cover
Contact Name
M. Iman Hidayat
Contact Email
iman.lrpsu@gmail.com
Phone
+6282160940804
Journal Mail Official
lrpsu.official@gmail.com
Editorial Address
https://journal.lrpsu.or.id/index.php/jmri/about/editorialTeam
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Journal of Multidisciplinary Research and Innovation (JMRI)
ISSN : 29873592     EISSN : 29873592     DOI : 10.61240
Journal of Multidisciplinary Research and Innovation (JMRI) developed by North Sumatra Research and Development Institute with the legal entity Decree of the Minister of Law and Human Rights Number AHU - 0001595.AH.01.07.Year 2020. JMRI is a journal in the field of multidisciplinary research which covers the fields of education, economics, management, computer technology, pure scientific, health, psychology engineering fields, etc.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 16 Documents
ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN UCOK KOPI Fahriansah Faiz
JMRI Journal of Multidisciplinary Research and Innovation Vol. 1 No. 1 (2023): April
Publisher : Lembaga Riset dan Pengembangan Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan café “Ucok Kopi” secara keseluruhan pada lima dimensi kualitas pelayanan (tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung café “Ucok Kopi” yang belum diketahui jumlahnya secara pasti. Dengan demikian penentuan jumlah sampel penelitian dengan menggunakan teknik accidental sampling dengan menetapkan faktor pengali 8 dari jumlah indikator penelitian sehingga diperoleh sebanyak 56 orang sampel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis statistik deskriptif serta Customer Satisfaction Index (CSI) yang dibagi atas kategori harapan dan kategori kinerja. Seluruh item instrumen penelitian dengan jumlah 30 item dinyatakan valid dan reliabel. Hasil penelitian yang diperoleh tingkat kepuasan pelanggan café “Ucok Kopi” secara keseluruhan pada lima dimensi kualitas pelayanan (tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty) termasuk kriteria sangat puas dimana kepuasan pelanggan café “Ucok Kopi” tertinggi ditunjukkan pada dimensi reliability dan assurance.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI PADA MATERI MENULIS PUISI Siti Malahayati
JMRI Journal of Multidisciplinary Research and Innovation Vol. 1 No. 1 (2023): April
Publisher : Lembaga Riset dan Pengembangan Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran video animasi menggunakan Canva pada materi menulis puisi kelas X SMA Swasta Prayatna Medan, (2) Mendeskripsikan validitas ahli materi dan ahli media tentang pengembangan media pembelajaran video animasi menggunakan Canva pada materi menulis puisi kelas X SMA Swasta Prayatna Medan, (3) Mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran video animasi menggunakan Canva pada materi menulis puisi kelas X SMA Swasta Prayatna Medan. Sumber data pada penelitian ini berupa kuesioner. Jenis data yang digunakan adalah data deskriptif kualitatif sebagai data pokok yang terkumpul melalui instrumen menggunakan skala Likert. Responden dalam penelitian ini adalah ahli materi dan ahli media. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model Borg dan Gall yang dilakukan penyesuaian dalam 6 tahap karena masih dalam keadaan pandemi Covid-19 yakni (1) analisis kebutuhan, (2) Perencanaan Spesifikasi Produk, (3) Perencangan Produk, (4) Validasi Produk, (5) Revisi/perbaikan Produk, (6) Diseminasi. Respon ahli materi, diperoleh rata- rata keseluruhan aspek materi 77,37% dengan kategori “Layak”. sementara ahli media/ desain diperoleh rata- rata keseluruhan aspek sebesar 94,17% dengan katagori “Sangat Layak”. Ini berarti media pembelajaran video animasi menulis puisi berbantuan video animasi Canva untuk siswa kelas X SMA ini layak dan valid untuk diterapkan pada kelompok kecil atau kelompok besar.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEMANEN PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IV Angga Pandu
JMRI Journal of Multidisciplinary Research and Innovation Vol. 1 No. 1 (2023): April
