cover
Contact Name
Supono
Contact Email
supono@ulbi.ac.id
Phone
+628112272742
Journal Mail Official
competitive@ulbi.ac.id
Editorial Address
Jl. Terusan Sariasih No. 54 Bandung 40151 Jawa Barat
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Competitive
ISSN : 02162539     EISSN : 26564157     DOI : https://doi.org/10.36618/competitive
Competitive is an open access media in publishing scientific articles that contain the results of research. The scope of the Competitive journal topics covers multi disciplines namely Logistics, Information Engineering, Information Systems, Business Management and Accounting. The journal managed by Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI), published twice a year, in June and December. The process of accepting scientific article manuscripts is opened throughout the year. Paper that enters this journal will be checked for plagiarism and peer-review first to maintain its quality.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol. 14 No. 2 (2019): Jurnal Competitive" : 12 Documents clear
Pengukuran Performa Digital Distribution Channel Terhadap Keputusan Pembelian Hostel Pada Pinisi Backpacker Dengan Multinomial Logistic Regression Aditia Sovia Pramudita
Competitive Vol. 14 No. 2 (2019): Jurnal Competitive
Publisher : PPM Universitas Logistik dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36618/competitive.v14i2.603

Abstract

Pertumbuhan industri pariwisata di Indonesia berkembang dengan pesat. Pertumbuhan tersebut berdampak pada pertumbuhan kebutuhan penginapan di Indonesia. Pinisi Backpacker sebagai salah satu penginapan dengan konsep hostel memiliki peran dalam pertumbuhan industri ini. Peran online travel agent pada industri ini pun memiliki peran yang signifikan terhadap penjualan penginapan di seluruh dunia. Namun demikian penggunaan online travel agent sendiri bukannya tanpa risiko. Kerjasama dengan online travel agent memiliki potensi bagi pemilik penginapan untuk mengalami opportunity lost. Hal tersebut menunjukan bahwa pemilik penginapan perlu untuk mengkaji performa masing-masing online travel agent sebagai partnernya. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa seluruh OTA memberikan efek yang positif terhadap keputusan pembelian hostel kecuali Traveloka dan Expedia. Keputusan pembelian konsumen di hostel Pinisi Backpacker dipengaruhi oleh pemilihan online travel agent oleh para konsumennya. Dari seluruh online travel agent yang digunakan dapat disimpulkan terdapat tiga grade online travel agent bagi Pinisi Backpacker yaitu grade 1 adalah Booking.com, Agoda, dan Hostelworld; grade 2 adalah Klikhotel dan pegipegi; dan yang terakhir adalah melepas kerjasama online travel agent dengan Traveloka dan Expedia.
Cost-Benefit Analysis Pembangunan Pelabuhan Patimban Terhadap Masyarakat Pesisir Di Kabupaten Subang Somadi Somadi
Competitive Vol. 14 No. 2 (2019): Jurnal Competitive
Publisher : PPM Universitas Logistik dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36618/competitive.v14i2.607

