cover
Contact Name
Yanita Ella Nilla Chandra
Contact Email
yanitaella.nillachandra@bisnis.pnj.ac.id
Phone
+6281901668882
Journal Mail Official
japrof@bisnis.pnj.ac.id
Editorial Address
Jl. Prof. Dr. G.A. Siwabessy Politeknik Negeri Jakarta, Gedung H Kampus Baru UI Depok, Depok, Provinsi Jawa Barat, 16425
Location
Kota depok,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Administrasi Profesional
ISSN : -     EISSN : 29631734     DOI : https://doi.org/10.32722/jap.v1i01
Jurnal ini berfokus pada pengembangan ilmu manajemen dan kewirausahaan yang meliputi aspek-aspek : Manajemen keuangan Manajemen Pemasaran Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen operasional Manajemen Strategis Manajemen Sistem Informasi Manajemen Bisnis Kecil Kewiraswastaan
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 02 (2020): Jurnal Administrasi Profesional" : 7 Documents clear
Interpersonal Skill: Upaya Peningkatan SDM Unggul Dunia Pendidikan Egabetha Amirah Yudhaputri
Administratif Profesional Vol 1 No 02 (2020): Jurnal Administrasi Profesional
Publisher : Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/jap.v1i02.3658

Abstract

Pertumbuhan Bisnis di era revolusi industri 4.0 atau sering disebut sebagai era digitalitasi ini membutuhkan keselarasan dengan perkembangan sumber daya manusia (SDM). Perkembangan sumber daya manusia ini dapat dilihat baik dari segi hard skill maupun soft skill. Institusi pendidikan turut berperan dalam pengembangan SDM untuk dapat siap pakai di dunia industri setelah lulus. Proses pendidikan dalam baik jenjang pendidikan diploma maupun sarjana turut berperan aktif dalam hal ini. Peningkatan Soft skill berupa interpersonal skill menjadi salah satu penunjang utama dalam industri yang bergerak di bidang jasa ataupun hospitality. Pada penelitian ini akan membahas keterkaitan peningkatan interpersonal skill dalam penerapan bidang jasa, hospitality. Metode penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dimana data yang diperoleh dari literatur dan hasil survey yang dilakukan dalam salah satu jejang pendidikan di Jakarta. Hasil penelitian menggambarkan bahwa interpersonal skill dibutuhkan pada pekerja dari bidang jenis industri apapun. Penelitian menyatakan sikap dan perilaku merupakan elemen dalam interpersonal skill memiliki peranan penting dalam proses adaptasi para karyawan sehingga melaksanakan tugas dan pekerjaan dalam perusahaan terutama bidang jasa yang berhubungan langsung dengan klien dilaksanakan secara optimal.
Penerimaan dan Penggunaan OVO Paylater dengan Menggunakan Model UTAUT Windy Pratiwi A. Mooduto; Iis Mariam
Administratif Profesional Vol 1 No 02 (2020): Jurnal Administrasi Profesional
Publisher : Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/jap.v1i02.3659

Abstract

Beberapa tahun belakangan ini layanan keuangan semakin canggih dengan didukung teknologi sebagai media perantaranya. Berbagai fitur pembayaran dihadirkan oleh perusahaan penyedia jasa dan layanan yang menjadikan fitur pembayaran semakin beragam, salah satunya sistem paylater. Aplikasi yang mendukungpaylater tersebut adalah OVO. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh perilaku pengguna dalam penerimaan dan penggunaan OVO Paylater. Pengambilan sampel menggunakan teknik snowball sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang berdomisili di Jakarta Selatan. Metode pengumpulan datayang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisoner. Data penelitian dianalisis menggunakan PLS-SEM (Partial Least Square-Structural Equation Modeling) dengan perangkat lunak SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Performance Expectancy berpengaruh terhadap Behavioral Intention dengan nilaikoefisien sebesar 0,202 dan nilai p-value 0,022. Social Influence berpengaruh terhadap Behavioral Intention dengan nilai koefisien sebesar 0,332 dan nilai p-value 0,001. Facilitating Conditions berpengaruh terhadap Behavioral Intention dengan nilai koefisien sebesar 0,252 dan nilai p-value 0,044. Behavioral Intention berpengaruh terhadap Use Behavior dengan nilai koefisien sebesar 0,934 dan nilai p-value 0,000. Sedangkan, Effort Expectancy tidak berpengaruh terhadap Behavioral Intention, hal ini dibuktikan dengan nilai p-value labih dari 0,1 yakni 0,394
Analisis Manajemen Laba Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017- 2018 Vicha Rahmadiani; Husnil Barry
Administratif Profesional Vol 1 No 02 (2020): Jurnal Administrasi Profesional
Publisher : Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/jap.v1i02.3660

