cover
Contact Name
Umi Widyastuti
Contact Email
umiwidyastuti_feunj@unj.ac.id
Phone
+6281283947612
Journal Mail Official
jbmk@unj.ac.id
Editorial Address
Jl. Rawamangun Muka Jakarta Timur 13220
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan
ISSN : 27229742     EISSN : 27229742     DOI : https://doi.org/10.21009/jbmk
Core Subject : Economy, Social,
an open-access journal that provides a forum for publishing empirical research, literature review, or conceptual paper related to business, management, and finance. It focused on the development of theory in management science by applying new methods, techniques, and approaches.
Articles 21 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 3 (2022): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan" : 21 Documents clear
Pengaruh Dukungan Universitas terhadap Niat Berwirausaha dengan Kontrol Perilaku yang Dirasakan sebagai Variabel Intervening Siti Salsabila; Corry Yohana; Aditya Pratama
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan Vol 3 No 3 (2022): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jbmk.0303.08

Abstract

University in Jakarta outlines several ways to promote student interest in entrepreneurship. The purpose of this research is to test the indirect impact of university support provided by university in Jakarta on the intention of students in entrepreneurship through behaviour control, which is recognized as an intervening variable. The method used is a quantitative research method. The sampling method used is a purposive sampling method, and only students of the Faculty of Economics at university in Jakarta who have taken an entrepreneurship course are eligible to participate in this survey. The data analysis technique used is Structural Equation Modelling (SEM) using SPSS and AMOS. The results of the study show that there is an indirect impact on the entrepreneurial interests of university in Jakarta economics students in the university support provided by university in Jakarta through perceived behavioural control. Increasing the search for sources of international journals and books on the Internet will significantly support your research. Salah satu universitas di Jakarta melakukan beberapa cara untuk menumbuhkan minat mahasiswa untuk berwirausaha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dampak tidak langsung dari dukungan universitas yang diberikan oleh Salah satu universitas di Jakarta terhadap niat mahasiswa dalam berwirausaha melalui kontrol perilaku, yang diakui sebagai variabel intervensi. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling, dan hanya mahasiswa Fakultas Ekonomi di salah satu universitas di Jakarta yang telah mengambil mata kuliah kewirausahaan yang berhak mengikuti survei ini. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan SPSS dan AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh tidak langsung minat kewirausahaan mahasiswa ekonomi di salah satu universitas di Jakarta pada dukungan universitas yang diberikan oleh salah satu universitas di Jakarta melalui kontrol perilaku yang dirasakan. Meningkatkan pencarian sumber jurnal dan buku internasional di Internet akan sangat mendukung penelitian Anda.
Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Niat Investasi Agen Reksa Dana Online pada Investor Potensial Pandu Irawan Abdullah; Umi Widyastuti; Muhammad Fawaiq
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan Vol 3 No 3 (2022): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jbmk.0303.06

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi niat investasi investor potensial untuk berinvestasi melalui agen reksa dana online. Variabel yang diukur adalah niat investasi, pengetahuan investasi, risiko yang dirasakan, dan kontrol perilaku yang dirasakan. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi masyarakat Indonesia dan teknik sampel menggunakan non-probability sampling dengan teknik pengambilan purposive sampling. Kriteria sampel adalah investor potensial yang belum berinvestasi di agen reksa dana online dan memiliki gelar D3. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara daring dengan sampel 161 responden. Teknik analisis data menggunakan software Smart PLS dan pengujian dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji hipotesis, dan uji model. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pengetahuan investasi dan kontrol perilaku yang dirasakan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat investasi. Sedangkan risiko yang dirasakan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap niat investasi. Serta adanya pengaruh yang signifikan antara pengetahuan investasi dan kontrol perilaku yang dirasakan.
Pengaruh Literasi Keuangan, Norma Subjektif, Dan Sikap Terhadap Niat Menabung Mahasiswa Pendidikan Di Jabodetabek Pangestika Chandra Dewi; Umi Widyastuti; Muhammad Yusuf
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan Vol 3 No 3 (2022): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jbmk.0303.07

