cover
Contact Name
Hetty Karunia Tunjungsari
Contact Email
jseb@untar.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jseb@untar.ac.id
Editorial Address
Jl. Letjen S. Parman No.1, RT.6/RW.16, Tomang, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11440
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Serina Ekonomi dan Bisnis
ISSN : 29862221     EISSN : -     DOI : https://doi.org/10.24912/jseb
Core Subject : Economy,
Jurnal Serina Ekonomi dan Bisnis adalah wadah publikasi hasil penelitian yang dilaksanakan oleh Dosen, Mahasiswa, maupun Praktisi dan telah didesiminasikan pada seminar nasional yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Tarumanagara (SERINA dan SENAPENMAS). Jurnal ini juga mempublikasikan hasil penelitian yang berasal dari peneitian Tugas Akhir maupun penelitian penugasan lainnya. Jurnal Serina Ekonomi dan Bisnis terbit setahun 2x pada bulan Februari dan September dengan ruang lingkup ekonomi, akuntansi, dan bisnis.
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2023): September 2023" : 20 Documents clear
PENGARUH CIRI KEPERIBADIAN WIRAUSAHA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA BUDDHIS DENGAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI Widjaja, Oey Hannes; Budiono, Herlina; Silviana
Jurnal Serina Ekonomi dan Bisnis Vol 1 No 2 (2023): September 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jseb.v1i2.27036

Abstract

Salah satu faktor pendorong tumbuhnya kewirausahaan di suatu negara terletak pada peran universitas melalui penyelenggaraan pendidikan kewirausahaan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efikasi diri, kepribadian proaktif dan lokus kendali terhadap minat berwirausaha dengan pendidikan kewirausahaan sebagai variabel moderasi. Non-probability sampling merupakan teknik pengambilan sampel yang digunakan dan jumlah sampel di dalam penelitian sebanyak 142 responden dengan menyebarkan kuesioner sebagai pengumpulan data melalui google formulir secara online. Penelitian ini menerangkan bahwa 1) Efikasi diri dapat digunakan untuk memprediksi secara positif minat berwirausaha, 2) Kepribadian proaktif dapat digunakan untuk memprediksi secara positif minat berwirausaha, 3) Lokus kendali dapat digunakan untuk memprediksi secara positif minat berwirausaha, 4) Pendidikan kewirausahaan memoderasi pengaruh efikasi diri terhadap minat berwirausaha.
STRATEGI PENGEMBANGAN KUALITAS WARUNG KOPI LESTARI 11 PADA UMKM DI BEKASI UTARA Nastiti, Heni; Argo, Jenji Gunaedi
Jurnal Serina Ekonomi dan Bisnis Vol 1 No 2 (2023): September 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jseb.v1i2.27037

Abstract

Perumusan Strategi Pengembangan Kualitas suatu daerah berkaitan erat dengan potensi ekonomi yang ada pada wilayah tersebut. Kabupaten Bekasi menjadi salah satu wilayah yang berpotensi maju. Masing-masing kecamatan mempunyai karakteristik tersendiri dari segi potensi wilayah. Potensi pendirian dan pengembangan kualitas UMKM di Kecamatan Bekasi Utara dapat digambarkan dalam matriks perumusan strategi pengembangan kualitas. Penelitian menggunakan metode deskripsi analitik ini menggambarkan tentang potensi perumusan strategi wilayah kecamatan Bekasi Utara di lihat dari matriks EFI, EFE, SGM, SWOT, IE, dan QSPM. Hasil dari penelitian menunjukkan potensi untuk sewa tanah baru dan membuka warkop baru yang menjadi alternatif strategis yang unggul jika dibandingkan dengan merenovasi warkop menjadi besar. Sehingga Warkop Lestari 11 disarankan untuk menggunakan strategi agresif untuk melawan para pesaingnya. Warkop Lestari 11 harus mematangkan strategi sewa tanah baru dan membuka warkop baru, yaitu kelayakan hasil analisis menguatkan sisi keuangannya dan penetrasi pasar secara berkesinambungan dengan menyewa tanah baru di lokasi strategis.
PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI DIRI TERHADAP KUALITAS BELAJAR MAHASISWA STRATA 1 PKB PADA PTKB SWASTA SE-JABODETABEK Hermawan, Hendri; Widjaya, Oey Hannes; The, Lianah
Jurnal Serina Ekonomi dan Bisnis Vol 1 No 2 (2023): September 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jseb.v1i2.27038

