cover
Contact Name
Yusmaniarti
Contact Email
yusmaniarti8@gmail.com
Phone
+6281368411554
Journal Mail Official
rsit.ppmi@gmail.com
Editorial Address
Kota Palembang
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Rekayasa Sistem Informasi dan Teknologi
ISSN : -     EISSN : 3025888X     DOI : https://doi.org/10.59407/jrsit.v1i2
Core Subject : Science,
Jurnal Rekayasa Sistem Informasi dan Teknologi (JRSIT) adalah jurnal nasional sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran, dan kajian kritis-analitik mengenai penelitian di bidang ilmu dan teknologi komputer, termasuk Teknik Sistem, Teknik Informatika, Teknologi Informasi, Informatika Manajemen, dan Sistem Informasi. Jurnal Rekayasa Sistem Informasi dan Teknologi (JRSIT) diterbitkan oleh Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri. Dipublikasikan 4 edisi setiap tahun yaitu : Febuari, Mei, Agustus, November. Semua penerimaan naskah akan diproses secara double blind review oleh mitra bestari. Naskah harus dimasukkan dalam BAHASA INDONESIA atau BAHASA INGGRIS. e-ISSN : 3025-888X. DOI Prefix : 10.59407
Articles 65 Documents
METODE CEPAT KOMPRESI FILE CITRA PADA FORM APLIKASI BERBASIS WEB MENGGUNAKAN ALGORITMA HUFFMAN Ronny Saputra; Yuza Reswan
Jurnal Rekayasa Sistem Informasi dan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2023): Agustus
Publisher : Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59407/jrsit.v1i1.72

Abstract

Banyak aplikasi/form berbasis web sebagai perangkat pengisian data secara online dengan dilengkapi fasilitas dapat mengunggah data gambar. Saat pengunggahan data gambar sering file gambar tidak sesuai atau tidak bisa diunggah dikarenakan ukuran terlalu besar.  Pengguna harus mengubah ukuran file tersebut secara terpisah.  Misalnya dengan beberapa aplikasi kompresi yang digunakan  seperti photoshop, gimp, photoscape, photo compressor,image size dan masih banyak aplikasi-aplikasi kompres lainnya. Aplikasi berbasis web seharusnya bisa langsung secara otomatis mengubah ukuran file tersebut sesuai dengan ukuran file yg cocok sehingga dapat menghemat waktu dan mempercepat proses.  Untuk menangani persoalan tentang pengompresasan secara otomatis pengguna harus menyediakan atau dibangun suatu aplikasi berbasis web yang bisa langsung mengompresi file pada web karena sudah tersedianya kompresi file atau citra otomatis pada website tersebut tanpa mengompresi secara terpisah sebelumnya, dengan adanya aplikasi form kompresi otomatis  ini tentunya mengurangi biaya(kuota)internet, mempersingkat waktu dan juga mempermudah para pengguna atau user saat mengupload file  pada web tersebut.  Algoritma yg cocok untuk melakukan pengubahan ukuran file pada aplikasi web online adalah algoritma hufman. Kata Kunci: Metode Cepat, Kompresi File, Website form
IMPLEMENTASI KODE HUFFMAN DALAM APLIKASI KOMPRESI TEXT PADA LAYANAN SMS Yuza Reswan; Dedy Agung Prabowo
Jurnal Rekayasa Sistem Informasi dan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2023): Agustus
Publisher : Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59407/jrsit.v1i1.73

Abstract

Layanan SMS merupakan cara pengiriman pesan singkat dalam waktu cepat dengan relative murah, pesan singkat yang akan dikirimkan dengan kapasitas maksimal 140 byte untuk setiap pesan. Untuk mangatasi kesulitan penyampaian pesan dengan jumlah karakter banyak ataupun karakter dengan bit besar, maka dibuatlah suatu aplikasi untuk melakukan kompresi teks dengan menggunakan algoritma Huffman. Aplikasi kompresi SMS merupakan serangkaian proses yang berupa kompresi pengiriman, penerimaan dan, penampilan. Proses kompresi itu sendiri merupakan suatu proses encoding yang akan menjadikan suatu data atau teks memiliki bit lebih kecil dari biasanya. Proses encoding dengan kode Huffman merupakan kode yang dibentuk berdasarkan frekuensi, kekerapan, yang muncul untuk suatu karakter  dengan kekerapan kecil. Pembentukan kode Huffman dimulai dengan suatu pohon Huffman. Proses ini dilanjutkan dengan melakukan proses encoding terhadap karakter tersebut  sesuai dengan kode Huffman yang ada. Setelah tersampaikan proses decoding dilanjutkan agar pesan dapat di baca kembali. Kata Kunci: Kode Huffman, SMS.
PENGARUH PROGRAM CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN SHOPEE INDONESIA Putri Fajri M; Kms M Khoiril M; Audy Priscilla P P; Sarah Risa; M. Raditya J T
Jurnal Rekayasa Sistem Informasi dan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2023): Agustus
Publisher : Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59407/jrsit.v1i1.74