Publisher : Lembaga Riset dan Pengembangan Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui : (1) pengaruh gaya kepemimpinan terhadap produktivitas kerja Pemanen di kebun Pabatu PT. Perkebunan Nusantara IV, (2) pengaruh motivasi terhadap produktivitas kerja pemanen di kebun Pabatu PT. Perkebunan Nusantara IV, (3) pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi terhadap produktivitas kerja pemanen di kebun Pabatu PT. Perkebunan Nusantara IV. Penelitian ini merupakan penelitian survei menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode explanatory research. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 127 sampel yang ditentukan melalui teknik random sampling. Instrumen penelitian terdiri dari 20 item pertanyaan terhadap 3 variabel penelitian yang dinyatakan valid dan reliabel. Analisis data menggunakan regresi linier berganda yang sebelumnya telah dilakukan uji normalitas data. Selanjutnya dilakukan uji t parsial, uji Anova dan uji koofisien determinan. Hasil penelitian diperoleh : (1) gaya  kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja pemanen di kebun Pabatu PTPN IV, (2) motivasi berpengaruh yang signifikan terhadap produktivitas kerja pemanen di kebun Pabatu PTPN IV, (3) gaya kepemimpinan dan motivasi secara bersama-sama atau simultan memiliki pengaruh terhadap produktivitas kerja PTPN IV.
PENGARUH MOTIVASI DAN PENILAIAN PRESTASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT IDK II MEDAN Hadman Lubis
JMRI Journal of Multidisciplinary Research and Innovation Vol. 1 No. 1 (2023): April
Publisher : Lembaga Riset dan Pengembangan Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan PT. Istana Deli Indah Kencana II Medan, (2) mengetahui pengaruh penilaian prestasi kerja terhadap kinerja karyawan PT. Istana Deli Indah Kencana II Medan, (3) mengetahui pengaruh motivasi dan penilaian prestasi kerja terhadap kinerja karyawan PT. Istana Deli Indah Kencana II Medan. Penelitian ini merupakan penelitian survey dimana sampel diambil dengan cara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen motivasi kerja yang terdiri dari 18 pertanyaan, instrumen penilaian prestasi kerja yang terdiri dari 21 pertanyaan dan instrumen kinerja karyawan yang terdiri dari 36 pertanyaan yang dinyatakan valid dan reliabel. Teknik analisis data penelitian menggunakan regresi linier berganda, uji t, uji F dan uji koefisien determinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan PT. Istana Deli Indah Kencana II Medan, (2) terdapat pengaruh penilaian prestasi kerja terhadap kinerja karyawan PT. Istana Deli Indah Kencana II Medan, (3) terdapat pengaruh motivasi dan penilaian prestasi kerja terhadap kinerja karyawan PT. Istana Deli Indah Kencana II Medan.
KUALITAS PELAYANAN RUMAH SAKIT PUTRI HIJAU MEDAN DITINJAU DARI FASILITAS BPJS KESEHATAN DAN BPJS KETENAGAKERJAAN Selvi Julianti
JMRI Journal of Multidisciplinary Research and Innovation Vol. 1 No. 1 (2023): April
Publisher : Lembaga Riset dan Pengembangan Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh : (1) fasilitas BPJS kesehatan terhadap kualitas pelayanan rumah sakit Putri Hijau Medan, (2) fasilitas BPJS ketenagakerjaan terhadap kualitas pelayanan pada rumah sakit Putri Hijau Medan, (3) fasilitas BPJS Kesehatan dan fasilitas BPJS Ketenagakerjaan terhadap kualitas pelayanan rumah sakit Putri Hijau Medan, (4) persentase fasilitas BPJS Kesehatan dan fasilitas BPJS Ketenagakerjaan terhadap kualitas pelayanan rumah sakit Putri Hijau Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Dalam penelitian ini yang menjadi populasinya adalah pasien RS Putri Hijau Medan sebanyak 250 pasien. Sampel ditetapkan menggunakan metode Slovin dengan jumlah sampel sebanyak 154 orang. Analisis data menggunakan regresi linier berganda yang sebelumnya telah dilakukan uji asumsi klasik. Selanjutnya dilakukan uji t parsial, uji Anova dan uji koofisien determinan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Fasilitas BPJS Kesehatan memiliki pengaruh yang signifikan dengan kualitas pelayanan di Rumah Sakit Putri Hijau Medan (2) Fasilitas BPJS Ketenagakerjaan memiliki pengaruh yang signifikan dengan kualitas pelayanan di Rumah Sakit Putri Hijau Medan. (3) Fasilitas BPJS Kesehatan dan fasilitas BPJS Ketenagakerjaan memiliki pengaruh yang signifikan dengan kualitas pelayanan di Rumah Sakit Putri Hijau Medan. (4) Sebesar 27,4% variabel fasilitas BPJS kesehatan dan fasilitas BPJS ketenagakerjaan memiliki pengaruh yang signifikan dengan kualitas pelayanan di Rumah Sakit Putri Hijau Medan. Sedangkan sisanya sebesar 72,6% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN Amanda Aulia Putri & Effiani
JMRI Journal of Multidisciplinary Research and Innovation Vol. 1 No. 2 (2023): August.
Publisher : Lembaga Riset dan Pengembangan Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61240/jmri.v1i2.6