Abstract

Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan tindakan manajemen laba melalui manipulasi aktivitas riil di sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2018. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen laba melalui manipulasiaktivitas riil yang berupa production cost dan menganalisis pengaruh dari manajemen laba terhadap nilai perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2018 secara parsial. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif, dimana dalam pemilihan sampel perusahaan menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria. Data analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier sederhana dengan data panel yang terdiri dari 68 data cross section dan 2 data time series dari tahun 2017 sampai dengan tahun 2018 dengan random effect model. Hasil analisis data menunjukkan bahwa manajemen laba secara parsial tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan yang ditunjukkan dengan probabilitas sebesar 0.3967 dan nilai koefisien sebesar 1.110000. Koefisien determinasi yang ditunjukkan dari nilai Adjusted R-Square sebesar 96.8036% yang berarti variabel manajemen laba dapat menjelaskan nilai perusahaan sebesar 96.8036%, sedangkan 3.1964% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa variabel manajemen laba tidak dapat digunakan sebagai strategi untuk meningkatkan nilai perusahaan pada perusahaan sektor industri barang konsumsi. Jadi, besar kecilnya nilai perusahaan tidak dipengaruhi oleh manajemen laba.
Analisis IPA Dalam Mengukur Kepuasan Pelanggan PT. Medion Ardhika Bhakti Berdasarkan Dimensi SERVQUAL Arafatur Rahmi; Astri Wulandari; Dandy Marcelino
Administratif Profesional Vol 1 No 02 (2020): Jurnal Administrasi Profesional
Publisher : Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/jap.v1i02.3661

Abstract

Saat ini bisnis sedang dihadapkan pada kompetitifnya persaingan di tengah pelaku bisnis, di samping itu para pelaku usaha diharapkan mampu tetap bertahan di tengah perubahan yang penuh inovasi dan sangat pesat. Dengan komitmen serta pengalaman dalam menyediakan produk dengan kualitas tinggi guna memberikan kepuasan pelanggan. PT Medion Ardhika Bhakti juga telah dikenal sebagai perusahaan terkemuka yang memproduksi serta memasarkan produk farmasi, vitamin, vaksin. Berdasarkan data internal perusahaan, diketahui PT Medion Ardhika Bhakti Bandung mengalami penurunan indeks kualitas pelayanan pada periodik terakhir sebesar 3,05% di semester II-2019. Adapun tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengambil kebijakan dalam meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan PT Medion Ardhika Bhakti, dan mengetahui tingkat kepuasan pelanggan. Data didapat melalui kuesioner yang disebarkan terhadap 100 orang pelanggan PT Medion Ardhika Bhakti. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif untuk mengetahui level kesenjangan (GAP) melalui bantuan analisis IPA (Importance Performance Analysis). Hasil riset ini menunjukkan tingkat kepuasan pelanggan PT Medion Ardhika Bhakti yang diukur melalui GAP antara kinerja dan harapan memperoleh nilai rata-rata kinerja 3,69, sedangkan rata-rata harapan sebesar 3,91. Berdasarkan hasil analisis IPA tersebut, maka dapat disimpulkan jika pelanggan sudah merasa puas namun masih ada atribut kualitas layanan yang perlu ditingkatkan dengan prioritas utama adalah fasilitas visual seperti aplikasi customer service sebagai penunjang proses pemberian pelayanan dengan cepat, dan kualitas pelayanan purna jual sehingga penelitian ini sangat membantu dalam membuat kebijakan di masa mendatang.
Pengaruh Metode Assessment Center Terhadap Pengembangan Karir Karyawan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kantor Pusat Bavarian Vivaldi; Azwar Azwar
Administratif Profesional Vol 1 No 02 (2020): Jurnal Administrasi Profesional
Publisher : Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/jap.v1i02.3662

