cover
Contact Name
Gusma Harfiana Abbas
Contact Email
gusma.harfiana@unm.ac.id
Phone
+6289694990900
Journal Mail Official
chemedu@unm.ac.id
Editorial Address
Jurusan Kimia FMIPA, Universitas Negeri Makassar, Jl. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Chemedu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia
ISSN : 28081226     EISSN : 28081218     DOI : https://doi.org/10.35580/chemedu.v4i2
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Chemedu merupakan wadah untuk bertukar informasi ilmiah mengenai ilmu pendidikan kimia yang meliputi perkembangan teori, media dan metode pembelajaran dari hasil penelitian, telaah pustaka, opini, makalah teknis dan kajian buku.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 3 (2022)" : 9 Documents clear
Pengaruh Permainan Word Search Puzzle dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Baraka (Studi pada Materi Pokok Hidrokarbon) Nurfajrianti Akhmad; Taty Sulastry; Muh. Yunus
ChemEdu Vol 3, No 3 (2022)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/chemedu.v3i3.39338

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian quasy experiment yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan word search puzzle dalam model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Baraka tahun pelajaran 2015/2016 pada materi pokok hidrokarbon. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Baraka yang terdiri dari sebelas kelas. Sampel diperoleh secara acak dan terpilih kelas X.9 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.8 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa masing-masing 28 orang. Variabel bebas pada penelitian ini adalah permainan word search puzzle dan variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Data diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar kepada siswa pada akhir pembelajaran. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa data terdistribusi normal sesuai dengan yang diperoleh 〖x^2〗_hitung
Analisis Penguasaan Konsep Siswa yang Diajar dengan Metode Inkuiri Terbimbing pada pada Materi Pokok Ikatan Kimia Nurmaulita Nurmaulita; Muhammad Anwar; Ramdani Ramdani
ChemEdu Vol 3, No 3 (2022)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/chemedu.v3i3.38711

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui tingkat penguasaan konsep kimia siswa pada materi pokok ikatan kimia yang diajar dengan metode inkuiri terbimbing. Tingkat penguasaan konsep siswa kategori paham konsep, miskonsepsi, dan tidak paham konsep diukur dalam bentuk persentase. Objek penelitian adalah siswa kelas X semester 1 SMA Negeri 8 Makassar tahun ajaran 2013/2014 sebanyak sembilan kelas dengan jumlah 304 orang siswa. Sampel penelitian diambil secara acak dan random sebanyak 36 orang siswa. Metode penelitian meliputi pengajaran dengan metode inkuiri terbimbing yang dievaluasi dengan instrumen test berupa pilihan ganda beralasan sebanyak 20 soal yang sudah divalidasi selanjutnya data yang diperoleh dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil penelitian diperoleh bahwa tingkat penguasaan konsep siswa yang diajar dengan metode inkuiri terbimbing pada materi pokok ikatan kimia yaitu kategori paham konsep, miskonsepsi, dan tidak paham konsep yaitu berturut-turut 48,33%, 13,05% dan 38,61%, yang menunjukkan bahwa metode inkuiri terbimbing cukup efektif membantu siswa memahami konsep-konsep materi ikatan kimia. ABSTRACT This descriptive research aims to determine the concept achievement level of students in the subject matter chemical bond with the inquiry learning method. The level of concept achievements of students is categorized into three levels, namely to understand the concepts, misconceptions, and do not understand the concept in the form of a percentage. The object is all the students of class X1 SMA Negeri 8 Makassar academic year 2013/2014 a total of nine classes with a number of 304 students. The sample is taken by random sampling or random grade class. Research methods include the inquiry learning method is evaluated with the instrument in the form of a multiple-choice test of 20 questions reasoned that has been further validated the data obtained were descriptive statistic analyzed. The result showed that the level of concept achievement of students in the subject matter of chemical bonds in the category of understanding concepts, misconceptions, and do not understand the concept successive 48,33%, 13,05%, and 38,61% showed that the inquiry method was effective to contribute to students understanding the concepts chemical bonding subject matter.
Pengaruh Metode Question Student Have Dalam Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Xi Mia Man 2 Makassar (Studi Pada Materi Larutan Penyangga) Fiqrah Apriani H.; Sugiarti Sugiarti; Army Auliah
ChemEdu Vol 3, No 3 (2022)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/chemedu.v3i3.38845

