cover
Contact Name
Septi
Contact Email
septi@unib.ac.id
Phone
+6281369674090
Journal Mail Official
septi@unib.ac.id
Editorial Address
Jl.WR Supratman Kandang Limun Bengkulu, Indonesia 38371A
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Jurnal Perpustakaan dan Informasi (JAPRI)
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : 2686147X     EISSN : 30249880     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Perpustakaan dan Informasi (JAPRI) dikelola secara profesional dan diterbitkan oleh Tim Publikasi Perpustakaan Universitas Bengkulu. Jurnal Perpustakaan dan Informasi (JAPRI) adalah jurnal nasional, yang didedikasikan untuk publikasi hasil kajian, penelitian yang berkualitas dibidang Ilmu Perpustakaan dan Sains Informasi namun tak terbatas secara implisit serta bebas biaya dalam proses submusi. Selanjutnya Jurnal Perpustakaan dan Informasi (JAPRI) secara online menerbitkan paper secara berkala 2 kali setahun pada bulan Juni dan Desember dengan Nomor SK ISSN : 30249880/II.7.4/SK.ISSN/08/2023 EISSN 3024-9880 (Online - Elektronik)
Articles 12 Documents
KOMUNIKASI ILMIAH (SCHOLARLY COMMUNICATION) MELALUI OPEN JOURNAL SYSTEM (OJS) BAGI PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS BENGKULU Septi Septi; Darti Daryanti
Jurnal Perpustakaan dan Informasi Vol. 5 No. 1 (2023): JAPRI: JURNAL PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI
Publisher : UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jurnal ilmiah merupakan salah satu tulisan ilmiah yang mempunyai nilai di perguruan tinggi dan merupakan sarana komunikasi ilmiah (scholarly communication). Tujuan dari tulisan ini adalah untuk mengetahui sejauhmana keberadaan komunikasi ilmiah melalui OJS di perpustakaan perguruan tinggi. Metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah studi literatur. Pembahasan yang akan dikembangkan dalam tulisan ini adalah mengenai bagaimana karya ilmiah yang dikemas di dalam jurnal ilmiah sehingga dapat dibaca dan diakses oleh masyarakat pembaca dan merupakan “jantung” di perguruan tinggi sehingga penting sekali dalam proses komunikasi ilmiah (scholarly communication). Salah satu open access system yang bisa mengakomodir situs journal adalah Open Journal Systems (OJS). Dengan memanfaatkan OJS, informasi mengenai jurnal dan artikel ilmiah serta segala sesuatu yang berkaitan, akan bisa diketahui semua oleh masyarakat pembaca melalui sistem ini. Perpustakaan sebagai garda terdepan pada suatu perguruan tinggi terutama dalam menyikapi masalah ini sebagai pusat diseminasi dalam hal komunikasi ilmiah (scholarly communication).
PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA PROMOSI DIGITAL PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS BENGKULU Septi Septi; Lili Haryanti; Idham Khalik M
Jurnal Perpustakaan dan Informasi Vol. 5 No. 1 (2023): JAPRI: JURNAL PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI
Publisher : UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan media sosial instagram sebagai media promosi perpustakaan di Perpustakaan Universitas Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang menggambarkan pemanfaatan media Instagram sebagai promosi perpustakaan yang mengacu pada bauran promosi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Perpustakaan Universitas Bengkulu memanfaatkan Instagram sebagai wadah promosi, dengan konten postingan mengenai kegiatan yang sudah dilaksanakan, selain itu layanan yang disediakan perpustakaan, kegiatan atau event yang akan digelar, hingga informasi lainnya yang bermanfaat bagi para pemustaka
PEMANFAATAN REPOSITORY INDONESIA ONESEARCH (IOS) SEBAGAI KEBUTUHAN INFORMASI UNTUK PEMBELAJARAN BAGI MAHASISWA UNIVERSITAS BENGKULU Septi Septi; Daryono Daryono
Jurnal Perpustakaan dan Informasi Vol. 5 No. 1 (2023): JAPRI: JURNAL PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI
Publisher : UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Informasi terpercaya seperti sumber pada perpustakaan sangat dibutuhkan seiring berkembangnya zaman membuat Perpustakaan Nasional berinisiatif menciptakan situs yang menggabungkan semua perpustakaan di Indonesia, adalah situs repositori Indonesia Onesearch (IOS). Maka perlu diketahui pemanfaatan Repositori IOS untuk memenuhi kebutuhan informasi mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemanfaatan Repositori IOS untuk memenuhi kebutuhan informasi penelitian mahasiswa Program Studi S1 Universitas Bengkulu. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Affect yaitu teori yang mengukur pemanfaatan dan kebutuhan informasi penelitian. Penelitian menggunakan jenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif, subyek penelitian berjumlah 8 informan. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu informan dipilih sesuai dengan kriteria. Hasil penelitian ini : 1) Intensitas waktu cukup lama dan cukup sering digunakan mahasiswa. 2) Jenis isi media yang digunakan mahasiswa berformat jurnal, mahasiswa sering mengakses bidang perpustakaan dan sering membaca kajian pustaka. 3) Hubungan repositori dan isi informasi sangat mempermudah dalam menemukan informasi serta mahasiswa loyalitas terhadap IOS. 4) Pokok masalah mudah ditemukan dan sangat membantu penelitian mahasiswa. 5) Tingkat Intelektual mahasiswa bertambah dengan menggunakan Repositori IOS. 6) Kuantitas, jumlah informasi pada IOS sering membantu penelitian. 7) Kualitas informasi sangat akurat, cukup lengkap, dan terbaru. 8) Kecepatan, IOS cukup cepat dalam menyebarkan dan menyampaikan informasi. Oleh karena itu dapat diketahui Repositori IOS dimanfaatkan dengan baik sehingga dapat memenuhi kebutuhan penelitian mahasiswa Program Studi S1 Universitas Bengkulu.
EFEKTIVITAS PELAKSANAAN DIKLAT CALON KEPALA PERPUSTAKAAN SEKOLAH (CKPS) OLEH DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI BENGKULU Septi Septi; Fitria Okta Khairunnisyah
Jurnal Perpustakaan dan Informasi Vol. 5 No. 1 (2023): JAPRI: JURNAL PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI
Publisher : UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik data yang digunakan adalah Analisis Interaktif (Interactive Model of Analysis), yaitu dengan menggambarkan serta menguraikan informasi dari setiap bagian komponen yang dinilai. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pelaksanaan diklat calon kepala perpustakaan sekolah sudah efektif. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil yaitu para peserta diklat calon Kepala perpustakaan sekolah dapat meningkatkan keterampilan pengelola perpustakaan dalam mengelola perpustakaan sekolah, meningkatkan standar pengelolaan perpustakaan, dan menerapkan teknologi otomasi perpustakaan yang dapat dikatakan efektif. Pelaksanaan Diklat Calon Perpustakaan dalam penelitian ini telah cukup efektif dalam menghasilkan calon kepala perpustakaan sekolah yang lebih berkualitas dan berkompeten yang dapat diangkat menjadi kepala perpustakaan sekolah. Namun, penelitian ini masih memiliki beberapa keterbatasan yang disebabkan karena, sarana dan prasarana yang tidak memadai. Sehingga, terjadi suatu kendala dalam pelaksanaan diklat calon kepala perpustakaan sekolah. Maka dari itu, tentu penelitian ini masih memiliki gap penelitian yang masih bisa diisi untuk penelitian selanjutnya.
