cover
Contact Name
Kuncoro Asih Nugroho
Contact Email
pend_fisika@uny.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
pend_fisika@uny.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Fisika
ISSN : -     EISSN : 30259215     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Pendidikan Fisika merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Fisika, Departemen Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitkan karya ilmiah atau artikel dari hasil penelitian bidang pendidikan fisika. Prosedur penerbitan dalam jurnal ini melalui peer-review dan menerapkan etika penerbitan ilmiah sebagaimana ditetapkan oleh Committee on Publication Ethics (COPE). Ruang lingkup artikel dalam jurnal ini adalah pendidikan.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 6 (2017): Jurnal Pendidikan Fisika" : 8 Documents clear
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 1 SOKARAJA DEVELOPMENT OF STUDENT WORKSHEET BASED ON SCIENTIFIC APPROACH TO INCREASE LEARNING OUTCOMES OF THE STUDENT CLASS X SMA N 1 SOKARAJA hana fikri mulyani; edi istiyono
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 6, No 6 (2017): Jurnal Pendidikan Fisika
Publisher : Universitas negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk LKPD dengan pendekatan saintifik yang layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X SMA N 1 Sokaraja pada materi usaha dan energi, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik (ranah kognitif, afektif, dan psikomotor) pada materi usaha dan energi menggunakan LKPD dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X IPA 5 SMA N 1 Sokaraja. Hasil penelitian menunjukkan: (1) diperoleh LKPD dengan pendekatan saintifik yang layak digunakan untuk pembelajaran di kelas X SMA N 1 Sokaraja pada materi usaha dan energi, berdasarkan hasil penilaian validator 85,71% (reliabel) dan berdasarkan respon peserta didik mencapai 81% (sangat layak), (2) peningkatan hasil belajar aspek kognitif, afektif, dan psikomotor ditunjukkan dengan nilai standar gain g berturut-turut sebesar 0,73 (tinggi), 0,54 (sedang), dan 0,43 (sedang).Kata Kunci: LKPD, Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar Peserta Didik, Usaha dan EnergiAbstract This research aims to: (1) produce students worksheet product based scientific approach which is proper to be used to improve learning outcomes of the student class X SMA 1 Sokaraja on work and energy, (2) to know improve learning outcomes of the student (cognitive, affective, and psychomotor) on work and energy using students worksheet based scientific approach. This research is a development research with 4-D model that is define, design, develop, and disseminate. The subjects of this research were students of class X IPA 5 SMA N 1 Sokaraja. The result of this research are: (1) students worksheet based scientific approach which is proper to be used to improve learning outcomes of the student class X SMA 1 Sokaraja on work and energy, based on result of students worksheet validator assessment 85.71% (reliable) and based on the response of student reaching 81% (very proper), (2) improvement of cognitive, affective, and psychomotor aspect learning outcomes is shown by the standard gain value g 0.73 (high), 0, 54 (medium), and 0.43 (medium)Keywords: Student Worksheet, Scientific Approach, Learning Outcomes, Work and Energy.
