cover
Contact Name
Muhammad Adek
Contact Email
persona@ppj.unp.ac.id
Phone
+6282384329268
Journal Mail Official
marximalize@fbs.unp.ac.id
Editorial Address
Prof. Dr. HAMKA street, UNP Campus, Air Tawar Barat, Padang, 25131 West Sumatra, Indonesia.
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Persona: Kajian Bahasa dan Sastra
ISSN : -     EISSN : 29644216     DOI : https://doi.org/10.24036/jpers.vxix.xxx
Jurnal Persona menerima naskah berbahasa Indonesia yang meneliti unsur kebahasaan, kesasteraan, pernaskahan di lingkungan Indonesia, terutama di wilayah kebudayaan Minangkabau dan Melayu.
Articles 106 Documents
TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM DIALOG FILM DEVIL ON TOP KARYA ANGGY UMBARA Nofita Sari; Agustina Agustina
Persona: Kajian Bahasa dan Sastra Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Departemen Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jpers.v1i1.2

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis tindak tutur direktif yang digunakan dalam dialog film Devil on Top karya Anggy Umbara dan mendeskripsikan strategi bertutur dalam tindak tutur direktif yang digunakan dalam dialog film Devil on Top karya Anggy Umbara. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah tuturan berupa kalimat-kalimat yang mengandung tindak tutur direktif dan strategi bertutur dalam tindak tutur direktif dalam dialog film Devil on Top. Sumber data yang digunakan adalah sumber lisan berupa dialog-dialog para tokoh yang terdapat dalam film Devil on Top. Teknik pengumpulan data ini adalah menggunakan teknik dasar simak libat bebas cakap, teknik rekam, dan teknik transkripsi data dengan cara memindahkan data lisan ke dalam bentuk data tulisan. Berdasarkan analisis data didapat dua temuan penelitian. Pertama, berdasarkan Jenis tindak tutur direktif, ditemukan lima tindak tutur, yaitu tindak tutur direktif menyuruh, menyarankan, memohon, menuntut, dan menantang. Kedua, berdasarkan strateginya, ditemukan tiga jenis strategi dalam tindak tutur direktif, yaitu bertutur terus terang tanpa basa-basi, strategi bertutur dengan basa-basi kesantunan positif dan Strategi bertutur dengan basa-basi kesantunan negatif. Tindak tutur direktif menyuruh merupakan tindak tutur yang dominan digunakan dalam film dan strategi bertutur yang dominan digunakan adalah strategi bertutur dengan basa-basi kesantunan positif.
KATEGORI DAN FUNGSI SOSIAL PERTANYAAN TRADISIONAL (RIDDLES) MASYARAKAT NAGARI MANGGOPOH KECAMATAN LUBUK BASUNG KABUPATEN AGAM Dilla Rahmayeni; Zulfadhli Zulfadhli
Persona: Kajian Bahasa dan Sastra Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Departemen Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jpers.v1i1.5

Abstract

artikel ini membahas tentang pertanyaan tradisional masyarakat Nagari Manggopoh Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kategori dan fungsi dari pertanyaan tradisional masyarakat Nagari Manggopoh tersebut. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data ada tiga yaitu, (1) menyusun pedoman wawancara untuk informan terkait dengan kategori dan fungsi sosial pertanyaan tradisional, (2) melakukan wawancara untuk mengungkap data pertanyaan tradisional yang dimiliki masyarakat Nagari Manggopoh dengan cara merekam tuturan informan menggunakan ponsel oppo A3s (audio dan video), (3) Memindahkan data rekam menjadi data tulis (transkripsi).Metode yang digunakan dalam menganalisis data penelitian adalah metode analisis deskriptif.Dari hasil analisis data ditemukan 10 dari 11 kategori pertanyaan tradisional masyarakat Nagari Manggopoh.Adapun fungsi dari pertanyaan tradisional masyarakat Nagari Manggopoh adalah untuk menguji kepandaian, sarana pendidikan, untuk melebihi orang lain (One-Umpmanship) dan sebagai sarana hiburan.
POTRET POLIGAMI DALAM NOVEL SURGA YANG TAK DIRINDUKAN KARYA ASMA NADIA Awlia Ramadhani; Yenni Hayati
Persona: Kajian Bahasa dan Sastra Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Departemen Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jpers.v1i1.6

