cover
Contact Name
Adi Aspian Nur
Contact Email
adiaspiannur22@gmail.com
Phone
+6285849268019
Journal Mail Official
adiaspiannur22@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Ekonomi Universitas Kaltara. Jalan Sengkawit (Kampus Unikaltar), kota Tanjung selor, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara
Location
Kab. bulungan,
Kalimantan utara
INDONESIA
INKAM
Published by Universitas Kaltara
ISSN : 28299094     EISSN : 28294874     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Publikasi Peneliti yang berhubungan khususnya di bidang Pengabdian Kepada Masyarakat. Jurnal pengabdian ini mempunyai lingkup di bidang Sosial (Humaniora) serta Eksak.
Articles 18 Documents
Program Pelatihan Pembuatan Laporan Keuangan Bagi Umkm Adi Aspian Nur; Dedik Wiryawan
JOURNAL OF SOCIETY SERVICE Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kaltara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembuatan laporan keuangan saat ini tentunya menjadi suatu keharusan bagi pelaku usaha, karena dengan rapinya pembuatan laporan keuangan akan memudahkan dalam menentukan arus kas masuk dan keluar. Masyarakat desa Tanah Kuning khususnya pelaku usaha UMKM masih kebingungan dalam membuat laporan keuangan yang baik. Pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada UMKM agar dapat membuat laporan keuangan yang baik dan benar. Kegiatan pelatihan ini menggunakan metode diskusi (share) di lokasi pelatihan. Hasil diskusi menunjukan bahwa masyarakat yang terlibat dalam UMKM memahami pentingnya membuat laporan keuangan.
Memilih Strategi Bisnis Yang Tepat Bagi Generasi Muda Pada Siswa dan Siswi SMKN 1 Rina Sri Wahyuni; Adi Aspian Nur
JOURNAL OF SOCIETY SERVICE Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kaltara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

SMKN 1 Tanjung Selor adalah satu diantara sekolah kejuruan yang ada di wilayah Tanjung selor Kabupaten Bulungan yang berkonsentrasi pada bidang Manajemen Bisnis. Dan siswa kebanyakan berasal dari daerah sekitar yang ada di Tanjung Selor dengan latar belakang ekonomi yang beragam, sehingga orang tua murid berharap setelah selesai mengikuti pembelajaran dapat segera memperoleh pekerjaan sesuai dengan bidang ilmu yang telah diperoleh. Berdasarkan pada keinginan tersebut maka kami akan memberikan tambahan bekal kepada para siswa sebagai generasi muda sehingga lebih tergerak untuk melakukan pekerjaan sendiri dan tepat memilih strategi bisnis
Manajemen Dan Pengelolaan Keuangan Rumah Tangga: Desa Sajau Tanjung Selor Machmud Al Amrie; Adi Aspian Nur; Dedik Wiryawan
JOURNAL OF SOCIETY SERVICE Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kaltara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

There are many strategies that can be taken in order to get around the limitations of household finances due to rising fuel prices, among other spending reductions in strategic posts, such as education, health, including reduction of food quantity and quality of family and debt management. So that they need household financial management that is more efficient in every expenditure, because small problems can become big if not addressed and resolved by wise especially if persolan involving money. The purpose of this study is to describe the impact of rising fuel prices on household finances and how financial management strategies of households after rising the fuel price. The Research was conducted on several families in the Wayhalim Bandar Lampung. The type of research used in this research is qualitative research data collection techniques used include: (1) in-depth interviews and (2) observation. While the data analysis techniques used are data reduction, data presentation and draw conclusions. The analysis showed that they had not properly manage family assets that they have and do not yet have an investment plan. This is indicated by the lack of financial planning for the future and have not applied the financial records (cash flow) that is income less the expenses each month, thus requiring better financial management,namely in terms of both effectiveness and efficiency.
Pengaruh Kegiatan Market Day Sejak Dini Terhadap Minat Entrepreneur di Sekolah Dasar Islam Terpadu Cendekia Taka Rina Sri Wahyuni; Adelia Juniarti; Laily Nur Hidayah; Nugroho Suryo Kawoco
JOURNAL OF SOCIETY SERVICE Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kaltara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kurikulum sekolah berdasarkan undang – undang sistem pendidikan nasional pasal 3 undang-undang nomor 20 tahun 2003, diharapkan mampu mengantarkan peserta didik untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Melalui kegiatan market day, diharapkan pendidikan yang berorientasi menciptakan manusia yang pintar dan terampil serta cakap, kreatif dan mandiri pada peserta didik bisa terwujud. Terkait dengan hal ini, penulis melakukan analisis melalui metode eksploratif, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kegiatan market day terhadap minat anak usia dini dalam dunia entreprenuer.
Peningkatan Kinerja Organisasi Melalui Pelatihan Kepemimpinan dan Teamwork Pada Karang Taruna Desa Bulu Perindu Machmud Al Amrie; Wempi Feber
JOURNAL OF SOCIETY SERVICE Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kaltara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari pengabdian masyarakat adalah memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang gaya kepemimpinan yang ideal dalam berorganisasi dan membentuk teamwork yang solid sehingga tujuan dari organisasi tersebut tercapai. Metode ceramah, diskusi dan juga kaji tindak dilakukan dalam pengambian masyarakat ini. Hasil yang diperoleh anggota karang taruna mereka sadar dan memahami pentingnya kepemimpinan yang mampu membangun teamwork yang solid untuk meningkatkan kinerja sehingga peranan aggota karang taruna menjadi lebih terlihat dalam kehidupan bermasyarakat. Namun pemahaman anggota karang taruna masih perlu ditingkatkan.
Sosialisasi Kemitraan Usaha Skala Besar Dan UMKM di Kabupaten Bulungan Nurus Soimah; Rina Sri Wahyuni
JOURNAL OF SOCIETY SERVICE Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kaltara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

