cover
Contact Name
Benni Setiawan
Contact Email
bennisetiawan@uny.ac.id
Phone
+6281578968008
Journal Mail Official
ilkom@uny.ac.id
Editorial Address
Department Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial, Hukum, dań Ilmu Politik Universitas Negeri Yogyakarta Jl. Colombo No. 1 Karangmalang Depok Sleman Yogyakarta
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : ""     EISSN : 2988344X     DOI : https://doi.org/10.21831/
Core Subject : Education,
Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi, is academic journal, free of charge. Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi, is an interdisciplinary journal that welcomes contributions coming from and speaking to the many disciplines and approaches that meet at the crossroads that is Communication Studies.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2021): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi" : 10 Documents clear
POLA KOMUNIKASI PERSUASIF ANTI KEKERASAN OLEH KOMUNITAS PENCINTA DANGDUT SAHABAT HOLIC adiatma pratama
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4, No 1 (2021): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v4i1.18505

Abstract

Abstrak            Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola komunikasi persuasif anti kekerasan oleh komunitas Sahabat Holic sebagai pelopor pencinta dangdut anti kekerasan dalam menyebarkanpengaruhnya  pada  penonton  musik  dangdut  koplo  di  Bantul.  Penelitian  ini  menggunakanmetode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling yaitu pendiri komunitas, anggota komunitas, dan penikmat dangdut koplo. Teknik validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis interaktif yang meliputi data reduction, data display, dan conclusion/verification. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi persuasif anti kekerasan oleh komunitas pencinta dangdut Sahabat Holic menggunakan tiga pola komunikasi yaitu 1) Human Communication, 2) Attempted Influence, dan 3) Beliefs, Values or Attitudes.Kata kunci: Kata kunci : Pola Komunikasi Persuasif, Proses Komunikasi Persuasif, KomunitasPencinta Dangdut, dan Komunitas Sahabat Holic Abstract            This study aims to describe the persuasive pattern of non-violent communication by the Sahabat Holic community as a pioneer of anti-violence dangdut lovers in their influence groups on the dangdut  koplo  music  audience  in  Bantul.  This  research  uses  descriptive  qualitative  research methods. The research subjects were determined by purposive sampling technique, namely the community founder, community members, and dangdut koplo connoisseurs. The data validity technique in this study used the source triangulation technique. The data analysis technique in this research used interactive analysis methods which included data reduction, display data, and conclusion/verification. The results showed that persuasive communication against violence by the dangdut lover community Sahabat Holic used three communication patterns, namely 1) Human Communication, 2) Attempted Influence, and 3) Beliefs, Values or Attitudes.Keywords: Persuasive Communication Patterns, Persuasive Communication Processes, DangdutLovers Community, and Sahabat Holic Community
Citra Garuda Indonesia di Media Daring Berbasis YouTube (Analisis Isi Kasus Rius Vernandes dan Garuda Indonesia pada Media Daring YouTube tvOneNews, Official iNews, KOMPASTV) wisda fatihur rozi
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4, No 1 (2021): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v4i1.18495