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan latar belakang terjadinya poligami, menjelaskan dampak dari poligami, dan memaparkan sikap tokoh perempuan dalam menghadapi poligami di dalam novel Surga yang Tak Dirindukan karya Asma Nadia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian berupa kata, frasa, klausa, kalimat, narasi tentang tokoh, tuturan tentang tokoh dan tindakan tokoh pada cerita di dalam novel Surga yang Tak Dirindukan karya Asma Nadia. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dalam tiga tahap, yaitu membaca dan memahami novel, menandai hal-hal yang berhubungan dengan latar belakang terjadinya poligami, dampak dari poligami dan sikap tokoh perempuan dalam menghadapi poligami yang terdapat dalam novel Surga yang Tak Dirindukan karya Asma Nadia, dan menginventarisasi data untuk mendapatkan data yang berhubungan dengan potret poligami. Teknik pengabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uraian rinci. Teknik penganalisis data dalam penelitian ini ada empat, antara lain: membaca novel yang diteliti, mendeskripsikan data sesuai dengan rumusan masalah yang digunakan, menginterprestasikan data yang terkumpul, dan membuat kesimpulan dan hasil deskripsi format data. Hasil penelitian yang didapatkan adalah: Latar belakang terjadinya poligami yang terbagi atas, (a) kebutuhan seksual, (b) istri pertama mandul, (c) istri kurang merawat diri, dan (d) keinginan menolong. Dampak dari poligami terbagi atas, (a) dampak positif, (b) dampak negatif. Sikap tokoh perempuan dalam menghadapi poligami di dalam novel Surga yang Tak Dirindukan karya Asma Nadia terbagi atas: (a) sikap menerima dan (b) sikap menolak.
MAKIAN DALAM BAHASA MINANGKABAU DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM Nadya Afra Novita; Muhammad Adek
Persona: Kajian Bahasa dan Sastra Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Departemen Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jpers.v1i1.7

Abstract

Bahasa Minangkabau terkenal dengan orientasi kelisanan. Namun, perkembangan teknologi dan zaman membuat penutur bahasa Minangkabau juga bertransformasi kepada ragam tulisan. Tujuanpenelitian ini adalah mendiskusikan makian berbahasa Minangkabau dalam media sosial Instagram.Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif-deskriptif dengan ancangan kajian Sosiolinguistik.Metode pengumpulan data adalah dengan metode simak bebas libat cakap dilengkapi teknikdokumentasi dan catat. Data dianalisis berdasarkan teori Wijana (2004) untuk bentuk dan referensimakian dan teori Rothwell (1971) untuk fungsi makian. Temuan penelitian menunjukkan bahwamakian dalam bahasa Minangkabau di media sosial Instagram didominasi oleh bentuk frasa denganreferensi keadaan dan berfungsi untuk mengidentifikasi objek makian dengan objek lain yang lebihburuk.
POTRET KEKERASAN DALAM NOVEL HUJAN DAN TEDUH KARYA WULAN DEWATRA: KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA Yossy Fitry; Yenni Hayati
Persona: Kajian Bahasa dan Sastra Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Departemen Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jpers.v1i1.8

