cover
Contact Name
Tety Nur Cholifah
Contact Email
eduabdi@uniramalang.ac.id
Phone
+6285735620790
Journal Mail Official
eduabdi@uniramalang.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Mojosari No.2, Dawuhan, Jatirejoyoso, Kec. Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65163
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat: EDUABDIMAS
ISSN : 29641381     EISSN : 2964139X     DOI : https://doi.org/10.36636/eduabdimas.v2i4
Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat: EDUABDIMAS adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa penerapan berbagai keilmuan multi disiplin. Jurnal ini berisi program-program pengabdian masyarakat dalam berbagai bentuk aksi sosial berupa pendampingan, pelatihan, pemberdayaan dan lain-lain guna memecahkan berbagai permasalahan, baik yang bersifat individual maupun kolektif/berbasis komunitas.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 4 (2023): OKTOBER 2023" : 10 Documents clear
PENGEMBANGAN PSYCHOLOGICAL CAPITAL UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN ANGGOTA KOMUNITAS BASIS BINAAN CU KASIH SEJAHTERA Dominifridus Bone
Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat Vol 2 No 4 (2023): OKTOBER 2023
Publisher : FIP UNIRA MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36636/eduabdimas.v2i4.2908

Abstract

Hal penting dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat adalah penanaman mental dan sikap positif terhadap hidup dan segala dimensinya. Salah satu upaya mengembangkan cara pandang masyarakat terhadap dirinya adalah dengan mengembangkan psychological capital masyarakat. Psychological capital merupakan suatu kondisi psikologis yang positif, berkaitan dengan karakter yang kuat dan keyakinan akan kemampuan diri sendiri, kemampuan menghadapi tantangan, membangun spirit positif dalam upaya mencapai keberhasilan di masa depan, tekun, mampu menghadapi tantangan dan mampu mengatur strategi untuk bangkit dan mencapai kesuksesan. Kegiatan pengembangan modal psikologis ini dilaksanakan dalam kegiatan literasi finansial yang diprogramkan oleh CU Kasih Sejahtera. Dengan memiliki modal psikologis yang baik diharapkan terjadi perubahan paradigma berpikir masyarakat disertai sikap mental yang labih positif terhadap setiap hasil pekerjaan mereka. Masyarakat dapat memiliki sikap percaya diri, memiliki harapan positif dan optimis atas setiap hasil pekerjaan mereka dan mampu untuk mengembangkan kehidupan mereka menjadi lebih baik dengan tujuan akhir adalah mencapai kesejahteraan hidup.
PENDAMPINGAN DESAIN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN SAK EMKM BERBASIS MICROSOFT EXCEL PADA UMKM PIA RB PASURUAN Sri Andriani; Maretha; Setiani; Nawirah
Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat Vol 2 No 4 (2023): OKTOBER 2023
Publisher : FIP UNIRA MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36636/eduabdimas.v2i4.2922

Abstract

Kendala yang menghambat UMKM dalam penerapan pengelolaan keuangan antara lain: segi kemampuan yang meliputi latar belakang pendidikan yang kurang memadai, belum pernah ikut pelatihan-pelatihan akuntansi dan dari segi pelaku usaha belum ada kebutuhan penerapan akuntansi. Pelatihan diawali dengan memberikan motivasi pada UMKM betapa pentingnya mempelajari dan memahami serta mendapatkan manfaat laporan keuangan untuk UMKM. Kegiatan pendampingan dilakukan pada UMKM Pia RB yang berlokasi di Pasuruan. Usaha pia yang sudah menjadi sentra di Kabupaten Pasuruan, salah satu daya tarik yang merupakan oleh-oleh khas dari Provinsi Jawa Timur. Melihat pencatatan keuangan yang masih sangat sederhana dan hanya pencatat pendapatan saja maka Tim melakukan pendampingan dalam perhitungan HPP, pencatatan keuangan berdasarkan SAK EMKM berbasis microsoft excel. Penyusunan laporan keuangan sebelumnya masih dilakukan secara manual dan pencatatannya masih bersifat umum. Setelah implementasi sistem, penyusunan laporan keuangan PIA RB menjadi lebih administratif dan rapi. Penyusunan laporan keuangan juga menjadi lebih hemat waktu, efektif dan efisien karena hasil dari laporan keuangannya akan muncul secara otomatis setelah dilakukan penginputan pada jurnal umum. Laporan keuangan yang dimiliki juga menjadi sesuai dengan standar yang berlaku yaitu SAK EMKM.
PUZZLE EDUKASI PHBS BAGI ANAK PENYINTAS BENCANA DI SDN 1 ROGO KECAMATAN DOLO SELATAN KABUPATEN SIGI Pitriani; Kiki Sanjaya; Firmansyah; Annisa Nur Rahmadani
Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat Vol 2 No 4 (2023): OKTOBER 2023
Publisher : FIP UNIRA MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36636/eduabdimas.v2i4.2996