PENGEMBANGAN WEB INTERNET FISIKA UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X THE DEVELOPMENT OF PHYSICS INTERNET WEB TO ENHANCE THE LEARNING INTEREST AND LEARNING OUTCOMES OF GRADE X STUDENTS fitriana sarah fathna; bambang ruwanto
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 6, No 6 (2017): Jurnal Pendidikan Fisika
Publisher : Universitas negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan produk web internet fisika untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas X pada materi pokok momentum dan impuls yang layak digunakan, (2) mengetahui besar peningkatan minat dan hasil belajar fisika setelah menggunakan web. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Teknik pengumpulan data menggunakan angket serta soal pretest dan posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Banguntapan. Teknik analisis data menggunakan kriteria penilaian ideal dan standard gain. Hasil penelitian yang diperoleh (1) web internet fisika yang dikembangkan layak digunakan dengan hasil analisis validasi 4,4 dan tingkat persetujuan antar validator 91,9% serta respon peserta didik sebesar 3,3; (2) peningkatan minat belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan web internet fisika memiliki nilai standard gain sebesar 0,52 dengan kategori sedang dan hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif mengalami peningkatan 0,68 dengan kategori sedang.Kata kunci : web internet fisika, minat, hasil.ABSTRACTThe goal of this research are (1) to produce a website that contains study material about physics to enhance the learning interest and learning outcomes of students in tenth grade in subject of momentum and impulse that suitable to use. (2) to know the improvements of the tenth grader students learning interest and learning outcomes in the subject of momentum and impulse after using the web for study. This research is using 4-D model for research and development and it consist of four steps, define, design, develop, and disseminate. The subject of this research is the tenth grade students of SMA N 1 Banguntapan. Ideal scoring criteria and standard gain is used to analyze this research data. The results of the research obtained (1) the web is proven to suitable to use with validation score of 4,4 and agreement rate between validators score 91,9%, and then students response of 3,3; (2) the improvement of students learning interest before and after using the web has a standard gain value of 0,52 with average category and the learning outcomes in cognitive field increase for 0,68 with average category.Keywords: physics website, learning interest, learning outcomes
PERBEDAAN MINAT DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DAN MEDIA CETAK PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 SEWON DIFFERENCES IN PHYSICS LEARNING INTEREST AND OUTCOMES IN COGNITIVE ASPECT BETWEEN LEARNING USING VIDEO AND PRINTED MEDIA OF STUNDETS GRADE TENTH SMA NEGERI 1 SEWON dian retno kusumaningrum; jumadi jumadi
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 6, No 6 (2017): Jurnal Pendidikan Fisika
Publisher : Universitas negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPenelitian bertujuan untuk mengetahui(1) perbedaan minat belajar dan hasil belajar fisika aspek kognitif antara pembelajaran menggunakan media video dan media cetak, (2) perbedaan pengaruh media pembelajaran video dan media cetak dalam meningkatkan minat belajar fisika, dan (3) perbedaan pengaruh media pembelajaran video dan media cetak dalam meningkatkan hasil belajar fisika aspek kognitif.Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen semu dengan desain pretest-postest control group design. Populasi penelitian ini adalah kelas X MIA dengan kategori rendah. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan cluster random sampling, sehingga diperoleh kelas X MIA 4 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIA 5 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket minat (angket awal dan angket akhir) dan tes (pretest dan postest). Teknik pengujian instrumen menggunakan program ITEMAN dan teknik pengujian prasyarat analisis menggunakan uji Normalitas dan Homogenitas.Teknik pengujian hipotesis menggunakan uji Manova dan Anava General Linear Model Mixed Design.Hasil Penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat perbedaan minat dan hasil belajar aspek kognitif antara pembelajaran fisika menggunakan media audio visual video dengan media cetak, (2) Terdapat pengaruh media audio visual video dengan media cetak dalam meningkatkan minat belajar fisika. Minat belajar peserta didik dalam pembelajaran berbantu media audio visual video lebih tinggi dari pada pembelajaran berbantu media cetak. (3) Terdapat pengaruh media audio visual video dengan media cetak dalam meningkatkan hasil belajar fisika aspek kognitif. Hasil belajar aspek kognitif peserta didik dalam pembelajaran berbantu