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) bentuk-bentuk kekerasan dalam novelHujan dan Teduh karya Wulan Dewatra, (2) faktor penyebab kekerasan dalam novel Hujan dan Teduhkarya Wulan Dewatra, dan (3) dampak kekerasan dalam novel Hujan dan Teduh karya WulanDewatra. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan metode deskriptif. Sumber datapenelitian ini adalah novel Hujan dan Teduh karya Wulan Dewatra. Langkah-langkah pengumpulandata penelitian ini yaitu: (1) membaca dan memahami novel Hujan dan Teduh karya Wulan Dewatra,(2) melakukan studi kepustakaan yang berkaitan dengan masalah penelitian dan menguasaipermasalahan yang ada dalam novel Hujan dan Teduh karya Wulan Dewatra, (3) mengidentifikasitokoh utama dan tambahan yang ada dalam novel Hujan dan Teduh karya Wulan Dewatra, (4)mencari dan mencatat peristiwa yang berhubungan dengan potret kekerasan dalam novel Hujan danTeduh karya Wulan Dewatra, dan (5) menginventarisasi data potret kekerasan dalam novel Hujan danTeduh karya Wulan Dewatra. Teknik pengabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi.Dalam penelitian ini ditemukan bahwa dalam novel Hujan dan Teduh karya Wulan Dewatra terdapattiga bentuk potret kekerasan yaitu kekerasan fisik berupa ditampar, dicengkeram, dan diseret dengankasar, kekerasan psikologis berupa dibentak, diancam, dan dihina, dan kekerasan seksual berupapaksaan ciuman dan paksaan bersetubuh. Dalam novel ini juga ditemukan beberapa faktor penyebabkekerasan yaitu faktor budaya, faktor gaya hidup dan pergaulan bebas, dan faktor rendahnya kontrolmasyarakat. Dampak kekerasan yang ditemukan dalam novel Hujan dan Teduh karya Wulan Dewatraada empat yaitu dampak fisik, dampak psikologis, dampak sosial dan dampak seksual. Data dampakfisik yang ditemukan berupa cedera luka, lebam, dan hamil di luar nikah. Data dampak psikologisyang ditemukan berupa trauma, depresi, dan gangguan mental. Data dampak sosial yang ditemukanberupa sulit bersosialisasi dan rendah diri. Dan data dampak seksual yang ditemukan berupa cacatpermanen akibat aborsi
KEKERABATAN BAHASA MINANGKABAU DI KENAGARIAN SUNGAI TARAB KECAMATAN SUNGAI TARAB KABUPATEN TANAH DATAR DAN BAHASA MELAYU RIAU DI DESA KELESA KECAMATAN SEBERIDA KABUPATEN INDRAGIRI HULU Yufadila; Agustina
Persona: Kajian Bahasa dan Sastra Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Departemen Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jpers.v1i1.11

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: pertama bagaimana tingkat kekerabatan, kedua lama waktu pisah, ketiga korespondensi bunyi antara bahasa Minangkabau di Kanagarian Sungai Tarab Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar dengan bahasa Melayu Riau di Desa Kelesa Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan bidang kajian linguistik historis komparatif. Objek penelitian ini adalah bahasa Minangkabau yang dituturkan oleh masyarakat di Kenagarian Sungai Tarab, Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar dan bahasa yang dituturkan oleh masyarakat Melayu Riau yang bertempat di Desa Kelesa Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu. Data penelitian ini dari sumber yang bersifat lisan dan tulisan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kosakata dasar berpedoman pada daftar kosakata Morris Swadesh dan kosakata dasar berpedoman pada daftar kosakata budaya dari kedua bahasa tersebut. Ada tiga temuan dalam penelitian ini. Pertama, berdasarkan Persentase tingkat kekerabatan antara kedua bahasa tersebut adalah 67%. Kedua, berdasarkan perhitungan dengan teknik glotokronologi lama waktu pisah kedua bahasa tersebut yaitu 4.207 tahun yang lalu. Ketiga, pasangan identik sejumlah 121 kosakata, satu fonem berbeda sejumlah 4 kosakata, kompresi sejumlah 4 kosakata, substitusi sejumlah 47 kosakata, kluster reduksi sejumlah 63 kosakata, kompresi sejumlah 4 kosakata, aferesis sejumlah 11 kosakata, dan split sejumlah 91 kosakata merupakan bukti-bukti korespondensi bunyi yang ditemukan dalam penelitian antara Bahasa Minangkabau di Sungai Tarab dan Bahasa Melayu Riau di Desa Kelesa.
REFLEKSI PERJUANGAN PEREMPUAN PADA MASA KOLONIAL DALAM NOVEL CANTIK ITU LUKA KARYA EKA KURNIAWAN Rika Damayanti; M. Ismail Nasution
Persona: Kajian Bahasa dan Sastra Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Departemen Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jpers.v1i1.12