Abstract

Abstrak            Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui citra Garuda Indonesia dalam pemberitaan media sebelum dan sesudah manajemen Garuda Indonesia memberikan respon krisis terhadap kasus Sekarga dan Rius Vernandes. (2) Untuk mengetahui perubahan citra pemberitaan media yang terjadi antara sebelum dan sesudah manajemen Garuda Indonesia memberikan respon krisis kepada publik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi. Dalam penelitian ini menggunakan sumber data yaitu media daring YouTube dari kanal tvOneNews, Official iNews, KOMPASTV. Metode penarikan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penilai yang kompeten (expert judgement). Hasil penelitian ini menunjukkan : 1). Citra yang ditampilkan dalam pemberitaan media daring YouTube tvOneNews, Official iNews, dan  KOMPASTV terhadap Garuda Indonesia atas kasus unggahan buku menu tulis tangan oleh Rius Vernandes cenderung negatif sebelum Garuda Indonesia memberikan respon krisis ke publik dan cenderung berubah menjadi positif setelah memberikan respon krisis. 3) Perbedaan perubahan citra yang ditampilkan media daring YouTube tvOneNews, Official iNews, dan KOMPASTV sebelum dan sesudah Garuda Indonesia memberikan respon terletak pada citra dalam penulisan judul, sub judul, isi atau narasi berita dan juga keberimbangan narasumber dalam pemberitaan.Kata Kunci: Citra Perusahaan, Komunikasi Krisis, Majemen Krisis PR Abstract            This This project aims to: (1) Investigate the image of Garuda Indonesia in media coverage before and after Garuda Indonesia Management gave crisis response regarding the case of Sekarga and Rius Vernandes. (2) Investigate the shift of Garuda Indonesia image in the media coverage before and after Garuda Indonesia Management released the crisis response. The project uses qualitatif approach with content analysis method. The data were taken from three YouTube-Based Online media canals, tvOneNews, Official iNews, and KOMPASTV. Furthermore, Purposive Sampling method were used to collect the data. Moreover, the expert judgement were used to test the data validity. The result of the study shows : 1) The image of Garuda Indonesia presented in the YouTube- Based Online media tvOneNews, Official iNews, and KOMPASTV related to the case of Rius Vernandes relatively negative before Garuda Indonesia management released the crisis response and relatively positive after the management of Garuda Indonesia gave the public crisis response. 2) The YouTube-Based Online media tvOneNews, Official iNews, and  KOMPASTV shows that there are differences in the way they presented the image of Garuda Indonesia before and after the garuda Indonesia public crisis response. These differences or changes were shown on the title, sub title, news content, and the balance of the informations given by the interviewees.Keywords: Company Image, Crisis Communication, Public Relation Crisis Management
PROFESIONALITAS WARTAWAN TVONE DALAM PELIPUTAN DEMO PENOLAKAN OMNIBUS LAW DI YOGYAKARTA (ANALISIS FENOMENOLOGI WARTAWAN TV ONE BIRO DIY & JATENG) dinda isradilah; suranto suranto
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4, No 1 (2021): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v4i1.18506

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi yang dimiliki oleh wartawan Tv One Biro DIY Jateng dalam peliputan demo penolakan omnibus law di Yogyakarta. Kompetensi tersebut dilihat berdasarkan proses kerja wartawan, pemahaman pada Kode Etik Jurnalistik, Undang-undang nomor 32 tahun 2002, dan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS), serta hasil penyajian berita. Penelitian ini menggunakan metode fenomenologi Alfred Schutz dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa wartawan TvOne Biro DIY Jateng belum mencapai profesionalitas sesuai dengan Standar Kompetensi Wartawan oleh Dewan Pers. Namun, wartawan Tv One Biro DIY Jateng memiliki standar profesional sendiri dan mengkritik kebijakan yang digunakan selama ini. Proses kerja dapat berjalan maksimal dengan dukungan dari internal perusahaan media dan personal diri wartawan. Wartawan telah memahami aturan hukum jurnalistik dengan baik. Secara umum, penyajian berita telah memenuhi unsur berita dan menerapkan aturan hukum jurnalisitik dengan baik. Namun masih terdapat satu tayangan rokok yang terekam dan tampil di televisi.Kata Kunci : Profesionalitas Wartawan, Jurnalistik, Omnibus law, Tv One. AbstractThis study aims to find out competency of journalists Tv One Biro DIY Jateng while covering Omnibus Law rejection demonstration in Yogyakarta. The Competency seen based on the work process of journalists, understanding of Journalistic Code of Ethics, Law 32 year 2002 Constitution, and Broadcasting Code and Broadcasting Program Standards Regulation (P3SPS), and the results of  news presentation. This research are using phenomenology method of Alfred Schutz with qualitative approach. The data was collected through in depth interview, observation, documentation, and fields notes.  The result of this study indicate that TvOne Biro DIY Jateng Journalists has not achieved based on the Journalists Competency Standards (SKW) by Dewan Pers.  However, TvOne Biro DIY Jateng  journalists have their own professional standards, and criticize the police used so far.  In the work process, coverage can optimally with the support of internal media companies and journalists personalities. Journalist understood the rules of journalistic law. Overall, the presentation of news has fulfilled elements of news and has implemented rules of journalistic law properly. However, news presentation there is one section that still display cigarettes.Keywords : Professionalis of Journalists, Journalistic, Omnibus Law, Tv One
PERAN HUMAS PT KERETA API INDONESIA (PERSERO) DAOP 6 YOGYAKARTA DALAM SOSIALISASI KESELAMATAN PERLINTASAN SEBIDANG DI WILAYAH YOGYAKARTA Muhammad Farhan ghaziya widodo
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4, No 1 (2021): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v4i1.18496