Abstract

Pelabuhan merupakan salah satu prasarana transportasi yang memiliki peran penting dalam perkembangan industri, perdagangan dan jasa serta memberikan kontribusi bagi perekonomian. Selama ini aktivitas pelabuhan di Indonesia masih didominasi di Pelabuhan Tanjung Priuk, sehingga lalu lintas di Pelabuhan Tanjung Priuk sering mengalami kepadatan dan arus lalu lintas kendaraan selalu mengalami kemacetan sehingga membuat biaya logistik menjadi tinggi. Untuk itu diperlukan pembangunan Pelabuhan Patimban. Namun dalam pembangunan Pelabuhan Patimban terdapat pro dan kontra khususnya dari masyarakat pesisir, karena akan memberikan dampak positif dan negatif bagi perekonomian masyarakat. Tujuan penelitian yaitu ingin mengetahui kelayakan pembangunan Pelabuhan Patimban dari segi ekonomi bagi masyarakat pesisir. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan cost-benefit analysis. Berdasarkan hasil analisis jika dampak pembangunan Pelabuhan Patimban hanya berfokus pada masyarakat pesisir dan hanya bekerja menjadi TKBM, maka pembangunan tidak layak untuk dilaksanakan karena keuntungan yang dihasilkan lebih kecil dibandingkan dengan kerugian yang ditimbulkan adanya pembangunan Pelabuhan Patimban. Sedangkan kerugian adanya pembangunan Pelabuhan Patimban yaitu hilangnya penghasilan masyarakat akibat adanya penggunaan lahan darat dan reklamasi. Namun secara menyeluruh bahwa pembangunan Pelabuhan Patimban memberikan dampak besar bagi perkembangan ekonomi baik masyarakat pesisir, dan perekonomian daerah, daerah tetangga dan Indonesia
Efektivitas Biaya Pengiriman Pada Perusahaan Roti Dengan Menggunakan Metode Transportasi Evan Nugraha; Rini Mulyani Sari
Competitive Vol. 14 No. 2 (2019): Jurnal Competitive
Publisher : PPM Universitas Logistik dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang metode transportasi dalam mengatur dan mendistribusikan sumber untuk menyediakan produk ketempat yang membutuhkan untuk mencapai efisiensi biaya transportasi. Pemecakan masalah transportasi dalam kasus ini menggunakan metode pendekatan metode RAM, metode Pendekatan VAM dan metode NWC, kemudian menggunakan metode batu loncatan untuk menguji keoptimalannya. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan hasil yang lebih optimal sebagai bahan pertimbangan awal untuk meningkatkan penghematan biaya distribusi pada perusahaan roti. Biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan sebelum penelitian sebesar Rp3.218.000,00 Hasil penelitian ini diperoleh bahwa penerapan metode transportasi dengan menggunakan metode Pendekatan VAM memperoleh Rp2.435.000,00 lebih efektif digunakan dibandingkan dengan metode pendekatan RAM sebesar Rp2.532.500,00 dan metode NWC sebesar Rp2.785.000,00. Hasil uji keoptimalan upah untuk supir dengan menggunakan metode Assignment diperoleh biaya sebesar Rp843.000,00. Dari penelitian tersebut maka metode VAM dan metode Assignment dapat diterapkan pada perusahaan pembuatan roti tersebut
Lean Supply Chain Sebagai Strategi Peningkatan Produktivitas(Studi Kasus: PT. Indah Kiat Pulp & Paper Tbk.) Rini Mulyani Sari; Evan Nugraha
Competitive Vol. 14 No. 2 (2019): Jurnal Competitive
Publisher : PPM Universitas Logistik dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Industri pulp dan kertas perlu meningkatkan daya saing produknya sehingga bisa lebih kompetitif di pasar global. Produsen pulp dan kertas terbesar di tanah air di antaranya April Group dengan PT Riau Andalan Pulp and Paper dan Sinar Mas Group yang membawahi beberapa perusahaan, seperti PT Tjiwi Kimia Tbk., PT Indah Kiat Pulp and Paper dan PT OKI Pulp and Paper. Permasalahan yang dihadapi oleh PT Indah Kiat Pulp and Paper Tbk. khususnya pada produk memo adalah belum mampu memenuhi seluruh permintaan konsumen dengan tepat waktu sehingga banyak produk terlambat sampai kepada konsumen. Penelitian menggunakan pendekatan case study explanatory dengan menggunakan analisis deduktif. Pada tahap awal dilakukan studi pendahuluan dilanjutkan dengan pengumpulan dan pengolahan data, menggunakan tools value stream analysis tool sedangkan analisis dilakukan menggunakan tools yang terpilih yaitu process activity mapping dan supply chain response matrix. Kemudian diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Hasil yang didapatkan adalah terdapat enam jenis waste pada sistem produksi kertas memo putar di PT. Indah Kiat Pulp and Paper Tbk. Lean supply chain akan meningkatkan produktivitas yang terlihat dari reduksi total manufacturing lead time dan supply chain lead time serta peningkatan process cycle efficiency kertas memo putar di PT. Indah Kiat Pulp and Paper Tbk.
Analisa Minat Pembelian Online Konsumen Pada Saluran Distribusi Digital Marketplace Online di Kota Bandung M Ardhya Bisma; Aditia Sovia Pramudita
Competitive Vol. 14 No. 2 (2019): Jurnal Competitive
Publisher : PPM Universitas Logistik dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36618/competitive.v14i2.617

Abstract

Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia merupakan salah satu yang tertinggi di dunia. Secara langsung, hal tersebut juga memiliki dampat terhadap pertumbuhaan transaksi online melalui e-commerce. Mayoritas pelaku e-commerce merupakan UKM. Hingga saat ini, peran UKM telah terbukti mampu menggerakan roda perekonomian dalam negeri. Marketplace online, sebagai salah satu pilihan e-commerce, memiliki peran yang sentral dalam menarik UKM untuk berperan dalam perdangan online. Namun demikian, masih terdapat beberapa kendala terkait minat pembelian online yang dirasakan oleh konsumen. Kendala tersebut merupakan faktor penghambat pertumbuhan pembelanjaan online. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk dapat mencari faktor-faktor yang secara langsung dapat meningkatkan minat beli konsumen untuk melakukan pembelanjaan online. Penelitian ini dilakukan di Kota Bandung dengan asumsi bahwa Kota Bandung merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang telah terbiasa melakukan pembelian online. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat tiga dimensi e-marketing mix yang berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat beli yaitu e-price, e-promotion, dan e-place. Ketiga dimensi tersebut perlu untuk dijadikan prioritas bagi pelaku bisnis online, khususnya pada saluran distribusi digital marketplace, dalam merancang strategi penjualan mereka.
Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Freight Forwarding Freight Forwarding Liability Insurance Edi Supardi; Noneng Nurjanah
Competitive Vol. 14 No. 2 (2019): Jurnal Competitive
Publisher : PPM Universitas Logistik dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36618/competitive.v14i2.618

