cover
Contact Name
Iswandi
Contact Email
wandii291@gmail.com
Phone
+6281363828971
Journal Mail Official
wandii291@gmail.com
Editorial Address
Jl. Bundo Kanduang No. 142 Simpang Empat Pasaman Barat
Location
Kab. pasaman barat,
Sumatera barat
INDONESIA
At Tasyri'i Jurnal Prodi Perbankan Syariah
ISSN : 26153432     EISSN : 27150011     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal At TAsyrii adalah jurnal program studi Perbankan Syariah STAI YAPTIP Pasaman Barat yang mengkaji tentang ekonomi, Ekonomi ISlam dan Perbankan syariah, terbit dua kali dalam setahun (Januari Juni dan Juli Desember) yang dikelola oleh Program Studi Perbankan syariah STAI YAPTIP Pasaman Barat
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 2 (2021): Jurnal At Tasyri'i Juli Desember 2021" : 7 Documents clear
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN MOBILE BANKING DAN KUALITAS PRODUK TABUNGAN IB HIJRAH RENCANA TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK MUAMALAT KANTOR CABANG PEMBANTU TANJUNG PANDAN Bahar, Aldi; Mukaromah, Hajar
At Tasyri'i : Jurnal Program Studi Perbankan Syariah Vol. 4 No. 2 (2021): Jurnal At Tasyri'i Juli Desember 2021
Publisher : STAI YAPTIP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study discusses the quality of service in the form of applications and one of the products owned by Bank Muamalat towards customer loyalty. Seeing the phenomenon where many customers consider quality in any way to entrust their finances to a Sharia Bank. This study aims to find out about some of the service qualities that a Sharia bank has. This research is a field research conducted directly on financial institutions, this type of research is descriptive quantitative. Sources of data used in this study came from two sources, namely primary data sources and secondary data which took from primary sources, namely questionnaires and additional sources such as accurate information. The population of this research is 3,500 people whose sample is 5% according to Yount theory. Meanwhile, for sampling using the Non Probability Sampling technique, which is a sampling technique that does not provide equal opportunities or opportunities for each element or member of the population to be selected as samples. The data analysis techniques included the validity test, reliability test, normality test, multicollinearity test, heteroscedasticity test, autocorrelation test, t test, F test, and R2 test. The results of this study indicate that the variables of Mobile Banking and Product Quality simultaneously affect customer loyalty at Bank Muamalat KCP Tanjung Pandan
Analisis Faktor-Faktor Penentu Nasabah Dalam Memilih Jasa Perbankan Syariah Di PT. Bprs Ampek Angkek Candung Cabang Pasaman Barat Eriawati, Yossi; Tasya Andria Nella; syofrianisda, Syofrianisda
At Tasyri'i : Jurnal Program Studi Perbankan Syariah Vol. 4 No. 2 (2021): Jurnal At Tasyri'i Juli Desember 2021
Publisher : STAI YAPTIP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar belakang pada penelitian ini di PT Bank Pembiayaan Rakyat SyariahCabang Pasaman Barat. Pada sebuah Faktor penentu nasabah yaitu faktor penentunasabah merupakan proses pengambilan keputusan pembelian nasabah dipengaruhioleh faktor sumber daya nasabah, motivasi dan keterlibatan, pengetahuan, gayahidup. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan nasabahseorang di antaranya yaitu : faktor keadaan ekonomi, gaya hidup, religius. Jasaperbankan ialah suatu aktifitas ekonomi dalam sistem perbankan yangpelaksanaannya berdasarkan hukum islam.Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Analisis Faktor-Faktor PenentuNasabah Dalam Memilih Jasa Perbankan Syariah Cabang Pasaman Barat. Penelitianini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakanadalah regresi linier berganda.Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuosionermenggunakan penelitian lapangan (field research) dengn jumlah responden sebanyak50. Populasi dalam penelitian ini yaitu nasabah pada PT Bank Pembiayaan RakyatSyariah Cabang Pasaman Barat. Teknik pengumpulan data dilakukan denganpenelitian lapangan (Kuiesioner dan studi kepustakaan).Hasil dari penelitian ini adalah adanya pengaruh yang signifikan antaravariabel keadaan ekonomi terhadap keputusan nasabah pada PT Bank PembiayaanRakyat Syariah Cabang Pasaman Barat dengan hasil nilai t sebesar 0.675 maka adapengaruh keadaan ekonomi terhadap keputusan nasabah pada PT. Bank PembiayaanRakyat Syariah Cabang Pasaman Barat sedangkan nilai signifikan sebesar 0.007.serta adanya pengaruh yang signifikan antara variabel gaya hidup terhadap keputusannasabah pada PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Cabang Pasaman Barat, hasil nilai t sebesar 0.042 dengan nilai signifikan sebesar 0.758. dan adanya pengaruhsignifikan antara variabel religius terhadap keputusan nasabah, hasil nilai t sebesar0.032 dengan nilai signifikan 0.883 maka adanya pengaruh gaya hidup terhadapkeputusan nasabah pada PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Cabang PasamanBarat.
ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP PEMBATALAN SEPIHAK OLEH KONSUMEN GRABBIKE Di PT. GRAB CABANG PURWOREJO Muhajir; Syaikhu, Akhmad; Riyantoro, Septian Fiktor
At Tasyri'i : Jurnal Program Studi Perbankan Syariah Vol. 4 No. 2 (2021): Jurnal At Tasyri'i Juli Desember 2021
Publisher : STAI YAPTIP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Grabbike orders can be made via a smartphone application which can bedownloaded on the Play Store site. However, in practice there are passengerswho cancel their bookings unilaterally, resulting in losses to the driver. Startingfrom the above problems, the researchers focused their research on theformulation of the problem: First, how is the Islamic law review of the onlinegrabbike transportation service contract mechanism in Purworejo. Second, how isthe review of Islamic law on the application of online grabike transportation ratesin Purworejo. This type of research used by the author is field research (fieldresearch) with a qualitative approach method. The data collection technique isdone by interview, observation and documentation. The data analysis used isdeductive data analysis (from general-specific). The result of this research is thatthe contract mechanism implemented by online grabbike transportation servicesis in accordance with Islamic law. While unilateral cancellation by grabbikeconsumers to drivers is allowed
MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MAN 4 PASAMAN susanti, novi
At Tasyri'i : Jurnal Program Studi Perbankan Syariah Vol. 4 No. 2 (2021): Jurnal At Tasyri'i Juli Desember 2021
Publisher : STAI YAPTIP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sumber daya manusia (SDM) merupakan salah satu keunggulankompetitif yang penting bagi sekolah karena sumber daya manusia adalahpelaksana setiap kegiatan dalam sekolah. Untuk itu dibutuhkan ManajemenSumber Daya Manusia (MSDM) yang “fit” agar mencapai kinerja yang tinggi.Dengan strategi bisnis dan praktik SDM yang sesuai (fit/match) maka akanmenghasilkan kinerja organisasi yang dapat mencapai keunggulan kompetitif. Jikadikelola secara tepat, kompensasi dapat membantu organisasi dalam mencapaitujuannya dan mendapatkan, memelihara, dan mempertahankan pekerjapekerjayang produktif. Bentuk balas jasa yang paling atraktif dan paling potensial untukmemotivasi unjuk-kerja karyawan adalah balas jasa non-finansial. Perusahaanpada umumnya menyadari bahwa mereka berkewajiban menyediakan asuransidan program-program lain untuk menjamin kesehatan, keselamatan, keamanan,dan kesejahteraan para karyawannya. Program-program kompensasi tersebutdirancang dengan tujuan untuk mempertahankan para karyawannya danmemotivasi mereka untuk meningkatkan produktivitas dalam rangka pencapaiantujuan perusahaan.
