cover
Contact Name
Ludovikus Bomans Wadu
Contact Email
actualinsight21@gmail.com
Phone
+6281233597270
Journal Mail Official
journalpijar@gmail.com
Editorial Address
Jalan Abdurahman Saleeh Blok GJ2 Kedungkandang Kota Malang Jawa Timur, Malang, Provinsi Jawa Timur, 65148
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Pijar : Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran
Published by Actual Insight
ISSN : 2776527X     EISSN : 27751619     DOI : https://doi.org/10.56393/pijar.v2i4.1265
Core Subject : Education,
Pijar : Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran merupakan jurnal penelitian yang bertujuan menyediakan diskursus ilmiah tentang bidang pendidikan dan pembelajaran serta media untuk mempromosikan hasil-hasil penelitian lapangan dan kajian literatur dari para peneliti, guru, dosen, akademis profesional, dan mahasiswa. Jurnal ini menerbitkan artikel asli tentang isu dan tren terbaru yang terjadi secara internasional dalam kurikulum pendidikan, pengajaran, pembelajaran, kebijakan, dan persiapan guru dengan tujuan untuk memajukan pengetahuan tentang teori dan praktik pendidikan.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2021): September" : 5 Documents clear
Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Karakter Literasi Melalui Budaya Membaca Siswa Pius Pani Pino Karisma; Suciati Suciati; Didik Iswahyudi
Pijar : Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 2 (2021): September
Publisher : Actual Insight : Lembaga Penelitian Pengembangan, Penerbitan dan Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/pijar.v1i2.163

Abstract

Pendidikan arahan memandang proses pembangunan pribadi yang meliputi seperti membentuk jasmani, hati, dan akal pikiran. Salah satu kegiatan untuk menunjang segala aktivitas pendidikan melalui peran dari guru.Tujuan penelitian untuk mengetahui peran guru pendidikan kewarganegaraan dalam membentuk karakter literasi melalui budaya membaca siswa. Sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk proses penelitian  dengan cara pengumpulan data yaitu dengan menggunakan teknik penelitian seperti: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil  Penelitian menunjukan bahwa adanya karakter literasi yang dilakukan oleh guru untuk peserta didik.Karakter literasi tersebut dapat di kembangkan melalui,peran guru sebagai seorang pengajar,disiplin yang diterapkan oleh guru melalui tugas membaca 15 menit awal pelajaran, kebiasaan yang dimana dilakukan dengan secara terus menerus pada saat jam pelajaran, pembelajaran menerapkan kegiatan membaca serta  resum kepada peserta didik, dan tanggung jawab yakni pada saat guru mengajar. Dengan demikian dapat membantu guru untuk meningkatkan karakter literasi bagi  peserta didik.  
Pengaruh Kompetensi Guru Profesional Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Ida Ayu Putu Oka
Pijar : Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 2 (2021): September
Publisher : Actual Insight : Lembaga Penelitian Pengembangan, Penerbitan dan Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/pijar.v1i2.417

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru profesional guru di Sekolah Menengah Kejuruan bagi prestasi siswa. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan studi kepustakaan. Dalam pencarian teori, peneliti akan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dari kepustakaan yang berhubungan. Sumber-sumber kepustakaan diperoleh dari buku, jurnal, majalah, hasil-hasil penelitian, dan sumber lainnya yang sesuai. Analisis penelitian ini melakukan pembacaan pada teks, lalu memberi tafsiran pada obyek penelitian. Hasil penelitian menemukan pertama, secara keseluruhan, guru profesional SMK dinilai dengan kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial, atau kompetensi kepribadian memiliki kualifikasi baik. Kedua, prestasi belajar siswa ditinjau dari keterampilan kognitif, afektif, dan psikomotorik pada SMK bisa dipengaruhi oleh kompetensi guru dengan memanfaatkan media pembelajaran. Hal tersebut menunjukkan bahwa jika profesionalisme guru ditingkatkan, maka ada kemungkinan prestasi siswa akan lebih baik. Rekomendasi penelitian bahwa guru berusaha memahami bagaimana memotivasi secara positif dan benar serta mengarahkan motivasi agar diterima dengan baik oleh siswa sehingga meningkatkan prestasi belajar.
Pemanfaatan Nilai Kejujuran dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sebagai Bahan Ajar Berbasis Pendidikan Karakter Napra Tilofa Br. Sembiring
Pijar : Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 2 (2021): September
Publisher : Actual Insight : Lembaga Penelitian Pengembangan, Penerbitan dan Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/pijar.v1i2.965