SELF AWARENESS PEMUSTAKA DALAM MENERAPKAN SIKAP DISIPLIN TERHADAP TATA TERTIB PENGGUNAAN JASA LAYANAN PERPUSTAKAAN Septi Septi; Susialia Fitriani
Jurnal Perpustakaan dan Informasi Vol. 5 No. 1 (2023): JAPRI: JURNAL PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI
Publisher : UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sikap pelayanan memegang peranan yang sangat penting dalam upaya terselenggaranya fungsi perpustakaan secara prima. Salah satu bentuk upaya tersebut adalah dengan diterapkannya tata tertib sebagai panduan bagi pemustaka dalam memperoleh hak dan kewajibannya. Sebagai salah satu intitusi pendidikan tinggi, Universitas Bengkulu telah menerapkan berbagai aturan yang tertuang dalam tata tertib perpustakaan demi terciptanya kedisiplinan dan kesinambungan akademis yang sehat dan kondusif. Idealnya tata tertib di buat untuk ditaati, namun praktiknya masih juga ditemukan berbagai pelanggaran yang dilakukan oleh pemustaka, sehingga berakibat pada terganggunya sistem pelayanan pada perpustakaan. Melalui penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif dalam tulisan ini, penulis membahas bagaimanakah upaya perpustakaan dalam mengevaluasi serta menerapkan tata tertib secara maksimal dan tegas.. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa menciptakan kondisi akademis yang sehat dan kondusif tidak terlepas dari keterlibatan berbagai pihak, pentingnya membangun self awareness pemustaka akan pentingnya menerapkan kedisiplinan diri, demikian pula perpustakaan untuk terus mengevaluasi dan berbenah dari setiap kejadian yang berakibat fatal pada citra organisasi
SURVEI KEBUTUHAN PEMUSTAKA GUNA MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG LAYANAN DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS BENGKULU Septi Septi; Sugiarti Sugiarti
Jurnal Perpustakaan dan Informasi Vol. 5 No. 1 (2023): JAPRI: JURNAL PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI
Publisher : UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Survei ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah Pemustaka sudah merasa puas dengan koleksi yang dimiliki oleh Perpustakaan Universitas Bengkulu dan apakah sudah sesuai dengan kebutuhan dari pemustaka. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitafif, pengumpulan data dalam survei ini dengan memberikan kuesioner kepada pemustaka dengan menggunakan google form. Kegiatan survei kebutuhan pengguna ini berkaitan erat dengan kebijakan pengembangan bahan perpustakaan yang dimiliki oleh UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Pemustaka sudah puas terhadap sistem yang diterapkan dalam memenuhi kebutuhan pemustaka, jenis bahan perpustakaan, ketersediaan berbagai koleksi baik yang tercetak maupun digital di UPT perpustakaan Universitas Bengkulu. Namun guna memenuhi kebutuhan pemustaka tersebut hendaknya koleksi fiksi, e-book dan e-Journal lebih ditambah jumlah dan variasinya. Semoga hasil survei ini dapat meningkatkan kepuasan pemustaka perpustakaan ini tidak hanya menjadi bahan bacaan semata, namun dapat meberikan gambaran guna meningkatkan kualitas dan pengembangan kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan layanan perpustakaan agar nantinya mampu mendukung pencapaian visi dan misi yang telah dirumuskan sejak awal.
EVALUASI PEMANFAATAN KNOWLEDGE SHARING DALAM RANGKA PENINGKATAN KOMPETENSI PUSTAKAWAN DI LINGKUNGAN BADAN RISET DAN INOVASI NASIONAL Septi Septi; Suci Wulandari; Tupan Tupan; Rahmadani Ningsih Maha
Jurnal Perpustakaan dan Informasi (JAPRI) Vol. 4 No. 2 (2022): JAPRI: JURNAL PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI
Publisher : UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Guru Dilakukan evaluasi pemanfaatan knowledge sharing di Perpustakaan BRIN dilakukan dengan tujuan mengetahui apakah materi yang diberikan nara sumber bermanfaat dan mudah dipahami; apakah penjelasan nara sumber dapat menambah pengetahuan; apakah pelatihan dapat menambah pengetahuan dan keterampilan baru; apakah pemaparan nara sumber cukup baik; dan tingkat kesulitan aplikasi dan kendala pustakawan dalam proses pelaksanaan KS. Kajian dilakukan dengan menggunakan metode survey dengan teknik accidental sampling dan kuesioner. Sampel diambil dari acara KS secara daring (zoom) untuk internal pustakawan BRIN. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif berdasarkan hasil kuesioner dan wawancara. Hasil kajian menunjukkan bahwa kendala pelaksanaan Knowledge Sharing (KS), yaitu pelatihan dilaksanakan secara daring sehingga materi yang diberikan nara sumber walaupun penyampaian dan isi materi sangat bagus namun kurang efektif. Memerlukan bimbingan secara tatap muka.