Abstract

artikel ini membahas tentang refleksi perjuangan perempuan pada masa kolonial dalam novel Cantik Itu Luka karya Eka Kurniawan. Tujuan penelitian untuk mengetahui(1) perjuangan perempuan dalam sektor domestik pada novel Cantik Itu Luka karya Eka Kurniawan, (2) perjuangan perempuan dalam sektor publik pada novel Cantik Itu Luka karya Eka Kurniawan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data dan sumber data penelitian ini adalah seperangkat bahasa berupa kata-kata, kalimat dan ungkapan yang dikutip dan mendukung objek kajian dalam novel Cantik Itu Luka karya Eka Kurniawan. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan langkah-langkah pengumpulan data: (1) membaca secara berulang-ulang dari awal hinga akhir dan memahami novel Cantik Itu Luka karya Eka Kurniawan untuk memperoleh pemahaman mengenai cerita novel, (2) menandai bagian dari cerita yang berisi data perjuangan perempuan pada masa kolonial dalam sektor domestik dan publik pada novel Cantik Itu Luka karya Eka Kurniawan, dan (3) menginventarisasikan tokoh yang ada di dalam novel Cantik Itu Luka karya Eka Kurniawan, untuk mendapatkan tokoh perempuan yang berhubungan dengan masalah penelitian menggunakan format inventaris. Hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dalam novel Cantik Itu Luka karya Eka Kurniawan merupakan novel yang di dalamnya perempuan mengalami ketertindasan dan ketidakadilan. Ada juga kekerasaan seksual yang secara tidak lansung tergambar dalam novel Cantik Itu Luka karya Eka Kurniawan. Maka dari itu peneliti mengkaji perjuangan perempuan pada masa kolonial. Dari sudut pandangan feminisme, perjuangan perempuan dalam novel Cantik Itu Luka karya Eka Kurniawan terbagi dua yaitu sektor domestik dan publik. Dalam sektor domestik meliputi, perjuangan perempuan sebagai anak, perjuangan perempuan sebagai ibu, dan perjuangan perempuan sebagai istri. Sedangkan dalam sektor publik meliputi, perjuangan perempuan dalam pendidikan, perjuangan perempuan dalam dunia kerja, perjuangan perempuan dalam hak kepemilikan harta, dan perjuangan perempuan dalam organisasi.
TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA: KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DALAM NASKAH DRAMA PELACUR DAN SANG PRESIDEN KARYA RATNA SARUMPAET Alivia Aprilia; Zulfadhli Zulfadhli
Persona: Kajian Bahasa dan Sastra Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Departemen Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jpers.v1i1.13

Abstract

Artikel ini membahas tentang kepribadian tokoh utama yang terdapat dalam naskah drama Pelacur dan Sang Presiden karya Ratna Serumpet, dimana kepribadian tokoh utama ini merupakan salah satu kajian dari psikologi sastra. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian berupa kata, frasa, klausa, dan kalimat yang menunjukan kepribadian tokoh utama dalam naskah drama Pelacur dan Sang Presiden karya Ratna Sarumpaet. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan struktur kepribadian dan dinamika kepribadian tokoh utama dalam naskah drama Pelacur dan Sang Presiden karya Ratna Sarumpaet. Hasil penelitian yang didapat dari proses analisis data berdasarkan struktur kepribadian yaitu id, ego, dan superego, serta terdapat dinamika kepribadian. Sehingga Jamila dalam naskah drama Pelacur dan Sang Presiden karya Ratna Sarumpaet ini disimpulkan memiliki sifat yang keras kepala, mandiri dan lebih tertarik untuk mencapai tujuannya daripada menyenangkan hati orang lain. Sedangkan dari dinamika kepribadian, Jamila cenderung dikuasai naluri insting mati sehingga menimbulkan kecemasan dinamika kepribadian Jamila
ALIH AKSARA DAN ALIH BAHASA TEKS HIKAYAT HASAN DAN HUSEIN Isnaini; Hasanuddin WS
Persona: Kajian Bahasa dan Sastra Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Departemen Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jpers.v1i1.14