Abstract

Penelitian ini di lakukan untuk mengetahui : (1)  Mendiskripsikan Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan di Mc’ Donald’s lodaya Kota Bogor, (2) Mendiskripsikan pengaruh kualitas produk terhadap promosi Mc’ Donald’s lodaya Kota Bogor , (3) Mendiskripsikan pengaruh kualitas produk terhadap harga  Mc’ Donald’s lodaya Kota Bogor . Mendeskripsikan kelayakan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan Mc’ Donald’s Lodaya Kota Bogor. Maka dari itu penulis ingin   mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas produk, harga, promosi terhadap kepuasan pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Mc’Donad’s Restaurant Lodaya Kota Bogor yang telah melakukan pembelian lebih dari  dua kali. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan menentukan 120 responden. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif dengan Statical program for socian science (SPSS). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan harga 1,780 dengan nilai 4,209 promosi mempengaruhi kepuasan dengan nilai 7,544 dan dapat diartikan kualitas produk, harga, promosi, memberikan dampak yang siginifikan terhadap kepuasan pelanggan.  Ini berarti kualitas produk dapat diterima oleh  pelanggan di Mc’Donald’s Lodaya Kota Bogor.
PERTIMBANGAN HAKIM DALAM KASUS TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK Rizal Surya Syahputra, dkk
JMRI Journal of Multidisciplinary Research and Innovation Vol. 1 No. 2 (2023): August.
Publisher : Lembaga Riset dan Pengembangan Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61240/jmri.v1i2.9

Abstract

Kasus kejahatan yang marak terjadi di masyarakat sekarang ini, adalah tindak pidana pembunuhan. Pembunuhan adalah setiap perbuatan yang dilakukan dengan sengaja untuk menghilangkan dan merampas nyawa orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dasar pertimbangan hakim dalam tindak pidana pembunuhan yang dilakukan oleh anak serta kesesuaian putusan dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012. Ruang lingkup dalam penelitian ini berupa hasil putusan dalam perkara tindak pidana pembunuhan yang dilakukan oleh anak. Metode yang digunakan adalah pendektatan yuridis sosiologis, dengan spesifikasi penelitian secara deskriptif analitis. Hasil penelitian diperoleh bahwa terhadap anak dinyatakan terbukti bersalah melakukan tindak pidana dan memenuhi unsur-unsur yang didakwakan oleh jaksa, maka anak dijatuhkan sanksi sebagaimana dalam Pasal 71 ayat 1 huruf e uu SPA mengenai sanksi pidana. Dalam Putusan Pengadilan Nomor 12/Pid.Sus-Anak/PN Smg telah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 Tentang Sistem Peradilan Anak bahwa dijatuhkan sanksi pidana terhadap anak I yakni 3 tahun 6 bulan, dan anak II 1 tahun 6 bulan
PENEGAKAN HUKUM KONSTITUSI TERHADAP KENAKALAN ANAK Moch Ya’lu Bastomi, dkk
JMRI Journal of Multidisciplinary Research and Innovation Vol. 1 No. 2 (2023): August.
Publisher : Lembaga Riset dan Pengembangan Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61240/jmri.v1i2.10