Abstract

Tahun 2022 terdapat 1.524 merupakan kejadian banjir dengan total korban meninggal 851 jiwa, luka- luka 8.726 orang, hilang 46 orang dan korban terdampak yang mengungsi sebanyak 5.492.046 orang. Salah satu daerah yang hampir setiap tahun terdampak banjir adalah Desa Rogo. Bencana akan diikuti munculnya pengungsian yang tidak didukung fasilitas sanitasi memadai, hal ini dapat memicu merebaknya wabah, sehingga pengetahuan PHBS khususnya kelompok rentan seperti anak-anak perlu ditingkatkan. Perubahan perilaku memerlukan tahap panjang dan konsisten, untuk mempercepat proses perubahan diperlukan upaya peningkatan pengetahuan. Untuk itu, perlu dilakukan peningkatan edukasi kepada siswa-siswi di SDN 1 Rogo, Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah terkait langkah-langkah PHBS minimal yang harus dilakukan. Untuk mengukur perubahan pengetahuan siswa terkait PHBS akan dilakukan pre dan post test. Kegiatan akan dikemas dalam bentuk pemutaran video PHBS dan games menggunakan PUZZLE EDUKASI PHBS sehingga lebih menarik minat peserta. Kegiatan ini diikuti oleh 38 Siswa-siswi kelas IV-VI di SDN 1 Rogo dan didampingi 4 orang guru. Berdasarkan analisis hasil pre post test yang telah dilaksanakan pada tanggal 20 Juli 2023 diketahui bahwa terjadi peningkatan pengetahuan siswa terhadap PHBS setelah memperoleh edukasi melalui video dan games. Peningkatan tertinggi pada materi terkait 6 langkah Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS).
PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH PADA PRODUK KERUPUK SINGKONG MELALUI PENDAMPINGAN SERTIFIKASI HALAL DI DESA SIDOMEKAR Rega Putra Kandiaz Kandiaz; Vaughan Callista Vinsha Pharausia; Ulfa Azimatul Fitriah; Nur Muhammad Ihsan; David Chaliq Iksani
Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat Vol 2 No 4 (2023): OKTOBER 2023
Publisher : FIP UNIRA MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36636/eduabdimas.v2i4.3162

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah merupakan instrumen yan memiliki peranan penting dalam mengampu sektor perekonomian di Indonesia yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Desa sidomekar merupakan salah satu desa yang mempunyai letak geografis sangat unik, di mana sebagian desa berada di Kota jember. Apabila dilihat berdasarkan letak geografis, wilayah ini mempunyai banyak potensi, baik dari segi pertanian, budaya maupun potensi pariwisata dan UMKM. Kerupuk Singkong salah satu UMKM yang menjadi keunggulan di Desa Sidomekar dan salah satu UMKM yang tertua di wilayah tersebut. Hasil oberservasi pengabdian menunjukkan UMKM di wilayah tersebut dibutuhkan sebuah strategi marketing yakni labelisasi halal. Dengan adanya Kuliah Kerja Nyata ini diharapkan dapat membantu pelaku UMKM desa untuk bangkit, serta dapat membantu untuk melakukan pemasaran produk di tingkat regional maupun nasional.
PENGEMBANGAN POTENSI DAN PENDAMPINGAN PROSES PRODUK HALAL TERHADAP JUS JERUK SIDOMEKAR SEBAGAI PRODUK UNGGULAN DESA Kefassada Charismaraya; Syifa' Yahya; Alfianita Masyitoh; Siti Adyanur Kholishoh; Abdullah; Agus Zainudin
Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat Vol 2 No 4 (2023): OKTOBER 2023
Publisher : FIP UNIRA MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36636/eduabdimas.v2i4.3164

