Cash Flow Profitabilitas Asset Growth Likuiditas Leverage terhadap Kebijakan Dividen pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2014-2018 Nuraini; Umi Mardiyati; Gatot Nazir Ahmad
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Free Cash Flow, Profitabilitas, Asset Growth, Likuiditas, dan Leverage terhadap Kebijakan Dividen. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Free Cash Flow, Profitabilitas, Asset Growth, Likuiditas, dan Leverage. Variabel terikat yang digunakan adalah Kebijakan Dividen dengan proksi Dividen Payout Ratio. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 56 perusahaan dengan total observasi sebanyak 184 perusahaan Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Free cash flow profitabilitas, dan likuiditas berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap terhadap kebijakan dividen. Sedangkan asset growth dan leverage berpengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap kebijakan dividen.

Page 1 of 2 | Total Record : 15