cover
Contact Name
Zeny Agus Susanti
Contact Email
zeny@kolibi.org
Phone
+6281333027167
Journal Mail Official
zeny@kolibi.org
Editorial Address
Jl. Arjuno I/1172 Malang
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Scientica: Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi
ISSN : -     EISSN : 30218209     DOI : -
Scientica: Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi adalah jurnal online, akses terbuka, dan peer-review. Scientica menerbitkan terbitannyaempat kali dalam setahun (Januari, April, Juli dan Oktober). Jurnal ini adalah untuk menyediakan forum untuk berbagi, diseminasi, dan diskusi penelitian asli, studi kasus, dan tinjauan kritis di bidang sains dan teknologi termasuk bioteknologi. Fokus dan cakupan ini meliputi, namun tidak terbatas pada mata pelajaran di bidang teknik industri, informatika, teknik elektro, manufaktur, isu lingkungan, energi terbarukan, kimia dan teknik kimia, desain & manajemen produk, serta desain fashion & produk gaya hidup.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 25 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2024): Scientica: Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi" : 25 Documents clear
Dasar-Dasar Komputer Yang Harus Dimiliki Oleh Masyarakat Dalam Menghadapi Perkembangan Teknologi Adam Haris; Abdul Malik; Annisa Nur Safitri; Anisa Sri Rahma; Yahfizham Yahfizham
Scientica: Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi Vol. 2 No. 1 (2024): Scientica: Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi
Publisher : Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.572349/scientica.v2i1.673

Abstract

Setelah tiga tahun wabah Covid 19 melanda negara kita, epidemi ini diperkirakan akan berakhir pada tahun 2023. Hal ini menjadi pengingat penting bagi kita semua. bahwa teknologi merupakan faktor utama terjadinya wabah sebelumnya. Bertahun-tahun setelah wabah Covid 19 terjadi di negara kita, wabah ini diperkirakan akan berakhir pada tahun 2023. Hal ini menjadi pengingat penting bagi kita semua bahwa teknologi merupakan faktor utama terjadinya wabah sebelumnya. Di era digital saat ini, komputer memegang peranan yang sangat penting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengajarkan pengetahuan dasar komputer, hal ini penting dalam masyarakat modern, serta cara menggunakan komputer, memahami komponen sistem komputer, dan menjelajahi internet. keterampilan sangat berharga di dunia modern, terutama bagi siswa sekolah dasar. Hasilnya, penelitian kami menghasilkan banyak siswa yang dapat memahami konsep dasar ilmu komputer yang relevan dengan tempat kerja modern. Di era digital saat ini, komputer memegang peranan yang sangat penting. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengajarkan pengetahuan dasar komputer, yang sangat penting dalam masyarakat modern, serta cara menggunakan komputer, memahami komponen sistem komputer, dan menjelajahi internet. keterampilan sangat berharga di dunia modern, terutama bagi siswa sekolah dasar. Hasilnya, penelitian kami menghasilkan siswa sekolah yang dapat memahami konsep dasar ilmu komputer yang relevan dengan tempat kerja modern.
ANALISIS REPRESENTASI DATA DALAM TOPIK PENGANTAR ILMU KOMPUTER Regita Yori Siregar; Ridho Albar Siregar; Shifa Dwi Lirinzha; Siddik Tambak; Yahfizham Yahfizham
Scientica: Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi Vol. 2 No. 1 (2024): Scientica: Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi
Publisher : Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.572349/scientica.v2i1.682

Abstract

Sekarang informasi sangat banyak terdapat di media social , sehingga diperlukannya teknologi untuk memperoleh informasi secepat dan seefisien mungkin.Ini termasuk bersumber dari keterangan ilmiah bersumber mulai skrip yang tersaji secara luas dalam Internet. Maka dari itu dibutuhkan tehnik serta mekanis bagus bagi mengekstraksi informasi yang sesuai dari tehnik darinya.Teknik penyingkatan dokumen ilmiah merupakan metode pemadatan isi dokumen berukuran banyak membentuk skrip pendek. Rangkuman teks diperoleh berisi arti serta gagasan utama dari dokumen. Peringkasan teks dan file ilmiah yang melibatkan pemilihan sejumlah kalimat yang sangat relevan (juara) di suatu dokumen bersumberkan beberapa fitur kata serta menggabungkan kalimat tersebut dengan kalimat yang telah terpilih membuat ringkasan dokumen. Dalam artikel tersebut, kami memakai cara yang mengurutkan kalimat penting beralaskan jarak sentralitas, yakni penting nya node dalam data grafik. Kalimat direpresentasikan sebagai data berbasis grafik yang berisi node grafik.
Implementasi Metode PID Pada Sistem Kontrol Gas Amonia Dalam Prototype Kandang Ayam Berbasis IoT M. Rizky Hidayat Noviandi; Herwandi Herwandi; Fitri Fitri
Scientica: Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi Vol. 2 No. 1 (2024): Scientica: Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi
Publisher : Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.572349/scientica.v2i1.696

