cover
Contact Name
Raden A. A. Asnawi
Contact Email
jurnalmanisfebis@gmail.com
Phone
+6282399472808
Journal Mail Official
jurnalmanisfebis@gmail.com
Editorial Address
Faculty of Economics and Business - Pattimura University Ir. M. Putuhena Street, Poka-Ambon City, 97233, Maluku Province, Indonesia
Location
Kota ambon,
Maluku
INDONESIA
Manis : Jurnal Manajemen dan Bisnis
Published by Universitas Pattimura
ISSN : 25977830     EISSN : 26140160     DOI : https://doi.org/10.30598/manis.7.1.2023
Core Subject : Economy, Science,
Manis: Jurnal Manajemen dan Bisnis is an academic journal published by the Pattimura University S1 Management Study Program Unpatti in collaboration with APSMBI. Manis aims to promote innovative thinking in the field of management and other related fields. This journal focuses primarily on promoting research results related to the business environment in Indonesia. The journal focuses on the following topics: General Management, Marketing Management, Financial Management, Human Resource Management, Operations Management, and Business.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 2 (2023): MANIS: Jurnal Manajemen dan Bisnis" : 5 Documents clear
PENGARUH KOMUNIKASI DAN SEMANGAT KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA CREDIT UNION MARIO (CU. MARIO) AMBON Saleh Tutupoho; Hendrieta Dwi Susilowati Fasak
Manis: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 6 No 2 (2023): MANIS: Jurnal Manajemen dan Bisnis
Publisher : Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/manis.6.2.60-70

Abstract

Penelitian ini bertujuan penelitian ini adalah Untuk menguji dan menganalisis pengaruh komunikasi dan semangat kerja terhadap prestasi kerja. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah Komunikasi (X1) dan Semangat kerja (X2), sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah prestasi kerja karyawan (Y). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penarikan sampel menggunakan sampel jenuh. Pelaksanaan RAT kali ini merupakan pelaksanaan RAT yang kedua kalinya sejak CU Mario berdiri di Kota Ambon, pada tanggal 28 juli 2017, jumlah sampel penelitian 30 orang, hasil penelitian ini menemukan bahwa komunikasi berpengaruh positif terhadap prestasi kerja dengan nilai (t)2.529 dan nilai signifikansi 0,018, semangat kerja berpengaruh positif terhadap prestasi kerja dengan nilai (t) sebesar 2.568 dengan nilai signifikansi 0,016.
KONDISI EKSPOR MINYAK KELAPA SAWIT INDONESIA SELAMA PERIODE COVID-19 Qonita Azzahra Salsabila; Qanitah Qushayyi Qamarani; Sarah Tamara Sinaga; Bulan Febriana; Rinandita Wikansari; Shabrina Kansa Aulia
Manis: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 6 No 2 (2023): MANIS: Jurnal Manajemen dan Bisnis
Publisher : Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/manis.6.2.71-80

Abstract

Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui kondisi ekspor minyak kelapa sawit Indonesia pada saat pandemi covid-19 berlangsung, data yang digunakan adalah data tahun 2019-2022. Ekspor minyak kelapa sawit dalam penulisan ini identik dengan ekspor neto minyak kelapa sawit Indonesia terhadap negara tujuan utama ekspor selama pandemi covid-19 pada akhir tahun 2019-2022, dapat dikatakan tujuan lebih rincinya yaitu untuk mengetahui kondisi ekspor neto minyak kelapa sawit Indonesia pada saat pandemi berlangsung di akhir tahun 2019-2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kepustakaan. Sedangkan metode analisisnya menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ekspor Ekspor Crude Palm Oil (CPO) masih berjalan dengan baik, walaupun sempat ada penurunan permintaan karena adanya pandemi covid-19 dan beberapa peraturan ekspor-impor yang ditetapkan pemerintah juga tidak hanya karena kondisi pandemi tetapi juga beberapa kondisi lain seiring adanya pandemi covid-19 ini.
CREATIVE ECONOMIC DEVELOPMENT STRATEGY FOR THE CRAFT SUB-SECTOR Novalini Jailani; Hendri Hermawan Adinugraha; Kuat Ismanto
Manis: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 6 No 2 (2023): MANIS: Jurnal Manajemen dan Bisnis
Publisher : Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/manis.6.2.109-120