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui continuity marketing, one to one marketing dan partnering program terhadap loyalitas pelanggan Shopee Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Shopee Indonesia dengan lama penggunaan lebih dari atau sama dengan 1 tahun. Sampel ditentukan dengan metode purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 169 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan daftar pertanyaan kepada responden yaitu pelanggan Shopee Indonesia tentang continuity marketing, one to one marketing dan partnering program terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linear berganda. Hipotesis diuji dengan t test dan f test. Hasil penelitian (1) Continuity marketing berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai regresi – 0,120 dan tingkat signifikasinya 0,154. (2) One to one marketing tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai regresi 0,007 dan tingkat signifikansinya 0,872. (3) Partnering program berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai regresi 0,315 dan tingkat signifikansinya 0,000. (4) Continuity marketing, one to one marketing dan partnering program secara simultan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan dengan tingkat signifikansinya 0,001, lebih kecil dari 0,05 (p<0,05). Besarnya pengaruh continuity marketing, one to one marketing dan partnering program mampu menjelaskan variabel loyalitas pelanggan sebesar 10% dan sisanya sebesar 90% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian. Kata Kunci : Customer Relationship Management, CRM, Continuity Marketing
EXPLAINABLE ARTIFICIAL INTELLIGENCE THEORY IN DECISION MAKING TREATMENT OF ARITHMIA PATIENTS WITH USING DEEP LEARNING MODELS Arius Satoni Kurniawansyah
Jurnal Rekayasa Sistem Informasi dan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2023): Agustus
Publisher : Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59407/jrsit.v1i1.75

Abstract

In the context of Explainable Artificial Intelligence, there are two important keywords: interpretability and "explainability". Interpretability is the extent to which humans can understand the causes of decisions. The better the interpretability of an AI/ML model, the easier it is for someone to understand why certain decisions or predictions have been made. Some cases of AI/ML implementation may not require explanation, because they are used in a low-risk environment, meaning mistakes will not have serious consequences. The need for interpretability and explainability arises when an AI system is used for certain high-risk problems or tasks, so it is not enough just to get predictive/classification decision outputs, but also needs explanations to convince users that AI (1: Model Explainability) is working the right way and (2: Decision Explainability) has made the right decision (Hotma, 2022). This research provides benefits for the development of knowledge regarding the implementation model of Explainable AI Theory in assisting Doctors' Decision Making for patients with cardiac arrhythmias with the Deep Learning Model in assisting Doctors' Decision Making for patients with cardiac arrhythmias. Knowing the Deep Learning Algorithm can be used in Machine Learning to read EKG Results. Knowing how to improve the results of the accuracy of the Explainable AI Application in Decision Making by Doctors for patients with cardiac arrhythmias. The use of Explanable Artificial Intelligence in the management of arrhythmia patients can provide an interpretation for doctors to be more optimal in treating patients. The results of this AI machine decision can increase doctors' confidence in treating arrhythmia patients optimally, effectively and efficiently. And also treatment will be faster because it is assisted by tools, so that patients can be treated more quickly. Thus it will reduce the mortality rate in arrhythmia patients.
IMPLEMENTATION OF PROFILE MATCHING METHOD IN DECISION SUPPORT SYSTEM SMARTPHONE SELECTION BASED ON CONSUMER NEEDS A. Muth’mainnah,
Jurnal Rekayasa Sistem Informasi dan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2023): Agustus
Publisher : Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59407/jrsit.v1i1.76