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode assessment center terhadap pengembangan karir karyawan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kantor Pusat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Untuk pengujian asumsi klasik menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Dan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear sederhana, analisis korelasi sederhana, koefisien determinasi R2, dan uji signifikan T. Jumlah populasi sebanyak 74 karyawan yang menjabat manager dengan perhitungan sampel menggunakan rumus Slovin, sehingga jumlah sampel sebanyak 62 responden. Data yang diolah menggunakan software SPSS versi 25 for windows. Persamaan regresi pada penelitian ini menunjukan nilai korelasi regresi variabel assessment center (X) memiliki kenaikan pada variabel pengembangan karir (Y) sebesar 49,6%. Berdasarkan hasil analisis korelasi sederhana diperoleh 67,6% yang artinya adanya hubungan yang cukup antara variabel assessment center (X) terhadap variabel pengembangan karir (Y). Berdasarkan analisis koefisien determinasi (R2) diperoleh sebesar 45,7% pengembangan karir dipengaruhi oleh assessment center, sedangkan sisanya 54,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Strategi Customer Relationship Management PT Wahana Makmur Sejati untuk Mempertahankan Member Honda VIP Card Brigita Ruth Tamara; Titik Purwinarti
Administratif Profesional Vol 1 No 02 (2020): Jurnal Administrasi Profesional
Publisher : Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/jap.v1i02.3669

Abstract

Penelitian dengan judul “Strategi Komunikasi Customer Relationship Management PT Wahana Makmur Sejati untuk Mempertahankan Relasi dengan Member Honda VIP Card” bertujuan untuk mengetahui strategi customer relationship management yang diimplementasikan dalam bentuk membership Honda VIP Card melalui strategi yang digunakan dalam menghadapi perebutan pangsa pasar yang bergerak dalam industri sepeda motor dengan memanfaatkan teknologi informasi yang berkembang saat ini serta faktor-faktor yang mempengaruhi perusahaan untuk mempertahakan member Honda VIP Card. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif melalui data yang diperoleh dari wawancara mendalam dengan 2 sumber informan dari karyawan PT Wahana Makmur Sejati dan Marketing Promotion Head Honda VIP Card, tabel penjualan sepeda motor dengan berbagai merk yang menunjukan bahwa penjualan sepeda motor Honda meningkat dan grafik pengguna Honda VIP Card periode 2017-2019. Customer Relationship Management perlu diterapkan dalam sebuah perusahaan untuk menghadapi persaingan bisnis yang terjadi saat ini mengiringi kemajuan teknologi yang semakin berkembang. Customer Relationship Management diprelukan agar perusahaan yang bergerak dalam penghasil produk dan jasa dapat mengelola hubungan yang baik dengan pelanggan atau member. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi komunikasi Customer Relationship Management PT Wahana Makmur Sejati masih berusaha untuk mempertahankan relasi dengan member Honda VIP Card dan menerapkan model strategi yang dimiliki oleh Peppers dan Rodgers berbasis survey yang dilakukan dengan pelanggan. Selain itu, dalam penerapan Customer Relationship Management Honda VIP Card memanfaatkan teknologi informasi dalam bentuk media sosial dan website, sehingga dengan adanya penelitian ini bisa membuat perusahaan semakin berusaha untuk mempertahankan pelanggan dengan memberikan keuntungan serta lebih informatif.
Analisis Penerapan Sistem Kerja Kontrak Karyawan pada PT NGK Busi Indonesia Sri Isnaeni Achmad; Syamsurizal Syamsurizal; Anwar Mustofa
Administratif Profesional Vol 1 No 02 (2020): Jurnal Administrasi Profesional
Publisher : Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/jap.v1i02.5069

Abstract

This study aims to determine whether the implementation of the contract work system at PT NGK Busi Indonesia is in accordance with Law No. 13 of 2003 on Manpower. This research is qualitative descriptive. Data were collected using 3 methods, namely in-depth interviews, observation and documentation. Data interpretation is done in stages starting from data collection, data reduction, until the final conclusions are obtained. The results showed that the implementation of the contract work system at PT NGK Busi Indonesia was in accordance with the Manpower Law. There are 6 indicators namely Job Training, Work Agreement, Protection, Wages, Welfare, and Termination of Employment. Employees are given training for 3 months before the contract period, the term of the work agreement for 1 year and can be extended 1 time with a period of 1 year as well. Employees get social security, health benefits, transportation, and food. They also get paid leave and overtime pay. The wage system uses the Provincial Sectoral Minimum Wage.

Page 1 of 1 | Total Record : 7