Abstract

Abstrak            Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran Humas PT Kereta Api Indonesia Daop 6 Yogyakarta dalam pelaksanaan sosialisasi keselamatan perlintasan sebidang di wilayah Yogyakarta serta menjaga hubungan dengan stakeholder (Kepolisian, Direktorat Jendral Perkeretaapian, Pemerintah Daerah, Railfans, dan wartawan) yang terlibat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.  Narasumber dari penelitian ini dipilih dengan metode purposive sampling yaitu Manajer, Asistan Manajer, serta Staff Humas dari unit Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik wawancara dan studi dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Analisis data menggunakan teknik dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta dalam pelaksanaan sosialisasi keselamatan perlintasan sebidang menjalankan 4 peran Humas. Pertama adalah sebagai penasihat ahli, Humas melakukan perumusan, pengembangan, serta menjadi penanggung jawab program sosialisasi. Selanjutnya sebagai fasilitator pemecahan masalah, Humas berperan mulai dari perencanaan hingga monitoring dan evaluasi program sosialisasi. Berikutnya sebagai fasilitator komunikasi, Humas menjaga hubungan komunikasi dengan stakeholder. Terakhir sebagai teknisi komunikasi, Humas membuat press realease yang akan di terbitkan kepada media serta melaksanakan monitoring media massa.Kata kunci : Peran Humas, Sosialisasi, Perlintasan Sebidang, PT KAI Daop 6 YogyakartaAbstract            This study aims to describe the role of PT Kereta Api Indonesia Daop 6 Yogyakarta’s Public Relations in the implementation of level crossing’s safety socialization in Yogyakarta area and how to PR maintain relationships with stakeholders (Police, Directorate General of Railways, Local Government, Railfans, and journalists) thats involved. This research is using descriptive method with qualitative approach. The Informants are selected by purposive sampling method which is The Manager, Assistant Manager, Staff of PT Kereta Api Indonesia Daop 6 Yogyakarta’s Public Relations Division. The data were collected by doing interview and document study. The validity of data is checked with source and methods triangulation. Data analyst is using a technique by Miles and Huberman. The results showed that the Public Relations of PT Kereta Api Indonesia Daop 6 Yogyakarta in carrying out the socialization of level crossing safety carried out 4 PR roles. First as an expert advisor, Public Relations formulates, develops, and is in charge of the socialization program. next, as a problem-solving facilitator, Public Relations has a role from planning to monitoring and evaluating the socialization program. Furthermore, as a communication facilitator, Public Relations maintains communication relationships with stakeholders. Lastly, as a communication technician, PR makes a press release that will be published to the media and carries out mass media monitoring.Keywords:Public Relations Role, Socialization, Level Crossing, PT KAI Daop 6 Yogyakarta
STRATEGI CYBER PUBLIC RELATIONS HUMAS POLRES PURWOREJO DALAM MENGELOLA CITRA POSITIF dewi Novitasari; pratiwi wahyu widiarti
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4, No 1 (2021): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v4i1.18507

