cover
Contact Name
Ce Gunawan
Contact Email
naureen.digital@gmail.com
Phone
+6281563335053
Journal Mail Official
naureen.digital@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Synergy : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
ISSN : -     EISSN : 30257514     DOI : -
Synergy : Jurnal Ilmiah Multidisiplin (SJIM) adalah jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh PT. Naureen Digital Education yang diterbitkan 6 kali dalam setahun yaitu Januari, Maret, Mei, Juli, September, November. SJIM sebagai sebuah jurnal ilmiah diharapkan dapat menunjukkan kepada masyarakat luas akan kekayaan khazanah keilmuan melingkupi berbagai dimensi kehidupan. Ruang lingkup dan fokus terkait dengan penelitian dengan pendekatan Multidisipliner, yang meliputi: Ilmu Ekonomi dan Bisnis, Humaniora, Ilmu Sosial, Komunikasi, Hukum, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, dan Informatika.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 05 (2024): Synergy : Jurnal Ilmiah Multidisiplin" : 5 Documents clear
PENERAPAN METODE NAÏVE BAYES DALAM MENGHITUNG PREDIKSI STOK BARANG DI PERCETAKAN JERSEY BLITAR abidin, zainul
Synergy : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol 1 No 05 (2024): Synergy : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Publisher : PT. Naureen Digital Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian untuk mengetahui penerapan algoritma naïve bayes dalam menghitung prediksi stok barang yang dibutuhkan Percetakan jersey Blitar yang bertempat di Desa Balong Rt 01 Rw 01 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar. Dalam penerapannya penelitian ini menggunakan data yang diperoleh dari Percetakan jersey blitar berupa : data pesanan, data stok bahan dan informasi yang mendukung dari penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang berfokus menjelaskan penerapan algoritma naïve bayes dalam menghitung prediksi stok barang bulan yang akan datang dengan hasil prediksi 8,07 kg dengan nilai akurasi sebesar 90% dan nilai eror sebesar 10% yang diperoleh dari naïve bayes menggunakan pengujian matrik confusion. Disimpulkan bahwa metode naïve bayes berjalan dengan baik dengan data yang telah dikumpulkan.
PERAN VIDEO EDITOR DALAM MEMPRODUKSI BERITA BREAKING NEWS DAN FLASH NEWS DI CHANNEL YOUTUBE MATA MILENIAL INDONESIA TV Mumtaz, Hafizh
Synergy : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol 1 No 05 (2024): Synergy : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Publisher : PT. Naureen Digital Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam berita online itu banyak macam jenisnya, salah satunya ialah berita dalam bentuk video. Pembuatan video berita itu tidak bisa dibuat secara asal, harus melalui proses editing yang cukup ketat dan teliti. Pada proses pembuatannya terdapat seorang editor yang membuat sebuah berita ini menjadi menarik. Editor juga harus mengikuti perminatan dari atasan/pimpinan melalui penyusunan gambar dan efek yang diinginkan. Oleh karena itu editor harus bisa menggabungkan beberapa aspek sehingga tercipta sebuah video berita yang mudah dimengerti oleh masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan studi deskriptif. Dalam penelitian kualitatif, harus menggambarkan atau mendeskripsikan secara rinci, lengkap dan akurat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara secara mendalam. Hasil penelitian yang diperoleh, video editor memiliki peran penting dalam pembuatan sebuah video berita. Peran video editor adalah memilih atau menyunting gambar dalam bentuk video, dengan cara memotong klip-klip video kemudian menggabungkan potongan-potongan video tersebut, menjadi sebuah video yang utuh untuk kemudian menjadi video yang baik untuk ditonton. Video editor menjadi profesi yang berperan penting dalam kegiatan produksi karena profesi ini yang akan menentukan kualitas video yang akan dibuat.