Abstract

Terwujud tidaknya tujuan pendidikan ditentukan oleh sumber daya manusia yang terlibat dalam pendidikan maupun peran siswanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin belajat dan motivasi terhadap kualitas belajar. Non-probability sampling merupakan teknik pengambilan sampel yang digunakan dan jumlah sampel didalam penelitian sebanyak 240 responden mahasiswa dengan menyebarkan kuesioner sebagai pengumpulan data melalui google formulir secara online. Metode analisis dalam penelitain ini menggunakan SPSS. Penelitian ini menerangkan bahwa 1) Disiplin belajar dapat digunakan untuk memprediksi secara positif kualitas belajar mahasiswa, 2) Motivasi dapat digunakan untuk memprediksi secara positif kualitas belajar mahasiswa.
ANALISIS TERHADAP KEPUASAN KERJA MELALUI IKLIM ORGANISASI, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN, SERTA KERJA SAMA PADA KARYAWAN HOTEL FEODORA DI JAKARTA Jullian, Rivaldy Bryan; Adiputra, I Gede
Jurnal Serina Ekonomi dan Bisnis Vol 1 No 2 (2023): September 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jseb.v1i2.27039

Abstract

Penting bagi perusahaan untuk memastikan bahwa kepuasan kerja karyawan agar dapat memiliki sumber daya manusia yang memiliki kualitas agar perusahaan dapat selalu maju secara dinamis. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bahwa Iklim Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan, dan Kerja sama memiliki pengaruh positif terhadap Kepuasan Kerja pada karyawan Hotel Feodora. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kuantitatif. Peneliti memperoleh data primer dengan cara menyebarkan kuesioner kepada beberapa responden. Penelitian ini menggunakan sampel Hotel Feodora yang disebarkan sebanyak 57 kuesioner. Waktu pengambilan data dilakukan pada bulan Oktober – November 2022. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini berbasis analisis pendekatan Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan software SmartPLS versi 3.0 yang merupakan sebuah metode yang tidak didasari dengan banyak asumsi dan syarat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara Iklim Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan, dan Kerja sama terhadap Kepuasan Kerja.
DAMPAK DAN TANTANGAN SEKTOR PARIWISATA INDONESIA PASCA PANDEMI COVID-19 Wijaya, Septihani Michella; Kevin, Nicholas; Wijaya, Andi
Jurnal Serina Ekonomi dan Bisnis Vol 1 No 2 (2023): September 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jseb.v1i2.27040

Abstract

Penelitian ini menganalisis dampak dan tantangan sektor pariwisata Indonesia pasca pandemi COVID-19, dengan fokus pada DKI Jakarta. Melalui pengumpulan dan analisis data sekunder, termasuk data ekonomi sektor pariwisata dan informasi tentang transformasi digital dan penetrasi pasar pariwisata, penelitian ini mengungkapkan bahwa kontribusi sektor pariwisata terhadap PDB Indonesia mengalami penurunan dari 4,7% (2019) menjadi 4,1% (2020). DKI Jakarta menghadapi tantangan dalam implementasi transformasi digital karena pandemi yang berkelanjutan, rendahnya efektivitas pemasaran, serta penggunaan teknologi yang belum optimal. Namun, DKI Jakarta memiliki potensi untuk meningkatkan minat wisatawan dalam memanfaatkan potensi wisata perkotaan Indonesia. Untuk mengatasi tantangan ini, penelitian ini mengusulkan strategi Grow and Build yang mencakup pengembangan produk, pengembangan pasar, dan penetrasi pasar. Strategi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan minat masyarakat terhadap wisata perkotaan di DKI Jakarta, merumuskan strategi pemasaran yang tepat, serta meningkatkan popularitas kunjungan wisata perkotaan guna mendukung perkembangan sektor pariwisata DKI Jakarta dan peningkatan pendapatan daerah. Penelitian ini memberikan wawasan tentang dampak pandemi COVID-19 pada sektor pariwisata Indonesia dan tantangan yang dihadapi oleh DKI Jakarta dalam transformasi digital. Dengan menyajikan strategi konkret untuk memulihkan sektor pariwisata dan mendorong pertumbuhan industri pariwisata DKI Jakarta, penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pemerintah dan pelaku industri pariwisata dalam mengembangkan kebijakan dan strategi berkelanjutan untuk memperkuat sektor pariwisata Indonesia pasca pandemi.
GIANT FLAVOURS: STRATEGI PERTUMBUHAN BISNIS YANG SUKSES DI INDUSTRI MAKANAN DAN RESTORAN AUSTRALIA Wijaya, Septihani Michella; Kevin, Nicholas; Kurniawan, Adeline Putri; Wijaya, Andi
Jurnal Serina Ekonomi dan Bisnis Vol 1 No 2 (2023): September 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jseb.v1i2.27041