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap produk Freight Forwarding Liability Insurance. Freight Forwarding Liability Insurance merupakan asuransi yang wajib dimiliki oleh setiap perusahaan freight forwarding terkait rights, duties and resposnsibilities yang dipersyaratkan oleh Conventions, Undang-undang dan peraturan yang berlaku yang bertujuan untuk menghindari kebangkrutan dan meminimalisir kerugian perusahaan freight forwarding dari tuntutan fihak ke tiga atas kelalaian yang timbul dari aktivitas jasa yang dilakukan oleh perusahaan freight forwarding. Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat kepentingan berdasarkan gambaran atau persepsi perusahaan freight forwarding anggota Asosiasi Logistik dan Freight Forwarding Indonesia (ALFI) terhadap Freight Forwarding Liability Insurance dengan menggunakan analisis conjoin. Penelitian ini ditargetkan untuk populasi anggota ALFI sebagai user atau konsumen atau pengguna jasa Freight Forwarding Liability Insurance dengan total data terkumpul sebanyak 54 responden. Hasil penelitian menunjukan faktor Price, Process dan Product merupakan tiga sub variabel penting bagi perusahaan logistic anggota ALFI dalam menentukan keputusan atas pembelian Freight Forwarding Liability Insurance, serta empat indikator penting yang harus diperhatikan dalam perancangan jaminan Produk Freight Forwarding Liability Insurance bagi perusahaan logistic anggota ALFI yaitu meningkatnya Harga jual Jasa perusahaan Freight Forwarding , Harga yang kompetitif, Pembayaran Klaim yang cepat dan mudah serta produk yang dapat dipercaya.
Spesifikasi User Requirement E-Learning Bahasa Inggris Menggunakan Metode Kano Dewi Selviani Yulientinah; Sari Armiati
Competitive Vol. 14 No. 2 (2019): Jurnal Competitive
Publisher : PPM Universitas Logistik dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36618/competitive.v14i2.619

Abstract

Tantangan utama dalam perguruan tinggi adalah menciptakan sebuah lingkungan belajar yang menyediakan mahasiswa dengan kemampuan kognitif untuk melakukan analisis, sintesis dan membuat kesimpulan atas topiknya. Lingkungan belajar dapat diubah dari yang berfokus pada pengajar menjadi kombinasi dari learner, knowledge dan assesment-centered, sehingga tercipta kolaborasi belajar siswa yang mendorong terwujudnya komunitas yang berkompeten sesuai sasaran jurusannya. Penelitian ini berfokus pada penyusunan user spesifikasi E-learning Bahasa Inggris dengan menggunakan Metode Kano sebagai alat bantu proses belajar yang kolaboratif (Collaborative Learning). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan spesifikasi yang berkarakteristik Attractive, Must-be, One-dimensional, Indifferent, Reverse, dan Questionable. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu model Waterfall. Model Waterfall atau sering juga disebut Model Sekuensial Linear mengusulkan sebuah pendekatan kepada perkembangan perangkat lunak yang sistematik dan sekuensial yang mulai pada tingkat dan kemajuan sistem pada seluruh analisis, desain, kode, pengujian dan pemeliharaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prioritas pembuatan fitur-fitur aplikasi e-learning Bahasa Inggris adalah: polling, login, jadwal lab bahasa, forum, search engine, link, warna cerah, kuis online, chatting, informasi matakuliah, latihan online, sarana komunikasi, informasi nilai, download modul, dan aksesibilitas.
RETRACTION: Pengaruh Pengetahuan Peraturan Perpajakan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak KPPP Bandung Karees Dwi Anggraeni Saputri; Ela Sulistia
Competitive Vol. 14 No. 2 (2019): Jurnal Competitive
Publisher : PPM Universitas Logistik dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36618/competitive.v14i2.620