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ; 1) strategi cyber public relations Humas Polres Purworejo dalam mengelola citra positif; 2) hambatan Humas Polres Purworejo dalam penerapan strategi cyber public relations dalam mengelola citra positif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Objek dalam penelitian ini adalah Humas Polres Purworejo. Pemeriksaan keabsahan data ditentukan dengan triangulasi sumber. Analisis data melalui tahap reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), serta penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing and verification). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi CPR Humas Polres Purworejo dalam  mengelola citra positif adalah dengan  pengelolaan secara intensif pada media online Humas Polres Purworejo, dengan melakukan publikasi secara intens dan membuat konten inovatif pada media online. Media online yang digunakan Humas Polres Purworejo meliputi media mainstream, pada website dan media sosial Instagram, Twitter, Facebook, Youtube.; 2) Hambatan pelaksanaan strategi CPR dalam mengelola citra positif, yaitu terkait hambatan teknis dalam  pengadaan sarana dan prasarana yang masih kurang memadai.Kata kunci: Strategi Cyber Public Relations, humas Polres Purworejo, citra positifAbstract              This study aims to determine; 1) the cyber public relations strategy of the Purworejo Police Public Relations in managing a positive image; 2) the obstacles of Public Relations of the Purworejo Police in implementing cyber public relations strategies in managing a positive image. This study uses a qualitative approach with a descriptive method. Collecting data through interviews, observation and documentation. The object of this research is the Public Relations of the Purworejo Police. Check the validity of the data is determined by triangulation of sources. Data analysis goes through the stages of data reduction (data reduction), data presentation (data display), as well as drawing conclusions and verification (conclusion drawing and verification). The results of this study indicate that the Purworejo Police Public Relations CPR strategy in managing a positive image is to intensively manage the Purworejo Police Public Relations online media, by intensely publishing and creating innovative content on online media. The online media used by the Purworejo Police Public Relations includes mainstream media, on websites and social media Instagram, Twitter, Facebook, Youtube.; 2) Barriers to the implementation of the CPR strategy in managing a positive image, namely related to technical obstacles in the procurement of facilities and infrastructure that are still inadequate.Keywords: Cyber Public Relations Strategy, Purworejo Police Public Relations, positive image
PERSEPSI KHALAYAK PADA PROGRAM COMPETITION SHOW TELEVISI MNET PASCA MANIPULASI VOTING PRODUCE X 101 hasdiana safitri; pratiwi wahyu widiarti
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4, No 1 (2021): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v4i1.18499

Abstract

ABSTRAK            Penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi persepsi khalayak terhadap tayangan kompetisi Mnet pasca adanya kasus manipulasi yang terjadi pada Produce X 101. Peneliti menggunakan teori persepsi yang terdiri dari tiga proses yakni seleksi, interpretasi dan reaksi. Adapun subjek dari penelitian ini adalah khalayak maya yang menyaksikan tayangan Produce Series minimal pada series terakhir yaitu Produce X 101 yang menjadi musim paling fenomenal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara mendalam (indepth interview) dengan perantara aplikasi daring seperti WhatsApp voice note dan telegram chat. Dengan menggunakan teknik purposive sampling diperoleh 7 orang informan yang merupakan penonton tayangan Produce X 101. Untuk validitas data diuji melalui teknik triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi dan reaksi khayalak pasca kasus manipulasi voting yang terjadi pada Produce X 101 ialah adanya sikap menolak untuk tidak percaya dan sikap menerima fakta bahwa tayangan tersebut adalah hasil manipulasi, khalayak juga serentak melakukan budaya pembatalan atau yang biasa dikenal sebagai canceling terhadap tayangan kompetisi Mnet. Namun hal tersebut tidak bisa sepenuhnya dilakukan karena adanya faktor eksternal yang membuat khalayak memutuskan untuk kembali menyaksikan tayangan kompetisi dari Mnet yaitu adanya dorongan untuk mendukung idola dan kualitas tayangan Mnet yang layak untuk disaksikan.Kata kunci: persepsi, khalayak, manipulasi. ABSTRACT            This study aims to explore the audience’s perception of Mnet competition show after the manipulation that occured in the third season of Produce Series which is Produce X 101. The researcher uses perception theory which consists of three processes, namely selection, interpretation and reaction. The subject of this research is the virtual audience who watched the Produce Series at least in the last series, namely Produce X 101 which became the most phenomenal season.The research method used is descriptive qualitative method. The data collection technique in this study used the in-depth interviews method with online app such as WhatsApp voice notes and telegram chat. By using purposive sampling technique obtained 7 informants who are viewers of the Produce X 101 show. For the validity of the data, it was tested through the triangulation technique of data sources.The results showed that the public's perception and reaction after the voting manipulation case that occurred in Produce X 101 was the act of refusing to believe and accepting the fact that the show was the result of manipulation, audiences who simultaneously carry out a culture of cancellation or what is commonly known as canceling Mnet competition shows. However, this cannot be fully done because there are other factors that make the audience finally return to watching competition shows from other Mnet and none other than the encouragement to support idols and the undoubted quality of Mnet's broadcasts.Keywords: perception, audience, manipulation
ANALISIS SEMIOTIKA KOMODIFIKASI NILAI AGAMA DALAM IKLAN SASHA SIWAK VERSI SASHA PASTA GIGI HALAL PENCEGAH GIGI BERLUBANG ina himatul shivania
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4, No 1 (2021): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v4i1.18508