media audio visual video lebih tinggi dari pada pembelajaran berbantu media cetak.Kata kunci:Media Video, Media Cetak, Minat Belajar, Hasil Belajar Aspek KognitifAbstractThis research aims to determine: (1) differences in physics learning interest and outcomes in cognitive aspect between learning physics using video and printed media, (2) differences in the influences of video and printed media as instructional media in increasing physics learning interest, and (3) difference in the influences of video and printed media as instructional media in increasing learning physics outcomes in cognitive aspect.This research is conducted in quasi-experimental research with pretest-posttest control group design. The population of this research is grade tenth students of Science class with low category. The sampling technique is cluster random sampling and it results X MIA 4 class as the controlled class and X MIA 5 as the experiment class. Data collection techniques is conducted by giving interest questionnaires (initial questionnaire and final questionnaire) and tests (pretest and posttest). The validity test uses ITEMAN program and prerequisite analysis testing techniques use Normality and Homogeneity tests. Hypothesis testing techniques use Manova test and Anava General Linear Model Mixed Design.The results of research show that: (1) There are differences in physics learning interest and result incognitive aspect between learning using audio visual video media and printed media, (2) There are influences of audio visual video media and printed media in increasing the physics learning interest. Student learning interest in learning using audio visual aids is higher than the printed media aided learning. (3) There are influences of audio visual video media with print media in improving the learning result of cognitive aspect physics. The learning outcomes of the cognitive aspects of learners in audio-visual video aided learning is higher than in printed media aids.Keywords: Video, printed instructional media, learning interest, learning result in cognitive aspect
PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA YANG DIBERI PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI SMK SILIWANGI AMS BANJARSARI KABUPATEN CIAMIS THE DIFFERENCES BETWEEN THE STUDENTS LEARNING OUTCOMES THROUGH COOPERATIVE MODEL LEARNING OF NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) AND DIRECT INSTRUCTION MODEL ON MATERIAL OF FLUIDA STATIS AT SMK SILIWANGI AMS BANJARSARI KABUPATEN CIAMIS roby akbar taufik; yusman wiyatmo
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 6, No 6 (2017): Jurnal Pendidikan Fisika
Publisher : Universitas negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui perbedaan hasil belajar pada ranah kognitif dan ranah psikomotor antara siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif NHT dengan siswa yang diberi model pembelajaran langsung pada materi pokok fluida statis di SMK Siliwangi AMS Banjarsari, dan 2) manakah yang lebih baik antara model pembelajaran NHT dan model pembelajaran langsung untuk capaian hasil belajar ranah kognitif dan ranah psikomotor materi pokok Fluida Statis siswa SMK Siliwangi AMS Banjarsari. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa pada 3 kelas X TKR di SMK Siliwangi AMS Banjarsari. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling dan diperoleh siswa kelas X TKR 2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X TKR 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini meliputi: soal pretest dan posttest, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), LKPD ranah kognitif, LKPD ranah psikomotor, dan Lembar Observasi Psikomotor (LOP). Analisis untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada ranah kognitif dan ranah psikomotor menggunakan Uji Mann-Whitney (U-test).Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat perbedaan hasil belajar pada ranah kognitif dan ranah psikomotor siswa di SMK Siliwangi AMS Banjarsari antara yang diberi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif NHT dengan yang diberi pembelajaran menggunakan model pembelajaran langsung pada materi pokok fluida statis, dengan hasil belajar pada ranah kognitif dan ranah psikomotor siswa diperoleh lebih baik pada siswa yang diberi pembelajaran dengan model pembelajaran koopertaif NHT, dan 2) model pembelajaran NHT lebih baik dibanding model pembelajaran langsung untuk capaian hasil belajar ranah kognitif dan ranah psikomotor materi pokok fluida statis siswa SMK Siliwangi AMS Banjarsari.Kata kunci: Number Head Together (NHT), pembelajaran langsung, hasil belajar, ranah kognitif, ranah psikomotor.AbstractThis research aims to know: 1) the differences of the students learning outcomes on cognitive domain and psychomotor domain between the students given the cooperative learning model of NHT and the students given the direct instruction model on