Abstract

Smartphones are Internet-enabled phones and typically provide Personal Digital Assistant (PDA) functions such as calendar functions, to-do books, address books, calculators, and notes. At first, the smartphone is a rare item and considered luxurious. However, the lack of community information about smartphone specs also greatly affects the selection of smartphones they will use. Smartphones have a variety of specifications such as processor speed, clear screen, battery life, camera strength, and storage space that makes people tend to be confused in buying a smartphone. For that people need a computerized system that can assist consumers in obtaining a decision to choose a smartphone that suits the wants and needs. Decision Support System (SPK) is a process of selecting alternative actions to achieve a specific goal or goal. SPK is used as a tool for decision-makers to develop decision-making capabilities, but not to replace judgments of decision makers. This SPK test uses Profile Matching Method by looking at the calculation of Criteria Weight Value, Calculation of Sub-Criteria Weight Value, Gap Value calculation, Core Factor and Secondary Factor calculation, and Total Value Ranking Calculation. The end result of this system is ranking the existing smartphone according to the criteria that the buyer has input. Keywords: Smartphone, SPK, Decision Support System, Core and Secondary Factor
K-NEAREST NEIGHBOR (K-NN) UNTUK PENANGANAN MISSING VALUE PADA DATA UMKM Wahyu Sudrajat; Idahm Cholid
Jurnal Rekayasa Sistem Informasi dan Teknologi Vol. 1 No. 2 (2023): November
Publisher : Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59407/jrsit.v1i2.77

Abstract

Missing Value dalam data masih menjadi permasalahan dalam analisis data diberbagai penelitian, terutama di bidang bisnis. Permasalahan tersebut tentu akan mempengaruhi keputusan dalam penentuan keputusan bisnis yang salah atau kurang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan pre processing data UMKM sehingga didapatkan data yang berkualitas. Diaman data UMKM tersebut dapat digunakan untuk proses pengelompokan dalam rangka pengembangan UMKM di Provinsi Sumatera Selatan. Tahapan penelitian yang dilakukan adalah Collecting Data phase, Data Preprocessing phase, Simulation of Missing Value phase, Modelling phase, Performance Evaluation phase. Pada penelitina ini metode K-Nearest Neighbor (K-NN) digunakan untuk menginputasi data yang hilang. Dengan metode yang sama juga dilakukan pengujian terhadap akurasi dari hasil imputasi yang telah dilakukan. Pada pengujian 798 data UMKM, terdapat 23 pada atribut omzet dan 62 pada atribut asset yang memiliki data tidak lengkap atau missing value. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa semakin kecil jumlah k maka akurasi akan semakin baik, yaitu jumlah k = 9 nilai akurasi sebesar 98,12%, jumlah k = 19 nilai akurasi sebesar 97,50% dan jumlah k = 39 nilai akurasi sebesar 96,88%. Tidak adanya aturan terhadap jumlah k merupakan kelemahan dari metode K-NN, diharapkan kedepan dapat digunakan metode untuk menemukan jumlah k yang sesuai. Kata kunci : K-NN, UMKM, Missing Value, Clustering
LITERATURE REVIEW: LUNG DISEASE DETECTION BASED ON X-RAY USING ARTIFICIAL INTELLIGENCE Putri Ariatna Alia
Jurnal Rekayasa Sistem Informasi dan Teknologi Vol. 1 No. 2 (2023): November
Publisher : Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59407/jrsit.v1i2.152

Abstract

According to a WHO survey in 2019, 4 of the 10 most common diseases that kill people are lung disease. Lung disease is a significant problem for all of us, but until now there has not been found an effective drug to detect it earlier, so that in general lung disease is diagnosed in a severe condition. One example of a lung disease taken as a sample is pneumonia. This research aims to develop a method that is faster and more accurate in detecting individuals infected with pneumonia by using Artificial Intelligence, especially by using Convolutional Neural Network (CNN) architecture in its learning. The research method used in this study is literature review, in which related articles are collected and processed using the Mendeley application. The criteria used in the selection of articles were articles published in 2020 which discussed the use of Artificial Intelligence in treating pneumonia. Based on the collection and discussion of several existing studies, it can be concluded that by using an Artificial Intelligence system, pneumonia detection in individuals can be carried out through pattern analysis on Lung X-ray results with a high degree of accuracy, using existing training data
Implementasi Metode Weighted Product Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kain Songket Ulfa Neza
Jurnal Rekayasa Sistem Informasi dan Teknologi Vol. 1 No. 2 (2023): November
Publisher : Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59407/jrsit.v1i2.159