UMKM naik kelas menjadi salah satu prioritas pemulihan ekonomi pasca covid-19. Program kemitraan adalah salah satu program yang digagas untuk mengatasi permasalahan tersebut. Kebijakan tersebut bertujuan untuk mensinergikan UMKM dengan perusahaan besar melalui program kemitraan, sesuai dengan yang diamanahkan PP no 07 tahun 2021 tentang Kemudahan, Perlindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan UMKM. Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan kebijakan tersebut kepada seluruh pelaku usaha di Kabupaten Bulungan. Hasil dari kegiatan ini adalah pelaku usaha mengetahui kebijakan program kemitraan antara usaha skala besar dengan UMKM setempat.
Pelatihan Pembuatan Produk Lempok Cempedak Dewi Qomariah Imelda; Ika Niswatin Budiarti; Tati Hariyati
JOURNAL OF SOCIETY SERVICE Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kaltara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sosialisasi produk olahan cempedak di Desa Gunung Seriang Baratan, bertujuan untuk membangun sinergi Pemuda dan ibu PKK dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa Baratan Gunung Seriang dengan memanfaatkan potensi SDA sebagai produk pangan alternatif dalam pembuatan produk lempok. Kegiatan Pelatihan ini dilaksanakan di Gedung Serbaguna Desa Gunung Seriang Baratan yang diikuti oleh 25 peserta yang terdiri dari apparat desa, perwakilan RT, Ibu PKK dan Mahasiswa Universitas Kaltara. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah dengan melakukan sosialisasi sekaligus melakukan pelatihan pembuatan produk dengan praktek secara langsung pembuatan produk olahan lempok cempedak. Hasil dari kegiatan ini adalah para peserta memiliki keterampilan dan pengetahuan dengan memanfaatkan potensi buah cempedak dapat meningkatkan nilai jual dan memberikan nilai tambah bagi masyarakat desa tersebut.
Meningkatkan Pelayanan JNE di Batas Negeri Sri Octaviana; Hendra Laksamana; Adi Aspian Nur
JOURNAL OF SOCIETY SERVICE Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kaltara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam hal pemesanan barang yang diinginkan konsumen adalah barang datang tepat waktu atau tidak terlalu lama menunggu pesanan. Maka dari itu dibutuhkan perusahaan jasa yang dapat melakukan hal tersebut, satu diantaranya adalah JNE. PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) merupakan perusahaan terbesar yang bergerak pada industri ekspedisi di Indonesia. Dengan network yang dapat mencapai seluruh kabupaten dan kota di Indonesia. JNE menjadi perusahaan logistik dengan network yang sangat luas secara nasional. Untuk mempermudah dalam analisis, maka kami membatasi pembahasan pada JNE Tanjung Selor. Permasalahan yang terjadi pada JNE Tanjung Selor adalah permasalahan internal dan eksternal perusahaan, permasalahan pelayanan yang diberikan oleh JNE Tanjung Selor, serta permasalahan terkait dengan keterlambatan pengiriman barang. Dan solusi yang dapat kami usulkan untuk permasalahan tersebut adalah membuat fasilitas untuk nomor antrian bagi konsumen JNE Tanjung Selor serta penambahan kursi, penambahan fiture baru di aplikasi My JNE, serta penerapan JNE Loyalty Card (JLC) di Tanjung Selor.
Strategi Bisnis Usaha Kecil Dan Menengah: Kelurahan Tanjung Palas Adi Aspian Nur; Dedik Wiryawan
JOURNAL OF SOCIETY SERVICE Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kaltara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pertumbuhan bisnis dan dunia usaha dewasa ini sangatlah pesat dan akibat dari pertumbuhan bisnis yang pesat tersebut dibarengi dengan semakin ketatnya persaingan antar perusahaan. Didukung dengan sumber daya yang kuat seperti modal yang cukup maka setiap perusahaan akan mencoba untuk dapat beroperasi seefektif dan seefisien dengan baik.
Strategi Peningkatan Minat Wirausaha Mahasiswa Melalui Program Kreativitas Mahasiswa Machmud Al Amrie
JOURNAL OF SOCIETY SERVICE Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kaltara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), menjelaskan strategi peningkatan minat wirausha mahasiswa, dan menjelaskan kendala pelaksanaan kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif (qualitative research). Penelitian kualitatif ini secara spesifik lebih diarahkan pada penggunaan metode studi kasus. Penelitian yang mendalam dan mendetail tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan subjek penelitian. Hasil penelitian menjelaskan minat berwirausaha tidak harus sesuatu yang tidak pernah dibuat orang, tetapi lebih mengembangkan ke hal yang sudah ada. Pemakaian konsep pakai teknik amati tiru dan modifikasi bisa menjadi pilihan. Ide kreatif mahasiswa dapat dikembangkan melalui dorongan dari dosen-dosen pada program studi. Bimbingan yang bersifat sharing akan menjadi wadah diskusi efektif untuk mencari minat mahasiswa. Mahasiswa harus jauh lebih aktif memahami tahapan pengusulan PKM begitupula dosen pembimbing. Selanjutnya ide kreatif tersebut harus didukung kompetensi.

Page 1 of 2 | Total Record : 18