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan bentuk deskripsi fisik naskah Hikayat Hasan dan Husein, menyajikan bentuk alih aksara teks Hikayat Hasan dan Husein, dan menyajikan bentuk alih bahasa teks Hikayat Hasan dan Husein. Objek penelitian ini berupa naskah dan teks Hikayat Hasan dan Husein. Metode yang digunakan adalah metode filologi yang terdiri dari beberapa tahap penelitian. Pada tahap pengumpulan data digunakan metode studi kepustakaan, pada tahap deskripsi naskah digunakan metode deskriptif, pada tahap alih aksara digunakan metode transkripsi atau metode alih aksara, kemudian pada tahap alih bahasa digunakan metode alih bahasa. Hasil dari penelitian ini ada tiga, yaitu; (a) bentuk deskripsi naskah Hikayat Hasan dan Husein yang dideskripsikan berdasarkan hal-hal yang telah ditentukan dalam mendeskripsikan atau mengidentifikasi naskah; (b) penyajian bentuk alih aksara dari teks Hikayat Hasan dan Husein. Alih aksara dilakukan dari aksara Arab-Melayu ke aksara Latin, bahasa dalam teks Hikayat Hasan dan Husein adalah bahasa Melayu; (c) penyajian bentuk alih bahasa teks Hikayat Hasan dan Husein dialihbahasakan dari bahasa Melayu ke bahasa Indonesia.
POTRET KEKERASAN DALAM NOVEL RAINY'S DAYS KARYA FITA CHAKRA Atika Fitriani; M. Ismail Nasution
Persona: Kajian Bahasa dan Sastra Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Departemen Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jpers.v1i1.16

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bentuk kekerasan, penyebab kekerasan, dan dampak kekerasan dalam novel Rainy’s Days Karya Fita Chakra. Penelitian ini merupakan penelitian sastra yang mengkaji masalah-masalah sosial yang ada di dalam karya sastra. Sumber data penelitian ini adalah novel Rainy’s Days Karya Fita Chakra. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah membaca dan memahami novel Rainy’s Days karya Fita Chakra, melakukan studi kepustakaan yang berkaitan dengan penelitian, dan mencatat data-data yang berkaitan kemudian menginventarisasi data. Teknik pengabsahan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah teknik triangulasi. Teknik triangulasi adalah teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yanglain di luar data itu untuk keperluan pengecekan atau perbandingan terhadap data itu. Perbandingan tersebut akan dilihat kembali dari berbagai sumber, metode, atau teori. Teknik penganalisisan data dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) mengklasifikasikan data, (2) menganalisis data, (3) menafsirkan (menginter-pretasikan) data, (4) menyimpulkan analisis data, (5) melaporkan hasil analisis. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut, Pertama, bentuk kekerasan dalam novel Rainy’s Days Karya Fita Chakra terbagi ke dalam bentuk kekerasan fisik, psikis, seksual, dan penelantaran keluarga. Kedua, penyebab kekerasan dalam novel Rainy’s Days Karya Fita Chakra terbagi ke dalam penyebab ekonomi, penyebab kultural, penyebab sosial. Ketiga, dampak kekerasan dalam novel Rainy’s Days Karya Fita Chakra adalah Cedera fisik berupa luka, Lebam, Patah tulang, Sakit punggung, Sakit kronis, Sulit tidur, Tekanan darah tinggi, Depresi, Kehilangan rasa percaya diri, Trauma, Merasa terasing, Kesepian, Merasa tidak berguna atau tanpa harapan, Malu, Stress, Suka marah.

Page 1 of 11 | Total Record : 106