Abstract

Gas amonia adalah gas yang ada pada kandang dan berbahaya bagi ayam jenis apapun. Tidak semua peternak dapat mengontrol dan mengetahui apabila terjadi kenaikan kadar gas amonia. Peternak sekala besar atau rumahan hanya menggunakan indar penciuman dan indra penglihatan untuk melihat kadar amonia di sekitar kandang. Jika kadar amonia tinggi maka bau yang dihasilkan terasa pekat dan mata pedih disaat lama lama terpapar amonia. . Maka dari itu penciptaan alat ini adalah menciptakan suatu peranti yang mampu menyaring amonia pada tingkat yang ada di lingkungan peternakan sehingga udara yang dihasilkan menjadi lebih bersih dan risiko penyakit pada hewan ternak yang disebabkan oleh gas amonia dapat berkurang. Selain itu, juga bertujuan untuk menciptakan kondisi lingkungan yang nyaman bagi ayam dengan rentang suhu berkisar antara 22 hingga 29 ÂșC dan kelembaban yang ideal untuk kandang ayam 0- 3 minggu di peternakan close house berkisar antara 50% hingga 70%. Kelembaban yang tepat akan mencegah masalah kesehatan seperti dehidrasi dan stres termal. Maka dari itu, dirancang suatu peralatan instrumentasi berupa purwarupa alat yang bisa membaca kadar gas amonia pada kandang ayam dengan sensor MQ-135 serta menampilkannya dalam LCD dan aplikasi blynk yang berguna untuk mengeluarkan gas amonia tersebut menggunakan kipas 12 DC secara otomatis sesuai dengan kadar gas berbasis Mikrokontroler ESP32. Berdasarkan hasil pengujian pada gambar 4.5 berdasarkan grafik respon suhu kontrol PID terhadap sampel data, nilai kp ki dan kd dari perhitungan mengalami perbedaan dengan hasil pengujian. Namun nilai perhitungan tersebut sebagai acuan dalam menentukan nilai kp ki dan kd. nilai setpoint sebesar 350 ppm dengan nilai Kp = 4, Ki = 1,8 Kd = 0.5 gas amoniak yang telah diberikan kontrol PID berusaha mempertahankan agar tidak melebihi setpoint yang telah diatur yaitu 350 ppm Dengan nilai Kp,Ki, dan Kd diatas gas amoniak dapat dikontrol dengan baik agar tidak melebihi set poin yang telah ditentukan.
POSSIBILITY OF A LOW-COST ARDUINO-BASED CRASH DETECTION AND ALERT SYSTEM Rakean Shidqii Hasan Ali Wisesa; Nuriya Parsa; Pahala Marzuki Pakpahan; Loviera Azahra; Nurhidayatulloh
Scientica: Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi Vol. 2 No. 1 (2024): Scientica: Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi
Publisher : Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.572349/scientica.v2i1.703

Abstract

This paper introduced a possible concept for a crash detection system, designed to enhance road safety for both cars and motorcycles. The system is built on the Arduino platform, it aims to be a cost-effective crash detection system, that can detect crashes immediately and warn the emergency contacts, as soon as the crash happens, using its emergency protocol, upon detecting a crash, the Arduino will fetch the location data from the GPS module, which it will send to the emergency contacts using text message, utilizing it's GSM module. Enabling faster response time and increased survival rate for the crash victims. Our tests which focus on the accuracy of the accelerometer module have found that it has promising results, but still needs more research into increasing its accuracy to avoid false positives and undetected crashes
PENERAPAN KONSEP ARSITEKUR INDUSTRIAL MODERN DALAM PROFUKTIFITAS RUANG FASILITAS PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KETERAMPILAN KRIYA KULIT DI MAGETAN Rizqa Rahma Fatiha; Mufidah; Joko Santoso
Scientica: Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi Vol. 2 No. 1 (2024): Scientica: Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi
Publisher : Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.572349/scientica.v2i1.719