Abstract

Jus Jeruk Sidomekar (JJS) merupakan produk hasil olahan jeruk yang diinisiasi oleh Mahasiswa KKN Kolaborasi 112. JJS lahir dari minimnya produk olahan jeruk yang ada di Desa Sidomekar, padahal Desa Sidomekar merupakan kawasan penghasil jeruk. Minimnya olahan jeruk di kawasan penghasil jeruk menjadi permasalahan bagi Desa Sidomekar. Inovasi JJS seolah menjadi jawaban dari minimnya produk olahan jeruk yang ada di Sidomekar. JJS lahir dengan gagasan pemberdayaan masyarakat sebagai tujuan utama pengabdian, dan sebagai wujud implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dalam observasi dan eksperimen yang dilakukan selama pengabdian, Mahasiswa KKN 112 Sidomekar menggunakan metode kualitatif deskriptif yakni dengan melakukan penelitian langsung terhadap objek yang diteliti. Objek yang diteliti dalam proses pengabdian ini adalah jeruk dan pemanfaatannya sebagai produk olahan. Dalam proses pengolahan, pengembangan, dan pemasaran produk JJS, Mahasiswa KKN 112 Sidomekar juga berkolaborasi dengan pendamping PPH (Proses Produk Halal) untuk meningkatkan daya jual JJS dengan menerbitkan sertifikat NIB dan sertifikat label halal. Kedepannya, JJS diharapkan dapat menjadi produk unggulan Desa Sidomekar yang dapat mengharumkan nama Sidomekar baik dalam skala regional, nasional, maupun internasional.
PELATIHAN DIGITAL MARKETING BAGI KELOMPOK PENGOLAHAN DAN PEMASARAN MINA JAYA MANDIRI DI PANTAI KONDANG MERAK BANTUR Lailatul Rofiah; Wafiyatu Maslahah; Hendra Rustantono Rustantono; Siti Nurhanifah; Viki Zainul Rozikan
Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat Vol 2 No 4 (2023): OKTOBER 2023
Publisher : FIP UNIRA MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36636/eduabdimas.v2i4.3276

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang berkembang sangat pesat berpengaruh bagi masyarakat dalam mendukung berbagai kegiatan bisnis agar dapat dikenal secara global. Dampak yang paling nyata adalah selain dikenal juga dapat meningkatkan volume penjualan dan profit. Digital Marketing adalah salah satu media pemasaran yang memiliki pengaruh besar dalam peningkatan penjulan. Akan tetapi banyak dari pelaku usaha yang belum menerapkan metode pemasaran ini, sepeti halnya warga Pantai Kondang Merak khusunya kelompok Pengolahan dan Pemasaran (Poklahsar)  Mina Jaya Mandiri. Berdasarkan studi pendahuluan, kami masih belum menemukan keuntungan secara maksimal yang didaperoleh oleh Poklahsar, maka dari itu tujuan dilaksanakannya pelatihan digital dan penjelasan tentang bagaimana prosedur mendapatkan logo sertifikasi halal ini adalah untuk membantu Kelompok Pengolahan dan Pemasaran (Poklahsar) Mina Jaya Mandiri dalam memasarkan produknya secara online serta mendapatkan logo sertifikasi halal bagi para pelaku usaha sehingga dapat mendapatkan keuntungan dari penjualan yang lebih maksimal. Pelatihan ini dilakukan dengan beberapa tahapan diantaranya adalah tahap observasi dan wawancara, tahap kedua pelatihan dan sosialisasi dilanjutkan dengan diskusi antar anggota.
PELATIHAN KEPRAMUKAAN UNTUK MENINGKATKAN KEDISPLINAN DAN PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SDN 1 PERMANU Tety Nur Cholifah; Evelin Corolina Devi; A’isyatu Rodiyah; Reka Revianti; Mutia Nandika Aisyah Putri; Tri Wahyudi; Yulia Eka Yanti; Hendra Rustantono; Hamidi Rasyid
Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat Vol 2 No 4 (2023): OKTOBER 2023
Publisher : FIP UNIRA MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36636/eduabdimas.v2i4.3293