Abstract

This study aims to formulate alternative strategies for developing the creative economy in the craft subsector. This research was conducted by field research with a descriptive qualitative approach. Data collection is done by conducting interviews, observation and documentation. Primary data sources were obtained from direct interviews with owner and production manager of Ridaka Woven & Craft. Secondary data were obtained from various books, articles, journals and authoritative websites relevant to this research. Data were analyzed using the SWOT analysis technique by identifying internal factors which are strengths and weaknesses, as well as external factors which are opportunities and threats for business development. The results of this study found that to be able to develop its business, Ridaka Woven & Craft can apply several strategies, namely: 1) with sufficient raw materials it can continue to innovate products in terms of motifs and types that suit market tastes in order to make handicraft products competitive. Then always maintaining the characteristics of ecofriendly products to reach the global market which is currently a trend of using products that are environmentally friendly. 2) Maximizing the role of social media and the internet as promotional and marketing media. 3) Conduct skills training and knowledge development to improve the quality of human resources. 4) Frequently participating in events and bazaars can also be an effort to promote products and brands. 5) The government always supports by providing information to build people's mindset about handicraft products as local brands.
PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN BISNIS PERCETAKAN PADA RUMAHGRAFIKA PEKALONGAN DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM Khairul Anwar; Afidah Rozi Anti
Manis: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 6 No 2 (2023): MANIS: Jurnal Manajemen dan Bisnis
Publisher : Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/manis.6.2.81-90

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan dan pengembangan bisnis percetakan Rumah Grafika Pekalongan dalam perspektif etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dibagi menjadi dua, primer dan sekunder. Data primer digali dari wawancara dengan owner Rumah Grafika Pekalongan yakni bapak Masykur, sedangkan data sekunder diambil dari artikel, jurnal, tesis, buku yang masih terkait dengan topik penelitian. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data meliputi tiga kegiatan yakni reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rumah Grafika Pekalongan dikelola dengan baik dan dikembangkan dengan mengikuti kebutuhan pasar. Penulis menganalisis pengelolaan Rumah Grafika Pekalongan ini dari segi pengelolaan perusahaan, pengelolaan sumber daya manusia, dan pengelolaan pemasaran. Pengelolaan bisnis yang dijalankan secara umum sudah sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam yakni kesatuan, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab dan kebenaran. Selain itu pemaparan pada artikel ini juga dilengkapi dengan analisis SWOT sebagai dasar untuk melihat bagaimana pengembangan bisnis percetakan yang terjadi.
PENGARUH PENDIDIKAN DAN LATIHAN, MOTIVASI KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN DAN KINERJA GURU GURU SMP DHARMA LOKA PEKANBARU Yanti Mayasari Ginting; Teddy Chandra; Melan Susanty Purnamasari; Megiwati Megiwati
Manis: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 6 No 2 (2023): MANIS: Jurnal Manajemen dan Bisnis
Publisher : Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/manis.6.2.91-108

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan dan pelatihan, motivasi kerja dan lingkungan kerja terhadap kepuasan dan kinerja guru SMP Dharma Loka Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Populasi pada penelitian ini adalah semua guru di SMP Dharma Loka Pekanbaru, baik guru tetap yayasan maupun guru tidak tetap yang jumlahnya ada 37 orang. Metode pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan metode sensus, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 37 orang. Analisis data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) menggunakan aplikasi SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan dan pelatihan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, motivasi kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, lingkungan kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan kerja, pendidikan dan pelatihan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, motivasi kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru, lingkungan kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, kepuasan kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru.

Page 1 of 1 | Total Record : 5