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Question Student Have pada pembelajaran model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MAN 2 Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode Question Student Have pada model pembelajaran inkuiri terbimbing. Variabel terikatnya adalah hasil belajar peserta didik pada materi larutan penyangga. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIA MAN 2 Makassar yang tersebar dalam 6 kelas. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik pada kelas eksperimen sebanyak 41 dan kelas kontrol sebanyak 36 orang yang ditentukan dengan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar pada materi pokok larutan penyangga yang dianalisis menggunakan uji t. Pengujian hipotesis menghasilkan thitung = 1,349 > ttabel= 1,667 pada taraf signifikan α = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh metode Question Student Have pada pembelajaran model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MAN 2 Makassar pada materi pokok larutan penyangga. ABSTRACT This is a quasi-experimental research that aimed to determine The Influence of Question Student Have Method in Guided Inquiry Learning Model to ward Student Learning Outcomes in Class XI MIA Man 2 Makassar. The independent variable in this study is the question student have method in the guided inquiry learning model. The dependent variable is student learning outcomes in buffer solution subject matter. The population of this research is all class XI MIA MAN 2 Makassar which is spread in 6 classes. The research sample consisted of 2 classes, namely class XI MIA 1 as the experimental class and XI MIA 2 as the control class with the number of students in the experimental class as many as 41 and the control class as many as 36 student determined by sample random sampling. The research data obtained by providing a learning outcomes test on the subject matter of buffer solution which was analyzed using the t test. The hypothesis test produces tcount = 1,349 > ttable = 1,667 at a significant level, α = 0.05. This shows that there is not an influence of the Question Student Have Method in guided iquiry learning model to student learning outcomes in Class XI MIA Man 2 Makassar on buffer solution subject matter.
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia Imtihanal Wafiqah Irwan; Muharram Muharram; Muhammad Jasri Djangi
ChemEdu Vol 3, No 3 (2022)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/chemedu.v3i3.39336

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Development Research) yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis inkuiri terbimbing untuk SMA kelas XI berdasarkan KTSP yang dapat dipakai sebagai alternatif media bagi guru dalam pembelajaran kimia sekaligus dapat dipakai siswa sebagai sumber belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 4 Pinrang sebanyak 33 orang. Pengembangan media pembelajaran ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang memiliki langkah-langkah sebagai berikut analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Media pembelajaran ini telah divalidasi oleh validator dan telah melalui uji coba terbatas. Media pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, efektif dan efisien. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) nilai rata-rata tes hasil belajar siswa yaitu 80 dengan persen ketuntasan kelas sebesar 87,88%; (2) umumnya siswa memberikan respon positif terhadap media pembelajaran yang dikembangkan dengan persentase yang menyatakan sangat baik dan baik berturut-turut sebesar 93,94% dan 6,06%, begitupun dengan respon guru yang secara keseluruhan memberikan respon yang sangat positif dengan persentase 100% yang menyatakan sangat baik. Sehingga, media pembelajaran dapat digunakan dalam pembelajaran kimia. ABSTRACT This development research is aimed to develop an interactive learning media based on guided inquiry for Senior High School grade XI refers to KTSP that can be used as an alternative media for teacher in chemistry instruction and it also can be used by students as learning source. The subject is students of class XI Exact 1 SMA Negeri 4 Pinrang with 33 students. The development of this learning media refers to ADDIE model that consist of several phases: analysis, design, development, implementation and evaluation. This learning media has been validated by validator and through limited trial. The learning media developed is categorized as valid, effective and practical. This research showed that: (1) average value of students learning achievement is 80 with class completeness is 87,88%; (2) commonly students gave positive responses toward learning media developed with percentage that expressed very good and good are in the amount of 93,94% and 6,06%, in a series, as are teache rs responses which gave very positive responses totality with percentage 100% expressed very good. So, the learning media can be used in chemistry instruction.
Studi Komparasi Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Campalagian (Materi Pokok Reaksi Reduksi dan Oksidasi) Magfirah Magfirah; Halimah Husain; Jusniar Jusniar
ChemEdu Vol 3, No 3 (2022)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/chemedu.v3i3.39335