Abstract

Upaya tenaga pendidik dalam membina atau membentuk karakter siswa agar dapat disiplin untuk menjalankan kepribadian yang baik terhadap lingkungannya bisa terwujud dari pembinaan karakter disiplin. Mengandalkan proses pembelajaran di kelas tidak cukup untuk menanamkan kedisiplinan, harus ada program pendamping untuk mencapainya. Salah satunya melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Hal ini dipandang cukup beralasan, mengingat bahwa hakikat pramuka yaitu pendidikan di luar sekolah yang membantu pemerintah dan masyarakat, membina dan mendidik anak-anak serta pemuda Indonesia untuk melaksanakan pembangunan manusia di Indonesia seutuhnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan pramuka, mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan pramuka untuk mengembangkan kedisiplinan belajar siswa dan faktor penunjang dan penghambat pembinaan karakter disiplin siswa pada kegiatan pramuka di SDN 01 Permanu. Pendekatan yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan peneliti menggunakan deskriptif kualitatif berdasarkan data primer dan sekunder dari pelaksanaan penelitian. Kesimpulan Pengembangan karakter disiplin melalui kegiatan kepramukaan di SDN 01 Permanu telah berjalan sebagaimana yang diharapkan. Hal ini dibuktikan dengan semakin meningkatnya kedisiplinan siswa, saat bel masuk sekolah berbunyi anak-anak langsung bergegas untuk masuk kelas dan mengikuti kegiatan belajar mengajar.
PENDAMPINGAN LITERASI NUMERASI DAN ADAPTASI TEKNOLOGI SEBAGAI UPAYA DALAM MENDUKUNG PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI SDN 03 GONDANGLEGI Yulia Eka Yanti; Tety Nur Cholifah; Hendra Rustantono; Hamidi Rasyid; Tashilul Nailul Ammany; Laila Nur Fidayanti; Ana Andila Ningsih; M. Hasyim Asy’ari; Elva Almaidah; Umamil Hidayah; Fina Damaiyanti
Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat Vol 2 No 4 (2023): OKTOBER 2023
Publisher : FIP UNIRA MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36636/eduabdimas.v2i4.3294