Abstract

Saving is often done by someone to prepare funds or money needs in the future according to the wishes, hopes and needs of the person. This study aims to examine the effect of financial literacy, subjective norms, and attitudes on the saving intention of education students in Jabodetabek. This research uses quantitative research. The number of samples used in this study were 209 respondents, and the sampling was done through an online questionnaire, namely Google Form. Data were processed using SPSS and Amos, SPSS for explanatory factor analysis and AMOS for confirmatory factor analysis. Financial literacy does not affect students' intention to save, the test results show that the model used for this study is rejected. Financial literacy does not affect the attitude to save, the test results show that the model used for this study is rejected. Subjective norms affect the attitude to save, the test results show that the model used for this study is accepted. Subjective norms do not affect students' intention to save, the test results show that the model used for this study is rejected. Attitudes to save affect the intention to save students, the test results show that the model used for this study is accepted.. Keyword: Financial Literacy, Subjective Norms, Attitudes To Save, Intention To Save, Education Students in Jabodetabek. Menabung seringkali dilakukan seseorang untuk mempersiapkan dana atau uang kebutuhan di waktu yang akan datang sesuai keinginan, harapan dan kebutuhan orang tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh literasi keuangan, norma subjektif, dan sikap terhadap niat menabung mahasiswa pendidikan di Jabodetabek. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 209 responden, dan pengambilan sampel dilakukan melalui kuesioner online yaitu Google Form. Data diolah menggunakan SPSS dan Amos, SPSS untuk explanatory factor analysis dan AMOS untuk comfirmatory factor analysis. Literasi keuangan tidak mempengaruhi niat untuk menabung mahasiswa, hasil pengujian menunjukkan bahwa model yang digunakan untuk penelitian ini ditolak. Literasi keuangan tidak mempengaruhi sikap untuk menabung, hasil pengujian menunjukkan bahwa model yang digunakan untuk penelitian ini ditolak. Norma subjektif mempengaruhi sikap untuk menabung, hasil pengujian menunjukkan bahwa model yang digunakan untuk penelitian ini diterima. Norma subjektif tidak mempengaruhi niat untuk menabung mahasiswa, hasil pengujian menunjukkan bahwa model yang digunakan untuk penelitian ini ditolak. Sikap untuk menabung mempengaruhi niat untuk menabung mahasiswa, hasil pengujian menunjukkan bahwa model yang digunakan untuk penelitian ini diterima. Kata kunci: Literasi Keuangan, Norma Subjektif, Sikap Untuk Menabung, Niat Untuk Menabung, Mahasiswa Pendidikan di Jabodetabek.
Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Niat beli Ulang Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Jasa Layanan Logistik) Siti Nurhasanah; Corry Yohana; Terrylina Arvinta Monoarfa
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan Vol 3 No 3 (2022): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jbmk.0303.10

Abstract

ABSTRACT The purpose of this study was to the effect of Brand Image and Service Quality on Repurchase Intentions Through Customer Satisfaction as Mediation Variables Case studies on J&T Express Logistics Services. These four variables are tested to draw conclusions. This research was conducted in the Greater Jakarta area. The quantitative research method uses a Likert scale as a measurement with a population used by tourists who have used logistics services at least 2 times in the last 3 months, with a minimum age of 17 years in Jabodetabek. In this study, the sampling technique was purposive sampling as many as 225 respondents were obtained. Research analysis technique with SEM (Structural Equation Model). The results of this study are that brand image has a significant direct effect on customer satisfaction, service quality has a significant direct effect on customer satisfaction, customer satisfaction has a significant direct effect on repurchase intentions. Brand image has a significant effect on repurchase intention, and service quality has a significant effect on repurchase intention. However, brand image does not directly affect repurchase intention through customer satisfaction and service quality does not directly affect repurchase intention through customer satisfaction. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Niat Beli Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi Studi kasus pada Jasa Layanan Logistik J&T Express. Keempat variabel ini di uji untuk ditarik kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di wilayah Jabodetabek. Metode penelitian kuantitatif menggunakan skala likert sebagai pengukuran dengan populasi yang digunakan wisatawan yang sudah pernah menggunakan jasa layanan logistic minimal 2 kali dalam 3 bulan terakhir, dengan minimal usia 17 tahun di Jabodetabek. Pada penelitian ini, teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling sebanyak 225 responden yang diperoleh. Teknik analisis penelitian dengan SEM (Structural Equation Model). Hasil pada penelitian ini yaitu citra merek secara signifikan berpengaruh langsung terhadap kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan secara signifikan berpengaruh langsung terhadap kepuasan pelanggan, kepuasan pelanggan secara signifikan berpengaruh terhadap niat beli ulang. citra merek secara signifikan berpengaruh terhadap niat beli ulang, dan kualitas pelayanan secara signifikan berpengaruh terhadap niat beli ulang. Namun citra merek tidak berpengaruh secara langsung terhadap niat beli ulang melalui kepuasan pelanggan dan kualitas pelayanan tidak berpengaruh secara langsung terhadap niat beli ulang melalui kepuasan pelanggan.
Pengaruh Destination Image dan Tourist Experience terhadap Revisit Intention melalui Tourist Satisfaction sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus: Desa Wisata Ciseeng) Ajkiani Nurfa; Andi Muhammad Sadat; Dewi Agustin Pratama Sari
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan Vol 3 No 3 (2022): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jbmk.0303.12