Abstract

Seiring dengan semakin terhubungnya dunia, peluang untuk ekspansi internasional menjadi lebih besar daripada sebelumnya. Bagi Giant Flavours, operator restoran internasional terkemuka dengan beragam penawaran di empat jaringannya, potensi pertumbuhan di pasar-pasar baru sangat menarik dan menguntungkan. Dengan fokus untuk meningkatkan keuntungan perusahaan, kami telah mengembangkan rencana komprehensif untuk memperluas Giant Flavours ke pasar-pasar internasional yang baru. Dalam penelitian ini, peneliti akan menguraikan beragam strategi untuk meraih kesuksesan, dengan menyoroti faktor-faktor kunci yang membuat Giant Flavours menjadi kandidat yang tepat untuk ekspansi global. Melalui statistik yang telah di analisis, Giant Flavours telah menarik perhatian para pelanggannya melalui empat rantai makanan mereka. Namun, seperti setiap bisnis lainnya, mereka masih kurang dalam memasarkan ke kelompok orang tertentu dengan divisi yang tepat dari CSR dan QSR mereka. Dalam penelitian ini, Giant Flavour akan mendapatkan pengungkapan penuh tentang strategi kami dalam mengatasi kesulitan yang dihadapi perusahaan ini. Akan ada penjelasan spesifik mengenai strategi pemasaran dan analisis lengkap mengenai pasar mereka. Bersiaplah untuk terpesona dengan visi kami untuk masa depan merek Giant Flavours.
MENEMBUS BATASAN DIGITALISASI BISNIS (STUDI KASUS PADA UMKM DI INDONESIA) Wijaya, Septihani Michella; Kevin, Nicholas; Ruslim, Herman
Jurnal Serina Ekonomi dan Bisnis Vol 1 No 2 (2023): September 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jseb.v1i2.27042

Abstract

Data penjualan ritel Indonesia menggambarkan situasi yang masih memprihatinkan. Pertumbuhan negatif alias kontraksi masih memberikan warna yang cukup dominan. Bank Indonesia (BI) melaporkan penjualan eceran yang tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) Februari 2020 sebesar 117,1. Turun 2,7% setiap bulan (month-to-month/mtm) dan turun 18,1% secara tahunan (year-on-year/yoy). Kemunduran industri ritel di Indonesia tidak terlepas dari mata rantai dan ruang lingkup faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi keberlangsungan industri ini. Implementasi dan pemanfaatan transformasi digital merupakan tantangan sekaligus peluang bagi keberlanjutan perusahaan dalam jangka panjang. Adanya tantangan ini perlu diteruskan oleh perusahaan dengan penanganan yang strategis dan sistematis untuk bertahan di pasar. Maka untuk mengatasi ancaman dan peluang tersebut, kami telah menyiapkan beberapa langkah strategis dengan tujuan (a) meningkatkan kesadaran dan kepercayaan serta membangun minat pengunjung selama periode standar baru; (b) merumuskan strategi pemasaran yang tepat agar industri ritel Indonesia dapat bertahan dan bangkit dalam situasi dan kondisi pandemi saat ini; (c) mengembangkan keunggulan kompetitif dan positioning sektor ritel agar mampu bersaing dengan berbagai kemajuan teknologi di era standar baru. Berdasarkan analisis, dapat mencapai tujuan tersebut dengan mengadakan dan mempertahankan strategi yang berkaitan dengan pengembangan produk, penetrasi pasar dan pengembangan pasar.
PENGARUH BRAIN GYM TERHADAP PENINGKATAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR Wijaya, Septihani Michella; Kevin, Nicholas; Ruslim, Herman
Jurnal Serina Ekonomi dan Bisnis Vol 1 No 2 (2023): September 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jseb.v1i2.27043

Abstract

Proses tumbuh kembang anak dapat berlangsung secara alamiah, tetapi proses tersebut sangat tergantung kepada orang dewasa atau orangtua. Belajar merupakan suatu proses yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, dapat didapatkan dari pengalaman individu, interaksi dengan lingkungan, dan proses pembelajaran itu sendiri. Berbagai penelitian telah dilakukan untuk melihat pengaruh brain gym terhadap tingkat konsentrasi belajar pada siswa sekolah dasar yaitu antara lain penelitian yang dilakukan oleh Pramesti pada siswa kelas IV di SD Negeri 1 Tonja Denpasar Utara didapatkan hasil penelitan terhadap kelompok intervensi mampu meningkatkan konsentrasi belajar pada siswa. Desain penelitian ini menggunakan metode literature review yaitu sebuah sintesa dari literatur tentang topik penelitian, literature review disusun dengan bersumber pada buku, jurnal serta publikasi lainnya terkait dengan topik yang diteliti Swarjana. Penelitian Wahyu Nur Pratiwi dan Yuan Guruh Pratama dengan judul Brain Gym Optimizing Concentration on Elementary Students menghubungkan akal (mind) dan tubuh (body). Hasil penelusuran dari 7 jurnal yang sudah didapatkan, terdapat pengaruh meningkatkan konsentrasi siswa melalui brain gym, dan dari 7 penelitian mampu menunjukkan hasil yang signifikan.
ANALISIS STUDI KELAYAKAN BISNIS UNTUK MENDUKUNG PERTUMBUHAN UMKM DI INDONESIA (STUDI KASUS PADA NEL CRISPY) Wijaya, Septihani Michella; Kevin, Nicholas; Ruslim, Herman
Jurnal Serina Ekonomi dan Bisnis Vol 1 No 2 (2023): September 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jseb.v1i2.27044