material of fluida static at SMK Siliwangi AMS Banjarsari, then 2) where learning model better of NHT and direct instruction learning model to learning outcomes on cognitive domain and psychomotor domain on material of fluida static student SMK Siliwangi AMS Banjarsari. This research is an experimental research by using pretest-posttest control group design as the research design. The population of the research are the whole of the students of the X TKR at 3rd grade of SMK Siliwangi AMS Banjarsari. The sample of the research are students of the X TKR 2 as the experimental class and the students of the X TKR 1 as the control class which are taken through sampling purposive The instrument of the research includes: pretest and posttest questions, lesson plan, LKPD of cognitive domain, LKPD of psychomotor domain, and pshycomotor observation sheet. The analysis of the research is to know the differences of the students learning outcomes on cognitive and pshycomotor domains through Mann-Whitney Test (U-test). Based on the research result, it concludes that: 1) there is a difference of the students cognitive domain and psychomotor domain outcomes on the students given the NHT cooperative learning model and the students given the direct instruction model on material fluida of static at SMK Siliwangi AMS Banjarsari, with students learning outcomes in the cognitive domain obtained better on the students given the NHT model, then 2) NHT learning model better of direct instruction learning model to cognitive domain and psychomotor outcomes on material of fluida static student SMK Siliwangi AMS BanjarsariKeywords: Number Head Together (NHT), direct instruction, the students learning outcomes, cognitive domain, psychomotor domain.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMA THE DEVELOPMENT OF PHYSICS LEARNING MEDIA BASED ON SOCIAL MEDIA INSTAGRAM AS SELF LEARNING RESOURCES TO IMPROVE MOTIVATION AND ACHIEVEMENT ON PHYSICS LEARNING OF THE ELEVENTH GRADE STUDENT OF SENIOR HIGH SCHOOL ichwan restu nugroho; bambang ruwanto
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 6, No 6 (2017): Jurnal Pendidikan Fisika
Publisher : Universitas negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan produk media pembelajaran fisika berbasis media sosial Instagram yang layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri siswa; dan 2) meningkatkan prestasi dan motivasi belajar fisika materi pokok efek rumah kaca setelah diimplementasikan media pembelajaran fisika berbasis media sosial Instagram dengan mengunggah materi pembelajaran dalam bentuk gambar dan video pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (RD) dengan model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi penilaian, lembar angket motivasi, lembar pretest dan posttest, dan lembar angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan produk yang diperoleh: 1) kelayakan produk yang dikembangkan berdasarkan hasil penilaian validator termasuk dalam kategori sedang; 2) peningkatan motivasi belajar siswa berada dalam kategori sedang dengan nilai standar gain g sebesar 0,43; dan peningkatan prestasi siswa berada dalam kategori sedang dengan nilai standar gain g sebesar 0,61.Kata kunci: Instagram, motivasi, prestasiABSTRACTThis research is aimed to: 1) produce a product of physics learning media based on social media Instagram as a suitable self learning resouces for students; 2) improve students’ ahievement and motivation to learn physics on the greenhouse effect subject after the physiscs learning media based on social media Instagram is implemented by uploading learning materials in the form of pictures and videos. This research is a Research and Development (RD) with a 4-D model (Define, Design, Develop, Disseminate). The Instruments of data collection are assessment validation, motivation questionaire, pretest and posttest, and student response questionaire. Techniques of data analysis used are qualitative and quantitative analysis. The results of the product development research are: 1) Product feasibility developed by validator assessment is in medium category. 2) improvement on physics learning motivation is in medium category with a standard gain g value of 0,43; improvement on physics learning achievement is in medium category with a standar gain g value of 0,61.Keyword: Instagram, motivation, achievement
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 3 BANTUL DEVELOPMENT OF PHYSICS LEARNING DEVICE WITH MODEL OF PROBLEM BASED LEARNING TO ENHANCE COGNITIVE LEARNING OUTCOME AND SCIENCE PROCESS SKILLS OF STUDENT OF CLASS XI SENIOR HIGH SCHOOL N 3 BANTUL pujiana pujiana; mundilarto mundilarto
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 6, No 6 (2017): Jurnal Pendidikan Fisika