Abstract

Kurangnya pengetahuan dan informasi akan spesifikasi dari kain songket membuat orang awam yang ingin membeli kain songket merasa bingung untuk menentukan kain songket mana yang sesuai dengan kebutuhan. Salah satu cara untuk membantu dan mempermudah calon pembeli supaya bisa menentukan kain songket yang akan dibeli sesuai dengan kebutuhan adalah dengan membangun sebuah sistem pendukung keputusan berbasis web. Sistem pendukung keputusan menggunakan metode weighted product sebagai algoritma perhitungan untuk perancangan dan implementasi sistem. Hasil dari sistem ini adalah menghasilkan rekomendasi kain songket yang sesuai dengan inputan kriteria yang ada pada kain songket seperti harga, keawetan (umur), kerapian kain, kenyamanan (berat), bahan dasar dan benang untuk motif dengan mengacu pada pembobotan di setiap alternatif dan kriteria. Sehingga setelah dibuatnya sistem ini dapat membantu calon pembeli dalam menentukan kain songket yang sesuai dengan kebutuhan. Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Weighted Product, Kain Songket Palembang  
PENENTUAN TINGKAT KUALITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN PADA RSUD BASEMAH PAGAR ALAM MENGGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY Yeni Pertiwi
Jurnal Rekayasa Sistem Informasi dan Teknologi Vol. 1 No. 2 (2023): November
Publisher : Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59407/jrsit.v1i2.160

Abstract

RSUD Basemah Pagar Alam adalah rumah sakit yang telah memiliki sistem tetapi sistem tersebut hanya digunakan oleh pihak rumah sakit, sementara sistem untuk pasien belum ada dan pada sistem tersebut tidak terdapat sarana untuk mengukur kualitas pelayanan khususnya pada rawat jalan. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut maka dibuatlah Penentuan Tingkat Kualitas Pelayanan Pasien Rawat Jalan Pada RSUD Basemah Pagar Alam Menggunakan Metode Service Quality. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur kualitas pelayanan rawat jalan serta menentukan pelayanan apa saja yang perlu ditingkatkan dari hasil pengukuran kualitas pelayanan di RSUD Basemah Pagar Alam. Penerapan ini dibangun dengan metode pengembangan sistem FAST dan menggunakan PHP framework CodeIgniter dan MySQL sebagai database. Kata Kunci: Service Quality, fast, framework CodeIgniter, pengukuran kualitas pelayanan
Penerapan Metode Design Thinking Dalam Perancangan UI/UX Aplikasi Edukasi Dan Konsultasi Kondisi Kesehatan Mental Zukhrian Shafarazaq; Visco Adam Bramasta; Lintang Ardi Avdillah; Yoga Sahria
Jurnal Rekayasa Sistem Informasi dan Teknologi Vol. 1 No. 2 (2023): November
Publisher : Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59407/jrsit.v1i2.168

Abstract

Kesehatan mental merupakan aspek penting dalam kesejahteraan individu. Dalam upaya meningkatkan kesadaran dan aksesibilitas terhadap edukasi dan konsultasi kesehatan mental, pengembangan aplikasi mobile menjadi salah satu solusi yang menjanjikan. Aplikasi berbasis mobile telah menjadi bagian integral dalam upaya penyediaan edukasi dan konsultasi terkait kesehatan mental. Namun, seringkali, aplikasi semacam ini kurang mempertimbangkan pengalaman pengguna yang optimal dalam perancangan antarmuka (UI) dan pengalaman pengguna (UX). Dalam konteks ini, metode Design Thinking telah diadopsi untuk mengatasi tantangan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk merancang antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) yang baik dari aplikasi berbasis mobile yang berfokus pada edukasi dan konsultasi kondisi kesehatan mental, sehingga diharapkan dapat memberikan informasi terkait kondisi kesehatan mental dengan mudah. Metode yang digunakan dalam perancangan aplikasi ini adalah Design Thinking, yang menekankan pemahaman mendalam terhadap kebutuhan pengguna serta iterasi berkelanjutan dalam proses perancangan. Melalui serangkaian tahap dalam metode Design Thinking, penelitian ini menggali perspektif pengguna, mengidentifikasi masalah, menciptakan solusi yang berfokus pada pengguna, dan menguji prototipe aplikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Design Thinking dapat menghasilkan UI/UX yang lebih intuitif, responsif, dan berfokus pada pengguna. Dengan pendekatan desain yang berorientasi pada pengguna dan berbasis mobile, aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup individu dan mengurangi stigma seputar kesehatan mental.