PERKEMBANGAN BAHASA INDONESIA ANAK USIA DINI DI TK ANNISA Manurung, Angelina Bernadetta; Khairunnisa, Ni Nyoman Salwa
Synergy : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol 1 No 05 (2024): Synergy : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Publisher : PT. Naureen Digital Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan bahasa pada anak usia dini adalah aspek mendasar yang harus dikuasai anak sebagai salah satu kemampuan dasar mereka, sejalan dengan tahap usia dan karakteristik perkembangan mereka. Penelitian ini bertujuan secara umum untuk meningkatkan kemampuan berbahasa lisan, khususnya dengan mengevaluasi efektivitas penggunaan metode bercerita. Dilaksanakan di TK Annisa, penelitian ini mengumpulkan data tentang kemampuan berbahasa lisan siswa melalui lembar observasi dan teknik observasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif komparatif, membandingkan Siklus I dan Siklus II dalam dua pertemuan masing-masing. Hasil analisis menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran menggunakan Siklus II selama empat pertemuan. Pada Siklus I, pertemuan I, tingkat presentasi adalah 36,4%, meningkat menjadi 54,5% pada pertemuan II. Sementara itu, pada Siklus II, pertemuan I, tingkatnya meningkat menjadi 68%, dan pada pertemuan II, mencapai 86,4%, melampaui ambang batas pembelajaran. Temuan penelitian menyarankan bahwa metode bercerita yang repetitif dapat meningkatkan konsentrasi anak, membantu peningkatan keterampilan berbahasa melalui mendengarkan dan mengekspresikan bahasa di TK Annisa.
KOMUNIKASI YANG EFEKTIF DAN EFISIEN PADA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI TK NEGERI PEMBINA 1 MEDAN Manurung, Angelina Bernadetta; Khairunnisa, Ni Nyoman Salwa; Rambe, Fitri Ananda
Synergy : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol 1 No 05 (2024): Synergy : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Publisher : PT. Naureen Digital Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peran utama guru dalam meningkatkan pembelajaran anak usia dini sangat penting, sehingga dibutuhkan komunikasi yang menciptakan rasa aman dan kenyamanan bagi mereka. Komunikasi yang efektif merupakan kunci dalam memastikan keberhasilan dan efisiensi pembelajaran. Penelitian ini akan menggambarkan bagaimana strategi komunikasi yang efektif diterapkan dalam pembelajaran anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga jenis elaborasi argumen yang penting dalam menyusun pesan pada komunikasi yang efektif. Argumen yang kuat digunakan untuk menyampaikan pesan dengan efektif dalam proses pembelajaran. Program home visit termasuk dalam kategori argumen netral, di mana tidak ada perubahan perilaku yang terlihat. Namun, dalam kegiatan bina kelas, komunikasi efektif cenderung kurang efektif, karena pesan persuasif yang disampaikan tidak diterima dengan baik. Implikasi dari komunikasi efektif dalam meningkatkan citra positif dipengaruhi oleh program internal dan eksternal yang dimiliki oleh lembaga tersebut
TRANSFORMASI NILAI ISLAM DALAM ERA DIGITAL: IMPLEMENTASI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Fitriyah, Assifa; Arum, Gesika Putri Kencana; Ahmady, Khaulah Najdah Labibah; Utami, Mega; Valentina, Mita Febi; Suresman, Edi
Synergy : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol 1 No 05 (2024): Synergy : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Publisher : PT. Naureen Digital Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini membahas tentang pengaruh teknologi terhadap nilai-nilai islam dan pembelajaran pada zaman sekarang, ini dikaji karena masih banyak siswa atau siswi yang menyalah gunakan pemakaian teknologi. Keyakinan agama yang tidak pernah surut dan terus relevan dalam kehidupan manusia sejalan dengan perkembangan zaman, sehingga mempertemukannya dengan teknologiDengan kemajuan teknologi yang dibuat oleh manusia seiring berjalannya waktu, manusia dapat masuk ke era modern. Dengan demikian, kami sebagai peneliti ingin menyelidiki masalah ini lebih lanjut untuk menemukan solusi yang tepat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil dari wawancara yang dilakukan kepada 50 siswa yang berada di tingkat SMP kelas 8 dan 9 dengan rentang usia antara 14 hingga 15 tahun, serta satu guru yang mengajar mata pelajaran Agama Islam. Peneliti membuat beberapa pertanyaan kepada narasumber yang seluruh pertanyaan nya terbuka, hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian siswa merasa sebenarnya teknologi sangat mempengaruhi siswa dalam menerapkan nilai – nilai islam. Pemahaman penyalahgunaan teknologi tersebut disebabkan karena pergaulan yang bebas atau pun tidak teraturnya jadwal dalam penggunaan teknologi. Dalam situasi tersebut guru dan orang tua berperan untuk membentuk identitas serta kepribadian siswa sebagai umat islam

Page 1 of 1 | Total Record : 5