Publisher : Universitas negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kelayakan perangkat pembelajaran fisika berbasis Problem Based Learning, (2) mengungkapkan besar peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik terhadap penggunaan perangkat pembelajaran fisika berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi fluida statis untuk peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Bantul, (3) mengungkapkan besar peningkatan keterampilan proses sains peserta didik terhadap penggunaan perangkat pembelajaran fisika berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi fluida statis untuk peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (RD) dengan model 4-D. Instrumen pembelajaran berupa RPP dan LKPD sedangkan instrumen pengambilan data berupa tes dan lembar observasi. Aiken’s V digunakan untuk mengukur kelayakan instrumen, sedangkan General Linear Model (GLM-Mixed Model) digunakan untuk mengukur peningkatan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)perangkat pembelajaran fisika berbasis Problem Based Learning dinyatakan layak digunakan. Instrumen RPP dan LKPD dinyatakan layak dengan kategori baik. Instrumen penilaian hasil belajar kognitif dinyatakan valid dan reliabel. Instrumen penilaian keterampilan proses sains dan instrumen tes memiliki kategori sangat baik, (2) keterampilan proses sains peserta didik mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 67,4% hingga 97,5% pada sembilan indikator keterampilan proses sains yang diamati, (3) hasil belajar kognitif peserta didik mengalami peningkatan sebesar 54,7%.Kata-kata Kunci: hasil belajarkognitif, keterampilan proses sains, perangkat pembelajaran, Problem Based LearningAbstractThis research was aimed to:describe the eligibility of the physics learning device with Problem Based Learning, (2) express the increase of cognitive learning outcome of student after using the physics learning device with Problem Based Learning on static fluid material for students of Class XI SMA N3 Bantul, (3) express the increase of Science ProcessSkillsof student after using the physics learning device with Problem Based Learning on static fluid material for students of Class XI SMA N 3 Bantul. This research is a research and development (RD) with 4-D model. The learning instrument are RPP and LKPD while the instrument of taking data that used in this research is a test and observation sheet. Aiken’s V used to measure eligibility of instrument, while General Linear Model (GLM-Mixed Model) used to measure the increase of cognitive learning outcome and science processskillsof student. The result showed that: (1) the learning device of physics with the model of Problem Based Learning is reasonable to use. Instrumen of RPP and LKPD wasreasonable to use andget a good category. Learning outcomes assessment instrumen has valid and reliable. Science process skill assessment instrument and test instrumen has a very good category, (2) the science process skills of student was significant increase of 67.4% to 97.5% in nine of the science process skills indikators observed, (3) cognitive learning outcome of student was increase of 54.7%.Keywords:Cognitive Learning Outcome, learning device, Science Process Skills, Problem Based Learning
PERBANDINGAN KUALITAS BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) DAN NON-BSE PADA MATA PELAJARAN FISIKA : TELAAH SCIENCE TEXTBOOK RATING SYSTEM THE COMPARISON OF THE QUALITY BETWEEN ELECTRONIC SCHOOL BOOK (ESB) AND NON-ESB IN THE PHYSICS: A STUDY USING SCIENCE TEXTBOOK RATING SYSTEM Diani Tani Setia; Zuhdan Kun Prasetyo
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 6, No 6 (2017): Jurnal Pendidikan Fisika
Publisher : Universitas negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kualitas antara BSE dan non-BSE Fisika SMA kelas X ditinjau dari aspek kriteria isi, ilustrasi serta indeks dan glosarium berdasarkan instrumen yang merujuk pada Science Textbook Rating System (STRS). Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bersifat komparatif dengan subjek empat buku teks. Subjek buku dalam penelitian ini adalah satu BSE fisika dan tiga buku fisika non-BSE dari penerbit yang berbeda dengan kode subjek NB 1, NB 2, dan NB 3. Penelitian ini menganalisis buku pada aspek kriteria isi, ilustrasi, serta indeks dan glosarium. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah tingkat kualitas buku dari kriteria isi, ilustrasi, serta indeks dan glosarium. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa antara BSE dan buku non-BSE fisika ditinjau dari kriteria isi, ilustrasi, serta indeks dan glosarium memiliki kualitas yang tidak berbeda secara signifikan, namun setiap subjek memiliki karakteristik khusus. Secara umum, buku non-BSE lebih unggul daripada BSE, yaitu buku non-BSE fisika memuat materi yang lebih lengkap dan mendalam, ilustrasi non-BSE memiliki paduan warna yang tepat daripada BSE, serta indeks dan glosarium non-BSE lebih lengkap daripada BSE.Kata kunci: perbandingan, BSE, non-BSE, isi, ilustrasi, indeks dan glosarium, Science Textbook Rating System.ABSTRACTThis study aims to determine the comparison of quality between the ESB and non-ESB in the Physics subject viewed from the content, illustration, index, and glossary based on the instruments which refer to Science Textbook Rating System (STRS). The method used is a descriptive quantitative research that is comparative to four textbooks as the subjects. In this study, subjects are one Physics ESB book and three non Physics ESB books from different publishers with the subject code NB 1, NB 2, and NB 3. This study analyzes the books from its content, illustration, index, and glossary. Data obtained from the study are the level quality of the books based on the content, illustration, index, and glossary. The result of this study showed that there is no significant different quality between ESB books and non-ESB books in terms of the content, illustration, index, and glossary. However, each subject surely has special characteristics. In general, non-ESB books are better than ESB books, non-ESB Physics books cover more complete and profound materials than ESB books do, illustration in non-ESB books has also right colour combination, index and glossary of non-ESB books are more complete as well than BSE. Keywords: comparison, ESB, non-ESB, content, illustration, index and glossary, Science Textbook Rating System
PENGGUNAAN PERMAINAN KARTU GAMBAR PADA PEMBELAJARAN DENGAN STRATEGI PEMECAHAN MASALAH SISTEMATIS TERHADAP PENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA ASPEK KOGNITIF SISWA SMA KELAS X THE USING OF THE PICTURE CARD GAME ON LEARNING WITH SYSTEMATIC APPROACH TO PROBLEM SOLVINGONIMPROVMENT MOTIVATION AND LEARNING OUTCOMES OF COGNITIVE ASPECTS STUDENT SENIOR HIGH SCHOOL CLASS X ilma ihsan majid; rahayu dwisiwi sri retnowati
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 6, No 6 (2017): Jurnal Pendidikan Fisika
Publisher : Universitas negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui a). Perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar aspek kognitif fisika antara siswa yang diberikan pembelajaran dengan media Kartu Gambar dengan siswa yang diberi pembelajaran tanpa media Kartu Gambar pada materi Usaha dan Energi, b). Peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar aspek kognitif fisika menggunakan media Kartu Gambar pada materi Usaha dan Energi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (quasi experimen) dengan desain penelitian pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMA N 3 Purworejo. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas X MIA 3 sebagai kelompok kontrol dan kelas X MIA 4 sebagai kelompok eksperimen .Teknik pengumpulan data berupa pretest dan posttest, serta angket motivasi belajar. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji Multivariate, dan nilai standar gain. Hasil penelitian ini adalah: 1). Ada perbedaan peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar aspek kognitif fisika antara siswa yang diberikan pembelajaran dengan media Kartu Gambar dengan siswa yang diberi pembelajaran tanpa media Kartu Gambar pada materi Usaha dan Energi, 2). Peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar aspek kognitif menggunakan media Kartu Gambar pada materi Usaha dan Energi dinyatakan dalam standard gain masing-masing sebesar 0,29 (rendah) dan 0,69 (sedang).Kata Kunci: mediaKartu Gambar, hasil belajar kognitif, motivasi belajar, usaha dan energiABSTRACTThis research was aimed to know: (a) The difference of motivation and outcomes of learning cognitive physics among students who were given learning by the Picture Cards with studentd who were given learning without Picture Cards on chapter Work and Energy(b) The improvement in the motivation and outcomes of learning cognitive physics using the Picture Card on chapter Work and Energy. This research wasaexperimental research using quasy experimental design with pretest-posttest group control design. The population of this research is the X MIA SMA N 3 Purworejo’s students. The sample of this research choosen by cluster random sampling’s methode as many as two class, X MIA 3 as control group and X MIA 4 as experiment group. The collection of data doing by pretest-posttest and the motivation questionnaire. The hypothesis test doing by Multivariate test, and Standard Gain. The result of this research are: (1) there is the difference of improvment in the motivationand outcomes of learning cognitive physicsamong students who were given learning by the Picture Cards with studentd who were given learning without Picture Cards on chapter Work and Energy, (2) The improvement in the motivation and outcomes of learning cognitive physics using the Picture Card on chapter Work and Energy are 0,293 (low) and 0,69 (medium).Keywords: Picture Cards, outcomes of kognitif learning, motivation, work and energy

Page 1 of 1 | Total Record : 8