Strategi Pemasaran Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah KCP Purbalingga Di Era Industri 4.0 Lailiyah, Koriyatul; Rahman, Miftahur
At Tasyri'i : Jurnal Program Studi Perbankan Syariah Vol. 4 No. 2 (2021): Jurnal At Tasyri'i Juli Desember 2021
Publisher : STAI YAPTIP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi mengubah gaya hidup masyarakat dalam segala sendikehidupan tidak terkecuali sendi perekonomian. Bank sebagai lembagaintermediasi terancam eksistensinya jika tidak segera berbenah mengikutiperkembangan industri 4.0. Ditengah fenomena tersebut, BRI Syariah KCPPurbalingga terus berusaha menjaga eksistensinya agar tetap mendapatkepercayaan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategipemasaran bank BRI Syariah KCP Purbalingga di era industri 4.0, serta faktoryang menjadi pendorong dan penghambat dari penerapan strategi pemasarannya.Metode yang di gunakan adalah metode kualitatif, pengumpulan data melaluiwawancara, observasi serta dokumentasi. Data diolah dengan cara dekriptifanalisis. Hasil penelitian menunjukkan, bank belum sepenuhnya mengadopsiteknologi Industri 4.0, akan tetapi dibeberapa sektor bank sudah menerapkannya.Faktor pendorong bank bertahan di era industry 4.0 diantaranya: masyarakatsudah familiar dengan bank BRI sehingga saat BRI Syariah masuk Purbalinggamudah mendapat tempat di hati nasabah serta kawasan Purbalingga yang Islamimemudahkan bank dalam mengajak nasabah. Faktor penghambat diantaranya:bank masih membutuhkan waktu transisi dari sistem lama menuju sistem berbasisdigital, nasabah masih kurang paham tentang bank syariah, belum semuamasyarakat mampu menggunakan fasilitas online dan dibeberapa daerah kesulitansinyal
SEJARAH DAN PROSPEK PERKEMBANGAN LEMBAGA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA Rahmat, Fawza
At Tasyri'i : Jurnal Program Studi Perbankan Syariah Vol. 4 No. 2 (2021): Jurnal At Tasyri'i Juli Desember 2021
Publisher : STAI YAPTIP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perbankan Islam di Indonesia mulai menggeliat persis ketika terjadi krisisperekonomian di Asia, termasuk di Indonesia dimana perbankan nasional yang mengalamikrisis berat, yang mendorong perbankan saat itu beroperasi dengan negatif spread, yaitu bungayang dibayar kepada nasabah penabung lebih tinggi daripada bunga kredit yang diterima.Logis saja apabila kemudian kerugian menggerogoti modal bank, sampai Bank Indonesiamewajibkan program rekapitalisasi. Bayangkan saja, bunga deposito pernah mencapai 60 %saat itu. Logikannya, bank harus memberi kredit dengan bunga setinggi itu. Masalahnya,bisnis apa yang mampu membayar bunga setinggi itu dalam keadaan krisis seperti saat itu?Jangankan untuk membayar bunga, yang terjadi malah kredit macet. Mengatasi hal ini, makamuncullah perbankan syariah yang memberikan solusi supaya masalah yang terjadi di duniaperbankan Indonesia tidak berlarut-larut. Hal ini dapat menyebabkan ekonomi negara merosotdan mengalami inflasi.
MEKANISME PASAR DALAM PRESPEKTIF EKONOMI ISLAM Leli, Maisarah
At Tasyri'i : Jurnal Program Studi Perbankan Syariah Vol. 4 No. 2 (2021): Jurnal At Tasyri'i Juli Desember 2021
Publisher : STAI YAPTIP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Islam sebagai agama yang mengedepankan prinsip rahmat bagi seluruh alam,senantiasa menginginkan kemaslahatan bagi manusia terlebih dalam muamalah,diantaranya pengelolaan pasar dalam prinsip-prinsip syaria’ah. Sehinggamekanisme pasar tidak terjebak kedalam bentuk distorsi pasar yaitu:rekayasapenawaran dan rekayasa permintaan, tadlis (penipuan), dan taghrir (kerancuan).Oleh karena itu, perlu dilakukan kajian, Bagaimana mekanisme pasardalam prespektik ekonomi Islam

Page 1 of 1 | Total Record : 7