Abstract

The purpose of this study is to determine the influence of destination image and tourist experience on return intention through tourist satisfaction as a mediating variable in the case study of Ciseeng Tourism Village. All four variables were tested to draw conclusions. This research was conducted in the Jabodetabek area. The quantitative research method uses the Likert scale in Jabodetabek at least twice as a population size used by tourists aged 17 years and over. In this study, the sampling method was purposive sampling, obtained by no less than 215 respondents. Exploratory analysis technique using SEM (Structural Equation Model). The results of this study show that destination image and tourist experience significantly affect tourist satisfaction, destination image, tourist experience, and tourist satisfaction significantly affect revisit intention. However, destination image and tourist experience do not directly affect revisit intention through tourist satisfaction. Keywords: Destination Image, Tourist Experience, Tourist Satisfaction, Revisit Intention. ABSTRAK Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh destination image dan pengalaman wisatawan terhadap return intention melalui kepuasan wisatawan sebagai variabel mediasi pada studi kasus Desa Wisata Ciseeng. Keempat variabel tersebut diuji untuk menarik kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di wilayah Jabodetabek. Metode penelitian kuantitatif menggunakan skala Likert di Jabodetabek minimal dua kali sebagai ukuran populasi yang digunakan wisatawan berusia 17 tahun ke atas. Metode purposive sampling dipilih untuk menguji tiap variabel, diperoleh tidak kurang dari 215 responden. Teknik analisis eksplorasi menggunakan SEM (Structural Equation Model). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa destination image dan tourist experience secara signifikan berpengaruh langsung terhadap tourist satisfaction, destination image, tourist experience, dan tourist satisfaction secara signifikan berpengaruh terhadap revisit intention. Namun destination image dan tourist experience tidak berpengaruh secara langsung terhadap revisit intention melalui tourist satisfaction. Kata Kunci: Destination Image, Revisit Intention, Tourist Experience, Tourist Satisfaction.
Memprediksi Repurchase Intention pada Aplikasi Bimbingan Belajar Online Maharani Putri; Usep Suhud; Dewi Agustin Pratama Sari
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan Vol 3 No 3 (2022): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jbmk.0303.19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara langsung brand ambassador, service quality, dan brand image terhadap repurchase intention. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode survey dengan menyebarkan kuesioner. Objek pada penelitian ini adalah responden dengan usia 17-20 tahun dan pernah berlangganan bimbingan belajar secara online melalui aplikasi Ruangguru. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 243 orang. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan SEM dengan bantuan aplikasi SPSS Versi 25.0 dan AMOS 25. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa semua variabel berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap repurchase intention aplikasi bimbingan belajar Ruangguru. This study aims to determine the effect of brand ambassador, service quality, and brand image on repurchase intention. This research uses quantitative methods. The data collection method in this study used a survey method by distributing questionnaire. The object of this research is respondents aged 17-20 years and have subscribed to online tutoring through the Ruangguru application. The number of respondent in this study were 243 people. The data analysis technique in this study analyzed by using SEM assisted by SPSS Version 25 and AMOS applications. The results of hypothesis all variables has significant positive effect on Repurchase Intention.
Pengaruh Celebrity Endorser Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Oleh Citra Merek: Studi Pada Konsumen Produk Fashion Di DKI Jakarta Azzah Aqilah; Agung Kresnamurti Rivai P; M. Edo Suryawan Siregar
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan Vol 3 No 3 (2022): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jbmk.0303.09

Abstract

ABSTRACT The purpose of writing this study is to test the positive and significant effect of Celebrity Endorsers and Product Design on Purchasing Decisions mediated by Brand Image. The data collection method in this study used a survey through a questionnaire that was distributed online. The object of this study is respondents who have purchased Erigo Apparel products and respondents are people domiciled in DKI Jakarta. There were 237 respondents who were analyzed using SPSS version 23 and SEM (Structural Equation Model) from LISREL 8.8 software to manage data and analyze research data. The results of this study show that Celebrity Endorsers, Product Design, and Brand Image have a positive and significant effect on Purchasing Decisions. Also, Celebrity Endorser and Product Design have a positive and significant effect on Purchasing Decisions through Brand Image. ABSTRAK Tujuan penulisan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh positif dan signifikan Celebrity Endorser dan Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian dimediasi oleh Citra Merek. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan survei melalui kuesioner yang disebarkan secara online. Objek penelitian ini adalah responden yang pernah melakukan pembelian produk Erigo Apparel serta responden merupakan masyarakat yang berdomisili di DKI Jakarta. Terdapat 237 responden yang dianalisis menggunakan SPSS versi 23 dan SEM (Structural Equation Model) dari software LISREL 8.8 untuk mengelola data dan menganalisis data hasil penelitian. Hasil pada penelitian ini menunjukkan Celebrity Endorser, Desain Produk, dan Citra Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Serta, Celebrity Endorser dan Desain Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian melalui Citra Merek.
Pengaruh Experiential Marketing dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Radika Rais Ananda; Suherman; M. Edo S Siregar
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan Vol 3 No 3 (2022): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jbmk.0303.16