Abstract

RETRACTION TO: Saputri, D. A., & Sulistia, E. (2019). Pengaruh Pengetahuan Peraturan Perpajakan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak KPPP Bandung Karees. Jurnal Competitive, LPPM Politeknik Pos Indonesia. Volume 14 Nomor 2. (60-71). Nomor DOI: 10.36618/competitive.v14i2.620. This article has been retracted by the publisher based on the following reason: This is based on the editor that the author has committed acts of violation of publication ethics. The author has published a double publication by submitting the same article to two journals before. The author admits that he forgot to have submitted the same article to another journal. This article also has published in the Open Library Telkom University (https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/140440/pengaruh-pengetahuan-peraturan-perpajakan-dan-kualitas-pelayanan-terhadap-kepatuhan-wajib-pajak-pada-kantor-pelayanan-pajak-pratama-bandung-karees-kasus-pada-wajib-pajak-orang-pribadi-pada-kpp-pratama-bandung-karees-.html). One of the conditions of submission of a paper for publication in this journal is that authors declare explicitly that their work is original and has not appeared in a publication elsewhere, and also not considered by another journal. As such this article represents a severe abuse of the scientific publishing system. The scientific community takes a very strong view on this matter, and apologies are offered to readers of the journal that this was not detected during the submission process.
Implementasi Model Pembelajaran Think Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah di Program Studi Akuntansi Khairaningrum Mulyanti
Competitive Vol. 14 No. 2 (2019): Jurnal Competitive
Publisher : PPM Universitas Logistik dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36618/competitive.v14i2.621

Abstract

Dalam Bidang Akuntansi, kemampuan pemecahan masalah diimplementasikan dalam kemampuan untuk memilih dan mengembangkan solusi yang tepat menurut kaidah akuntansi untuk menyelesaikan masalah dan mampu melakukan riset dalam memberikan berbagai alternatif penyelesaian. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah mahasiswa adalah model pembelajaran yang diterapkan oleh pengajar. Salah satu teknik pembelajaran kolaboratif yang termasuk dalam kategori menyelesaikan masalah adalah Think-Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) yang dapat diartikan sebagai menyelesaikan masalah berpasangan secara lisan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana keberhasilan model pembelajaran TAPPS ini dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa jika dibandingkan dengan pelaksanaan pembelajaran menggunakan model ekspositori. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuasi eksperimen, dengan subjek penelitian mahasiswa dalam perkuliahan Praktikum Akuntansi Dasar di Politeknik Pos Indonesia dengan metode analisis menggunakan uji independent sample t-test N-Gain. Dengan menggunakan bantuan SPSS V.23 didapatkan hasil bahwa terdapat perbedaan peningkatkan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dari pengujian tersebut juga didapatkan hasil bahwa model pembelajaran TAPPS lebih baik dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa dalam perkuliahan Praktikum Akuntansi Dasar dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori.
Pengaruh Rasio Leverage, Likuiditas, Profitabilitas Terhadap Kualitas Laba Perusahaan Makanan Minuman BEI Nur Salma; Tiara Januar Riska
Competitive Vol. 14 No. 2 (2019): Jurnal Competitive
Publisher : PPM Universitas Logistik dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36618/competitive.v14i2.622

Abstract

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor penting dalam perekonomian Indonesia. Peluang untuk menanamkan investasi pada sektor makanan dan minuman ini sangat menjanjikan, karena pasar masih terbuka lebar dengan jumlah penduduk yang besar pula. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh rasio leverage, rasio likuiditas dan rasio profitabilitas terhadap kualitas laba. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel terikat adalah kualitas laba (Y), sedangkan variabel bebas yang digunakan yaitu rasio leverage (X1), rasio likuiditas (X2) dan rasio profitabilitas (X2). Populasi dalam penilitian ini adalah seluruh perusahaan makanan dan minuman BEI periode tahun 2014-2018 yang berjumlah 18 perusahaan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh sebanyak 12 perusahaan yang dijadikan sampel. Pengujian dan analisis data dalam penilitian ini menggunakan uji asumsi klasik (uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas dan uji autokolerasi), regresi linier berganda, koefisien determinasi (r2) dan uji hipotesis (uji simultan (f) dan uji parsial (t)) dengan program SPSS 23. Hasil pengujian data menunjukkan bahwa secara simultan rasio leverage, rasio likuiditas dan rasio profitabilitas berpengaruh terhadap kualitas laba. Sedangkan pengujian secara parsial rasio leverage dan rasio profitabilitas berpengaruh terhadap kualitas laba, sedangkan likuiditas tidak berpengaruh terhadap kualitas laba perusahaan makanan dan minuman BEI.

Page 1 of 2 | Total Record : 12