Abstract

Kabupaten Magetan adalah salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur. Salah satu potensi yang cukup dikenal adalah potensi kerajinan kulit dengan produksi utama sepatu kulit. Pada tiap tahunnya, jumlah UMKM kulit Magetan meningkat namun tidak diiringi oleh pertumbuhan jumlah pengerajin. Pemerintah Kabupaten Magetan mendukung adanya kebijakan terkait pembinaan dan pelatihan keterampilan pada tenaga kerja. Solusi dari permasalahan tersebut adalah merancang bangunan sebagai fasilitas edukasi pengembangan keterampilan khusus di bidang kulit yang berada di Magetan dengan menerapkan tema dan konsep yang terpilih, yaitu melalui pendekatan arsitektur industrial modern yang mengedepankan prinsip fungsional dan efisien. Prinsip fungsional akan diterapkan pada pemilihan tapak, zoning tapak, serta transformasi bentuk. Sedangkan prinsip efisiensi diterapkan pada penggunaan material, struktur bangunan, dan peruangan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yang melibatkan beberapa tahap yang berbeda, termasuk evaluasi konsep, pengumpulan data dan tinjauan literatur tentang arsitektur industri kontemporer. Studi ini memberikan ide perencanaan dan desain, termasuk pengolahan tapak, tatanan massa, transformasi massa, material, tekstur dan warna dalam pada obyek rancangan.
TINJAUAN LITERATUR SISTEMATIS : MANAJEMEN RISIKO TI PADA BIDANG KESEHATAN Rido Izril Qonata; Raden Abhirama Rakha Danendra; Wildan Hafiz Firmansyah; Anita Wulansari
Scientica: Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi Vol. 2 No. 1 (2024): Scientica: Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi
Publisher : Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.572349/scientica.v2i1.727

Abstract

Perkembangan teknologi telah membawa perubahan yang signifikan dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk bidang kesehatan.Teknologi telah membantu rumah sakit dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan kesehatan. Sistem manajemen rumah sakit yang terintegrasi, penggunaan robotika dalam prosedur bedah, serta implementasi Internet of Things (IoT) untuk memantau inventaris dan pemeliharaan peralatan medis adalah beberapa contoh bagaimana teknologi telah meningkatkan efisiensi dan akurasi di lingkungan rumah sakit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan konsep manajemen risiko TI di bidang kesehatan, menganalisis manajemen risiko dalam pengambilan keputusan, dan menganalisis kerangka kerja yang digunakan dalam manajemen risiko TI di bidang kesehatan. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR), Metode SLR ini adalah sebuah metode penelitian yang digunakan dengan cara melakukan identifikasi, menganalisis, mengevaluasi dan menafsirkan atas semua hasil penelitian sebelumnya yang peneliti peroleh. Awal pencarian dibatasi sampai 300 jurnal yang kemudian diseleksi atau melakukan penyaringan lagi menjadi 5 jurnal sesuai ketentuan.
Menentukan Harga Jual Produk Mie Menggunakan Metode Cost Plus Pricing Nur Qomaruddin Saputra; Mike Vidiasari; Ribangun Bamban Jakaria
Scientica: Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi Vol. 2 No. 1 (2024): Scientica: Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi
Publisher : Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.572349/scientica.v2i1.744

Abstract

UD Coba Dirasa adalah perusahaan yang memproduksi beberapa jenis mie mentah sebagai bahan baku untuk membuat mie pangsit, mie ayam dan mie goreng. Kendala yang dihadapi oleh perusahaan tersebut adalah penentuan harga jual produk, hal ini disebabkan alokasi biaya tidak tercatat dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan harga jual produk yang kompetitif dengan tetap mempertahankan kualitas produk. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode cost plus pricing, yaitu suatu metode yang digunakan untuk menentukan harga jual dengan menjumlah biaya total dan margin. Hasil penelitian ini adalah perusahaan dapat mencapai persentase keuntungan mie basah (putih) sebesar 16%, mie basah (kuning) sebesar 18%, mie gepeng sebesar 25% dan kulit pangsit sebesar 83%.
PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI POSYANDU BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN METODE FOUNTAIN (STUDI KASUS : POSYANDU TUNAS MEKAR KELURAHAN LEMPEH) Guslina Tri Santika; Fahri Hamdani; Juniardi Akhir Putra; Farida Idifitiani
Scientica: Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi Vol. 2 No. 1 (2024): Scientica: Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi
Publisher : Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.572349/scientica.v2i1.750