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguraikan upaya memanfaatkan nilai kejujuran dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Nilai kejujuran diupayakan sebagai bahan ajar berbasis pendidikan karakter di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dekriptif dengan mendasarkan pada sumber-sumber literatur. Untuk itu, penelitian ini bersifat library-research yang disesuaikan konteks zamannya. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Miles dan Huberman dengan tiga tahap, yaitu: reduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan yaitu: pertama, nilai kejujuran yang ada dalam kewarganegaraan juga memiliki kekuatan untuk menjadikan peserta didiknya mempunyai prinsip yang benar ketika peserta didik mampu menemukan nilai kejujuran dalam kewarganegaraan tersebut. Kedua, pemanfaatan nilai kejujuran dalam kewarganegaraan dituangkan dalam: (1) gagasan yang dalam nilai kejujuran dijalankan melalui dialog, (2) nilai kejujuran bisa dimanfaatkan melalui teladan tokoh, dan (3) nilai kejujuran dimanfaatkan melalui proses pembelajaran di ruang kelas melalui penjelasan para guru. Ketiga, pemanfaatan nilai kejujuran sebagai bagian dari pendidikan karakter di sekolah dimanifestasikan dalam pembelajaran menggunakan bahan ajar.
Penanaman Nilai Karakter Religius bagi Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Melawati Melawati
Pijar : Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 2 (2021): September
Publisher : Actual Insight : Lembaga Penelitian Pengembangan, Penerbitan dan Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/pijar.v1i2.967

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji secara deskriptif tentang proses pembentukan karakter religius bagi peserta didik di Sekolah Menengah Pertama. Proses pembentukan karakter peserta didik sebagai langkah nyata untuk mempersiapkan pendidikan dengan nilai-nilai religius di sekolah. Kasus kemunduran karakter yang terjadi saat ini disebabkan oleh tidak memperhatikan proses pengelolaan karakter peserta didik. Hal ini idealnya mengikuti proses implementasi dalam membentuk karakter yang ingin dicapai sekolah dalam pelaksanaan proses pendidikan yang sedang berlangsung. Karakter religius merupakan karakter yang diharapkan, salah satunya dalam proses pendidikan di sekolah, karakter religius berdampak besar terhadap kemajuan siswa. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang dilakukan dengan triangulasi. Lokasi penelitian akan dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Kampung Rakyat, Labuhanbatu Selatan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa proses pembentukan karakter religius dapat dilakukan melalui habituasi dengan membaca surat Yasin dan berupaya membuat peserta didik semakin mencintai Al-quran.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Herpelina Damanik
Pijar : Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 2 (2021): September
Publisher : Actual Insight : Lembaga Penelitian Pengembangan, Penerbitan dan Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/pijar.v1i2.968

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah dengan menguraikan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share guna meningkatkan hasil belajar siswa. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan oleh guru di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri, dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru, sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat. Berdasarkan hasil pembahasan di atas diperoleh data aktivitas proses belajar siswa, data penilaian kerja kelompok memiliki skor sangat baik dari pertemuan pertama sampai pertemuan ke enam. Data hasil belajar siswa yang memperoleh nilai mencapai nilai atau lebih dari KKM dalam setiap pertemuan diperoleh persentase 41,67%, 63,89 %, 83,33%, dan 91,67%. Berarti telah terjadi peningkatan dalam setiap pertemuan baik aktivitas belajar, penilaian kerja kelompok maupun prestasi belajar siswa. maka dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share dapat meningkatkan prestasi belajar PKN siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 2 Tambang. Rekomendasi penelitian, guru perlu melanjutkan penelitian untuk mendapatkan penemuan yang signifikan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5