Abstract

Penegakan hukum dan keadilan memiliki peran penting dalam sistem hukum Indonesia. Artikel ini menjelaskan beberapa aspek yang terkait dengan penegakan hukum, dengan mengacu pada ketentuan-ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia. Terdapat beberapa aspek yang dibahas, antara lain pengakuan terhadap masyarakat hukum adat dan hak-hak tradisional, perlindungan individu, peran kekuasaan kehakiman, penerapan hukum berdasarkan Pancasila, tidak membeda-bedakan orang dalam pengadilan, dan pemahaman hakim terhadap nilai-nilai hukum dalam masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode studi dokumen dan analisis konten untuk menganalisis teks-teks hukum yang relevan. Kesimpulan yang dapat diambil adalah penegakan hukum memiliki dimensi yang luas, mencakup pengakuan terhadap hak-hak tradisional masyarakat, perlindungan individu, keadilan, dan pemahaman nilai-nilai hukum dalam masyarakat. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, diperlukan pemahaman yang mendalam terhadap ketentuan hukum yang berlaku dan implementasinya dalam konteks sosial yang lebih luas.
KEPUASAN TAMU DAN PELATIHAN KARYAWAN PADA DEPARTEMEN F&B SERVICE: STUDI KASUS DI SWISS-BELINN KRISTAL KUPANG Kevin Gustian Yulius & Jeremy Moody Koamesah
JMRI Journal of Multidisciplinary Research and Innovation Vol. 1 No. 2 (2023): August.
Publisher : Lembaga Riset dan Pengembangan Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61240/jmri.v1i2.13

Abstract

Penelitian ini membahas masalah-masalah terkait departemen Food and Beverage (F&B) Service di Swiss-Belinn Kristal Kupang. Dengan pertumbuhan signifikan dalam sektor pariwisata, hotel-hotel di wilayah Kupang perlu memberikan pelayanan luar biasa untuk memastikan kepuasan tamu tetap menjadi prioritas. Departemen F&B Service dianggap sebagai elemen kunci dalam menciptakan pengalaman tamu yang positif. Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang pandangan tamu terhadap pelayanan F&B Service. Dua masalah utama diidentifikasi melalui analisis konten dan observasi langsung, yaitu kurangnya pengetahuan tentang menu dan kurangnya keterampilan interpersonal pada staf. Pelatihan karyawan diidentifikasi sebagai solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Berbagai metode pelatihan, seperti kelas, role-play, on-the-job training, diskusi kelompok, dan studi kasus, disarankan untuk meningkatkan pengetahuan produk dan keterampilan interpersonal staf. Dengan implementasi program pelatihan yang sesuai, hotel dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan menciptakan pengalaman menginap yang unggul bagi para tamu. Penelitian ini berkontribusi dalam membentuk praktik terbaik dalam industri perhotelan untuk menghadapi kompleksitas dan menjaga kualitas layanan yang konsisten. Dalam era globalisasi dan persaingan ketat, penelitian ini memberikan kontribusi berarti untuk mencapai keunggulan kompetitif dan meningkatkan kepuasan tamu secara keseluruhan.
KAPITALISASI MASYARAKAT MISKIN DALAM PENYALAHGUNAAN BANTUAN KREDIT USAHA RAKYAT DI DESA REJOAGUNG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG Firranika Putri Fadilla & A. Zahid
JMRI Journal of Multidisciplinary Research and Innovation Vol. 1 No. 2 (2023): August.
Publisher : Lembaga Riset dan Pengembangan Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61240/jmri.v1i2.19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kapitalisasi masyarakat miskin dalam penyalahgunaan bantuan kredit usaha rakyat. Penelitian ini dilakukan di Desa Rejoagung Kecamatan Kedungwaru. Kredit usaha rakyat merupakan program pemerintah yang berkaitan untuk mengentaskan kemiskinkan, dengan cara memberikan bantuan dana pinjaman kepada masyarakat miskin yang berguna untuk memulai atau mengembangkan usaha mereka (start up). Kapitalisasi disini mengacu pada pemanfaatan situasi masyarakat miskin sebagai alat untuk mendapatkan keuntungan atau manfaat pribadi, seperti mengumpulkan kekayaan atau keuntungan secara tidak adil. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data diperoleh melalui sumber data primer dan data sekunde, sedangkan teknik dan pengumpulan data menggunakan wawancara, dan observasi. Analisis data penelitian ini menggunakan model Miles dan Hubermas dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu adanya penyebab kapitalisasi penyalahgunaan bantuan kredit usaha rakyat oleh masyarakat miskin di Desa Rejoagung, dipergunakan untuk pemenuhan kebutuhan primer dalam rumah tangga, dan juga terdapat tekanan yang menjadi penyebab terjadinya penyalahgunaan seperti ketidakstabilan keuangan dan ketidakpastian pekerjaan.

Page 1 of 2 | Total Record : 16