IMPLEMENTASI FUNGSI PUSTAKAWAN SEBAGAI AGEN PERUBAHAN Septi Septi; Nanik Rahmawati
Jurnal Perpustakaan dan Informasi (JAPRI) Vol. 4 No. 2 (2022): JAPRI: JURNAL PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI
Publisher : UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas pustakawan sebagai agen perubahan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil pembahasan dan pemaparan di atas dapat disimpulkan bahwa pustakawan sebagai agen perubahan harus pro aktif dalam memberikan layanan baik bimbingan maupun yang bersifat teknis kepada pemustaka. Pustakawan dalam mengemas informasi dengan cara meningkatkan kompetensi pustakawan. dalam mengembangkan perpustakaan dengan berinovasi tata ruang perpustakaan, inovasi layanan serta inovasi pembelajaran. Dengan keterampilan dan kepiawaian seorang pustakawan sangat diperlukan untuk memberikan layanan prima kepada para pemustaka dalam menyediakan informasi
ANALISIS PEMAHAMAN PEMUSTAKA TERHADAP TATA TERTIB YANG BERLAKU DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS BENGKULU Septi Septi; Zafiratul Ashra
Jurnal Perpustakaan dan Informasi (JAPRI) Vol. 4 No. 2 (2022): JAPRI: JURNAL PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI
Publisher : UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menganalisa bagaimana pemahaman pemustaka terhadap tata tertib yang berlaku di ruang baca UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu. Tujuan dari penelitian ini untuk mendiskripsikan bagaimana pemahaman pemustaka terhadap tata tertib yang berlaku di UPT. Perpustakaan Universitas Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk mengetahui pemahaman pemustaka terhadap tata tertib yang berlaku di UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu. Data yang dikumpulkan berdasarkan hasil observasi dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa sebagian dari pemustaka terutama pemustaka yang merupakan mahasiswa baru di Universitas Bengkulu masih banyak yang belum mengetahui tata tertib yang berlaku di UPT. Perpustakaan Universitas Bengkulu. Meskipun sudah ada tata tertib yang ditempelkan di pintu masuk ruang baca masih banyak yang luput dari perhatian pemustaka, sehingga pemustaka masih banyak yang melanggar tata tertib tersebut saat akan memasuki ruang baca di UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu
PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DI PERPUSTAKAAN DAERAH KOTA BOGOR Septi Septi; Edy Suryanto
Jurnal Perpustakaan dan Informasi (JAPRI) Vol. 4 No. 2 (2022): JAPRI: JURNAL PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI
Publisher : UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Customer Relationship Management(CRM) di Perpustakaan Daerah Kota Bogor. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan CRM di Perpustakaan Daerah Kota Bogor dapat dilihat dari user profiling yaitu membuat segmentasi pemustaka, kemudian edukasi CRM dengan mengedukasi para pustakawan dan penerapan media CRM atau penggunaan media yang digunakan oleh Perpustakaan Kota Bogor untuk penerapan CRM. Konsep CRM sudah diaplikasikan di Perpustakaan Daerah Kota Bogor, agar perpustakaan dapat memberikan layanan informasi yang dapat memuaskan pengguna dalam rangka menciptakan komunitas pengguna yang loyal.

Page 1 of 2 | Total Record : 12