Abstract

Abstrak            Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) interpretasi tanda keagamaan pada iklan pasta gigi Sasha Siwak; 2) bentuk komodifikasi nilai agama yang ada dalam iklan pasta gigi Sasha Siwak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan model semiotika Charles Peirce. Penelitian dilakukan di televisi dan channel YouTube Sasha ID. Objek penelitian ini adalah video iklan Sasha Siwak versi Sasha Pasta Gigi Halal Pencegah Gigi Berlubang yang ditayangkan di televisi dan diunggah pada channel YouTube Sasha ID pada tahun 2020. Metode dan instumen yang digunakan yaitu studi pustaka dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis  data  dengan  mengunduh  video  iklan  dan mengumpulkan  sumber  data  relevan  kemudian dilakukan klasifikasi, identifikasi dan interpretasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) interpretasi tanda keagaman pada iklan Sasha Siwak menggunakan tanda-tanda keagamaan yang bertujuan untuk membentuk citra sebagai produk religius dibenak konsumen. Melalui tanda keagamaan Sasha Siwak mempersusasi khalayak agar produknya dipercaya memiliki keunggulan. 2) bentuk komodifikasi agama yang ada dalam iklan Sasha Siwak diantaranya: a) busana muslim dan nilai ketaqwaan; b) kayu siwak dan nilai sunah; c) kata dan label halal; d) brand ambassador dan citra islami; e) tagline merek dan representasi nilai kesalehan; dan f) slogan dan spesialisasi agama islam.Kata Kunci: Semiotika Peirce, interpretasi tanda, komodifikasi agama, analisis iklan Abstract                       This study aims to describe: 1) the interpretation of religious signs in Sasha Siwak's toothpaste ad; 2) a form of commodification of religious values in Sasha Siwak toothpaste advertisements. This research is a qualitative study using Charles Peirce's semiotic model. The research was conducted on the television and YouTube channel Sasha ID. The object of this research is the Sasha Siwak advertisement video with Sasha Halal Toothpaste to Prevent Cavities version which is broadcast on television and uploaded to the Sasha ID YouTube channel in 2020. The methods and instruments used are literature documentation studies. Testing the validity of the data using technical triangulation. The analyzing data technique is by downloading advertising videos and collecting relevant data sources and then classification, identification and interpretation are carried out. The results show that: 1) the interpretation of diversity signs in Sasha Siwak advertisements uses religious signs which aim to form an image as a religious product in the minds of consumers. Through a religious sign, Sasha Siwak delights the audience so that their products are believed to have advantages. 2) the forms of religious commodification in Sasha Siwak's advertisements include: a) Muslim clothing and devotion; b) siwak wood and the value of the sunah; c) halal words and labels; d) brand ambassadors and Islamic images; e) brand taglines and representations of piety values; and f) Islamic slogans and specialties.Keywords: Peirce's semiotics, sign interpretation, religious commodification, advertising analysis
ANALISIS RESEPSI PROGRAM TALK SHOW MATA NAJWA EPISODE “PSSI BISA APA JILID 2” TAHUN 2018 DI TRANS 7 imelda dwi kumala
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4, No 1 (2021): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v4i1.18503