Abstract

Nel Crispy merupakan usaha industri kreatif di bidang kuliner berupa sereal yang memanfaatkan bahan lokal yakni ubi jalar dikombinasikan dengan aneka sayuran dan ikan yang dikreasikan dengan cita rasa nusantara sebagai alternatif snack sehat yang bergizi dan berenergi tinggi sehingga dapat memberikan dampak kesehatan kepada konsumen melalui balanced diet. Pengembangan produk sereal ini dilatarbelakangi oleh semakin tingginya tuntutan hidup masyarakat yang harus serba cepat sehingga membuat banyak masyarakat sering melewatkan waktu makan maupun menggantinya dengan mengonsumsi produk instan. Di samping itu, pola hidup masyarakat saat ini sudah cenderung menyadari akan pentingnya kesehatan sehingga kebutuhan pangan tidak sebatas pada pemenuhan kebutuhan gizi konvensional bagi tubuh serta pemuas mulut dengan cita rasa enak saja, melainkan pangan diharapkan mampu berfungsi menjaga kesehatan, kebugaran tubuh, aman dikonsumsi, dan praktis dalam penyajiannya. Oleh karena itu, Nel Crispy hadir untuk menyediakan produk snack sehat bergizi tinggi dengan cita rasa nusantara yang praktis dan dapat membantu memenuhi kebutuhan harian. Produk Nel Crispy merupakan kombinasi ubi jalar, ikan tuna, sayuran, serta superfood lokal Indonesia berupa daun kelor yang membuat produk ini kaya akan gizi dan serat. Pengolahan produk dengan cara pemanggangan untuk meminimalkan kandungan minyak, tanpa gluten sehingga aman dikonsumsi oleh penderita gluten intolerance, tanpa penambahan pengawet maupun pewarna buatan dengan lebih menitikberatkan pada penggunaan bahan alami lokal.
STRATEGI INOVASI DI TENGAH SITUASI PANDEMI COVID-19 PADA BOJJO CAFÉ AND EATRY Wijaya, Septihani Michella; Kevin, Nicholas; Ruslim, Herman
Jurnal Serina Ekonomi dan Bisnis Vol 1 No 2 (2023): September 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jseb.v1i2.27045

Abstract

Pandemi Covid-19 mengubah perekonomian dunia yang signifikan mempengaruhi perubahan kebutuhan masyarakat. Salah satu nya berdampak pada Bojjo Cafe & Eatery di bidang F&B khususnya kopi. Masyarakat cenderung meminum kopi untuk nongkrong, belajar, dan nyantai yang menyebabkan tingginya minat konsumsi terhadap kopi. Oleh sebab itu, munculnya banyak persaingan di bidang ini sehingga diperlukan strategi dan inovasi baru untuk mempertahankan identitas usaha. Maka dari itu jurnal ini bertujuan untuk 1) meningkatkan brand awareness, brand interest dan brand loyalty Bojo Cafe & Eatery dengan strategi marketing dan teknik industri yang tepat 2) membangun competitive advantage dan positioning pada Bojo Cafe & Eatery. Paper ini diharapkan dapat memberikan solusi dan inovasi yang bermanfaat untuk menerapkan strategi yang efektif serta dapat memberikan referensi dan dukungan kepada UMKM yang sedang berjuang. Dalam menganalisis, jurnal ini menggunakan analisa PESTLE (Politic, Ekonomic, Sosial, Technology, Legal, Enviroment) untuk menentukan strategi terbaik serta pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode observasi untuk pengumpulan data. Untuk mencapai tujuan, strategi yang diterapkan diantaranya 1) Bojjo Cafe & Eatery Level Up 2) SuperB-card (Membership Bojjo Card) 3) It’s Bojjo Time (Signature Exclusive Menu) 4) Xperience with Bojjo dan 5) Human Resource Empowerment. Hasil jurnal ini diharapkan dapat meningkatkan brand awareness, brand interest dan brand loyalty serta membangun competitive advantage dan positioning Bojo Cafe & Eatery.

Page 1 of 2 | Total Record : 20