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengembangan sistem informasi posyandu berbasis mobile dengan metode Fountain guna mengatasi tantangan komunikasi antara lansia, kader posyandu, dan petugas kesehatan. Berdasarkan data populasi Indonesia tahun 2022 dan partisipasi penduduk dalam posyandu, terdapat kebutuhan untuk meningkatkan efisiensi pelayanan kesehatan dasar di tingkat komunitas. Fokus penelitian terletak pada Posyandu Tunas Mekar di Kelurahan Lempeh, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, yang memiliki 69 lansia sebagai sasaran pemeriksaan tekanan darah bulan September. Kendala dalam komunikasi dan pencatatan data manual menginspirasi pengembangan sistem informasi berbasis mobile dengan fitur rujukan. Sistem ini memanfaatkan Visual Studio Code, Laravel, dan Flutter untuk menyediakan antarmuka administratif berbasis mobile bagi kader posyandu dan lansia, serta petugas kesehatan berbasis web. Diharapkan sistem ini akan mempermudah komunikasi, pengelolaan data, dan pelayanan posyandu, berkontribusi pada efektivitasnya, dan secara keseluruhan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat. Penelitian ini menerapkan metode Fountain untuk mengoptimalkan pengembangan sistem informasi, menjadikannya langkah inovatif dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan kesehatan di tingkat komunitas.
PERAN GAMIFIKASI DALAM MENINGKATKAN PENGALAMAN PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL Sidik Praptomo; Hizkia Hendra Rianingsih; Suryanto; Aldina Kusuma Dewi
Scientica: Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi Vol. 2 No. 1 (2024): Scientica: Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi
Publisher : Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.572349/scientica.v2i1.761

Abstract

Abstrak Pendidikan di era digital menghadapi tantangan baru dalam menjaga keterlibatan dan motivasi siswa. Artikel ini membahas peran penting gamifikasi sebagai alat inovatif untuk meningkatkan pengalaman pendidikan di era digital. Gamifikasi mengintegrasikan elemen-elemen permainan ke dalam konteks pembelajaran, menciptakan lingkungan yang lebih dinamis dan interaktif. Dalam konteks pendidikan digital, gamifikasi dapat memotivasi siswa melalui pemberian tantangan, poin, dan penghargaan. Ini memberikan dorongan ekstra untuk mencapai tujuan pembelajaran dan mengatasi kebosanan yang mungkin muncul dalam pembelajaran online. Dengan menyajikan materi pembelajaran dalam bentuk yang menarik dan bersifat kompetitif, gamifikasi menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan. Artikel ini juga membahas dampak positif gamifikasi terhadap perkembangan keterampilan kritis, pemecahan masalah, dan kerjasama tim. Melalui simulasi dan tantangan berbasis permainan, siswa dapat mengembangkan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan dunia nyata. Selain itu, elemen kompetitif dalam gamifikasi dapat merangsang kerjasama antar siswa dalam mencapai tujuan bersama. Pentingnya adaptasi teknologi dalam pendidikan di era digital membuat gamifikasi menjadi strategi yang relevan dan efektif. Meskipun demikian, artikel ini juga menyentuh beberapa tantangan dan pertimbangan etis terkait dengan penggunaan gamifikasi dalam pendidikan. Dengan pemahaman yang cermat, pengintegrasian gamifikasi dapat menjadi inovasi penting dalam membentuk masa depan pendidikan yang lebih menarik dan efektif di era digital.
PENGARUH FOMO TERHADAP PENGGUNAAN PINJAMAN ONLINE STUDI KASUS : MAHASISWA UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL Ageng Saepudin Kanda; Alfina Dhama Yanti
Scientica: Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi Vol. 2 No. 1 (2024): Scientica: Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi
Publisher : Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.572349/scientica.v2i1.763

Abstract

Dalam era digital ini, fenomena penggunaan pinjaman online semakin mendapat perhatian, khususnya di kalangan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan unyuk menyelidiki dampak dari FOMO terhadap kecenderungan mahasiswa untuk menggunakan pinjaman online. Metode survey dan kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data dari sampel mahasiswa Universitas Teknologi Digital. Hasil penelitian menunjukan bahwa FOMO memiliki dampak signifikan terhadapt keputusan mahasiswa untuk menggunakan pinjaman online. Mahasiswa cenderung memanfaatkan pinjaman online untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumtif, sebagian besar dipicu oleh rasa takut tertinggal dalam tren gaya hidup dan aktivitas sosial di lingkungan kampus digital. Penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang faktor psikologis yang mendorong mahasiwa Universitas Teknologi Digital untuk mengambil pinjaman online dan implikasi manajemen keuangan di kalangan populasi tersebut. Implikasi praktis dan rekomendasi

Page 1 of 3 | Total Record : 25