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa Kelas X SMAN 1 Campalagian yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan tipe STAD. Populasinya adalah siswa kelas X SMAN 1 Campalagian yang terdiri dari sembilan kelas, sedangkan sampelnya adalah kelas X1 sebagai kelas eksperimen 1 yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan kelas X5 sebagai kelas eksperimen 2 yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan jumlah siswa masing-masing 35 orang. Desain penelitian yang digunakan adalah “Posttest Only Design”.Variabel bebasnya adalah pembelajaran kooperatif tipe TGT dan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan variable terikatnya yaitu hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas TGT pada posttest yaitu 71,53 lebih tinggi daripada kelas STAD dengan nilai posttest yaitu 63,61, dan berdasarkan analisis statistic berbeda secara signifikan. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan tipe STAD di kelas X SMAN 1 Campalagian pada Materi Pokok Reaksi Reduksi dan Oksidasi. ABSTRACT This research is aimed to find out the difference of learning outcomes between the tenth grade students which taught with TGT and STAD type.The population of this research was the tenth grade students of SMAN 1 Campalagian which consists of nine classes. While the samples were class X1 as the first experimental class which taught with cooperative TGT type and class X5 as the second experimental class which taught with cooperative STAD type, each class consists of 35 students. The design research is “Posttest Only Design”. The independent variables are the cooperative learning TGT type and cooperative learning STAD type, while the dependent variable is the learning outcomes. The result showed that mean score of TGT class on posttest was 71,53 higher than STAD class with mean score on posttest was 63,61, and different significantly. It can be concluded that there is a difference of learning outcomes between the tenth grade students of SMAN 1 Campalagian which taught with TGT type and STAD type on the main material Reduction and Oxidation Reaction.
Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle (IOC) dengan Think Pair Share (TPS) Pada Konsep Reaksi Reduksi Oksidasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pulau Gorom Kabupaten Seram Bagian Timur Mochtamar Ammar Rumakur; Jaya Tuahuns; Renny Souhoka
ChemEdu Vol 3, No 3 (2022)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/chemedu.v3i3.39339

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa sekaligus untuk membandingkan model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle (IOC) dengan Think Pair Share (TPS) pada konsep reaksi reduksi oksidasi terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Pulau Gorom. Tipe yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua yaitu tipe penelitian deskriptif dan tipe penelitian komparatif dengan desain penelitian The Static Comparison Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X.1 yang dijadikan sebagai kelas IOC dan kelas X.3 dijadikan sebagai kelas TPS. Pemilihan sampel dapat diambil melalui teknik random sampling. Variabel penelitiannya terdiri dari Variable independen (bebas) dan Variable dependen (terikat). Variabel independen adalah model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle (IOC) dan Think Pair Share (TPS) dan variabel dependen nya adalah hasil belajar siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, LKS dan tes akhir. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data observasi dan data tes formatif yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif untuk mendapatkan Nilai Akhir (NA) siswa. Rata-rata Nilai Akhir (NA) siswa kelas X.1 (IOC) sebesar 81,31 dan kelas X.3 (TPS) sebesar 75,26. Selanjutnya data Nilai Akhir (NA) dapat dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5% dengan syarat tolak H0 apabila thitung>ttabel. Dari hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung = 2,863 sedangkan ttabel = 1,6801. Oleh karena itu, hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle (IOC) lebih baik dibandingkan pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada konsep reaksi reduksi oksidasi terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Pulau Gorom Kabupaten Seram Bagian Timur. ABSTRACT This study aims to determine student learning outcomes as well as to compare the cooperative learning model type inside outside circle (IOC) with think pair share (TPS) on the concept of oxidation-reduction reaction to the results of class X student of SMA Negeri 1 Gorom Island. The type used in this study consisted of two that is descriptive type and the type of comparative research with study design The Static Comparison Design. The sample used in this study consisted of two classes, namely class X.1 which serve as IOC class and class X.3 serve as class TPS. Selection of the sample can be taken through random sampling techniques. Research variables consist of independent variable (free) and the dependent variable (dependent). The independent variable is the type of cooperative learning model inside outside circle (IOC) with think pair share (TPS) and its dependent variable is the student learning outcomes. The research instrument used is observation, worksheets and final tests. The data used in this study consisted of observational data and test data are analyzed descriptively formative quantitatively to get a Final Value (NA) students. Average Value End (NA) class students X.1 (IOC) of 81.31 and class X.3 (TPS) of 75.26. Furthermore, the data Final Value (NA) can be analyzed using t-test at significance level of 5% on condition reject H0 if thitung> ttabel. From the calculation of the t-test obtained t = 2.863, while table = 1.6801. Therefore, H0 rejected and Ha accepted. Thus it can be said that the implementation of cooperative learning model type inside outside circle (IOC) is better than the implementation of cooperative learning model think pair share (TPS) on the concept of the reduction reaction of oxidation of the learning outcomes of students of class X SMA Negeri 1 Pulau Gorom East Seram District.
Pengembangan LKPD Berbasis Islam Melalui Model PBL di SMAIT Ibnu Sina Makassar Zuhrah Adminira Ruslan; Taty Sulastry
ChemEdu Vol 3, No 3 (2022)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/chemedu.v3i3.39197