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana khalayak memaknai tayangan talk show Mata Najwa di Trans 7 episode “PSSI Bisa Apa Jilid 2: Membongkar Dalang Pengaturan Skor Sepak Bola”. Penelitian ini merupakan penelitian analisis resepsi khalayak dengan pendekatan kualitatif informan penelitian ini adalah khalayak yang telah berkomentar di YouTube pada tayangan Mata Najwa episode “PSSI Bisa Apa” Jilid 2 yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan analisis resepsi dengan teori encoding-decoding Stuart Hall. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemaknaan khalayak terhadap tayangan talk show Mata Najwa di Trans 7 episode “PSSI Bisa Apa” jilid 2, terdapat empat narasumber dengan latar belakang berbeda, dikelompokkan dalam tiga posisi, yaitu satu narasumber termasuk ke dalam Dominant Position, satu narasumer juga berada dalam Negotiated Position, dan dua narasumber dikategorikan ke dalam Oppostional Position.Kata Kunci: analisis resepsi, talk show, khalayak, televisi AbstractThe purpose of this research is to find out how the audience interprets the Mata Najwa talk show on Trans 7 episode "PSSI Bisa Apa Volume 2: Uncovering the Mastermind of Football Score Setting". This research is an analysis of audience reception with a qualitative approach, the informants of this study are audiences who have commented on YouTube on the Mata Najwa episode of "PSSI Bisa Apa" Volume 2 which was determined by purposive sampling technique. Data analysis was carried out by reception analysis using Stuart Hall's encoding-decoding theory. The results of this study indicate that the audience's interpretation of the Mata Najwa talk show on Trans 7 episode "PSSI Bisa Apa" volume 2, there are four sources with different backgrounds, four are grouped into three positions, namely one resource person is included in the Dominant Position, one resource person are also in the Negotiated Position, and two informants are categorized into the Oppostional Position.Keywords: reception analysis, talk show, audience, television
REPRESENTASI BUDAYA JAWA PROGRAM ACARA ANGKRINGAN DI TVRI STASIUN YOGYAKARTA twista gilang ramadhan; suranto suranto
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4, No 1 (2021): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v4i1.18509

Abstract

Abstrak            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi Budaya Jawa yang ditampilkan dalam program acara Angkringan di TVRI Jogja. Penelitian ini menggunakan pendekatan  penelitian kualitatif deskiptif. Subyek penelitian adalah Program Acara “Angkringan” di staisun TVRI Jogja. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dengan metode purposive sampling. Keabsahan data dalam penelitian ini diuji dengan peer validation. Penelitian ini menggunakan teknik analisis isi semiotika model John Fiske untuk menganalisis representasi Budaya Jawa dalam program acara Angkringan di TVRI menggunakan kode-kode sosial yaitu, level realitas, level representasi, dan level ideology. Hasil penelitian menunjukkan bahwa representasi Budaya Jawa Acara Angkringan di TVRI Stasiun Yogyakarta adalah aktualisasi nilai-nilai yang terkandung dalam Budaya Jawa. Beberapa nilai luhur Budaya Jawa pada seluruh episode tahun 2019 yaitu Memayu Hayuning Bawana, Ibu Bumi Bapa Akasa, Bandha Titipan Nyawa Gadhuhan Pangkat Sampiran, Aja Ketungkul Marang Kalungguhan Kadonyan Lan Kemareman, Ana Dina Ana Upa, Ngelingana Tembe Mburine, Ngunduh Wohing Pakarti. Representasi tersebut dapat dilihat dari setiap pengadeganan, penokohan, watak, kostum, setting, dan tata kamera (misse en scene).Kata kunci: Budaya Jawa, nilai luhur, representasi, John Fiske, Program Angkringan Jogja Abstract            This study aimed to determine the representation of the great value of Javanese culture that is displayed in the Angkringan program on TVRI Jogja. The method used in this research is qualitative descriptive method. The subject of this research is Angkringan program on TVRI Jogja. The data collected by documentation and purposive sampling method The validity of the data in this study was tested by peer validation. This research uses the John Fiske model of semiotic content analysis technique to analyze the representation of Javanese culture in the Angkringan program on TVRI using social codes, namely, the level of reality, the level of representation, and the level of ideology. The results show that there are also representations of the eight noble features of Javanese culture, namely Memayu Hayuning Bawana, Ibu Bumi Ayah Akasa, Bandha Titipan Nyawa Gadhuhan Pangkat Sampiran, Aja Ketungkul Marang Kalayaan Kadonyan Lan Kemareman, Ana Dina Ana Upa, Ngelingana Tembe Mburine, Ngunduh Wohing Pakarti. There are all the episodes in 2019. This representation can be seen from each modeling, characterization, character, costume, setting, and camera system (misse en scene).Kata kunci: Javanese culture, great value, representation, John Fiske models, Angkringan on TVRI Jogja
PENGARUH PERSEPSI TENTANG BRAND IMAGE DAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELI DI FOLK STORE PADA MAHASISWA DI YOGYAKARTA abich govinda; pratiwi wahyu widiarti
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4, No 1 (2021): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v4i1.18504