Abstract

Kurikulum pendidikan memainkan peran kunci dalam memastikan bahwa kompetensi-kompetensi ini diberikan dengan efektif kepada para siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pentingnya pendampingan dalam literasi numerasi dan adaptasi teknologi untuk mendukung penerapan kurikulum. Pendampingan memiliki peran krusial dalam membantu siswa memahami konsep-konsep matematika dan teknologi yang penting dalam kehidupan sehari-hari serta dunia pekerjaan. Adaptasi teknologi melibatkan kemampuan untuk memahami dan menggunakan perkembangan teknologi dengan efektif. Dalam dunia yang didorong oleh teknologi, keterampilan adaptasi ini menjadi semakin penting. Dalam konteks penerapan kurikulum, pendampingan literasi numerasi dan adaptasi teknologi dapat dilakukan melalui berbagai pendekatan. Guru dapat berperan sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran, menciptakan lingkungan yang mendorong eksplorasi matematika dan teknologi. Selain itu, integrasi teknologi dalam pengajaran dapat memfasilitasi pembelajaran yang lebih menarik dan relevan bagi generasi digital saat ini. Dalam kesimpulannya, pendampingan literasi numerasi dan adaptasi teknologi merupakan upaya penting dalam mendukung penerapan kurikulum. Melalui pendampingan yang efektif, siswa dapat mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang matematika, menguasai keterampilan numerasi, dan siap menghadapi tuntutan teknologi di masa depan. Oleh karena itu, kolaborasi antara pendidik, siswa, dan teknologi memiliki peran sentral dalam mencapai tujuan ini.
CRITICAL THINKING DALAM PROSES PEMBELAJARAN: SOSIALISASI BAGI GURU MTS HASANAH PEKANBARU SEBAGAI ASESMEN DALAM PEMBELAJARAN Nurkhairo Hidayati; Yelfira Sari; Mellisa; Dhiyah Maharani
Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat Vol 2 No 4 (2023): OKTOBER 2023
Publisher : FIP UNIRA MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36636/eduabdimas.v2i4.3295

Abstract

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada Guru tentang pentingnya mengembangkan critical thinking dalam proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran, critical thinking menjadi fokus penting karena melalui critical thinking inilah memungkinkan pengetahuan untuk berkembang sehingga siswa mampu menyelesaian permasalah. Sosialisasi berlangsung di MTS Hasanah Pekanbaru pada hari Rabu/19 September 2023. Pelaksanaan kegiatan diawali dengan persiapan dengan meminta izin ke sekolah. Saat pelaksanaan kegiatan digunakan metode penyampaian informasi dan tanya jawab. Jumlah Guru yang menhadiri kegiatan sebanyak 10 orang. Guru mengikuti kegiatan ini dengan seksama sehingga mampu memahami tentang critical thinking. Melalui kegiatan ini diharapkan Guru dapat memberdayakan critical thinking dalam proses belajar mengajar dan menjadikan critical thinking sebagai bagian dari asesmen yang dilakukan Guru di sekolah.
PENDAMPINGAN BELAJAR MENGGUNAKAN MAJALAH CILUKBA UNTUK KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA DI SD NEGERI SEPULU 1 Dwi Ivayana Sari; Ernamawati; Hefi Rusnita Dewi; Lutfiatul Rosida; Kiswah
Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat Vol 2 No 4 (2023): OKTOBER 2023
Publisher : FIP UNIRA MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36636/eduabdimas.v2i4.3300

Abstract

Kemampuan literasi sangat dibutuhkan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari, khususnya literasi numerasi. Kemampuan literasi numerasi seseorang dapat dikembangkan sejak di jenjang Sekolah Dasar. Hal ini dikarenakan untuk mendukung proses pembelajaran di satuan pendidikan dan mampu menjalani kehidupan bermasyarakat dengan baik. Namun, berdasarkan hasil observasi awal, ada beberapa siswa kelas rendah di SD Negeri Sepulu 1 yang belum bisa membaca dan berhitung. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya pendampingan dari orang tua siswa dikarenakan pekerjaan orang tua sebagai nelayan, dan ada siswa yang tinggal bersana nenek. Tujuan program ini adalah pendapingan belajar siswa menggunakan majalah cilukba untuk kemampuan literasi numerasi siswa di SD Negeri Sepulu 1. Program ini terdiri dari 10 (sepuluh) siswa di SD Negeri Sepulu 1. Ada 3 (tiga) tahapan pelaksanaan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Analisis data dilakukan untuk mengetahui respon siswa dan hasil belajar siswa dengan menggunakan persentase. Hasil diperoleh adalah respon siswa baik dan ketuntasan belajar secara klasikal tercapai. Program pendampingan belajar menggunakan majalah cilukba untuk kemampuan literasi numerasi ini dapat memberikan masukan pada sekolah SD Negeri Sepulu 1 untuk melanjutkan pendampingan belajar pada siswa guna meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa SD.

Page 1 of 1 | Total Record : 10