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD kimia melalui model PBL berbasis pembelajaran Islam melalui model PBL di SMAIT Ibnu Sina Makassar yang mampu memenuhi standar efisien, praktis dan efektif pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Metode Research and Development (R&D) yang digunakan mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Kriteria valid memperoleh nilai 4,5 ditentukan dari hasil evaluasi ahli yang mencakup aspek-aspek seperti desain, isi, bahasa dan muatan Islami LKPD. Kriteria praktis memperoleh tingkat keterlaksanaan yang tinggi terhadap penggunaan LKPD di kelas berdasarkan: hasil observasi aktivitas guru (IO) diperoleh nilai 4,4 dan hasil observasi peserta didik diperoleh nilai 4,3 sehingga memenuhi standar pencapaian yang diharapkan. Kriteria efektif memperoleh nilai tes evaluasi hasil belajar kognitif yaitu 76% peserta didik telah memenuhi nilai KKM, afektif diperoleh dari sikap positif peserta didik pada proses pembelajaran, dan psikomotorik terlihat pada respon peserta didik yang terampil dalam menjawab permasalahan pada LKPD. ABSTRACT This research aims to develop chemistry worksheets at SMAIT Ibnu Sina Makassar using a PBL model based on integrated Islamic learning that can reach efficient, practical, and effective requirements on electrolyte and non-electrolyte solutions. The ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) model is the Research and Development (R&D) process employed. The findings of expert reviews, which include characteristics such as design, content, language, and Islamic content of the LKPD, define the legitimate requirements for achieving a score of 4.5. The results of teacher activity observations (IO) received a score of 4.4, and the results of student observations received a score of 4.3 indicating that they were well-implemented. The successful requirements for achieving cognitive learning outcomes exam scores are that 76 percent of students have met the KKM scores, affective is determined by students' favorable attitudes toward the learning process, and psychomotor is determined by students' replies on the LKPD.
Motivasi Belajar Peserta Didik: Suatu Intervensi Model Discovery Learning Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Nurul Muthmainna; Sudding Sudding; Eda Lolo Allo
ChemEdu Vol 3, No 3 (2022)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/chemedu.v3i3.37807

Abstract

Model discovery learning merupakan model pembelajaran yang meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran sehingga motivasi belajar peserta didik juga akan meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap motivasi belajar peserta didik pada materi pokok larutan elektrolit dan non elektrolit. Desain penelitian adalah Posttest Only Control Group Design. Populasinya peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 6 Makassar dan terpilih kelas X MIPA 7 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol melalui random sampling. Data diperoleh dengan pemberian angket motivasi belajar dimana data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif motivasi belajar menunjukkan hasil yang lebih tinggi pada kelas eksperimen. Hasil analisis statistik inferensial untuk motivasi belajar menggunakan uji parametric uji-t yang menunjukkan bahwa hipotesis penelitian diterima, artinya model discovery learning berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik. Disimpulkan bahwa model discovery learning berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 6 Makassar Pada Materi Pokok Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit. ABSTRACT Discovery learning model is the learning model that will increase the activity all of the students in the learning process so the learning motivation of the students will also increase. This research is a quasi-experimental research that aims to determine the effect of the discovery learning model on the motivation of the students as subject matter of electrolyte and non-electrolyte solutions. The research design used is Posttest Only Control Group Design. The population is all of the students of class X MIPA SMA Negeri 6 Makassar. Sampling was done by random sampling, where class X MIPA 7 was the experimental class and class X MIPA 4 was the control class. The data were obtained by giving a learning motivation questionnaire of the students in the experimental class and the control class. The results of descriptive analysis of the learning motivation of the students in the experimental class is higher. Inferential statistical analysis results for the learning motivation data using a parametric test namely the t-test and the hypothesis research is accepted. That is meaning the discovery learning model has an effect on the students learning motivation. It can be concluded that the discovery learning model has an effect on the motivation of the students in class X MIPA SMA Negeri 6 Makassar On the Material of Electrolyte and Non-Electrolyte Solutions.
Kajian Literatur: Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik dalam Pembelajaran Kimia Sakinah Zubair; Nurfitra Yanto
ChemEdu Vol 3, No 3 (2022)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/chemedu.v3i3.39175

Abstract

Model pembelajaran diperlukan agar peserta didik terlibat aktif dalam mengeksplorasi dan menerapkan konsep materi dengan baik. Penerapan model pembelajaran yang tepat akan menumbuhkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan studi literatur dengan mengangkat tema kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran kimia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji berbagai jenis model pembelajaran yang bisa menumbuhkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Semua artikel yang memiliki tema yang relevan kemudian dikumpulkan, lalu dipilah sesuai kriteria yang ditetapkan. Artikel-artikel yang terpilih disebut sebagai data pada penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran yang menekankan pada keaktifan peserta didik dapat membantu peserta didik untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran kimia.

Page 1 of 1 | Total Record : 9