Abstract

AbstrakPenelitian ini terfokus pada Folk Store, sebuah distribution store di Yogyakarta. Folk Store dikenal sebagai sebuah distribution store yang pertama kali menjual produk sepatu Vans di wilayah Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh persepsi tentang brand image terhadap minat beli di Folk Store, (2) pengaruh persepsi tentang promosi terhadap minat beli di Folk Store, dan (3) pengaruh persepsi tentang brand image dan promosi secara bersama-sama terhadap minat beli di Folk Store. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif inferensial, dengan jenis analisis korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa yang ada di Yogyakarta. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik multistage random sampling, dan ditentukan sebanyak 100 sampel. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) persepsi tentang brand image berpengaruh positif terhadap minat beli di Folk Store dengan nilai regresi sebesar 0,568 dan nilai p = 0,000; (2) persepsi tentang promosi berpengaruh positif terhadap minat beli di Folk Store dengan nilai regresi sebesar 0,402 dan nilai p = 0,000; (3) persepsi tentang brand image dan promosi secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap minat beli di Folk Store, dibuktikan dengan hasil pengujian diperoleh nilai F hitung sebesar 400,059 dan nilai p = 0,000.Kata Kunci: Persepsi, Brand Image, Promosi, Minat Beli AbstractThis study focuses on Folk Store, a distribution store in Yogyakarta. Folk Store is known as a distribution store that was the first to sell Vans shoes in the Yogyakarta area. This study aims to determine: (1) the effect of perceptions about brand image on buying interest at Folk Store, (2) the effect of perceptions about promotion on buying interest at Folk Store, and (3) the effect of perceptions about brand image and promotion together. towards buying interest at Folk Store. This study uses an inferential quantitative approach, with a type of correlational analysis. The population in this study were students in Yogyakarta. The sampling method in this study using multistage random sampling technique, and determined as many as 100 samples. Data were collected using a questionnaire that has been tested for validity and reliability. The data analysis technique used is multiple regression. The results of this study indicate that: (1) the perceptions of brand image have a positive affect on buying interest at Folk Store with a regression value of 0.568 and p value = 0.000; (2) the perceptions of promotion have a positive effect on buying interest at Folk Store with a regression value of 0.402 and p value = 0.000; (3) the perceptions of both brand image and promotion have a positive effect on buying interest at Folk Store, as evidenced by the test results obtained by the calculated F value of 400.059 and and p value = 0.000.Keywords: Perception, Brand Image, Promotion, Buying Interest 

Page 1 of 1 | Total Record : 10