Abstract

This study aims toidetermine the impact of experiential marketing, product quality, and customer satisfaction on customer loyalty for Nike shoes users. iThe data collection method used a survey method with purposive sampling on a Likert scale. The object of this research is 205 respondents whoiare Nike shoe users in Bekasi. iThis research uses SPSS software version 24iand SEM (Structural Equation Modeling) iAMOS version 24 for data analysis. The results showed: (1) experiential marketing had a positive and significant effect on customer satisfaction, (2) product quality had a positiveiand significant effect on customer satisfaction, (3) iexperiential marketing had a positive and significant effect on customer loyalty. (4) product quality has a positive and significant effect on customer loyalty, (5) icustomer satisfaction has a positive and significant effect on customer loyalty. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh experientialimarketing, kualitas produk, dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan produk sepatu Nike. Metode pengumpulanidata menggunakan metode survei dengan purposive sampling secara skala likert. Objek penelitian ini adalah 205iresponden yang merupakan pengguna sepatu Nike di Bekasi. Penelitian ini menggunakan softwareiSPSS versi 24 dan SEM (Structural Equation Modelling) AMOS versi 24 untuk analisis data. Hasilipenelitian menunjukkan: (1) experiential marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan , (2) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, (3) experiential marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. (4) kualitasiproduk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, (5) kepuasan pelanggan berpengaruhipositif dan signifikan terhadap loyalitasipelanggan.
Pengaruh Persepsi Harga, E-Promosi, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Fashion Lokal Herdian Akbar; Osly Usman; Dewi Agustin Pratama Sari
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan Vol 3 No 3 (2022): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jbmk.0303.21

Abstract

ABSTRACT This study aims to determine the effect of price perception, e-promotion, and brand image on purchasing decisions of 3Second products. This study using quantitative method, and a questionnaire instrument to collect data. The object of this research has 236 respondents who have bought 3Second products or respondents who have a desire to buy 3Second products. The data analysis used in this research is using SPSS applications to process and analyze research data. The results of hypothesis test showed that price perception, e-promotion, and brand image has a positive and significant effect on purchase decision. Keyword: Price Perception, E-Promotion, Brand Image, Purchase Decision ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi harga, e-promosi, dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk 3Second. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dan instrumen kuesioner untuk memperoleh data. Objek penelitian ini memiliki 236 responden yang pernah membeli atau memiliki keinginan membeli produk 3Second. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan aplikasi SPSS untuk mengolah dan menganalisis data hasil penelitian. Hasil dari uji hipotesis menunjukkan bahwa persepsi harga, e-promosi, dan citra merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kata kunci: Persepsi Harga, E-Promosi, Citra Merek, Keputusan Pembelian
Pengaruh Beban Kerja, Stres Kerja, dan Work Family Conflict Terhadap Burnout Karyawan Intan Inggis Lineuwih; Tuty Sariwulan; Nadya Fadillah Fidhyallah
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan Vol 3 No 3 (2022): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jbmk.0303.20

Abstract

Seiring dengan perubahan dunia kerja yang terdampak dari adanya Covid-19, setiap perusahaan perlu meminimalisir risiko yang dapat muncul dari adanya perubahan tersebut. Hadirnya burnout syndrome dapat menjadi sebuah risiko yang dapat mengancam kualitas hidup perusahaan dan produktivitas karyawan. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis burnout pada karyawan yang dipengaruhi oleh beban kerja, stres kerja, dan work family conflict. Penelitian ini tergolong tipe penelitian asosiatif dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan ialah metode sensus (sampel jenuh). Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 60 responden. Proses pengumpulan data menggunakan kuesioner yang selanjutnya dianalisis melalui teknik analisis regresi linear berganda (multiple linear regression). Berdasarkan perolehan data dapat disimpulkan beban kerja (X1) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap burnout (Y) pada karyawan. Stres kerja (X2) berpengaruh postitif dan signifikan terhadap burnout (Y) pada karyawan. Work family conflict (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap burnout (Y) pada karyawan. Secara simultan beban kerja (X1), stres kerja (X2), dan work family conflict (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap burnout (Y) pada karyawan.

Page 1 of 3 | Total Record : 21